Hide Menu

Butuh Contoh Itinerary Lombok 3 Hari 2 Malam? Pilah-pilih Rencana yang Tepat di Sini!

Ringkasan Rencana Perjalanan Selama Tiga Hari Mengelilingi Lombok Sekalian Mampir ke Pink Beach!

Artikel Itinerary Lombok 3 Hari 2 Malam ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Itinerary Lombok 3 Hari 2 Malam 2024
© freepik.com

Destinasi Wisata Trip Lombok 3 Hari 2 Malam

Destinasi Wisata Trip Lombok 3 Hari 2 Malam
freepik.com

Pesona keindahan Lombok kian hari semakin memesona, tak kalah dengan apa yang Bali punya. Di Lombok terdapat beragam destinasi wisata mulai dari pantai, bukit, pulau kecil, hingga pegunungan. Yang paling terkenal mendapatkan banyak kunjungan adalah Pink Beach dan sejumlah pulau kecil (gili).

Oleh karenanya, Pink Beach dan beberapa gili tersebut sering ditawarkan oleh agen travel dalam penawaran paket tour Lombok 3 hari 2 malam. Selain itu, ada objek wisata seperti Pantai Tanjung Aan, Bukit Merese, dan Desa Adat Sade yang cocok juga Anda kunjungi saat berlibur selama 3 hari di Lombok.

Nyatanya bukan hanya lima tempat wisata tadi saja, masih ada tiga lokasi wisata lain yang bisa Anda kunjungi. Mau tahu daftar tempatnya? Segera baca artikel itinerary Lombok 3 hari 2 malam ini. Jangan sampai terlewatkan!

Cara Membuat Itinerary ke Lombok

Cara Membuat Itinerary ke Lombok
freepik.com

Membuat rencana perjalanan entah mau pergi ke Lombok atau tempat tujuan yang lain itu penting. Lantas, bagaimana cara yang tepat membuat itinerary? Silakan cermati langkah-langkahnya seperti di bawah ini:

1. Cari Tahu Tempat Tujuan Wisata

Langkah pertama dalam merencanakan perjalanan adalah melakukan riset atau mencari tahu informasi terkait tempat tujuan wisata yang ingin Anda kunjungi. Carilah semua info termasuk objek wisata terdekat, restoran, transportasi, dan lain-lain.

2. Rencanakan Penginapan

Carilah akomodasi yang dekat dengan destinasi wisata. Pilih juga penginapan murah yang dapat dijangkau oleh transportasi umum dan bisa dilewati kendaraan.

3. Tentukan Batas Waktu Kunjungan

Setiap kegiatan berkunjung ke suatu objek wisata pasti memiliki waktu kunjungan. Buatlah estimasi waktu kunjungan minimal 1 jam. Sesuaikan dengan lamanya perjalanan juga biar sinkron.

4. Buat Anggaran

Ini juga tak kalah penting. Plesirmania juga harus mencatat estimasi biaya libur Lombok. Oleh sebab itu, catatlah keseluruhan pengeluaran mulai dari tiket pesawat PP sampai budget oleh-oleh.

5. Buat Rencana Cadangan

Mungkin membuat rencana cadangan agak melelahkan. Namun, ini berguna untuk mengantisipasi kalau-kalau salah satu objek wisata sedang tutup. Jadi, Anda sudah punya plan lain.

6. Konsultasikan Rencana Perjalanan

Apabila Anda ragu dengan itinerary yang Anda buat, tim Plesir sarankan tanya kepada teman yang pernah pergi ke Lombok. Ini bisa membantu Plesirmania untuk mendapatkan informasi akurat apa saja yang dibutuhkan selama di Lombok.

7. Catat Informasi Penting

Kalau Plesirmania seorang pelupa, Anda bisa mencatat info penting seperti kode booking hotel, nomor telepon hotel atau nomor darurat, alamat hotel Anda menginap, dan sebagainya. Hal ini bertujuan supaya Anda memiliki back up info penting tersebut.

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Itinerary Lombok 3 Hari 2 Malam - Terbaru 2024

Berikut adalah rangkuman package kegiatan 3D2N di Lombok. Anda juga bisa menyontek rangkumannya untuk rencana honeymoon bersama pasangan. Ayo segera catat!

1
Hari Pertama

Tiba di Lombok, Check In, Desa Adat Sade, Pantai Kuta Lombok, Pantai Tanjung Aan, dan Bukit Merese

Hari Pertama

2
Hari Kedua

Sarapan, Gili Air, Meno, Trawangan, Sunut, Pink Beach, dan Pantai Segui

Hari Kedua

3
Hari Ketiga

Oleh-Oleh Sasaku, Check Out, dan Menuju Bandara

Hari Ketiga

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Tiba di Lombok, Check In, Desa Adat Sade, Pantai Kuta Lombok, Pantai Tanjung Aan, dan Bukit Merese
© freepik.com
1
Tiba di Lombok, Check In, Desa Adat Sade, Pantai Kuta Lombok, Pantai Tanjung Aan, dan Bukit Merese

Hari Pertama

Rekomendasi kami

Kegiatan awal hari pertama perjalanan di Lombok bisa Anda mulai dengan berangkat menuju penginapan dari Bandara Internasional Lombok. Carilah penginapan dekat bandara. Estimasi Anda check in adalah pukul 2 siang.

Kemudian, bersiaplah pergi ke penyewaan motor. Lokasinya dekat penginapan. Anda bisa menuju destinasi pertama Desa Adat Sade setelah selesai menyewa motor. Jarak dari penginapan ke Desa Adat Sade adalah 10 km. Desa Sade sendiri merupakan salah satu tujuan wisata utama NTB, khususnya Lombok Tengah (W. Suprihatin dan H Hailuddin, 2016).

Anda akan meneruskan perjalanan ke desa tersebut selama 15 menit dengan jarak tempuh sepuluh kilometer. Sesampainya di desa tersebut, Plesirmania bisa berkeliling desanya sekaligus mempelajari sejarah suku Sasak.

Anda pun bisa belajar sejarah rumah adatnya, bagaimana orang di sana membersihkan rumah dengan kotoran sapi, dan membeli suvenir khas Desa Sade. Lalu, Plesirmania dapat meneruskan kegiatan ke Pantai Kuta Lombok untuk melihat sunset.

Jarak dari Desa Sade ke Pantai Kuta Lombok sekitar 8 km, bisa Anda tempuh selama 13 menit dengan berkendara sepeda motor. Apabila Anda memiliki waktu lebih sebelum sunset muncul, tim Plesir sarankan untuk melanjutkan perjalanan ke Pantai Tanjung Aan.

Sunset di Pantai Tanjung Aan lebih memesona dari Pantai Kuta Lombok. Anda juga bisa makan malam di Pantai Tanjung Aan. Pantai ini dapat ditempuh sekitar 15 menit perjalanan dari Pantai Kuta. Karena waktunya sudah menjelang malam, perjalanan harus berakhir di Pantai Tanjung Aan.

Tim Plesir masih ingin merekomendasikan satu objek wisata lagi, yaitu Bukit Merese. Kalau Anda tiba lebih pagi sekitar jam 10 di Lombok, mungkin Anda bisa berkesempatan mengunjungi Bukit Merese. Bukit ini adalah kawasan bukit hijau yang sangat luas di ketinggian. Sangat mengesankan!

Sarapan, Gili Air, Meno, Trawangan, Sunut, Pink Beach, dan Pantai Segui
© freepik.com
2
Sarapan, Gili Air, Meno, Trawangan, Sunut, Pink Beach, dan Pantai Segui

Hari Kedua

Kegiatan hari kedua bisa Anda mulai pukul 7 pagi setelah sarapan. Belilah sarapan di restoran penginapan atau warung pinggir jalan sekaligus on the way menuju ke objek wisata pertama. Warung makan di sana biasanya menyediakan berbagai menu, ada menu ikan-ikan khas pinggir pantai juga.

Setelah itu, bergegaslah menuju Kota Mataram. Perjalanan akan ditempuh selama 40 menit menggunakan sepeda motor dari Bandara Internasional Lombok. Sesampainya di Kota Mataram, lanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Bangsal.

Pelabuan Bangsal adalah tempat di mana Anda akan naik perahu cepat ke Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan. Estimasi tiba di Pelabuhan Bangsal adalah jam 9 pagi. Sehingga, Anda bisa bermain sampai puas ke ketiga gili sampai jam 12 siang.

Nantinya, Anda bisa bersih-bersih badan di pelabuhan sekaligus makan siang. Sudah banyak warung makan di sekitar pelabuhan. Menunya juga bermacam-macam. Kalau sudah selesai, lanjutkan perjalanan ke Pink Beach. Lama perjalanan dari Pelabuhan Bangsal ke Pink Beach adalah 2 jam.

Tetap jaga stamina saat menuju Pink Beach karena sesudahnya Anda akan mampir ke Pantai Segui. Setelah asyik bermain air dan berfoto dengan latar pasir pantai berwarna merah muda, jangan lupa mampir makan malam di perjalanan pulang ke penginapan. Itulah akhir perjalanan di hari kedua.

Oleh-Oleh Sasaku, Check Out, dan Menuju Bandara
© freepik.com
3
Oleh-Oleh Sasaku, Check Out, dan Menuju Bandara

Hari Ketiga

Rekomendasi kami

Hari terakhir ini Plesirmania harus mempersiapkan kepulangan. Anda bisa mengawali kegiatan dengan sarapan. Sesudah itu, mampirlah ke toko oleh-oleh Sasaku sebelum persiapan pulang. Lokasinya berada di Kota Mataram. Jadi, Anda harus pergi pagi jam 7 pagi agar jam 8 pagi sampai di tempat.

Selanjutnya, kembalilah ke penginapan untuk packing barang bawaan, baju kotor, dan suvenir sekaligus ke dalam backpack. Lalu, check out kamar. Pastikan tidak ada barang yang tertinggal. Jangan lupa mengembalikan motor sewaan ke tempat Anda meminjam.

Perkiraan tiba di bandara adalah jam 10.30 setelah mengembalikan motor. Anda bisa berangkat ke bandara naik taksi atau angkutan umum sejenis. Inilah akhir perjalanan paket wisata Lombok 3 hari 2 malam. 

Tanya Jawab Seputar Itinerary Lombok 3 Hari 2 Malam

Satu bagian lagi dan Anda akan menyelesaikan artikel contoh itinerary Lombok 3 hari 2 malam. Yuk, baca kumpulan pertanyaan berikut!

Ke Lombok ke mana aja?

Plesirmania dapat mengunjungi Pantai Tanjung Aan, Gili Trawangan, Pink Beach, Pantai Kuta Lombok, Bukit Merese, Gunung Rinjani, dan lain-lain.

Budget liburan Lombok berapa?

Kurang lebih 3 juta rupiah untuk liburan Lombok 3d2n. Biaya ini termasuk harga tiket transportasi PP, akomodasi, konsumsi, sewa motor 2 hari, tiket masuk wisata, oleh-oleh, dan dana darurat.

Kesimpulan: Itinerary Lombok 3 Hari 2 Malam

Demikian penjabaran travel Lombok selama 3 hari 2 malam. Lengkap sudah kegiatan yang dapat Anda lakukan. Anda bisa mengunjungi Desa Adat Sade, Pink Beach, sampai Pantai Tanjung Aan.

Jika ingin menambahkan kegiatan lainnya di dalam itinerary di atas, modifikasi saja sesuai keinginan. Tetap beri jeda istirahat dan maksimalkan waktu yang ada. Semoga contoh itinerary ini bermanfaat bagi Plesirmania!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo