Hide Menu

Yuk, Pesan Tiket Tour Wisata SHT dengan 7 Cara Reservasi Surabaya Heritage Track, Mudah!

Bukan Lagi Pergi Langsung ke HoS, tapi Pesan Tiket Bus Pariwisata Surabaya Gratis Lewat Halaman Situs Resmi Tiket Wisata Surabaya

Artikel Cara Reservasi Surabaya Heritage Track ini diposting diperbarui
7 Pembaca
Like
Cara Reservasi Surabaya Heritage Track 2024
© tiketwisata.surabaya.go.id

Wisata Keliling Kota Pahlawan dengan Surabaya Heritage Track

Wisata Keliling Kota Pahlawan dengan Surabaya Heritage Track
istockphoto.com/HildaWeges

Sejak 9 Juni 2009 lalu, Surabaya Heritage Track hadir sebagai moda transportasi untuk tur keliling (city sightseeing) Kota Surabaya menggunakan bis trem. Kendaraan ini merupakan program gratis dari Museum House of Sampoerna.

Tujuan dari adanya kendaraan tersebut adalah agar warga Surabaya dan wisatawan dapat berkeliling Kota Surabaya sambil belajar sejarah bangunan-bangunan tua yang ada di kota tersebut. Pihak penyelenggara bus pariwisata Surabaya (SBY) gratis ini menyediakan pemandu wisata yang ikut menemani tur Anda.

Mereka akan bertugas untuk menjelaskan dengan singkat sejarah bangunan-bangunan cagar budaya yang dilewati. Tracker (sebutan bagi penumpang bis trem) akan dipandu langsung oleh pemandu wisata menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Sementara itu, kapasitas bis tremnya yang tidak tingkat ini tersedia dari 22 kursi dan terdapat area duduk untuk pengguna kursi roda. Interior luar maupun dalam juga menarik. Di bagian luarnya dihiasi dengan berbagai macam gambar warna-warni ikon Surabaya. Sedangkan bagian dalamnya sudah full AC dan ada kaca besar untuk melihat pemandangan luar dengan leluasa.

Apabila Anda warga Surabaya atau wisatawan dari seberang kota ingin mencoba travel keliling dengan Surabaya Heritage Track (SHT), Plesirmania dapat ikuti penjelasan cara reservasi Surabaya Heritage Track berikut. Tim Plesir akan mengulasnya lebih dalam. Jadi, teruslah membaca!

Jadwal Surabaya Heritage Bus

Jadwal Surabaya Heritage Bus
kompas.com

Mengutip dari tiketwisata.surabaya.go.id, jadwal keberangkatan terbaru per Januari 2024 bis trem SHT tersedia saat weekend saja dari hari Jum’at sampai Minggu. Saat ini, belum ada jadwal di hari kerja atau weekday, dan hari libur nasional fasilitas ini tidak beroperasi.

Berikut adalah rincian jadwal jam, hari, rute, serta harga Surabaya Heritage Track :

HariSesi 1Sesi 2Rute
Jum’at09.00 – 11.0014.00 – 16.00Alun-alun Surabaya – Pabrik Sirup Siropen – Gereja Kelahiran Santa Perawan Maria – Surabaya Kriya Gallery (SKG) Siola – Alun-alun Surabaya
Sabtu09.00 – 11.3013.00 – 15.30Alun-alun Surabaya – Taman Suroboyo – Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran – Alun-alun Surabaya
Minggu09.00 – 11.0013.00 – 15.00Alun-alun Surabaya – Pasar Bunga dan Burung Bratang – Taman Flora Bratang – Alun-alun Surabaya

Tambahan lainnya, harga tiket di setiap hari Jum’at, Sabtu, dan Minggu, tracker harus membayar sekitar Rp. 10.000 per orang. Kemudian, ada tambahan tiket masuk lagi sebesar Rp. 15.000 untuk masuk THP Kenjeran.

Persyaratan Naik Bus Darmawisata Surabaya Heritage Track

Persyaratan Naik Bus Darmawisata Surabaya Heritage Track
istockphoto.com/FebyRestu

Ada sejumlah persyaratan jika ingin naik bis trem SSCT (Surabaya Sightseeing and City Tour) ini. Kira-kira, apa saja syarat tersebut? Yuk, catat poinnya!

  • Tiket hanya bisa dibeli H-1 melalui di tiketwisata.surabaya.go.id
  • Harap datang 30 menit sebelum keberangkatan untuk scan tiket dan pembayaran tiket
  • Lakukan registrasi di loket Pusat Informasi Pariwisata Kota Surabaya (Ruang ITC)
  • Mengikuti seluruh himbauan dan petunjuk petugas wisata
  • Kondisi badan sehat dan fit ketika mengikuti tur
  • Check-in tiket atau karcis maksimal 10 menit sebelum keberangkatan atau tiket hangus
  • Tidak makan dan minum selama mengikuti tur di dalam bus
  • Wajib mengikuti tur berangkat dan kembali di Alun-alun Surabaya
E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

7 Cara Reservasi Surabaya Heritage Track - Terbaru 2024

Dalam penelitiannya, Raga B dan Karina P (2021) mengatakan bahwa Kota Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Tak ayal, untuk mengelilinginya membutuhkan sebuah moda transportasi yang nyaman, contohnya bis SSCT yang disediakan oleh pihak House of Sampoerna yang kini dikelola pihak Pemkot Surabaya. Jika Anda ingin mencoba naik bis itu, ayo baca cara reservasi mudahnya, seperti:

1
Kunjungi Website Tiket Wisata Surabaya

Tidak Lagi ke HoS, Lebih Mudah Pesan Secara Online

Kunjungi Website Tiket Wisata Surabaya

2
Pilih Opsi Destinasi Wisata

Klik Opsinya di Halaman Utama Website Sebelah Kanan

Pilih Opsi Destinasi Wisata

3
Pilih Hari Kunjungan

Ada di Hari Jum'at, Sabtu, dan Minggu Saja

Pilih Hari Kunjungan

4
Pilih Jam Kunjungan

Tersedia dari Sembilan Pagi Sampai Empat Sore

Pilih Jam Kunjungan

5
Isi Form Pemesanan Tiket

Agar Tercatat pada Sistem untuk Bisa Discan

Isi Form Pemesanan Tiket

6
Centang Checklist dan Klik Tombol Pesan Tiket

Sangat Penting Biar Dapat E-Tiketnya

Centang Checklist dan Klik Tombol Pesan Tiket

7
Unduh Tiket Melalui Email

Simpan Unduhan untuk Scan di Loket

Unduh Tiket Melalui Email

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Tidak Lagi ke HoS, Lebih Mudah Pesan Secara Online
© istockphoto.com/juststock
1
Tidak Lagi ke HoS, Lebih Mudah Pesan Secara Online

Kunjungi Website Tiket Wisata Surabaya

Rekomendasi kami

Kemungkinan besar warga Surabaya sudah banyak mendengar bahwa tidak perlu lagi datang ke HoS (House of Sampoerna) untuk bisa beli tiket dan naik bis SSCT. Namun, tracker dapat reservasi langsung melalui alamat website tiketwisata.surabaya.go.id H-1 sebelum keberangkatan. 

Perlu diingat bahwa pemesanan bukan melalui aplikasi Pemkot Surabaya. Sejak ditutupnya HoS pada tahun 2020, Pemerintah Surabaya mengambil alih bis trem SHT. Untuk sementara waktu, tracker yang sudah reservasi melalui situs resmi tersebut dapat langsung datang ke Balai Kota yang ada di Jalan Gubernur Suryo.

Klik Opsinya di Halaman Utama Website Sebelah Kanan
© istockphoto.com/LuckyTD
2
Klik Opsinya di Halaman Utama Website Sebelah Kanan

Pilih Opsi Destinasi Wisata

Setelah Anda berhasil masuk ke halaman utama dari website tiketwisata.surabaya, selanjutnya Plesirmania harus memilih pilihan destinasi wisata. Sebab, kalau tidak memilih destinasinya terlebih dahulu, Anda tidak akan bisa memilih hari keberangkatan.

Lebih lanjut, karena di dalam daftar pilihan tersebut ada banyak destinasinya (Wisata Kapal Perahu Air Kalimas, Museum Tugu Pahlawan, Rumah Kelahiran Bung Karno, dll), maka pastikan Anda memilih opsi destinasi “Bus Surabaya Sightseeing and City Tour (SSCT)-Balai Pemuda”. Letaknya tepat di bawah pilihan destinasi wisata Museum Olahraga. Mengerti ‘kan, Plesirmania?

Ada di Hari Jum'at, Sabtu, dan Minggu Saja
© istockphoto.com/Wirestock
3
Ada di Hari Jum'at, Sabtu, dan Minggu Saja

Pilih Hari Kunjungan

Rekomendasi kami

Cara berikutnya adalah memilih hari kunjungan. Opsi hari kunjungan ini tepat berada di bawah opsi destinasi wisata. Seperti yang tim Plesir sampaikan sebelumnya, jadwal hanya tersedia di weekend (Jum’at, Sabtu, Minggu) saja. Oleh karenanya, hari berkunjung hanya akan tersedia di hari tersebut.

Tim Plesir juga sudah mengatakan bahwa Anda harus reservasi H-1 sebelum keberangkatan. Apa sih gunanya? Karena jumlah pengunjung yang membludak, maka setiap tracker yang ingin naik bis SSCT harus pesan satu hari sebelum keberangkatan. Tim Plesir sarankan agar cepat pesan tiketnya sebab kuotanya mudah habis.

Tersedia dari Sembilan Pagi Sampai Empat Sore
© istockphoto.com/Doucefleur
4
Tersedia dari Sembilan Pagi Sampai Empat Sore

Pilih Jam Kunjungan

Ada tahapan penting sebelum Anda klik tombol “Pesan Tiket”, yaitu memilih jam kunjungan. Tim Plesir telah mencantumkan dengan jelas info jam keberangkatan di bagian atas artikel ini bahwa hanya ada 2 sesi di setiap harinya.

Sehingga, Plesirmania hanya bisa memilih jam berkunjung untuk mengikuti tur keliling Kota Surabaya seperti yang telah tercantum di website tersebut. Pilihlah jam yang sesuai dengan kemampuan Anda untuk bisa datang tepat waktu (maksimal 30 menit sebelum keberangkatan). Sesi satu mulai pukul 9 pagi dan sesi dua mulai jam 2 di hari Jum’at dan pukul 1 siang di hari Sabtu serta Minggu.

Agar Tercatat pada Sistem untuk Bisa Discan
© istockphoto.com/TeroVesalainen
5
Agar Tercatat pada Sistem untuk Bisa Discan

Isi Form Pemesanan Tiket

Tahapan ke-5 yaitu mengisi form pemesanan tiket wisata di situs tiketwisata.surabaya secara online. Apa yang harus pengunjung isi di form itu? Ada pilihan kewarganegaraan, nama lengkap, nomor HP, jumlah orang yang ingin berkunjung, dan email.

Pastikan memilih kewarganegaraan Indonesia, mengetik nama lengkap sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP) Anda, nomor HP yang bisa dihubungi, dan email aktif untuk bisa menerima link unduh bukti pesanan tiket wisata.

Sangat Penting Biar Dapat E-Tiketnya
© istockphoto.com/CHOLTCHAKRANJUMNONG
6
Sangat Penting Biar Dapat E-Tiketnya

Centang Checklist dan Klik Tombol Pesan Tiket

Rekomendasi kami

Terdapat beberapa persyaratan yang harus dipatuhi oleh setiap pengunjung untuk bisa naik bis SSCT Suroboyo. Contohnya seperti menyetujui dan bertanggung jawab dengan segala resiko apabila tidak mematuhi persyaratan dan ketentuan yang berlaku.

Hal ini adalah bagian dari langkah preventif pihak penyelenggara agar Anda berhati-hati saat memutuskan ikut tur nanti. Sehingga, Anda perlu centang kotak checklist yang tersedia di bawah kata-kata persyaratan tadi dan klik tombol “Pesan Tiket” sesudahnya.

Simpan Unduhan untuk Scan di Loket
© istockphoto.com/Prostock-Studio
7
Simpan Unduhan untuk Scan di Loket

Unduh Tiket Melalui Email

Langkah terakhir yakni mengunduh tiket melalui email pribadi yang berhasil Plesirmania pesan melalui website tadi. Simpan unduhan tersebut untuk nanti Anda serahkan ke petugas loket di tempat.

Mereka akan scan tiket itu untuk ikut tur. Jangan lupa membayar pesanan tiket Anda agar lebih mudah mengikuti tur ini. Maka, tim Plesir ucapkan selamat karena Anda telah sukses reservasi SHT!

Tanya Jawab Seputar Cara Reservasi Surabaya Heritage Track

Berikut merupakan sejumlah pertanyaan yang kebanyakan orang-orang tanyakan di internet tentang Surabaya Heritage. Silakan simak!

Kenapa House of Sampoerna tutup?

Belum ada pemberitahuan lebih lanjut terkait hal ini. Namun, kabarnya House of Sampoerna telah tutup sejak 2020 lalu akibat dari pandemi Covid-19.

Apa itu SSCT Surabaya?

SSCT adalah kepanjangan dari Surabaya Sightseeing and City Tour. Arti dari SSCT yaitu salah satu pilihan kegiatan city tour yang isinya berwisata dengan nyaman bersama seorang guide di Kota Surabaya.

Kesimpulan: Cara Reservasi Surabaya Heritage Track

Dari penjelasan tim Plesir sebelumnya, terdapat 7 langkah atau cara reservasi Surabaya Heritage Track dengan mudah. Kunjungi website resmi tiket wisata Surabaya, pilih destinasi wisata, hari dan jam kunjungan, isi formulir, setujui persyaratan dengan mencentang kotak checklist, dan unduh tiketnya.

Pesan tiket tur keliling pusat dan kota Surabaya menggunakan bis SSCT sekarang sangat mudah. Tim Plesir ingatkan lagi agar pesan di H-1 keberangkatan agar bisa dapat kuota berangkat. Kalau tidak, keburu kehabisan, lho. Yuk, reservasi sekarang juga!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo