Hide Menu

Angkat Tangan yang Mau Wisata Gunung Bromo? Catat, Ini 4 Cara ke Bromo dari Malang!

Bisa Menggunakan Empat Jenis Kendaraan dan Melewati Berbagai Macam Rute Perjalanan, Semuanya Lengkap!

Artikel Cara ke Bromo dari Malang ini diposting diperbarui
2 Pembaca
Like
Cara ke Bromo dari Malang 2024
© freepik.com

Kendaraan yang Punya Akses ke Gunung Bromo dari Malang

Kendaraan yang Punya Akses ke Gunung Bromo dari Malang
freepik.com

Faktanya, Gunung Bromo mempunyai 4 pintu masuk, antara lain Penanjakan, Cemoro Lawang, Coban Trisula, dan Senduro. Jalan menuju keempat macam pintu masuk ini terbukti tidak lebar, mengindikasikan bahwa hanya kendaraan tertentu saja yang bisa lewat.

Contohnya, sepeda motor, mobil, angkutan umum ukuran kecil, dan Damri khusus. Walaupun Anda menggunakan transportasi tersebut menuju ke salah satu pintu masuk tadi, Plesirmania harus berganti kendaraan lagi agar bisa mencapai wilayah Bromo. Diketahui mobil Jeep saja yang bisa meneruskan pengantaran Anda sampai ke lokasi tujuan.

Apakah Anda memiliki rencana ke Gunung Bromo akhir pekan besok? Sebelum pergi, ada baiknya Plesirmania meneliti dulu informasi terkait cara ke Bromo dari Malang dengan beberapa transportasi tersebut. Ayo baca artikel ini!

Beberapa Rute dari Malang ke Bromo

Beberapa Rute dari Malang ke Bromo
freepik.com

Perlu Plesirmania ketahui bahwa jarak Malang ke Bromo adalah 35 km. Itu berarti jaraknya dapat ditempuh selama 1,5 jam sampai dengan 2 jam perjalanan. Anda dapat mencapai lokasi dengan capaian waktu tersebut menggunakan macam-macam rute berikut:

Rute Pertama

Malang – Tumpang – Gubugklakah – Ngadas – Jemplang – Mount Bromo

Rute Kedua

Malang – Tongas (Probolinggo) – Sukapura – Cemoro Lawang – Mount Bromo

Rute Ketiga

Malang – Purwodadi – Nongkojajar – Tosari – Penanjakan – Mount Bromo

Rute Terakhir

Malang – Pasuruan – Warungdowo – Tosari – Wonokitri – Dingklik – Penanjakan – Laut Pasir – Mount Bromo

Dari keempat rute di atas, jalur pertama sangat direkomendasikan apabila Anda berangkat dari Kota Malang dan tak ingin memutar jalan jauh. Jadi, inget rute yang harus Anda lewati agar tidak tersesat ke Gunung Bromo. 

Contoh Itinerary Trip Bromo Seharian

Contoh Itinerary Trip Bromo Seharian
freepik.com

Bromo terkenal dengan potensi pariwisatanya yang tiada dua. Demikian menurut Achmad Z et al (2021) mengenai Potensi Daya Tarik Wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Mereka memilih TNBTS sebagai fokus penelitian karena objek wisata Bromo mempunyai potensi serta daya tarik tersendiri dalam pengembangan pariwisata di Jawa Timur.

Tim Plesir juga sepakat dengan hal tersebut dan merasa Anda pun demikian. Bukankah begitu? Untuk membuktikan apakah TNBTS benar-benar mempunyai daya tarik, tim Plesir rekomendasikan agar Anda mengunjungi tempat ini sehari saja. Plesirmania dapat menjelajahi Bromo dengan menggunakan panduan contoh itinerary menarik seperti pada kolom bawah. Yuk, baca dulu!

TanggalWaktuKegiatan
30 Maret 202401.00 – 02.30
  • Berangkat ke Bromo dari Kota Malang
02.30 – 03.30
  • Sampai di Pintu Masuk Bromo
  • Naik ke Penanjakan 1
  • Sampai di atas bukit
03.30 – 06.00
  • Istirahat sambil menunggu matahari terbit
  • Menikmati udara pagi di ketinggian
  • Berswafoto dengan latar Gunung Bromo yang menakjubkan
06.00 – 07.00
  • Selesai melihat sunrise
  • Turun bukit dan siap-siap menuju kawah
07.00 – 09.00
  • Melakukan pendakian ke Kawah Bromo
  • Mengunjungi Pura Luhur Poten
09.00 – 10.00
  • Lanjut ke Pasir Berbisik untuk berfoto ria
  • Mengunjungi Sabana
  • Mampir ke Bukit Teletubbies
10.00 – 12.00
  • Perjalanan ke Air Terjun Coban Pelangi
  • Bermain air sepuasnya
12.00 – 13.00
  • Makan siang di Coban Pelangi
  • Persiapan kembali pulang

Tips Liburan ke Bromo

Tips Liburan ke Bromo
freepik.com

Untuk siapa saja termasuk Plesirmania tercinta yang sudah merencanakan perjalanan ke Bromo jauh-jauh hari, persiapan matang adalah kunci segalanya agar libur menjadi berkesan. Selain itu, Anda juga harus menerapkan tips-tips berikut agar perjalanan Anda ke Bromo lebih mudah:

  • Mengerti Waktu Berkunjung yang Baik

Sangat penting mengetahui waktu yang tepat berkunjung ke Mount Bromo. Tim Plesir sarankan untuk datang saat hari kerja yang tidak ramai pengunjung. Bisa juga di bulan November-Maret saat musim penghujan.

  • Membawa Perlengkapan yang Tepat

Karena cuaca di Bromo cukup dingin, bawalah perlengkapan yang membantu Anda agar tidak kedinginan. Bawa saja jaket tebal, kupluk, syal, sarung tangan, dan lain-lain.

  • Mengetahui Rute Perjalanan

Telah tim Plesir sampaikan bahwa ada sejumlah rute untuk sampai ke Bromo. Ketahui terlebih dulu rutenya, lebih baik lagi pelajari jalanannya.

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Cara ke Bromo dari Malang - Terbaru 2024

Inilah pembahasan yang Anda tunggu-tunggu, yaitu penjelasan lengkap cara menuju Gunung Bromo. Tanpa berbasa-basi, mulai saja baca!

1
Naik Damri

Bisa Naik dari Terminal Batu atau Stasiun Malang

Naik Damri

2
Naik Motor

Langsung Sat Set Lewat Tumpang!

Naik Motor

3
Naik Mobil

Santai di Perjalanan, Bisa Berhenti Kapan Saja

Naik Mobil

4
Naik Angkutan Umum

Harus Naik dari Terminal dan Oper-operan

Naik Angkutan Umum

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Bisa Naik dari Terminal Batu atau Stasiun Malang
© freepik.com
1
Bisa Naik dari Terminal Batu atau Stasiun Malang

Naik Damri

Rekomendasi kami

Cara pertama untuk ke Bromo adalah naik Damri. Sudah sejak lama Perum Damri menyediakan minibus dengan rute keberangkatan Malang menuju Bromo dan rute kembali. Kalau Plesirmania ingin naik kendaraan tersebut, Anda harus ke Terminal Batu atau ke Stasiun Malang.

Jam keberangkatan dimulai pukul 8 pagi apabila Plesirmania ingin naik dari Terminal Batu. Kemudian, perjalanan akan berangkat menuju ke Tosari – Wonokitri. Wilayah Wonokitri sendiri merupakan salah satu pintu masuk ke Bromo.

Dengan memilih kendaraan minibus Damri ke Bromo Anda hanya perlu membayar biaya perjalanan sebesar Rp. 40.000. Budget tersebut termasuk tiket pergi sekali jalan saja. Jika ingin kembali naik minibus Damri, Anda harus membayar sejumlah 40 ribu rupiah lagi.

Langsung Sat Set Lewat Tumpang!
© freepik.com
2
Langsung Sat Set Lewat Tumpang!

Naik Motor

Dari keempat cara ke Bromo, naik motor adalah cara yang paling favorit. Sebab, Plesirmania tak perlu ke terminal ataupun stasiun yang letaknya jauh. Kalau Anda mendambakan naik motor pribadi sampai ke lokasi tujuan, pakailah jalur para pendaki Gunung Semeru.

Plesirmania bisa memulai perjalanan menggunakan rute pertama seperti yang sudah tim Plesir sampaikan, yaitu via Kecamatan Tumpang menuju Gubugklakah. Kemudian, lanjutkan perjalanan sampai ke Ngadas dan teruskan hingga ke wilayah Jemplang.

Dalam perjalanan Ngadas-Jemplang, Plesirmania harus hati-hati karena jalanan menanjak dan banyak perkebunan serta hutan jati. Sesampainya di Jemplang, Anda akan menemui sebuah persimpangan dan pertigaan.

Di pertigaan, ambillah arah kiri menuju Bromo langsung ke Padang Savana. Apabila tadi tidak belok ke arah kiri, Plesirmania akan sampai di Desa Ranu Pani di mana tempat Pos Awal Pendakian Semeru. Sampailah Anda di Bromo!

Santai di Perjalanan, Bisa Berhenti Kapan Saja
© freepik.com
3
Santai di Perjalanan, Bisa Berhenti Kapan Saja

Naik Mobil

Rekomendasi kami

Apakah naik mobil bisa? Ya, cara selanjutnya ini, Anda dipersilakan untuk naik mobil pribadi. Daripada capek mengoper angkot, tak masalah mencoba naik kendaraan sendiri. Adapun rute naik mobil ialah bisa menggunakan salah satu dari keempat rute yang telah tim Plesir jelaskan sebelumnya.

Plesirmania bisa lewat Tumpang, Kecamatan Tongas, Purwodadi, ataupun via Pasuruan. Naik mobil sendiri juga sangat menguntungkan selain tak repot-repot ganti kendaraan, Anda bisa berhenti kapan saja untuk sekadar melihat pemandangan sekitar.

Harus Naik dari Terminal dan Oper-operan
© freepik.com
4
Harus Naik dari Terminal dan Oper-operan

Naik Angkutan Umum

Rekomendasi kami

Terdapat transportasi umum di Malang yang bisa Anda manfaatkan biar sampai ke Gunung Bromo. Plesirmania bisa naik transum di Terminal Landungsari yang berada di Jalan Raya Tlogomas, Dusun Rambaan. Carilah transum menuju arah Terminal Arjosari.

Kalau mau yang lebih cepat, Anda bisa naik transum langsung di Terminal Arjosari di Jalan Terusan Raden Intan Nomor 1. Lebih lanjut, perjalanan Anda akan diteruskan ke arah Tumpang. Naiklah angkot dengan kode TA atau jurusan Tumpang-Arjosari.

Kemudian, Anda akan menuju ke Pasar Tumpang dan sampai di salah satu pintu masuk Bromo yang berada di Kecamatan Malang. Sama halnya dengan naik kendaraan minibus Damri, motor maupun mobil, Anda juga harus oper Jeep bila ingin masuk ke dalam Kawasan TNBTS.

Tanya Jawab Seputar Cara ke Bromo dari Malang

Jangan beranjak dulu, Plesirmania. Ada beberapa pertanyaan di kolom tanya-jawab berikut. Silakan membacanya sebelum menuju ke bagian penutup artikel cara ke Bromo dari Malang ini!

Berapa jam perjalanan dari kota Malang ke Bromo?

Jawaban dari Malang ke Bromo berapa jam adalah kurang lebih 1 setengah jam hingga 2 jam-an.

Berapa jam perjalanan dari Batu Malang ke Bromo?

Lama perjalanan dari Batu ke Bromo adalah sekitar 3 jam.

Berapa harga naik Bromo?

Apabila yang Anda tanyakan adalah harga masuk ke Gunung Bromo, maka harganya Rp. 29.000 untuk orang dewasa di hari kerja.

Ke Bromo naik kereta turun di stasiun apa?

Anda bisa turun di Stasiun Malang jika berangkat dari Jakarta atau Surabaya.

Bromo Malang berapa jam?

Kemungkinan lama perjalanan adalah 2 jam-an.

Kesimpulan: Cara ke Bromo dari Malang

Sekian rangkuman tentang cara menuju Bromo naik beberapa kendaraan. Anda bisa naik kendaraan pribadi  termasuk motor atau mobil, minibus Damri, serta angkutan umum melalui salah satu rute Malang ke Bromo. 

Keempat kendaraan tersebut dapat mengantarkan Anda sampai ke pintu masuk Bromo. Selebihnya, Plesirmania bisa naik Jeep. Paham ‘kan sekarang bagaimana cara mencapai Gunung Bromo? Ayo, rencanakan libur Anda segera!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo