Hide Menu

Ada 5 Transportasi ke Dieng dari Jakarta, Plesirmania Bisa Pakai Kereta Juga Ternyata!

Rincian Macam-Macam Transportasi Umum via Darat dan Udara Lengkap untuk Melancong dari Jakarta ke Dieng

Artikel Transportasi ke Dieng dari Jakarta ini diposting diperbarui
1 Pembaca
Like
Transportasi ke Dieng dari Jakarta 2024
© freepik.com

Dari Jakarta ke Dieng Bisa Naik Apa Aja?

Dari Jakarta ke Dieng Bisa Naik Apa Aja?
freepik.com

Perlu Plesirmania ketahui terlebih dahulu bahwa ke Dataran Tinggi Dieng itu tidak bisa Anda akses langsung. Seperti halnya pergi dari Jakarta ke Yogyakarta yang langsung sampai di kota tersebut dengan kendaraan apa saja.

Walaupun ke Dieng bisa menggunakan kendaraan jalur darat, antara lain bus antar provinsi, kereta api, travel, mobil dan motor serta menggunakan kendaraan jalur udara seperti pesawat terbang, Plesirmania tidak akan sampai di tempat tujuan dengan sekali berkendara.

Kalau Anda total kendaraan yang bisa digunakan ke desa terdingin di Wonosobo ini adalah 5 kendaraan plus satu kendaraan oper, yaitu mikro bus. Jikalau Anda penasaran dengan detail transportasi ke Dieng dari Jakarta apa saja, tetaplah membaca artikel ini sampai akhir!

Jarak Jakarta Dieng Sejauh Apa?

Jarak Jakarta Dieng Sejauh Apa?
freepik.com

Dari hasil pencarian tim Plesir, jumlah jarak antara Jakarta dan Dieng adalah 420 kilometer. Jumlah jarak ini dapat Anda tempuh dalam kurun waktu 6 jam 30 menit dengan kecepatan sedang dan dalam kondisi jalan yang lancar tidak macet.

Plesirmania akan melewati sejumlah kota, seperti Cikampek, Cirebon, Brebes, Tegal, dan Pekalongan. Kalau Anda pergi dari Jakarta melewati tol, maka jarak termpuhnya kurang lebih seperti yang sudah tim Plesir katakan sebelumnya. Begitupun dengan waktu tempuhnya, sekitar kurang lebih tujuh jam-an. 

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Transportasi ke Dieng dari Jakarta - Terbaru 2024

Jika berbicara tentang transportasi. Anda mungkin lebih fokus pada kendaraan pribadi. Padahal, dalam pengertiannya, angkutan kota juga merupakan bagian dari sistem transportasi (Imam B, 2008). Memangnya angkutan seperti apa yang bisa Plesirmania gunakan menuju desa terdingin di Wonosobo ini? Yuk, baca aja langsung rinciannya!

1
Naik Bus

Banyak Pilihan Armada Bus dari Beberapa Terminal di Jakarta

Naik Bus

2
Naik Kereta Api

Jalurnya Jauh, Perlu Oper Beberapa Mikro Bus

Naik Kereta Api

3
Naik Travel

Bisa Jemput di Rumah sampai Langsung Tempat Tujuan Tanpa Berhenti di Terminal

Naik Travel

4
Pakai Kendaraan Pribadi

Lebih Santai Bisa Berhenti di Jalan Kapan Saja

Pakai Kendaraan Pribadi

5
Naik Pesawat Terbang

Cukup Mahal dan Perlu Oper Beberapa Kali

Naik Pesawat Terbang

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Banyak Pilihan Armada Bus dari Beberapa Terminal di Jakarta
© freepik.com
1
Banyak Pilihan Armada Bus dari Beberapa Terminal di Jakarta

Naik Bus

Rekomendasi kami

Transportasi umum pertama yang bisa Plesirmania gunakan adalah bus. Ada banyak pilihan bus dari Jakarta. Sebagai contoh, PT Sinar Jaya Group, Dieng Indah, DAMRI, dan Kupu Kupu Ayu. Nama-nama bus tersebut biasanya tersedia di Terminal Pulo Gebang hingga Terminal Kalideres. Anda juga bisa naik di agen langsung.

Jurusan bus dari terminal yang telah disebutkan semuanya menuju Terminal Mendolo di Wonosobo. Jika tidak, bus akan turun di Terminal Sawangan atau di tempat agen bus itu sendiri. Pastikan cari yang turun di Terminal Mendolo agar tidak terlalu jauh pergi ke desa wisata Dieng.

Setelah Anda tiba di Terminal Mendolo, selanjutnya Plesirmania bisa mencari mikro bus jurusan Dieng. Perjalanan dari Terminal Mendolo ke desa dingin ini akan memakan waktu sekitar 1 jam. Lama perjalanan memang cukup dekat, sehingga tak menghabiskan banyak waktu. Berbeda dari perjalanan dari Jakarta ke Wonosobo yang membutuhkan waktu 7 hingga 8 jam.

Kemudian, untuk harga mikro bus per orang adalah sekitar Rp. 15.000 – Rp. 20.000. Persiapkan uang Anda sebanyak jumlah tersebut. Namun, perlu diperhatikan bahwa harga mikro bus bisa saja berbeda sewaktu-waktu.

Jalurnya Jauh, Perlu Oper Beberapa Mikro Bus
© freepik.com
2
Jalurnya Jauh, Perlu Oper Beberapa Mikro Bus

Naik Kereta Api

Rekomendasi kami

Transportasi umum kedua dalam daftar ialah kereta api. Sama halnya dengan naik bus, Anda tak akan langsung sampai Dieng karena memang tidak ada stasiun di daerah tersebut. Lalu, tujuan stasiun mana yang harus Plesirmania tuju bila naik kereta? Jawabannya yakni Stasiun Purwokerto.

Anda bisa naik kereta di Jakarta lewat Stasiun Pasar Senen atau Stasiun Gambir. Pesan kereta dengan jurusan Stasiun Pasar Senen – Stasiun Purwokerto atau Stasiun Gambir – Stasiun Purwokerto. Sebenarnya, Anda juga bisa turun di Stasiun Kutoarjo. Namun, untuk kemudahan perjalanan lebih baik turun di Stasiun Purwokerto.

Sementara itu, lama perjalanan dari Jakarta – Purwokerto naik kereta adalah 5 – 6 jam. Anda masih memerlukan 2 jam perjalanan lagi dari Purwokerto ke Wonosobo agar dapat menuju desa wisata Dieng. Lantas, naik apa dari Stasiun Purwokerto ke Terminal Mendolo? Plesirmania bisa naik mikro bus.

Sesampainya Anda di Terminal Mendolo, Plesirmania juga harus naik mikro bus lagi seperti yang sudah tim Plesir jelaskan dalam penjelasan sebelumnya. Barulah Plesirmania dapat merasa tenang karena setelah itu tak perlu naik kendaraan apa-apa lagi.

Bisa Jemput di Rumah sampai Langsung Tempat Tujuan Tanpa Berhenti di Terminal
© freepik.com
3
Bisa Jemput di Rumah sampai Langsung Tempat Tujuan Tanpa Berhenti di Terminal

Naik Travel

Selain dari kedua transportasi darat tadi, Plesirmania bisa naik travel untuk akses lebih mudah. Anda tidak harus selalu pergi ke terminal dengan naik travel tidak seperti bus. Biasanya, Anda perlu naik travel dari kantor agen. Bahkan, Anda juga bisa dijemput dari rumah.

Kalau Anda memilih transportasi ini, maka Anda juga bisa turun di objek wisata dekat tempat tujuan langsung tak perlu di terminal Wonosobo. Sementara untuk lama perjalanan travel tidak tetap, kadang cepat dan kadang lama. Yang tadinya hanya memakan waktu 10 jam saja, bisa sampai 12 jam.

Hal ini karena titik penjemputan berbeda-beda sesuai alamat penumpang. Jadi, minibus travel harus menyesuaikan tempat penjemputan tersebut. Tak ayal harga atau biaya satu kursi untuk satu penumpang cukup mahal. Untuk rute perjalanan dari Jakarta Dieng tergantung dari pihak travel akan melewati jalur tempuh mana.

Lebih Santai Bisa Berhenti di Jalan Kapan Saja
© freepik.com
4
Lebih Santai Bisa Berhenti di Jalan Kapan Saja

Pakai Kendaraan Pribadi

Kemudian, pilihan transportasi lainnya adalah naik kendaraan pribadi. Anda bebas bisa pakai mobil atau motor milik sendiri. Untuk Anda yang tak suka bepergian jauh bersama penumpang lain, naik kendaraan pribadi dapat menjadi pilihan menguntungkan.

Lebih lanjut, jika Anda memutuskan road trip menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil, beberapa rute berikut dapat Anda pertimbangkan. Catat baik-baik!

  • Via Purwokerto

Purwokerto memang jalur andalan bagi setiap transportasi darat. Anda bisa mengambil jalan tol menuju arah Semarang, lalu keluar Gerbang Tol Pejagan. Selebihnya ambil jalan umum nasional menuju Dieng.

  • Via Kajen

Rute lainnya adalah via Kajen lewat tol arah Semarang. Kali ini Anda harus keluar Gerbang Tol Pekalongan ke jalan provinsi ke arah Kajen, lalu lanjutkan menuju tempat tujuan.

  • Via Bawang

Yang ketiga yaitu rute Jalan Bawang dan Tol Kahyangan. Plesirmania dapat mengambil jalur jalan tol Cipularang, lalu keluar Gerbang Tol Cirebon Timur (Bawang). Kemudian, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke arah Kabupaten Brebes dan Wonosobo.

  • Via Semarang

Kalau mau yang lebih mudah, paka saja rute via Semarang. Mulailah dari masuk Tol Jakarta – Cikampek, kemudian lanjutkan ke jalan Tol Semarang dan keluar Gerbang Tol Bawen. Lalu, lanjut lagi ke jalan provinsi ke arah Wonosobo.

Sementara untuk rute sepeda motor, Anda bisa coba lewat Cikampek, Pemanukan, Brebes, Pemalang, Pekalongan, tak perlu lewat Purbalingga, Temanggung, apalagi Kebumen. Plesirmania juga bisa lihat map di gadget untuk mengetahui kondisi jalan tercepat dan aman pakai motor.

Cukup Mahal dan Perlu Oper Beberapa Kali
© freepik.com
5
Cukup Mahal dan Perlu Oper Beberapa Kali

Naik Pesawat Terbang

Rekomendasi kami

Kalau tadi referensi transportasi melewati jalur darat, maka kali ini melalui jalur udara. Ternyata, Plesirmania bisa ke Dieng pakai pesawat terbang melalui Bandara Soekarno Hatta ke Bandara Adi Sucipto Yogyakarta. Bisa terbang dari Bandara Soekarno-Hatta ke Bandara Achmad Yani Semarang.

Sesampainya di Jogja atau Semarang, Plesirmania perlu oper kendaraan seperti bus antar provinsi untuk mengantar Anda ke Terminal Mendolo Wonosobo. Namun, pertama-tama saat Anda tiba di bandara, Plesirmania harus ke Terminal Giwangan (jika tujuan pesawat ke Jogja) agar bisa naik bus antar provinsi.

Kemudian, lanjutkan perjalanan ke Dieng menggunakan mikro bus ketika sudah sampai di Terminal Mendolo. Lama perjalanan yang akan Anda tempuh adalah 1 jam perjalanan. Sementara itu, untuk jumlah harga dapat bervariasi tergantung maskapai apa yang Anda gunakan.

Tanya Jawab Seputar Transportasi ke Dieng dari Jakarta

Sebelum menuju ke akhir atau penutup dari artikel berikut, cek juga sejumlah pertanyaan terkait cara ke Dieng dari Jakarta. Yuk, baca!

Dari Jakarta ke Dieng naik bus turun dimana?

Plesirmania bisa turun di Terminal Mendolo yang ada di Kabupaten Wonosobo.

Apakah ke Dieng bisa naik bus?

Ya, Anda bisa naik bus ke desa dingin yang berada di Kabupaten Wonosobo ini.

Dieng melewati kota apa saja?

Apabila Plesirmania dari Jakarta, maka Anda akan melewati Purwokerto, Banjarnegara, dan Wonosobo.

Ke Dieng bagus bulan apa?

Anda bisa berkunjung ke desa setempat pada bulan Mei hingga September, sebab cuaca di bulan-bulan tersebut masih dalam keadaan cerah di bawah musim kemarau.

Jakarta ke Dieng berapa jam?

Rata-rata jumlah waktu tempuh Jakarta Dieng adalah sekitar 7 – 8 jam perjalanan.

Kesimpulan: Transportasi ke Dieng dari Jakarta

Jadi, transportasi ke Dieng dari Jakarta secara keseluruhan ada lima. Empat di antaranya adalah kendaraan jalur darat dan satu merupakan kendaraan jalur udara. Sekarang, Anda bisa naik kendaraan apapun untuk mencapai desa terdingin ini.

Tim Plesir pun sudah menyediakan rekomendasi link pesanan tiket yang pas untuk Anda. Segera jadwalkan travel ke dataran tinggi tersebut, beli tiket kendaraannya, dan siap-siap berangkat. Tim Plesir ucapkan selamat berlibur!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo