Hide Menu

10 Cara Packing Baju di Koper agar Muat Banyak, Efisien, Lebih Rapi, dan Gak Berantakan

Berikut Adalah Cara Packing Baju di Koper yang Efisien dan Rapi Biar Muat Banyak. Cocok Buat yang Mau Liburan, Umroh, dan Haji!

Artikel Cara Packing Baju di Koper ini diposting diperbarui
14 Pembaca
Like
Cara Packing Baju di Koper 2024
© unsplash.com/nickdepartee

Kenapa Harus Tahu Cara Packing Baju di Koper?

Kenapa Harus Tahu Cara Packing Baju di Koper?
freepik.com

Ada banyak alasan kenapa Anda harus mengetahui tips mengenai packing baju di koper, efisiensi salah satu alasannya. Pada dasarnya, saat berpergian, Anda pasti akan menyiapkan dan membawa baju sebagai pakaian ganti Anda selama liburan, kan? Ditambah lagi, Anda pastinya juga membawa barang-barang selain baju untuk menunjang seluruh kegiatan Anda selama liburan. 

Nah, dengan banyaknya barang yang harus Anda bawa saat liburan, tentu saja, memahami cara menata baju di koper adalah hal yang wajib. Ini nantinya akan membantu Anda untuk membawa dan menyimpan semua barang bawaan Anda hanya dalam satu koper. Gak perlu lagi bawa 2 koper, ribet gak sih!

Lalu, bagaimana cara packing baju di koper agar muat banyak? Jika Anda sudah penasaran, jangan buang waktu Anda dan segeralah membaca artikel ini karena kami akan menunjukkan Anda caranya. Selamat membaca!

3 Jenis Koper dengan Kualitas Masing-Masing

3 Jenis Koper dengan Kualitas Masing-Masing
unsplash.com/sweetpagesco

Sebelum Anda melakukan perjalanan baik ke luar kota maupun ke luar negeri, koper menjadi barang paling penting yang harus Anda siapkan. Di samping itu, saat memilih koper, Anda pun harus memilih koper dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan traveling Anda. Ada tiga jenis koper yang dibagi berdasarkan ukurannya, koper kabin, koper sedang, dan koper besar. Berikut penjelasannya: 

1. Koper Kabin atau Koper Carry-On

Yang pertama adalah koper kabin. Jenis koper ini umumnya tersedia dalam tiga ukuran, yaitu 16-inch, 18-inch, dan 20-inch. Ini merupakan jenis koper yang cocok untuk Plesirmania yang satset ingin segera menuju ke tempat akomodasi atau destinasi wisata sesaat setelah pesawat yang Anda naiki landing. Pasalnya, Anda bisa memasukkannya ke kabin pesawat.

Juga, jika Anda hanya berlibur sebentar sekitar 1-2 hari, koper carry-on ini cocok untuk Anda. Kenapa? Itu karena ukurannya yang kecil, tidak lebih dari 22 x 35 x 56 cm yang dapat menyimpan beberapa pasang pakaian Anda. Untuk berat maksimal dari koper kabin umumnya ada di angka 7 kg sampai 10 kg.

2. Koper Sedang

Selanjutnya ada koper sedang, jenis koper yang cocok untuk sobat Plesir yang berencana melakukan perjalanan selama 5 atau 7 hari. Ukuran dari koper sedang juga lebih besar daripada koper carry-on, di mana ukuran standar yang tersedia umumnya adalah 22-inch dan 24-inch.

Bagaimana dengan batasan berat maksimal untuk jenis koper ini? Untuk berat maksimal yang dapat ditanggung oleh koper ini antara 20 kg sampai 25 kg.

3. Koper Besar

Yang terakhir adalah koper bagasi atau koper besar. Kalau jenis koper yang satu ini, cocok buat Plesirmania yang ada rencana untuk traveling selama seminggu lebih. Sesuai nama, ukuran dari koper ini adalah yang paling besar dari koper kabin maupun koper sedang.

Standarnya, koper bagasi ini tersedia dalam dua pilihan ukuran, yaitu 28-inch dan 32-inch dengan dimensi sekitar 75 x 50 x 30 cm. Sementara itu, untuk berat maksimal yang dapat ditampung koper ini adalah 35 kg sampai 50 kg. Melihat ukurannya, maka koper ini amat cocok untuk menyimpan banyak pakaian Anda selama liburan, bahkan ketika ke Gunung Merapi sekalipun. 

Saat ini juga marak dengan adanya jenis koper pintar. Apa itu? Menurut penelitian dari Andesita. N. W. dan Agus. W. (2018) dengan judul Desain Koper Pintar untuk Business Traveller menyebutkan bahwa koper pintar merupakan sebuah jenis koper yang memiliki sumber daya listrik untuk membantu mobilitas penggunanya dan efektifitas dalam penyimpanan barang.

A. Ulinnuha
Writer
Content Writer

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

10 Cara Packing Baju di Koper - Terbaru 2024

Di bawah ini adalah 10 cara packing baju di koper yang bisa Anda terapkan biar lebih rapi. Apa saja kesepuluh caranya? Baca terus untuk mengetahuinya!

1
Seleksi dan Pilih Baju yang akan Dibawa

Pilih dan Pilah Baju Mana yang Mau Dibawa

Seleksi dan Pilih Baju yang akan Dibawa

2
Pakaian Dalam yang Paling Utama

Traveling Gak Bawa Celana Dalam? Gak Banget!

Pakaian Dalam yang Paling Utama

3
Gulung Semua Pakaian Anda

Ini Nih Cara Melipat Baju Biar Muat Banyak di Koper

Gulung Semua Pakaian Anda

4
Gunakan Packing Cubes atau Travel Organizer

Baju Lebih Rapi Kalo Pake Packing Cubes

Gunakan Packing Cubes atau Travel Organizer

5
Gunakan Kantong Kedap Udara/Vakum

Koper Sesak Karena Baju Tebal? Manfaatkan Kantong Vakum!

Gunakan Kantong Kedap Udara/Vakum

6
Terapkan Metode Piramida

Biar Nyari Barang Lebih Mudah, Terapkan Metode Piramida

Terapkan Metode Piramida

7
Letakkan Pakaian Paling Ringan di Bagian Atas Koper

Yang Berat Paling Bawah, Yang Ringan Taruh Paling Atas

Letakkan Pakaian Paling Ringan di Bagian Atas Koper

8
Jangan Menyisakan Ruang Kosong di Koper

Biar Gak Saling Bertabrakan. Jangan Sisakan Ruang Kosong di Koper

Jangan Menyisakan Ruang Kosong di Koper

9
Gunakan Kantong Dry Cleaning

Biar Gak Kusut. Pakaikan Baju Anda Kantong Dry Cleaning

Gunakan Kantong Dry Cleaning

10
Pisahkan Barang Selain Pakaian

Jangan Satukan Baju dengan Peralatan Mandi maupun Kosmetik

Pisahkan Barang Selain Pakaian

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Pilih dan Pilah Baju Mana yang Mau Dibawa
© freepik.com
1
Pilih dan Pilah Baju Mana yang Mau Dibawa

Seleksi dan Pilih Baju yang akan Dibawa

Rekomendasi kami

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyeleksi dan memilih baju yang akan Anda bawa. Mulailah dengan memilih baju yang sesuai dengan aktivitas yang akan Anda lakukan, baik itu liburan, umroh, maupun haji. Usahakan juga untuk tidak membawa baju terlalu banyak, karena itu dapat membuat koper Anda terasa berat.

Selain itu, kami juga menyarankan sobat Plesirmania untuk membawa baju-baju yang terbuat dari bahan sintesis atau yang tidak mudah kusut, seperti lycra, nilon, atau poliester. Loh, kenapa? Karena baju dengan bahan yang mudah kusut nantinya akan semakin terlihat kusut saat dilipat dan disimpan dalam koper.

Saat berlibur, Anda pastinya tidak ingin mengenakan pakaian yang terlihat kusut. Apalagi pas difoto. Enggak banget, kan? Untuk itu, sebisa mungkin, bawalah seminimal mungkin baju yang terbuat dari bahan linen atau bahan yang mudah kusut lainnya.

Terus gimana kalo saya harus bawa gamis saat pergi umroh atau haji, kan itu bahannya mudah kusut? Tenang Plesirmania, kami punya tipsnya. Jadi, teruslah membaca!

Traveling Gak Bawa Celana Dalam? Gak Banget!
© freepik.com
2
Traveling Gak Bawa Celana Dalam? Gak Banget!

Pakaian Dalam yang Paling Utama

Rekomendasi kami

Tidak dapat dipungkiri, ketika memilih dan memilah baju yang harus masuk ke koper, Anda pastinya sering mengalami kebingungan. Sejatinya, ada satu barang yang benar-benar wajib Anda bawa dan masukkan ke koper. Pokoknya gak boleh sampai lupa. Barang itu adalah celana dalam.

Baik ada rencana traveling selama 2 hari, 5 hari, ataupun seminggu, celana dalam adalah barang paling penting dengan pengaruh besar yang harus ada di koper Anda. Malu dengan isi koper yang ada celana dalamnya? Tidak usah khawatir Plesirmania! Saat ini, tersedia banyak produk celana dalam disposable atau sekali pakai yang biasanya dipakai orang-orang saat berangkat umroh atau haji. Jadi, kalau sudah selesai pakai celana dalem, tinggal buang deh.

Ini Nih Cara Melipat Baju Biar Muat Banyak di Koper
© freepik.com
3
Ini Nih Cara Melipat Baju Biar Muat Banyak di Koper

Gulung Semua Pakaian Anda

Jika Anda sudah menyeleksi dan menentukan baju apa saja yang akan Anda bawa, maka kini Anda bisa mulai packing dengan menggulung baju-baju itu. Dengan teknik ini, Anda dapat menghemat ruang dalam koper sekaligus mencegah baju-baju agar tidak mudah kusut. Ini menjadi metode yang cocok untuk Plesirmania yang membawa baju dalam jumlah banyak.

Lalu, bagaimana cara melipat baju agar muat banyak di koper? Anda cukup meletakkan baju di atas permukaan datar, kemudian lipat bagian bawah baju ke dalam dan gulunglah baju dari bawah sampai ke atas. Jika sudah, Anda bisa mulai meletakkan baju-baju yang sudah digulung tadi ke koper. Pastikan untuk meletakkannya secara vertikal agar jauh lebih rapi.

Semisal sobat Plesir ingin belajar cara melipat baju di koper yang benar agar hemat tempat, Anda bisa pergi menonton video tutorial di TikTok maupun YouTube. Di dua platform ini, ada banyak sekali video seputar packing baju, mulai dari cara menata baju di koper sampai cara melipat baju agar tidak kusut di koper.

Baju Lebih Rapi Kalo Pake Packing Cubes
© freepik.com
4
Baju Lebih Rapi Kalo Pake Packing Cubes

Gunakan Packing Cubes atau Travel Organizer

Rekomendasi kami

Cara packing baju di koper agar rapi yang selanjutnya adalah dengan menggunakan packing cubes. Apa itu? Packing cubes atau yang dikenal juga dengan travel organizer merupakan sebuah kotak kecil yang umumnya terbuat dari bahan kain atau plastik. Fungsi dari barang ini adalah untuk memisahkan baju.

Dengan menggunakan packing cubes, Anda dapat mengorganisir baju-baju Anda sesuai dengan jenis maupun warnanya. Bingung? Gini deh. Coba gunakan satu packing cubes untuk menyimpan kaos, sementara masukin kemeja Anda ke packing cubes yang lain. Jika masih ada sisa, Anda bisa menggunakannya untuk menyimpan kerudung, gamis, atau makanan dan snack. Kalo gini, pasti bakal jauh lebih rapi, kan?

Koper Sesak Karena Baju Tebal? Manfaatkan Kantong Vakum!
© freepik.com
5
Koper Sesak Karena Baju Tebal? Manfaatkan Kantong Vakum!

Gunakan Kantong Kedap Udara/Vakum

Rekomendasi kami

Lagi bawa jaket, hoodie, crewneck, atau pakaian berukuran tebal lainnya? Gak perlu khawatir, Anda tetap bisa menjaga kerapian koper Anda meskipun sedang membawa pakaian-pakaian besar dan tebal. Caranya adalah dengan menggunakan kantung kedap udara atau teknik vakum.

Ini merupakan cara pengepakan yang paling efektif untuk mengurangi volume pakaian yang besar dan tebal. Tentu saja, dengan menggunakan teknik ini, Anda dapat menghemat lebih banyak ruang di koper yang memungkinkan Anda untuk membawa lebih banyak baju atau barang.

Biar Nyari Barang Lebih Mudah, Terapkan Metode Piramida
© freepik.com/kostikova
6
Biar Nyari Barang Lebih Mudah, Terapkan Metode Piramida

Terapkan Metode Piramida

Cara selanjutnya yang bisa Anda terapkan agar isi koper Anda rapi adalah dengan menerapkan metode piramida. Metode apa ini dan bagaimana caranya? Singkatnya, ini adalah metode yang berfungsi untuk memudahkan Anda dalam mencari baju maupun barang dari dalam koper. Jadi, Anda tidak perlu membongkar muatan koper hanya untuk mengambil satu barang.

Untuk caranya, Anda bisa mulai dengan memasukkan sepatu terlebih dahulu dan meletakkannya di bagian bawah koper. Kemudian masukkan celana jeans yang sudah terlipat memanjang. Setelah itu, barulah Anda bisa memasukkan baju-baju yang sudah Anda gulung serta kosmetik maupun aksesoris yang bakal Anda bawa nanti. Masukan susunan piramida ini adalah kunci yang kreatip, dijamin bikin isi koper Anda akan jauh lebih rapi.

Yang Berat Paling Bawah, Yang Ringan Taruh Paling Atas
© freepik.com
7
Yang Berat Paling Bawah, Yang Ringan Taruh Paling Atas

Letakkan Pakaian Paling Ringan di Bagian Atas Koper

Rekomendasi kami

Ada juga metode efisien yang bisa Anda terapkan agar baju dan pakaian yang Anda bawa di koper itu tersusun rapi. Caranya adalah meletakkan baju yang paling ringan di bagian paling atas koper. Plesirmania cukup melakukannya dengan meletakkan barang yang paling berat di bawah dan barang yang ringan di atas.

Contohnya, Anda bisa meletakkan sepatu di bagian paling bawah koper, lanjut dengan celana jeans dan jaket. Setelah itu, secara bertahap, Anda bisa memasukkan pakaian-pakaian yang lebih ringan.

Biar Gak Saling Bertabrakan. Jangan Sisakan Ruang Kosong di Koper
© freepik.com
8
Biar Gak Saling Bertabrakan. Jangan Sisakan Ruang Kosong di Koper

Jangan Menyisakan Ruang Kosong di Koper

Rekomendasi kami

Perlu Anda ingat bahwa saat memasukkan baju maupun barang-barang ke dalam koper, Anda harus memastikan bahwa tidak ada sisa ruang kosong di dalam koper. Kenapa begitu? Ini perlu Anda lakukan untuk mengantisipasi adanya benturan masing-masing barang.

Bagaimanapun, Anda tentu tidak ingin melihat ada satu barang Anda yang rusak ataupun pecah sesaat setelah Anda sampai di hotel Anda menginap, kan? Oleh karena itu, pastikan tidak ada ruang kosong di koper Anda.

Walau begitu, jika Plesirmania ada rencana untuk membeli oleh-oleh atau souvenir di lokasi liburan Anda, maka Anda bisa menyisakan sedikit ruang kosong di koper Anda. Ruang kosong ini bisa Anda gunakan untuk menyimpan cenderamata yang sudah Anda beli.

Biar Gak Kusut. Pakaikan Baju Anda Kantong Dry Cleaning
© freepik.com
9
Biar Gak Kusut. Pakaikan Baju Anda Kantong Dry Cleaning

Gunakan Kantong Dry Cleaning

Rekomendasi kami

Cara kesembilan ini pasti cocok untuk Anda yang berencana untuk membawa baju yang mudah kusut maupun baju formal. Semisal Anda ada urusan bisnis di luar kota yang mengharuskan Anda untuk membawa jas, maka Anda bisa melapisi jas Anda dengan kantong dry cleaning.

Ini merupakan sebuah kantong yang fungsinya adalah untuk melindungi baju dan pakaian dari debu maupun kotoran yang mungkin dapat merusak. Selain itu, kantong dry cleaning ini juga berfungsi untuk mencegah terjadinya kusut pada baju Anda.

Karena fungsinya dapat mencegah kusut, Anda juga bisa menggunakan kantong dry cleaning untuk menyimpan dress, gamis ataupun kemeja. Cara ini nih yang kami janjikan di awal sebagai cara yang cocok untuk Anda yang berencana membawa gamis saat perjalanan Anda.

Jangan Satukan Baju dengan Peralatan Mandi maupun Kosmetik
© unsplash.com/jessbaileydesigns
10
Jangan Satukan Baju dengan Peralatan Mandi maupun Kosmetik

Pisahkan Barang Selain Pakaian

Sudah menjadi hal umum bahwa saat berpergian, Anda pasti membawa barang-barang lain selain baju, kan? Nah, untuk memasukkan barang-barang lain seperti peralatan mandi maupun kosmetik, usahakan untuk tidak mencampurnya dengan baju. Hal ini dilakukan agar baju atau pakaian tidak kotor.

Lalu, bagaimana cara menyimpan barang selain baju di koper? Untuk menyimpan peralatan mandi, kosmetik, maupun sunscreen, Anda bisa menggunakan travel size pouch atau tas travel.

Tanya Jawab Seputar Cara Packing Baju di Koper

Selangkah lagi, Anda akan tiba di akhir artikel ini. Namun sebelum kesana, ada baiknya Anda membaca beberapa pertanyaan di bawah.

Bagaimana cara melipat baju agar tidak kusut di koper?

Simak langkah-langkah di bawah jika Anda ingin tahu cara melipat baju agar tidak kusut di koper.

  • Tata dan letakkan baju di atas permukaan yang datar
  • Kemudian, ratakan baju sampai tidak ada kerutan sama sekali
  • Lipat kedua lengan baju sampai kedua bahunya bersentuhan
  • Setelah itu, lipat sepertiga bagian bawah baju dan lanjut ke bagian atasnya
  • Jika sudah, balikkan baju Anda dan ratakan sampai rapi agar tidak kusut

Jika Anda masih bingung, Anda bisa membuka aplikasi TikTok atau YouTube kemudian ketik “Cara melipat baju agar tidak kusut di koper” di kolom pencarian. Nantinya, akan ada 20 lebih vidio seputar cara melipat baju yang bisa Anda tonton.

Bagaimana cara menyimpan pakaian kotor di koper?

Pakaian kotor dan bau tentu gak banget kalo disimpan bareng dengan baju-baju bersih. Untuk itulah, saat berpergian baik itu liburan maupun ibadah umroh, pastikan untuk selalu membawa tas laundry. Barang ini akan sangat berguna untuk Anda gunakan menyimpan baju-baju kotor Anda yang sudah bau.

Kesimpulan: Cara Packing Baju di Koper

Demikian penjelasan kami seputar cara packing baju di koper. Bagaimanapun, memahami cara packing baju yang benar dapat membuat isi koper Anda lebih rapi. Koper yang rapi, maka muatan yang bisa Anda bawa tentu bakal jauh lebih banyak.

Manfaatkan berbagai cara dan susunan agar mempermudah Anda saat packingan. Jadi, bagaimana Plesirmania? Sudah siap berpergian dengan koper yang menampung semua barang-barang Anda?

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo