Hide Menu

10 Kota Teraman di Indonesia. Cocok untuk Jadi Tempat Tinggal dan Tujuan Traveling

Daftar Rekomendasi Kota Teraman di Indonesia. Apa Aja Sih? Ada Satu dari Nusa Tenggara Barat

Artikel Kota Teraman di Indonesia ini diposting diperbarui
7 Pembaca
Like
Kota Teraman di Indonesia 2024
© unsplash.com/nickgunner

Tinggal di Kota Teraman di Indonesia, Apa Saja Keuntungannya?

Tinggal di Kota Teraman di Indonesia, Apa Saja Keuntungannya?
freepik.com/wirojsidhisoradej

Sudah pasti dan tidak perlu diragukan lagi, tujuan untuk tinggal maupun berlibur ke kota paling aman di Indonesia adalah karena keamanannya. Dengan tinggal di kota yang memiliki tingkat keamanan yang tinggi, Anda tidak perlu lagi khawatir perihal kriminalitas, kekerasan seksual, pencurian, premanisme, ataupun jenis kejahatan lainnya.

Bosan dengan hiruk pikuk kota Jakarta? Apakah Anda memiliki rencana kedepan untuk pindah dan menetap di kota lain dengan tingkat keamanan yang bagus? Sedang dalam kondisi memilih dan memilah kota paling aman dengan tingkat kelayakan huni terbaik? Kalau begitu, biarkan tim Plesir kami membantu Anda.

Lewat artikel ini, kami akan menampilkan 10 daftar kota teraman di Indonesia lengkap dengan deretan wisata yang mungkin bisa Anda kunjungi. Jadi, tunggu apalagi? Mulailah membaca Plesirmania!

Data Statistik Daerah Paling Aman di Indonesia

Data Statistik Daerah Paling Aman di Indonesia
unsplash.com/dylu

Di bawah ini adalah statistik mengenai 10 provinsi paling aman yang ada di Indonesia dengan persentase korban kejahatan terendah. Data statistik ini kami ambil berdasarkan laporan dari Databoks. Silakan cek!

10 Provinsi di Indonesia dengan Persentase Penduduk yang Menjadi Korban Kejahatan Paling Rendah 2022

NoNama ProvinsiPersen
1Bali0.2
2Sulawesi Barat0.3
3Aceh0.34
4Kalimantan Selatan0.36
5Jawa Timur0.38
6Kalimantan Tengah0.38
7Kalimantan Timur0.41
8Kalimantan Barat0.42
9Gorontalo0.44
10Kepulauan Bangka Belitung0.44

Bagaimanapun, ada satu hal yang harus Plesirmania ingat bahwa data statistik di atas menunjukkan daftar provinsi, bukan kota. Dalam kata lain, masih ada beberapa kota di luar 10 provinsi di atas yang terkenal karena keamanannya untuk dijadikan sebagai tempat tinggal maupun tujuan solo traveling.

Lalu, kota apa saja yang terkenal sebagai kota teraman di Indonesia? Coba untuk lanjut scroll ke bawah untuk mengetahuinya!

A. Ulinnuha
Writer
Content Writer

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

10 Kota Teraman di Indonesia - Terbaru 2024

Siapapun Anda yang mungkin memiliki rencana untuk menetap sementara di sebuah kota untuk berlibur atau memang sedang mencari kota untuk ditinggali secara permanen, berikut kami tampilkan 10 daftar kota teraman di Indonesia. Temukan jawabannya dengan terus membaca!

1
Solo

Kota Batik dengan Indeks Layak Huni Tertinggi di Indonesia

Solo

2
Denpasar

Kota Aman dengan Banyak Destinasi Wisata Alam. Healing Gak Ada Habisnya

Denpasar

3
Aceh

Satu-Satunya Kota dengan Hukum Syariah Islam. Aman dan Religius

Aceh

4
Balikpapan

Kota Teraman dan Terbersih di Indonesia dari Kalimantan Timur

Balikpapan

5
Semarang

Kota dengan Fasilitas dan Infrastruktur yang Memadai. Biaya Hidup juga Murah!

Semarang

6
Banjarmasin

Kota Maju dengan Indeks Layak Hidup yang Tinggi

Banjarmasin

7
Yogyakarta

Gak Cuma Kota Teraman, Tapi Juga Kota dengan Ragam Destinasi Wisata

Yogyakarta

8
Bandung

Kota di Jawa Barat Bernuansa Sejuk dan Syahdu

Bandung

9
Lombok

Surganya Keindahan Alam yang Masih Lestari. Tempat Tinggal Terbaik untuk Para Petualang

Lombok

10
Bangka Belitung

Kota Aman yang Terletak di Ujung Utara dari Jakarta

Bangka Belitung

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Kota Batik dengan Indeks Layak Huni Tertinggi di Indonesia
© freepik.com/wirestock
1
Kota Batik dengan Indeks Layak Huni Tertinggi di Indonesia

Solo

Rekomendasi kami

Daftar kota paling aman di Indonesia yang pertama adalah Solo. Kalau Anda ingin tinggal di kota yang aman dan nyaman dengan biaya hidup yang rendah, maka Solo adalah jawabannya. Bahkan, kota berjuluk Kota Batik ini menyandang sebagai kota paling nyaman dengan indeks kelayakan huni sebesar 77.1%, tertinggi dari seluruh kota di negara Indonesia.

Selain aman, nyaman, dan biaya hidup yang rendah, Solo masih menyimpan daya tarik lainnya yang unik. Contohnya adalah suasana kota yang damai, penduduk yang ramah, ragam kuliner yang lezat, dan berbagai destinasi wisata bersejarah yang menakjubkan. Dengan semua poin-poin ini, tak mengherankan jika banyak orang yang ingin tinggal dan menetap di Solo.

Destinasi Wisata Terkenal di Solo

Keraton SurakartaDe TjomomadoeKeraton Pura MangkunegaranThe Heritage Palace
Museum Keris NusantaraBenteng VastenburgPasar Gede HardjonagoroHouse of Danar Hadi
Kota Aman dengan Banyak Destinasi Wisata Alam. Healing Gak Ada Habisnya
© freepik.com/halayalex
2
Kota Aman dengan Banyak Destinasi Wisata Alam. Healing Gak Ada Habisnya

Denpasar

Rekomendasi kami

Daftar kota teraman di Indonesia yang selanjutnya adalah Denpasar. Tidak dapat dipungkiri, tingkat keamanan di Denpasar sangat amat tinggi, sehingga banyak orang merasa nyaman saat tinggal maupun menetap di kota ini. Fakta ini juga sesuai dengan tabel di atas yang menunjukkan bahwa Bali adalah daerah paling aman di Indonesia dengan tingkat kejahatan yang rendah.

Bukan cuma aman, tinggal di sini pun juga sangat amat nyaman karena Anda dapat dengan mudah healing setiap minggu. Bagaimana tidak? Denpasar menawarkan banyak obyek wisata menakjubkan yang bisa Anda datangi setiap kali Anda merasa stress atau sumpek.

Bosen di Denpasar? Gak perlu khawatir, nyalakan kendaraan Anda dan pergilah ke Kuta atau Ubud untuk menikmati panorama indah lainnya di Bali.

Destinasi Wisata Terkenal di Denpasar

Tanah LotPantai SanurPasar BadungMuseum Bajra Sandhi
Pura Agung JagatnathaPasar Seni KumbasariMuseum BaliTaman Lumintang
Satu-Satunya Kota dengan Hukum Syariah Islam. Aman dan Religius
© unsplash.com/sangga_selia
3
Satu-Satunya Kota dengan Hukum Syariah Islam. Aman dan Religius

Aceh

Rekomendasi kami

Daftar ketiga kota paling aman di Indonesia adalah Aceh. Menariknya, Aceh merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang menerapkan hukum syariah Islam secara resmi. Lebih bagus dari itu, beberapa orang yang sempat tinggal sementara di kota ini mengatakan bahwa Aceh adalah kota yang tidak ada premanisme, pungli, cat calling, dan sangat minim kriminalitas.

Di samping itu, Aceh juga merupakan kota yang menawarkan berbagai keindahan alam dan tempat-tempat bersejarah yang bisa Anda kunjungi jika Anda berencana traveling ke kota ini. Budaya-budaya di kota ini pun juga masih lestari, seperti kerajinan tenunan songket, kuliner kopi Gayo, dan tari Saman.

Destinasi Wisata Terkenal di Aceh

Pantai LhokngaPantai LampuukMuseum Tsunami AcehMasjid Raya Baiturrahman
Puncak Gunung GeuruteeRumah Cut Nyak DienPantai IboihMuseum PLTD Apung
Kota Teraman dan Terbersih di Indonesia dari Kalimantan Timur
© unsplash.com/offmockups
4
Kota Teraman dan Terbersih di Indonesia dari Kalimantan Timur

Balikpapan

Rekomendasi kami

Siapa yang menyangka jika Balikpapan merupakan salah satu kota teraman di Indonesia. Itu gak salah Plesirmania. Bahkan, kota yang berlokasi di provinsi Kalimantan Timur ini juga memiliki indeks layak huni sebesar 65.8. Tidak hanya itu, Balikpapan juga dinobatkan sebagai salah satu kota terbersih di Indonesia. Aman dan bersih, cocok sekali untuk dijadikan sebagai tempat tinggal, bukan?

Urusan tempat wisata juga tidak perlu Anda khawatirkan, karena Balikpapan juga punya banyak destinasi-destinasi populer untuk Anda kunjungi. Apa saja? Coba saja cek tabel di bawah untuk mengetahuinya.

Destinasi Wisata Terkenal di Balikpapan

Pantai MelawaiPantai MonperaTaman BekapaiBukit Bangkirai
Kebun Raya BalikpapanMangrove Centre Graha IndahPantai BatuMahavihara Buddhamanggala
Kota dengan Fasilitas dan Infrastruktur yang Memadai. Biaya Hidup juga Murah!
© unsplash.com/yoandhika
5
Kota dengan Fasilitas dan Infrastruktur yang Memadai. Biaya Hidup juga Murah!

Semarang

Rekomendasi kami

Selain Solo, Semarang juga menjadi salah satu kota di Jawa Tengah yang aman dan nyaman untuk Anda tinggali. Kota dengan julukan Kota Atlas ini memiliki indeks layak huni sebesar 73.3% karena fasilitas publik dan infrastrukturnya yang sudah sangat amat mumpuni. Tinggal di kota ini dijamin bikin betah deh. Plesirmania bisa menjelajahi setiap inci kota menggunakan fasilitas publik yang ada.

Apalagi, Semarang juga kaya akan tempat wisata yang bersejarah, tradisi budaya yang masih kental, dan kuliner-kuliner khas yang lezat. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk tinggal di kota ini?

Destinasi Wisata Terkenal di Semarang

Lawang SewuSam Poo KangKota Lama SemarangBrown Canyon
Candi Gedong SongoPantai MarinaMuseum Kereta Api AmbarawaUmbul Sidomukti
Kota Maju dengan Indeks Layak Hidup yang Tinggi
© freepik.com/wirestock
6
Kota Maju dengan Indeks Layak Hidup yang Tinggi

Banjarmasin

Rekomendasi kami

Satu lagi nih kota di provinsi Kalimantan Selatan yang dinobatkan sebagai kota teraman di Indonesia, yaitu Banjarmasin. Dengan indeks kelayakan huni sebesar 71.7%, kota maju ini sangat bisa Anda jadikan sebagai tempat untuk menetap dalam jangka waktu yang panjang. Ditambah lagi, fasilitas publik di kota ini sudah sangat memadai, memudahkan Anda selama tinggal di sini.

Bagaimana dengan destinasi wisata? Tak usah khawatir Plesirmania. Banjarmasin memiliki banyak tempat-tempat unik dan menarik yang bisa Anda datangi selama menetap di kota ini. Apa saja sih tempat-tempat unik tersebut? Cek tabel di bawah untuk mengetahuinya!

Destinasi Wisata Terkenal di Banjarmasin

Pasar Apung MartapuraMasjid Raya Sabilal MuhtadinMenara PandangTaman Kamboja
Wisata Pasar Terapung SiringPatung BekantanMuseum WASAKAPulau Kembang
Gak Cuma Kota Teraman, Tapi Juga Kota dengan Ragam Destinasi Wisata
© unsplash.com/fahrilabib
7
Gak Cuma Kota Teraman, Tapi Juga Kota dengan Ragam Destinasi Wisata

Yogyakarta

Rekomendasi kami

Ah, kalau sudah berbicara mengenai kota teraman di Indonesia, gak afdal rasanya kalau tidak ada Yogyakarta di dalamnya. Kota istimewa ini memiliki nilai indeks layak huni sebesar 75.3%, membuatnya menjadi kota yang nyaman untuk Anda tinggali. Selain itu, Yogyakarta juga merupakan kota dengan unsur budaya yang masih kental, suasana yang tenang, penduduk yang amat ramah, dan biaya hidup yang rendah.

Mengenai destinasi wisata pun gak perlu diragukan lagi. Kota dengan julukan Kota Pelajar ini menawarkan berbagai macam destinasi wisata yang memukau, mulai dari wisata alam dengan pemandangan yang ciamik, tempat-tempat bersejarah, kawasan perbelanjaan yang murah, sampai sentra kuliner lezat.

Destinasi Wisata Terkenal di Yogyakarta

Jalan MalioboroTaman SariCandi PrambananMuseum Benteng Vredeburg
Candi BorobudurPasar BeringharjoHutan Pinus MangunanKeraton Ngayoyogyakarta Hadiningrat
Kota di Jawa Barat Bernuansa Sejuk dan Syahdu
© unsplash.com/hanifildfn
8
Kota di Jawa Barat Bernuansa Sejuk dan Syahdu

Bandung

Rekomendasi kami

Dengan indeks layak huni di angka 63.6%, kota Bandung menjadi salah satu kota yang aman dan nyaman untuk And tinggali. Selain itu, kota berjuluk Kota Kembang ini pun menyuguhkan segudang daya tarik wisata yang meliputi wisata alam, kuliner, sejarah, sampai budaya.

Lokasi dari kota Bandung juga strategis, sesuai dengan penelitian dari LL. Hakim (2019) yang menyatakan bahwa Anda dapat melihat Bandung dari segi komunikasi, perekonomian, dan keamanan. Tidak hanya itu, namun kota ini juga terkenal karena suasananya yang sejuk nan syahdu. Sangat nyaman!

Destinasi Wisata Terkenal di Bandung

The Great Asia AfricaTaman Hutan Raya Ir. H DjuandaFarm House Susu LembangOrchid Forest Cikole
Tebing KaratonSaung Angklung UdjoMuesum Geologi BandungPasar Apung Lembang
Surganya Keindahan Alam yang Masih Lestari. Tempat Tinggal Terbaik untuk Para Petualang
© unsplash.com/tandyarachmat
9
Surganya Keindahan Alam yang Masih Lestari. Tempat Tinggal Terbaik untuk Para Petualang

Lombok

Rekomendasi kami

Ini nih, kota teraman sekaligus terindah yang bisa Anda jadikan tempat tinggal maupun tujuan staycation, Lombok. Kota yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Barat ini menawarkan pantai yang indah, gunung dengan pepohonan yang hijau, gaya hidup yang santai, sekaligus pengalaman menetap yang fantastis. Indeks layak huni di kota ini pun tinggi, di angka 72.2%.

Jika Plesirmania adalah seseorang dengan jiwa petualang yang besar, tinggal dan menetap di Lombok bisa menjadi pilihan yang tepat. Ada banyak sekali tempat yang bisa Anda jelajahi untuk mengagumi keindahan alam yang ada di kota ini. Apa saja? Di bawah ini contoh-contohnya!

Destinasi Wisata Terkenal di Lombok

Pantai Kuta LombokPantai Tanjung AanBukit MereseBukit Pergasingan
Desa SadeGunung RinjaniDanau Segara AnakAir Terjun Sendang Gile
Kota Aman yang Terletak di Ujung Utara dari Jakarta
© unsplash.com/alfianostn
10
Kota Aman yang Terletak di Ujung Utara dari Jakarta

Bangka Belitung

Rekomendasi kami

Masuk ke daftar kota teraman di Indonesia yang terakhir adalah Bangka Belitung. Kota ini terletak tepat di lepas pantai di Sumatera Tenggara, menyuguhkan pemandangan dan panorama lautan biru yang indah. Selain itu, kota ini pun juga aman untuk ditinggali, mengacu pada tingkat kejahatan yang rendah.

Tidak hanya aman dan nyaman, kota dengan julukan Negeri Laskar Pelangi ini pun menawarkan beberapa tempat wisata menarik untuk Anda kunjungi. Jadi, apakah Plesirmania tertarik menjadi penghuni kota Bangka Belitung yang bagus ini?

Destinasi Wisata Terkenal di Bangka Belitung

Danau KaolinKebun Raya BangkaMuseum Kata Andrea HirataPantai Tanjung Tinggi
Pantai Parai TenggiriMuseum Timah IndonesiaPantai TongaciPantai Penyusul

Tanya Jawab Seputar Kota Teraman di Indonesia

Sudah tahu kota-kota yang paling aman di Indonesia? Kalau begitu, coba cek beberapa pertanyaan di bawah untuk menambah wawasan Anda.

Apakah Indonesia negara paling aman?

Di peringkat dunia, Indonesia menduduki posisi ke-53 sebagai negara yang paling aman. Sementara untuk wilayah Asia-Pasifik, negara ini menempati posisi ke-12.

Siapa negara paling aman di dunia?

Negara yang menduduki peringkat pertama sebagai negara paling aman adalah Finlandia.

Kesimpulan: Kota Teraman di Indonesia

Selesai sudah pembahasan mengenai kota teraman di Indonesia. Sebagai penutup, tinggal untuk menetap maupun tinggal sementara di kota-kota yang aman dan layak huni akan memberikan Anda ketenangan batin. Dalam kata lain, Anda tidak perlu takut perihal kriminalitas, permusuhan, maupun premanisme.

Jadi, apa kota yang akan jadi destinasi Plesirmania di masa liburan mendatang? Ajak keluarga termasuk ayah, ibu, dan para saudara agar liburan semakin menyenangkan. Apapun pilihannya, jangan lupa simak tips dan trik lainnya di laman ini! 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo