Hide Menu

Gak Pakai Calo, Ini 4 Cara Beli Tiket Kebun Binatang Surabaya yang Langsung dan Mudah!

Penjelasan Urutan Cara Membeli Tiket Masuk KBS, yang Jelas Harus Datang Dulu ke Kebun Binatang

Artikel Beli Tiket Kebun Binatang Surabaya ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Beli Tiket Kebun Binatang Surabaya 2024
© freepik.com

Mengenal Kebun Bintang Surabaya. Taman Margasatwa di Pusat Kota Surabaya

Mengenal Kebun Bintang Surabaya. Taman Margasatwa di Pusat Kota Surabaya
freepik.com

Kebun Binatang Surabaya, biasa disingkat dengan nama KBS atau Bonbin, merupakan salah satu kebun binatang yang terkenal di Indonesia. Seperti namanya, letak KBS berada di Kota Surabaya, Jawa Timur.

KBS dahulu pernah mempunyai satwa lengkap se-Asia Tenggara. Dikatakan terdapat lebih dari 352 spesies satwa yang berisi 2.806 binatang di dalamnya dengan jenis berbeda. Ada pula hewan langka asal Indonesia yang terdiri dari Mamalia, Aves, Reptilia, serta Pisces.

Dalam sejarahnya, KBS didirikan oleh seorang jurnalis yang mempunyai hobi mengumpulkan binatang. Ia bernama H.F.K. Kommer. Beliau mendirikan KBS pada tanggal 31 Agustus 1916 sebelum Indonesia merdeka.

Dahulu, nama KBS tercatat dengan nama vereeninging Soerbaiasche Planten-en Dierentuin yang terletak di Jalan Kaliondo. Setahun kemudian, tepatnya pada tahun 1917, KBS lama berpindah tempat ke Jalan Groedo.

Satu tahun berikutnya, KBS lama dibuka pertama kali untuk publik dan mulai diberlakukan adanya tiket masuk. Tiga tahun berselang, KBS lama berpindah lokasi lagi ke Jalan Darmo berkat jasa Oost Java Stoomtram (OJS).

OJS merupakan perusahaan kereta api yang memberikan lahan seluas 32 ribu meter persegi agar KBS lama bisa berkembang lebih luas. Dari cerita singkat KBS ini, apakah Anda tertarik mengunjungi tempat tersebut? Jika iya, cari tahu cara beli tiket Kebun Binatang Surabaya di Plesir. Simak, yuk!

Jadwal Buka Kebun Binatang Surabaya

Jadwal Buka Kebun Binatang Surabaya
freepik.com

Sebelum Anda memutuskan berkunjung ke Kebun Binatang Surabaya, ada baiknya Plesirmania mengetahui info jadwal buka taman margasatwa tersebut. Berikut adalah jadwalnya:

HariJam Operasional
Senin – Minggu 08.00 – 16.00 WIB

Rincian Harga Tiket Masuk KBS dan Wahana

Rincian Harga Tiket Masuk KBS dan Wahana
freepik.com

Untuk Plesirmania yang sudah tak sabar mengunjungi KBS di akhir pekan atau hari biasa, harap persiapkan uang pas. Harga tiket masuk KBS cukup murah, yakni sebesar Rp. 15.000 per orang, kecuali anak dengan tinggi di bawah 85 cm gratis.

Adapun harga paket wahana terbaru bisa Anda cek di tabel bawah!

WahanaHargaKeterangan
Animal Edutainment (pentas edukasi satwa)Rp. 25.000Buka Setiap Hari
Kids Zoo (sentuh satwa jinak dan belajar mengenal satwa)
  • Gratis
  • Rp. 25.000 (feeding domba)
Hanya Buka Selasa – Minggu
Animal Story (film animasi 3D)Rp. 15.000Buka Setiap Hari
Wisata Perahu
  • Weekday: Rp. 15.000
  • Weekend: Rp. 20.000
Buka Setiap Hari
Feeding Satwa
  • Jerapah: Rp. 100.000
  • Rusa: Rp. 25.000
Hanya Buka Sabtu, Minggu, dan Tanggal Merah Hari Besar atau Hari Libur
Aquaoctudio Park (tempat melihat koleksi ikan air tawar di aquarium)Rp. 30.000Buka Setiap Hari
Tunggang OntaRp. 35.000Hanya Buka Selasa – Minggu dan Tanggal Merah Hari Besar
Foto Bersama SatwaRp. 20.000
  • Lokasi Aves dan Area Tunggang Gajah pada hari Selasa -Minggu dan Tanggal Merah Hari Besar
  • Lokasi Primata pada hari Sabtu, Minggu, dan Tanggal Merah Hari Besar 
Tunggang Gajah
  • Weekday: Rp. 75.000
  • Weekend: Rp. 100.000
Tersedia di Hari Selasa – Minggu dan Tanggal Merah Hari Besar 
Kolam RenangRp. 25.000Buka Setiap Hari (kecuali Jumat)

Detail Harga Paket Edukasi KBS

Detail Harga Paket Edukasi KBS
freepik.com

Bukan hanya menyediakan berbagai macam wahana, KBS SBY juga telah membuka paket edukasi bagi anak-anak Plesirmania yang ingin bermain sambil belajar. Di bawah ini adalah harga dan keterangan paketnya:

Jenis PaketHargaKeterangan
Jalak BaliRp. 50.000Tiket masuk, pemandu, mushroom house dan playland, plus sertifikat kunjungan
BekantanRp. 75.000Tiket masuk, pemandu, animal edutainment, wisata perahu/animal story, mushroom house dan playland, plus sertifikat kunjungan
KomodoRp. 125.000Tiket masuk, pemandu, animal edutainment, feeding time satwa, LKS, lunch bowl, mushroom house dan playland, sertifikat kunjungan, plus suvenir
JerapahRp. 60.000Tiket masuk, pemandu, feeding time satwa, mushroom house dan playland, plus sertifikat kunjungan
ArwanaRp. 100.000Tiket masuk, pemandu, feeding time satwa, aquanoctudio park, lunch bowl, mushroom house dan playland, plus sertifikat kunjungan

Destinasi Wisata Menarik Selain Kebun Binatang Surabaya

Destinasi Wisata Menarik Selain Kebun Binatang Surabaya
freepik.com

Menurut Wildansyah A dan Dr. Seger (2013) Kebun Binatang Surabaya merupakan salah satu objek wisata di Kota Surabaya. Oleh sebab itu, KBS jelas menjadi destinasi hiburan favorit bagi warga lokal sejak lama. Di samping KBS, ada beberapa destinasi wisata unggulan yang lain di Surabaya City, yakni:

  • Kenjeran Park
  • Museum Tugu Pahlawan
  • Alun-alun Surabaya
  • Wisata Perahu Kalimas
  • Monumen Kapal Selam Delta

Untuk mencapai semua tempat tersebut, ternyata Anda bisa naik Suroboyo bus, lho. Jika tertarik, Plesirmania bisa naik di halte yang ada di sekitar jalan raya.

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Beli Tiket Kebun Binatang Surabaya - Terbaru 2024

Mengenalkan anak dengan makhluk hidup lain memang membawa keseruan tersendiri. Maka tanpa basa-basi, inilah cara memesan tiket Surabaya Zoo secara langsung tanpa perantara. Tim Plesir sudah siapkan semuanya lengkap. Yuk, simak bersama!

1
Datang ke Kebun Binatang Surabaya

Usahakan Tepat Waktu Karena Jam Buka Terakhir Pukul 4 Sore

Datang ke Kebun Binatang Surabaya

2
Beli Tiket Masuk di Ticket Corner

Sudah Bisa Dibeli Secara Langsung di Lokasi

Beli Tiket Masuk di Ticket Corner

3
Bayar Tiket dengan e-wallet

Tidak Perlu Bayar Cash, Melainkan Cashless

Bayar Tiket dengan e-wallet

4
Masuk KBS

Tunjukkan Bukti Pemesanan Tiket

Masuk KBS

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Usahakan Tepat Waktu Karena Jam Buka Terakhir Pukul 4 Sore
© freepik.com
1
Usahakan Tepat Waktu Karena Jam Buka Terakhir Pukul 4 Sore

Datang ke Kebun Binatang Surabaya

Rekomendasi kami

Langkah awal agar Plesirmania bisa beli tiket Surabaya Zoo adalah pergi ke alamat KBS yang berada di Jalan Setail No. 1 Darmo. Anda bisa datang pukul 8 pagi pas karena seperti tim Plesir katakan sebelumnya jam buka KBS adalah jam delapan pagi.

Untuk mencapai KBS dari Balai Kota, Anda bisa naik Suroboyo Bus dan turun di bawah Jembatan Penyebrangan Orang Surabaya Zoo. Nantinya, Plesirmania tinggal nyebrang melalui JPO tersebut ke arah pintu masuk KBS utara.

Sudah Bisa Dibeli Secara Langsung di Lokasi
© freepik.com
2
Sudah Bisa Dibeli Secara Langsung di Lokasi

Beli Tiket Masuk di Ticket Corner

Setelah Anda sampai di Kebun Binatang Surabaya, segeralah menuju ticket corner yang berada di sebelah pintu masuk utara dekat patung gambar suro dan boyo. Sebelum membeli, perhatikan pengumuman-pengumuman yang tercantum pada dinding loket.

Bacalah keseluruhan syarat dan ketentuan yang berlaku. Anda dapat memastikan dengan bertanya kepada penjaga loket harga tiket masuk KBS, apakah masih 15 ribu rupiah sesuai yang tercantum di situs resmi mereka. Jika demikian, langsung saja sampaikan bahwa Anda ingin memesan tiketnya.

Tidak Perlu Bayar Cash, Melainkan Cashless
© freepik.com
3
Tidak Perlu Bayar Cash, Melainkan Cashless

Bayar Tiket dengan e-wallet

Sekarang ini, transaksi dengan uang cash semakin ditinggalkan karena melihat transaksi daring lebih praktis. Cukup dengan scan barcode, proses transaksi selesai dan tidak perlu menghitung uang kembalian. Oleh karena itu, KBS menerapkan transaksi cashless menggunakan beberapa metode.

Metode tersebut antara lain QRIS, mobile banking, e-wallet, dan menggunakan kartu BRIZZI milik Bank BRI. Plesirmania tak perlu membeli tiket online melalui website atau melalui aplikasi. Syaratnya hanya perlu mempunyai saldo di dalam dompet digital Anda dan harus ada koneksi internet.

Kalau Anda ingin membayar tiket KBS menggunakan 3 metode pertama bisa langsung scan di ticket counter. Sedangkan untuk pembayaran menggunakan BRIZZI, silakan tap kartu tersebut di pintu masuk KBS.

Tunjukkan Bukti Pemesanan Tiket
© freepik.com
4
Tunjukkan Bukti Pemesanan Tiket

Masuk KBS

Rekomendasi kami

Setelah selesai dengan ketiga prosedur di atas, Plesirmania bisa langsung menuju ke pintu masuk KBS. Tunjukkan kepada petugas bukti pembayaran pemesanan tiket dan tunggu sampai petugas mengkonfirmasinya.

Setelah itu, pakai print out tiket berbentuk gelang yang Anda dapatkan dari petugas di pergelangan tangan. Apabila sudah selesai, silakan masuk ke dalam dan tetap perhatikan peraturan yang berlaku. Selamat berkunjung!

Tanya Jawab Seputar Beli Tiket Kebun Binatang Surabaya

Sebelum ke kesimpulan, silakan baca empat pertanyaan yang mungkin akan menjawab rasa penasaran Anda. Cek langsung di bawah!

Bisakah beli tiket langsung di KBS Surabaya?

Ya, Anda bisa membeli tiket masuk langsung di KBS.

Tiket Kebun Binatang Surabaya berapa?

Harga tiket KBS adalah 15 ribu rupiah.

Kolam renang KBS bayar berapa?

Anda perlu membayar 25 ribu rupiah buat masuk ke kolam renang KBS.

Ada wahana apa saja di Kebun Binatang Surabaya?

Terdapat berbagai macam wahana di KBS, antara lain feeding satwa, animal edutainment, tunggang gajah dan onta, wisata perahu, kids zoo, dan lain-lain.

Kesimpulan: Beli Tiket Kebun Binatang Surabaya

Cara beli tiket Kebun Binatang Surabaya itu mudah, ‘kan Plesirmania? Anda hanya perlu datang ke KBS, menuju ticket corner, bayar, dan masuk! Tidak perlu repot-repot untuk reservasi dari jauh-jauh hari.

Tinggal datang, selesai. Cermati kembali langkah demi langkah di atas agar tak salah. Kalau jadi ke Bonbin, tim Plesir titip salam dengan hewan di sana, ya! 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo