Hide Menu

Praktis dan Super Hemat! Biaya ke Bromo Naik Motor Hanya Perlu 3 Rincian Saja. Cek, Yuk!

Cuma Butuh Biaya Bensin, Tiket Masuk, dan Parkir Bisa Jelajahi Gunung Bromo Sepuasnya!

Artikel Biaya ke Bromo Naik Motor ini diposting diperbarui
1 Pembaca
Like
Biaya ke Bromo Naik Motor 2024
© freepik.com

Butuh Berapa Biaya ke Bromo Naik Motor?

Butuh Berapa Biaya ke Bromo Naik Motor?
freepik.com

Memutuskan pergi ke Bromo naik motor merupakan pilihan tepat bagi Plesirmania yang ingin berhemat. Hal ini telah dilakukan oleh banyak orang sejak lama dari sebelum 2017. Sebab, beban biaya akan condong pada ongkos bahan bakar saja. Dengan kata lain, biayanya murah.

Untuk mendapatkan kisaran biaya ke Bromo naik motor, Plesirmania sebaiknya mengetahui cakupan biaya apa saja yang perlu dikeluarkan. Seperti yang tim Plesir katakan tadi salah satunya ada perhitungan biaya bahan bakar. Lalu, ada biaya tiket masuk Gunung Bromo serta ongkos parkir untuk sepeda motor. 

Rincian biayanya memang hanya ada tiga karena Anda naik motor, jadi tidak perlu sewa Jeep untuk berkeliling. Lebih lanjut, diketahui biaya bensin 2 liter seharga 40 ribu rupiah sudah cukup untuk pulang-pergi Bromo – Malang. Harga tiket masuknya juga murah, hanya 29 ribu rupiah. Kemudian, biaya parkir sekitar 5 ribu rupiah.

Maka, bisa Anda kira-kira total budget ke Bromo sebesar 74 ribu rupiah saja. Cukup terjangkau, bukan? Untuk mendapatkan penjelasan detail biaya ini, silakan baca keseluruhan artikel berikut. Siapkan buku dan buatlah catatan!

Apakah Cara ke Bromo Naik Motor Mudah?

Apakah Cara ke Bromo Naik Motor Mudah?
freepik.com

Sebenarnya iya karena cara termudah ke Bromo naik motor adalah dengan melewati jalur yang biasanya para pendaki Gunung Semeru gunakan. Untuk rute jalannya, Plesirmania bisa berangkat dari Kota Malang menuju Kecamatan Tumpang.

Lalu, Anda akan meneruskan perjalanan ke arah Gubugklakah sampai ke Ngadas. Teruskan perjalanan hingga Anda mencapai wilayah Jemplang. Sesampainya di wilayah tersebut, Plesirmania harus belok kiri di pertigaan.

Nanti setelah berbelok, Anda akan menyusuri jalur yang mengarah ke spot Padang Savana Bromo. Perjalanan Anda telah selesai, dan sampailah Plesirmania di kawasan wisata Bromo!

Tips Trip Bromo Aman Naik Motor

Tips Trip Bromo Aman Naik Motor
freepik.com

Hal pertama yang perlu Anda pastikan adalah cek kesehatan motor pribadi, apakah kondisinya dalam keadaan baik atau tidak. Pastikan tidak ada kerusakan atau kendala yang akan menghambat perjalanan. Cek rem depan dan rem belakang, lampu, rantai motor, kemudian kondisi ban. Usahakan ban yang dipakai sudah ban tubeless karena ketahanannya dapat Anda andalkan.

Jangan lupa untuk mengisi bahan bakar sampai full. Sebab, perjalanan menuju Gunung Bromo nantinya akan melewati sejumlah area perkebunan dan hutan. Agar selamat melalui hutan, pastikan bensin terpenuhi. Plesirmania pastinya tidak ingin ‘kan berhenti di tengah-tengah hutan?

Tips ketiga yaitu berangkat sebelum pukul 12 siang. Walaupun tidak ada batasan waktu jam berapa Anda harus pergi, namun tim Plesir meyakini pemandangan di pagi hari sangat indah dan Anda tidak perlu kepanasan di jalan.

Kemudian, bawalah perlengkapan dasar darurat untuk motor Anda, seperti tang, obeng, air radiator, kunci busi, kunci pas, kunci L, dan lain-lain. Membawa alat-alat tersebut dapat membantu memperbaiki motor sekiranya kendaraan Anda macet di tengah jalan.

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Biaya ke Bromo Naik Motor - Terbaru 2024

Menurut Farah F (2018) biaya perjalanan merupakan sebuah anggaran yang harus seseorang maupun kelompok keluarkan saat sedang melakukan perjalanan. Begitupun saat tour ke Bromo, sudah pasti Anda perlu mengeluarkan biaya. Maka dari itu, ayo simak biaya apa saja seharusnya Anda bayarkan untuk libur Bromo naik sepeda motor!

1
Biaya Beli Bensin Motor PP

Cukup dengan 40 Ribu Rupiah

Biaya Beli Bensin Motor PP

2
Biaya Tiket Masuk Wisata

Terjangkau di Kantong, Gak Bikin Boncos

Biaya Tiket Masuk Wisata

3
Biaya Parkir Motor

Kalau Mau Sepeda Aman Harus Parkir dan Bayar

Biaya Parkir Motor

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Cukup dengan 40 Ribu Rupiah
© freepik.com
1
Cukup dengan 40 Ribu Rupiah

Biaya Beli Bensin Motor PP

Rekomendasi kami

Perlu diingat kalau keuntungan paling utama pergi Bromo naik motor adalah kepraktisan. Plesirmania tak perlu sewa Jeep dari pintu masuk Probolinggo atau pintu masuk lainnya. Anda juga tak repot naik kereta di stasiun jika berangkat dari Surabaya. Namun, pastikan motor yang Anda naiki adalah motor yang sesuai dengan medan jalan ke Bromo.

Misalnya, motor trail. Sejenis motor trail dapat menaklukkan tanjakan yang menanjak, turunan curam, dan belokan di ketinggian yang tajam. Lebih daripada itu, budget isi bahan bakarnya juga sama dengan motor-motor lain. Sekitar berapa harganya?

Mari menghitung bersama! Katakanlah Anda berangkat dari Malang. Hitunglah jaraknya terlebih dulu. Jarak Malang – Bromo adalah 35 kilometer. Sementara itu, 1 liter bensin dapat dipakai untuk jarak 32 kilometer. Harga 1 liter bensin untuk Pertalite misalnya Rp. 10.000.

Karena jarak ke Bromo dari Malang lebih 3 km dari capaian 1 liter bensin, maka Anda perlu membeli 2 liter bensin. Sehingga, biaya bensin untuk berangkat Rp. 20.000 dan untuk pulang Rp. 20.000. Maka, total biaya bensin PP ialah Rp. 40.000.

Terjangkau di Kantong, Gak Bikin Boncos
© freepik.com
2
Terjangkau di Kantong, Gak Bikin Boncos

Biaya Tiket Masuk Wisata

Rekomendasi kami

Selain biaya bensin, yang harus Anda pikirkan selanjutnya bila naik motor ke Bromo adalah memperhatikan biaya masuk wisatanya. Diketahui harga tiket masuk Bromo bervariasi tergantung hari apa Anda mengunjungi Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Berikut adalah harga masuk bromo bagi wisatawan lokal:

 Hari BiasaAkhir Pekan/Libur Nasional
Harga Tiket MasukRp. 29.000Rp. 34.000

Kalau Plesirmania akan mengunjungi Bromo di hari biasa, maka harga tiket masuk per orang dewasa adalah sebesar 29 ribu rupiah. Sementara jika Anda mengunjungi Bromo di akhir pekan atau Sabtu dan Minggu, maka Plesirmania harus membayar sebesar 34 ribu rupiah sebagai harga masuk ke Bromo.

Kemudian, jangan lupa untuk memesan tiket masuknya secara online jauh-jauh hari via web resmi wisata Bromo di bookingbromo dot bromotenggersemeru dot org. Ini akan mengamankan akses Anda agar tidak kerepotan booking saat sudah sampai di lokasi. 

Kalau Mau Sepeda Aman Harus Parkir dan Bayar
© freepik.com
3
Kalau Mau Sepeda Aman Harus Parkir dan Bayar

Biaya Parkir Motor

Rekomendasi kami

Membawa motor berarti Anda juga harus siap dengan biaya parkir di area Bromo. Harga parkir di tempat wisata tersebut cukup murah. Ongkosnya tidak sampai puluhan ribu meskipun motor Anda adalah jenis trail yang besar.

Berikut adalah detail besaran harga parkir untuk beberapa jenis kendaraan:

Jenis KendaraanHarga Parkir
Roda 4 (mobil, pick up, bus)Rp. 10.000
Roda 2 (motor)Rp. 5.000
Sepeda OntelRp. 2.000
KudaRp. 1.500

Selama tidak ada perubahan informasi harga tiket masuk, rincian harga di atas masih berlaku sampai saat ini. Jadi, besaran biaya yang harus Anda bayarkan nanti untuk parkir sepeda motor pribadi adalah Rp. 5.000.

Tanya Jawab Seputar Biaya ke Bromo Naik Motor

Apakah Anda telah menyelesaikan bagian inti di atas? Jika iya, lanjutkan ke bagian pertanyaan di bawah ini!

Apakah bisa naik motor ke Bromo?

Ya, Anda bisa naik motor ke Bromo tetapi hanya sampai di pintu masuk saja.

Bayar ke Bromo berapa?

Untuk bayar tiket masuk Bromo adalah sebesar Rp. 29.000 di hari kerja dan Rp. 34.000 di akhir pekan.

Apakah ke Bromo harus sewa Jeep?

Sebenarnya tidak harus menyewa Jeep di Bromo karena Anda juga bisa memilih untuk menyewa kuda atau ojek motor. Namun, tidak dipungkiri memang mencapai beberapa objek wisata akan lebih mudah jika mengarungi lautan pasir Bromo dengan Jeep.

Berapa biaya naik kuda di Bromo?

Anda bisa menyewa jasa ini dengan membayar biaya range harga 50 ribu rupiah sampai dengan 100 ribu rupiah.

Kesimpulan: Biaya ke Bromo Naik Motor

Jadi, kesimpulan dari keperluan budget Bromo naik sepeda motor mencakup ongkos bahan bakar, tiket masuk wisata, dan tiket parkir. Jika dijumlah, tim Plesir mendapatkan total keseluruhan biaya pergi naik motor ke Bromo di hari kerja adalah Rp. 74.000.

Sedangkan biaya pergi naik sepeda motor di hari libur atau akhir pekan ialah Rp. 79.000. Jumlah ini berdasarkan perbedaan tiket masuk wisatanya yang memiliki selisih 5 ribu rupiah. Tim Plesir harap informasi biayanya sudah seperti yang Anda harapkan. Semoga artikel ini bermanfaat! 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo