Hide Menu

Penasaran Apa Aja Kebutuhan 4 Budget Backpacker ke Malang? Cek Uraian Lengkapnya di Sini!

Cuman Modal 200 Ribuan Rupiah Bisa Berpergian ke Malang Sekaligus Mencicipi Kuliner Legendaris Sepuasnya!

Artikel Budget Backpacker ke Malang ini diposting diperbarui
1 Pembaca
Like
Budget Backpacker ke Malang 2024
© freepik.com

Ke Malang ala Backpacker Apa yang Harus Dipersiapkan?

Ke Malang ala Backpacker Apa yang Harus Dipersiapkan?
freepik.com

Pastinya Plesirmania harus melakukan riset terlebih dulu sebagai langkah awal persiapan backpacker ke Malang. Riset dapat Anda lakukan dengan mencari informasi terkait harga tiket, transportasi, penginapan, sampai tempat wisata menarik.

Kemudian, tak lupa melakukan pemilihan barang yang hendak dibawa. Seorang backpacker selalu siap membawa barang yang mereka perlukan saja. Yang terpenting, barangnya harus muat dalam satu backpack.

Lalu, Plesirmania juga harus sudah siap terhadap risiko yang diambil. Entah Anda akan mencoba kuliner ekstrem atau mencoba wisata penuh challenge di Malang. Dari semua persiapan tersebut, salah satu yang paling utama adalah mempersiapkan budget backpacker ke Malang. Mau tahu penjelasan selengkapnya? Ikuti terus artikel ini!

Kenapa Harus Backpackeran ke Malang?

Kenapa Harus Backpackeran ke Malang?
freepik.com

Salah satu dari sekian banyak alasan kenapa para backpacker harus pergi ke Malang adalah udaranya yang sejuk apalagi di daerah Batu. Malang juga terkenal memiliki taman kota yang indah. Begitupun objek wisatanya.

Terdapat beragam atraksi wisata bertemakan edukasi hingga wisata alam. Malang juga dapat diakses oleh sejumlah pilihan transportasi, membuatnya diminati oleh seluruh wisatawan.

Lalu, alasan lainnya yaitu biaya liburannya yang rendah. Anda tak akan pernah mengira bahwa hanya dengan lima ribu rupiah sudah bisa makan enak di Malang. Begitulah beragam alasan Anda harus backpackeran ke Malang.

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Budget Backpacker ke Malang - Terbaru 2024

Kota Malang adalah salah satu kota di Jawa Timur dengan beragam potensi untuk dijadikan sebagai destinasi wisata (Nofita S, 2016). Menariknya, sekarang objek wisata di sana terus bertambah, sehingga wisatawan lokal dan internasional berbondong-bondong ingin mengunjungi daerah tersebut. Bagi Plesirmania yang berminat berakhir pekan di Malang, siapkan dulu budget backpacker seperti penjelasan di bawah ini:

1
Biaya Transportasi

Super Irit Kalau Pakai Kendaraan Pribadi

Biaya Transportasi

2
Biaya Penginapan

Siapkan Uang 50 Ribu Buat Nginep Semalam

Biaya Penginapan

3
Budget Wisata

100 Ribu Saja Sudah Cukup, Lho!

Budget Wisata

4
Budget Kuliner

50 Ribu Sudah Sangat Cukup

Budget Kuliner

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Super Irit Kalau Pakai Kendaraan Pribadi
© freepik.com
1
Super Irit Kalau Pakai Kendaraan Pribadi

Biaya Transportasi

Rekomendasi kami

Membicarakan moda transportasi pilihan untuk para backpacker ada beberapa macam. Contohnya, motor, mobil, kereta api, dan bus. Jika Plesirmania berangkat backpackeran dari Surabaya, maka contoh kendaraan tadi sangat bisa Anda andalkan.

Akan tetapi karena hal ini menyangkut budget backpacker, tim Plesir sangat menyarankan Anda pergi dengan sepeda motor saja yang cepat dan irit biayanya. Untuk range budget naik kendaraan pribadi mulai dari 2019 sampai sekarang, Anda hanya perlu mengeluarkan uang bensin saja.

Hal itu berbeda dengan Anda naik kereta dan bus. Uang yang harus Anda keluarkan dapat mencakup tiket pulang pergi, belum lagi uang sewa sepeda motor. Kalau tidak mau sewa motor, Anda juga harus mengeluarkan uang untuk naik angkot. Memakan banyak pengeluaran!

Lebih lanjut, mari bersama memperhitungkan besaran ongkos backpacker ke Malang menggunakan sepeda motor PP!

  • 1 liter bensin dapat digunakan untuk 52 km perjalanan
  • Harga 1 liter bensin Pertalite = Rp. 10.000
  • Jumlah jarak Surabaya Malang adalah 95 km
  • Perlu 2 liter bensin untuk sampai ke Malang
  • 2 liter x Rp. 10.000 = Rp. 20.000

Jadi, ongkos transportasi menggunakan sepeda motor pribadi adalah Rp. 20.000 saja.

Siapkan Uang 50 Ribu Buat Nginep Semalam
© freepik.com
2
Siapkan Uang 50 Ribu Buat Nginep Semalam

Biaya Penginapan

Rekomendasi kami

Sebab Anda bepergian ke Malang dengan mode backpackeran, Plesirmania dapat memilih penginapan murah meriah seperti hotel kelas melati, wisma, guest house ataupun homestay. Tim Plesir sarankan pilih yang paling murah.

Di Malang ternyata masih ada penginapan yang menawarkan harga mulai dari 50 ribu rupiah. Dengan harga segitu, Anda mungkin hanya akan mendapatkan fasilitas kasur, meja, dan kipas angin saja. Sedangkan untuk kamar mandi biasanya terpisah berada di luar kamar. Ini tak masalah asalkan fasilitasnya cukup memadai untuk beristirahat. 

Jadi, kalau Anda berencana backpackeran nginep selama semalam, uang yang perlu Plesirmania siapkan adalah Rp. 50.000. Sebaliknya, jika ingin menginap 2 malam, budget bertambah menjadi Rp. 100.000. Katakanlah Anda akan menginap semalam, maka biaya yang Anda butuhkan hanya Rp. 50.000.

100 Ribu Saja Sudah Cukup, Lho!
© freepik.com
3
100 Ribu Saja Sudah Cukup, Lho!

Budget Wisata

Rekomendasi kami

Banyak sekali wisata di Malang, apalagi di daerah Batu. Sebagai contoh, ada Jatim Park 1, 2, 3, Museum Angkut, Batu Night Spectacular, Coban Rondo, Coban Talun, Selecta, dan lain sebagainya. Akan tetapi, apakah tempat wisata tersebut cocok untuk para backpacker?

Dari delapan contoh objek wisata tadi, tiga di antaranya ada yang paling cocok untuk Plesirmania kunjungi, yaitu Coban Rondo, Coban Talun, dan Selecta. Sebab, ketiga tempat tersebut menawarkan harga tiket masuk yang murah.

Anda juga bisa sekalian mengunjungi Gunung Bromo 1 – 2 jam perjalanan dari Kota Malang ke Bromo. Tiket masuk ke gunung tersebut pun dibanderol di bawah 30 ribu rupiah. Anda ingin mengunjungi tempat-tempat tersebut? Inilah jumlah uang yang perlu Plesirmania siapkan, seperti:

Destinasi WisataHarga Tiket Masuk
Coban TalunRp. 10.000
SelectaRp. 48.000
Coban RondoRp. 5.000
Gunung BromoRp. 29.000

Kemudian, jangan lupa untuk menyiapkan uang parkir di setiap tempat wisata tadi sebesar Rp. 3.000. Maka, total keseluruhan budget wisata Malang dari penjumlahan Rp. 10.000 + Rp. 48.000 + Rp. 5.000 + Rp. 29.000 + Rp. 12.000 (Rp. 3.000 x 4) ialah Rp. 104.000.

50 Ribu Sudah Sangat Cukup
© freepik.com
4
50 Ribu Sudah Sangat Cukup

Budget Kuliner

Saat libur ke Malang tak lengkap rasanya kalau tidak mencicipi masakan khas wilayah tersebut. Terdapat beragam tempat kuliner legendaris di sini. Misalnya, Sate Kambing Bang Elyas, Rawon Tessy, Nasi Lengko Belakang UB, Pecel Kawi, dan lain-lain.

Anda dapat mencatat pengeluaran biaya makan di empat tempat tersebut sebagai berikut:

MakananHarga (mulai dari)
Sate Kambing Bang ElyasRp. 5.000
Rawon TessyRp. 20.000
Nasi Lengko Belakang UBRp. 4.000
Pecel KawiRp. 10.000

Didapatkan hasil biaya dari penjumlahan harga makanan di atas Rp. 5.000 + Rp. 20.000 + Rp. 4.000 + Rp. 10.000 adalah Rp. 39.000.

Tanya Jawab Seputar Budget Backpacker ke Malang

Backpacker memang mudah sebab Anda tak perlu banyak hal. Metode perjalanan ini fokus untuk pergi dengan keperluan dan biaya seminimal mungkin. Oleh sebab itu, tim Plesir juga menyampaikan informasi terkait harga terendah yang harus Anda siapkan. Nah, apabila artikel ini belum menjawab pertanyaan Anda terkait biaya backpacker ke Malang, silakan telaah kolom yang tersedia di bawah berikut!

Ke Malang naik apa dari Surabaya?

Anda bisa naik kereta api, travel, bus, pesawat, dan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil.

Butuh berapa budget liburan ke Malang?

Plesirmania membutuhkan budget sebesar kurang dari 1 juta rupiah untuk bisa ke Malang.

Berapa budget ke Malang dari Jakarta?

Anda membutuhkan budget sekitar 1,5 juta rupiah lebih tergantung seberapa lama Anda stay di Malang.

Kesimpulan: Budget Backpacker ke Malang

Dari perhitungan ongkos bensin PP, penginapan, tiket masuk wisata, sampai kuliner, total biaya yang Plesirmania butuhkan adalah sebesar Rp. 213.000. Jumlah tersebut hanya merupakan perkiraan budget backpacker ke Malang, bukan perkiraan mutlak.

Plesirmania dapat menambahkan biaya lain seperti uang jajan selama di perjalanan, ongkos darurat, hingga biaya oleh-oleh sesuai kebutuhan. Yang penting pastikan semuanya murah karena apalah artinya backpacker Malang tanpa biaya rendah. Setuju, Plesirmania?

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo