Hide Menu

Penasaran Gak Itinerary Solo 3 Hari 2 Malam Gimana? Ayo, Segera Baca Rangkuman Berikut!

Berwisata ke Solo Wajib Mampir ke Tempat-Tempat Wisata Populer Sekitar Solo dan Karanganyar, Ini Daftar yang Harus Anda Tahu!

Artikel Itinerary Solo 3 Hari 2 Malam ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Itinerary Solo 3 Hari 2 Malam 2024
© freepik.com

Itinerary Solo 3 Hari 2 Malam Enaknya Ngabisin Waktu ke Mana?

Itinerary Solo 3 Hari 2 Malam Enaknya Ngabisin Waktu ke Mana?
freepik.com

Seperti yang Anda ketahui, Solo atau Surakarta menyimpan sekali banyak kekayaan warisan masa lampau. Mulai dari kemegahan Keraton Surakarta sampai pasar terbesar tempo dulu seperti Pasar Gede.

Dua tempat ini merupakan contoh dari sekian puluh destinasi yang bisa Anda kunjungi bila pergi ke Solo selama tiga hari. Apabila belum puas menjelajahi Solo, Plesirmania juga bisa berkunjung ke Karanganyar. Terdapat wisata berbasis alam nan sejuk di wilayah itu. Misal, Kebun Teh Kemuning dan Telaga Sarangan.

Kalau ke Solo rasanya belum afdal jika Anda tidak ke tempat-tempat sejuk seperti kebun teh dan telaga tersebut. Karena wilayah Karanganyar berdekatan dengan Solo, sudah menjadi bagian tak terpisahkan bila pergi ke Solo juga harus pergi ke Karanganyar.

Lalu, mana lagi tempat pariwisata yang bisa dikunjungi untuk menghabisan waktu semasa ke Solo 3 hari lamanya? Daftar lengkap tempat wisatanya tersedia di artikel itinerary Solo 3 hari 2 malam ini. Buruan scroll sampai bawah untuk tahu kelanjutannya!

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Itinerary Solo 3 Hari 2 Malam - Terbaru 2024

Seperti Jogja, Solo merupakan daerah di Jawa Tengah, Indonesia yang mempunyai kekayaan budaya. Pernyataan ini sama seperti yang dikatakan Sarim S dan Tri W (2017) dalam penelitiannya. Mereka mengatakan ada banyak objek wisata yang ada di Kota Solo dengan berbagai keunikan, misalnya wisata sejarah, budaya, dan kuliner.

Oleh karenanya, banyak wisatawan lokal maupun dunia tertarik untuk berkunjung ke daerah ini. Bagi Plesirmania yang ingin ke Solo, pastikan tak ketinggalan menyimak itinerary Solo 3 hari 2 malam berikut!

1
Hari ke 1

Tiba di Stasiun, Check In, De Tjolomadoe, Air Terjun Grojogan Sewu, dan Telaga Sarangan

Hari ke 1

2
Hari ke 2

Candi Cetho, Kali Pucung River Kemuning, Kebun Teh Kemuning, Air Terjun Jumog, dan Alun-Alun Karanganyar

Hari ke 2

3
Hari ke 3

The Lawu Park, Check Out, dan Pasar Klewer Solo

Hari ke 3

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Tiba di Stasiun, Check In, De Tjolomadoe, Air Terjun Grojogan Sewu, dan Telaga Sarangan
© freepik.com
1
Tiba di Stasiun, Check In, De Tjolomadoe, Air Terjun Grojogan Sewu, dan Telaga Sarangan

Hari ke 1

Rekomendasi kami

Bagian 1

Inilah rundown acara hari pertama paket wisata Solo Anda. Tiba di Stasiun Solo Balapan dari Surabaya, kedatangan Anda diperkirakan pukul 10 pagi. Sambil menunggu early check in hotel pukul 1 siang, Anda bisa mengunjungi De Tjolomadoe.

Jarak penginapan di pusat kota ke lokasi tujuan hanya 11 km yang mana membutuhkan waktu 25 menit berkendara. Untuk sampai di tempat wisata pertama ini, Anda bisa naik bus Batik Solo Trans (BST). Penumpang cuma perlu membayarkan Rp. 3.700 sekali jalan.

Saat mengunjungi De Tjolomadoe, Anda akan disuguhi bangunan kompleks pabrik gula tua yang diubah menjadi tempat wisata baru. Plesirmania bisa mengunjungi museum di dalamnya dan berbelanja aneka kerajinan dan suvenir.

Bagian 2

Setelah mengulur waktu di sini beberapa jam sambil makan siang di restorannya, saatnya kembali ke penginapan untuk check in. Kemudian, bersiap melanjutkan perjalanan ke Grojogan Sewu Tawangmangu. Cara ke lokasi wisata tersebut yaitu menggunakan bus BST lagi.

Kira-kira Anda akan sampai di Tawangmangu pukul setengah 2 siang. Harga tiket masuk ke tempat wisata air tersebut sekitar Rp. 22.000 per orang. Apa yang bisa Anda lihat di Grojogan Sewu? Plesirmania dapat menikmati keindahan alam air terjun seribu setinggi 81 meter.

Anda bisa bersantai, berswafoto atau makan hidangan sate kelinci yang tersedia di Grojogan Sewu. Jika sudah puas, destinasi selanjutnya adalah Telaga Sarangan. Menuju Telaga Sarangan dari Air Terjun Grojogan Sewu memerlukan waktu 35 menit. Estimasi kedatangan adalah pukul 4 sore.

Bagian 3

Telaga Sarangan ialah telaga alami bukan buatan yang berada di ketinggian 1.200 mdpl dan terletak di lereng Gunung Lawu. Jika sudah sampai, mampirlah ke pasar dekat telaga untuk berbelanja dan makan malam di warung makan lokal. Tepat pukul 7.30 malam, Anda bisa kembali pulang ke penginapan menggunakan bus BST.

Dengan mengunjungi pasar tadi menunjukkan akhir dari perjalanan libur wisata Anda di hari pertama. Bagi Plesirmania yang ingin berkeliling Solo seharian, rencana perjalanan ini bisa Anda contoh sebagai itinerary Solo 1 hari, lho.

Candi Cetho, Kali Pucung River Kemuning, Kebun Teh Kemuning, Air Terjun Jumog, dan Alun-Alun Karanganyar
© freepik.com
2
Candi Cetho, Kali Pucung River Kemuning, Kebun Teh Kemuning, Air Terjun Jumog, dan Alun-Alun Karanganyar

Hari ke 2

Bagian 1

Hari kedua di mana Anda akan memulai petualangan travel Solo city dengan sarapan pagi terlebih dahulu. Setelah selesai sarapan, bersiaplah pergi menuju Candi Cetho pukul 7 pagi. Cara ke Candi Cetho ini ada dua opsi, naik bus BST atau Anda sewa sepeda motor.

Kalau naik bus, Plesirmania harus ke Terminal Palur dahulu sekitar 15 menit dari penginapan. Sedangkan dengan sepeda motor, Anda harus ke Stasiun Solo Kota terlebih dulu. Lokasinya berada tepat di lereng Gunung Lawu.

Candi Cetho merupakan candi bercorak agama Hindu yang dibangun sekitar akhir era Majapahit. Yang bisa Anda lakukan di sini adalah belajar mengenal situs peninggalan kerajaan Hindu tersebut dan berkeliling kompleks candi. Akan tetapi, jangan lupa membayar tiket masuknya sebesar Rp. 10.000, ya.

Bagian 2

Kemudian perjalanan Plesirmania akan dilanjutkan menuju Kali Pucung River Tubing Kemuning untuk bermain air di sungai. Untuk masuk ke sini, Anda perlu membayar tiket sebesar Rp. 30.000.

Kegiatan bermain air ini akan berakhir pada pukul 12 siang. Bagi Plesirmania yang ingin istirahat sebentar di area sungai, di sana tersedia sejumlah warung makan. Anda bisa memesan makan siang dan membeli camilan untuk mengganjal perut.

Setelah puas bermain air, Anda bisa meneruskan perjalanan ke Kebun Teh Kemuning. Lokasinya tidak jauh dari area bermain air tadi, yaitu sekitar 4 menit berkendara. Anda bisa beristirahat sejenak di sini dengan menikmati pemandangan hijaunya kebun teh yang luas.

Bagian 3

Sesudah beristirahat dan mengitari kebun, Plesirmania dapat melanjutkan wisata ke Air Terjun Jumog. Untuk mencapai air terjun ini, Anda dapat berkendara selama 15 menit dari Kebun Teh Kemuning. Tempat wisata Jumog menawarkan keindahan air terjun di kawasan pegunungan.

Untuk bisa menikmati keindahan alami air terjun tersebut, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 15.000 per orang. Kegiatan mengunjungi Air Terjun Jumog akan berakhir pada pukul 5 sore. Lalu, mampirlah ke Alun-Alun Karanganyar saat perjalanan pulang untuk makan malam.

The Lawu Park, Check Out, dan Pasar Klewer Solo
© freepik.com
3
The Lawu Park, Check Out, dan Pasar Klewer Solo

Hari ke 3

Rekomendasi kami

Bagian 1

Di hari terakhir, tim Plesir ingin membawa Anda mengunjungi The Lawu Park dan Pasar Klewer Solo. Anda dapat memulai kegiatan dengan sarapan pagi di penginapan. Sesudah itu, Plesirmania bisa bersiap-siap menuju The Lawu Park.

Untuk menuju The Lawu Park, Anda bisa menaiki bus BST. Keberangkatan akan dimulai pukul 7 pagi dan tiba di tempat pada pukul 8 pagi. Lebih kurang perjalanan memakan waktu 1 jam lebih 18 menit. Sesampianya di lokasi, Anda dapat berkeliling taman tersebut dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 20.000.

Plesirmania bisa bermain wahana yang ada di The Lawu Park, salah satunya flying fox. Ada juga agrowisata pertanian dan rabbit arena untuk Anda kunjungi. Estimasi akhir dari kegiatan tersebut adalah pukul 10 siang. Kemudian, dilanjutkan dengan kembali ke penginapan.

Bagian 2

Apabila Anda sudah sampai di penginapan, jangan lupa packing barang bawaan lalu check out. Cek kembali apakah semua barang sudah berada dalam genggaman. Sesudah itu, Anda bisa bergegas ke Pasar Klewer Solo untuk membeli oleh-oleh dan makan siang sekaligus.

Dari penginapan ke Pasar Klewer jaraknya sekitar 300 meter saja. Jadi, Anda bisa berjalan kaki menuju tempat tersebut. Pasar Klewer menyediakan begitu banyak ragam suvenir khas Solo. Yang utama adalah batik.

Anda bisa membeli baju, daster, dan pakaian formal berbahan dasar batik dengan harga terjangkau. Untuk mendapatkan harga super murah, pintar-pintarlah menawar. Seusai itu, Plesirmania jangan lupa makan siang di warung yang tersedia. Menu khas Solo seperti tengkleng wajib dicoba!

Inilah akhir cerita perjalanan wisata hari ketiga. Pergilah ke Stasiun Solo Balapan sesegera mungkin apabila sudah selesai dengan kegiatan berbelanja oleh-oleh. Tim Plesir memperkirakan kegiatan berbelanja Anda berakhir pukul 3 sore. Anda masih punya dua jam lagi untuk menunggu di stasiun sebelum kereta datang.

Tanya Jawab Seputar Itinerary Solo 3 Hari 2 Malam

Daftar pertanyaan di kolom bawah juga merupakan bagian dari artikel itinerary Solo 3 hari 2 malam. Silakan baca!

Jalan-jalan ke Solo kemana aja?

Ke mana lagi kalau bukan ke De Tjolomadoe, Keraton Surakarta, Kemuning Sky Hills, Cepogo Cheese Park, Gedung Djoeang 45, dan lain-lain.

Apa itu paket one day tour?

One day tour ialah liburan singkat berdurasi hanya satu hari saja.

Kesimpulan: Itinerary Solo 3 Hari 2 Malam

Bagaimana opini Plesirmania tentang rangkuman itinerary trip Solo di atas? Apakah daftar liburan ini cocok buat Anda pakai bila mengunjungi Solo bulan depan?

Mau wisata kota atau alam, semua ada dalam blog itinerary Plesir. Tim Plesir yakin lokasi wisatanya paling terbaru dari yang dimiliki para biro perjalanan wisata 2019. Tunggu apa lagi? Segera tulis destinasi yang ingin Anda tuju!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo