Hide Menu

Pakai 3 Cara dari Terminal Wonosobo ke Dieng Ini agar Tidak Kesasar, Pilih Salah Satu Aja!

Ternyata Terdapat Tiga Jenis Transportasi Buat Sampai di Desa Tujuan, Banyak Orang yang Gunakan Cara Ini, Lho!

Artikel Terminal Wonosobo ke Dieng ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Terminal Wonosobo ke Dieng 2024
© freepik.com

Terminal Wonosobo Ada Dimana?

Terminal Wonosobo Ada Dimana?
freepik.com

Di Kabupaten Wonosobo terdapat beberapa terminal yang biasa digunakan untuk pelayanan angkutan antar kota provinsi dan antar kota dalam provinsi. Nama terminal yang tim Plesir maksud adalah Terminal tipe A Mendolo dan Terminal tipe B Sawangan.

Letak Terminal tipe A Mendolo berada di Jalan Ajibarang Secang, Perum Purnamandala, Bumireso. Sementara Terminal tipe B Sawangan terletak di Jalan Sawangan, Kecamatan Leksono. Keduanya sama-sama berada di Kabupaten Wonosobo.

Bagi Plesirmania yang punya rencana ke Dieng menggunakan bus dari Jogja sebaiknya transit di salah satu terminal tersebut. Hal ini berlaku juga untuk mereka yang datang dari Temanggung, Banjarnegara, Purwokerto, dan Kebumen. Penjelasan cara pergi dari Terminal Wonosobo ke Dieng selengkapnya ada di bagian berikutnya. Tetap ikuti pembahasannya, ya!

Dieng Terletak Dimana?

Dieng Terletak Dimana?
freepik.com

Salah satu desa di Kabupaten Wonosobo yang biasa dijadikan destinasi wisata para traveler adalah Desa Dieng. Desa ini secara geografis terletak lebih kurang 9 kilometer dari Kecamatan Kejajar dan 26 kilometer dari ibu kota Kabupaten Wonosobo.

Wilayah Dieng sendiri berada di ketinggian 2.090 sampai dengan 2.150 meter dari permukaan laut (mdpl). Desa ini juga dikelilingi oleh beberapa pegunungan yang salah satunya banyak pendaki kunjungi, antara lain Gunung Prau, Gunung Sipandu, Gunung Pangonan, serta Gunung Pakuwojo.

Dari Terminal Wonosobo ke Dieng Bisa Naik Apa?

Dari Terminal Wonosobo ke Dieng Bisa Naik Apa?
freepik.com

Ada tiga transportasi yang bisa Anda gunakan untuk mencapai Dieng. Macam-macam transportasi tersebut terdiri dari kendaraan roda empat dan roda dua. Plesirmania bisa menggunakan shuttle bus (orang-orang sering menyebutnya dengan minibus seperti milik bus travel), taksi serta ojek.

Sayangnya, Anda tidak dapat menggunakan kendaraan lain selain ketiga jenis kendaraan tersebut, baik naik kereta api seperti di stasiun ataupun pesawat terbang seperti di bandara. Kalau bukan transportasi umum, berarti Anda bisa pakai mobil pribadi atau motor sendiri. Info terbaru juga belum terdapat Grab untuk mencapai desa terdingin ini, alternatifnya hanya ojek pengkolan.

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Terminal Wonosobo ke Dieng - Terbaru 2024

Setelah mengetahui apa yang harus Anda naiki menuju Terminal Dieng, saatnya membaca penjelasan lengkap masing-masing kendaraan tersebut di bagian ini. Baca, yuk!

1
Naik Shuttle Bus atau Micro Bus

Pilihan Tepat Buat Angkut Orang Banyak, Murah Pula!

Naik Shuttle Bus atau Micro Bus

2
Ojek Lokal

Bebas Mau Turun di Mana Saja

Ojek Lokal

3
Taksi DNA

Cukup Mahal tapi Menjanjikan

Taksi DNA

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Pilihan Tepat Buat Angkut Orang Banyak, Murah Pula!
© freepik.com
1
Pilihan Tepat Buat Angkut Orang Banyak, Murah Pula!

Naik Shuttle Bus atau Micro Bus

Rekomendasi kami

Untuk Plesirmania yang belum familiar dengan penyebutan micro bus, mungkin Anda akan mengenalinya sebagai bus berukuran kecil. Penyebutan tersebut tidaklah salah. Lebih tepatnya, micro bus adalah mini bus yang mempunyai kursi berjumlah 17 buah. Micro bus memiliki mesin seperti ELF, namun style bodi bus berbeda.

Jenis kendaraan seperti micro bus ini sudah biasa digunakan sebagai angkutan umum di beberapa wilayah tertentu, termasuk di Kabupaten Wonosobo khususnya Desa Dieng. Bukan hanya sebagai sarana angkutan umum penduduk lokal desa saja, melainkan penduduk luar desa kerap kali ikut memanfaatkan angkutan itu juga.

Karena kondisi jalur Wonosobo-Dieng lajur rutenya menanjak, panjang, dan menikung, bus pariwisata besar atau bus medium tidak bisa masuk ke kawasan wisata. Menurut Dr. Ahmad (2019) pun sama, kondisi jalanan ke kawasan Dieng cukup berkelok-kelok untuk mengitari bukit plus banyak tikungan tajam. Alhasil rombongan wisatawan harus melanjutkan perjalanan menggunakan micro bus.

Bagi Plesirmania yang ingin naik micro bus, biaya sewa 1 hari mencapai Rp. 250.000. Harga tersebut sudah termasuk seat 17 orang, bensin, dan supir. Bila Anda berencana berlibur dengan orang banyak, maka micro bus bisa menjadi pilihan bijak. Harga per orang hanya sekitar Rp. 15.000 – Rp. 20.000 saja.

Perlu Plesirmania catat bahwa micro bus juga mempunyai kendala dalam waktu operasional. Bus tersebut hanya tersedia dari jam 5 pagi sampai 5 sore saja. Jadi, siapkan jadwal yang pas jikalau Anda benar-benar ingin naik micro bus.

Kemudian, hal lain yang perlu Plesirmania catat lagi ialah micro bus akan berhenti di setiap jalur yang bus tempuh untuk mencari penumpang, bahkan di masjid sekalipun. Sehingga, estimasi perjalanan ke Dieng selama 1 jam kemungkinan besar akan molor kalau penumpangnya tidak banyak.

Bebas Mau Turun di Mana Saja
© freepik.com
2
Bebas Mau Turun di Mana Saja

Ojek Lokal

Rekomendasi kami

Selain micro bus, kendaraan lain yang bisa Plesirmania gunakan dari Terminal Mendolo ke Dieng adalah ojek atau kendaraan berupa sepeda motor. Plesirmania dapat menemukan ojek di setiap titik keramaian, baik di terminal maupun pasar.

Bagi solo traveler pembawa backpack yang suka bepergian dengan sepeda motor, ojek bisa jadi alternatif transportasi umum yang tepat. Dengan naik ojek, perjalanan jadi lebih menyenangkan. Sebab, Anda bisa sesekali meminta driver untuk berhenti agar Anda dapat memotret indahnya pemandangan di jalan.

Lebih lanjut, Anda juga bisa meminta untuk turun di objek wisatanya langsung. Tidak seperti micro bus yang harus turun di drop point tertentu. Walaupun begitu, perbandingan harga tidak boleh Anda kesampingkan.

Karena menggunakan ojek lokal, Anda harus menyiapkan uang agak mahal per orangnya, sekitar Rp. 100.000 sampai dengan Rp. 250.000. Harga tersebut bisa termasuk biaya sekali jalan atau pulang-pergi tergantung pemilik ojek.

Cukup Mahal tapi Menjanjikan
© freepik.com
3
Cukup Mahal tapi Menjanjikan

Taksi DNA

Kendaraan terakhir yang bisa Anda pergunakan adalah taksi. Jenis taksi di daerah Wonosobo Dieng cukup berbeda dengan yang ada di perkotaan. Wujud taksi di daerah tersebut ialah mobil sejenis Avanza atau Xenia yang memiliki kapasitas penumpang 3-4 orang.

Taksi di daerah ini dinamai DNA taksi. Berkat sebuah perusahaan transportasi taksi, DNA taksi atau taksi DNA sudah tersedia sejak 2015. Lalu, jam operasional taksi DNA sendiri beroperasi selama 24 jam. Baik pagi, siang atau sore hari akan selalu stand by, tidak seperti micro bus yang mempunyai batas operasional.

Untuk bisa naik taksi DNA, Plesirmania harus pergi ke sekitaran Plasa Wonosobo atau di depan Hotel Kresna yang mana jarak tempuh dua lokasi tersebut tidak jauh dari Terminal Mendolo. Kemudian sama halnya dengan ojek, Plesirmania juga bisa turun di tempat objek wisata yang ingin Anda kunjungi.

Mengenai harga sewa taksi DNA sayangnya hampir setara dengan menyewa micro bus ke Dieng secara rombongan, yakni mulai Rp. 200.000. Walaupun begitu, apabila Anda mempunyai budget sewa lebih, boleh saja mencoba alternatif kendaraan yang satu ini.

Tanya Jawab Seputar Terminal Wonosobo ke Dieng

Berikut adalah daftar pertanyaan terkait cara menuju desa dingin di Wonosobo dari Terminal Wonosobo. Cek segera!

Apakah ke Dieng bisa naik bus?

Ya, Anda bisa naik bus. Tepatnya gunakan bus antar provinsi atau shuttle bus.

Angkot Wonosobo sampai jam berapa?

Tersedia sampai dengan jam 5 sore.

Dieng melewati kota apa saja?

Kalau dari Yogyakarta, maka Anda akan melewati kota berikut. Di antaranya adalah Sleman, Tempel, Muntilan, Magelang, Secang, Temanggung, Parakan, Kertek, dan Wonosobo.

Kapan bagusnya ke Dieng?

Bagusnya pada musim kemarau, sekitar bulan Mei hingga September.

Wonosobo ke Dieng berapa jam?

Lama perjalanan kurang lebih 1 jam karena jaraknya dekat.

Kesimpulan: Terminal Wonosobo ke Dieng

Tim Plesir sudahi terlebih dulu rangkuman kali ini. Ingat selalu bahwa ada tiga transportasi umum termasuk micro bus, ojek, dan taksi DNA yang tepat untuk mengantarkan Anda sampai desa terdingin tersebut. Catat baik-baik agar Anda bisa sampai di tempat tujuan tanpa halangan apapun. Selamat mencoba!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo