Hide Menu

5 Perbedaan Deluxe dan Executive Room Ini Menarik untuk Disimak, Tebak Bedanya Dimana?

Kumpulan Faktor-Faktor Pembeda antara Kamar Deluxe dan Kamar Executive, Ada Ukuran sampai Jenis Kasur!

Artikel Perbedaan Deluxe dan Executive ini diposting diperbarui
5 Pembaca
Like
Perbedaan Deluxe dan Executive 2024
© freepik.com

Menginap di Hotel Mending Pilih Deluxe atau Executive?

Menginap di Hotel Mending Pilih Deluxe atau Executive?
freepik.com

Kalau sedang berbicara masalah mending mana, hal ini akan merujuk ke persoalan suka atau tidak suka. Lalu, merujuk lagi ke beberapa faktor mengapa salah satu di antara deluxe dan executive lebih dipilih. Faktanya, executive room memang kamar hotel kelas teratas.

Adanya pengelompokan berdasarkan tingkat kelas kamar ini telah menunjukkan bahwa ada kualitas dan kuantitas yang mendukung kamar executive menjadi sebuah kamar nyaman dibandingkan kamar deluxe yang berada di bawahnya. Misalnya saja, pada fasilitas ruang tamu terpisah.

Dari penjabaran singkat tadi, apakah Plesirmania setuju? Anda tentu saja dapat memiliki opini sendiri bahwa deluxe lebih mending untuk dipesan saat menginap di hotel. Namun, tak dapat Anda pungkiri bahwa executive juga punya keunggulan dan kualitas dari deluxe. Untuk lebih jelasnya, Plesirmania bisa membaca uraian detail perbedaan deluxe dan executive. Telaah bersama, yuk!

Apa yang Dimaksud Kamar Deluxe?

Apa yang Dimaksud Kamar Deluxe?
freepik.com

Tipe kamar di atas superior adalah deluxe room, dan tipe kamar deluxe adalah kamar yang levelnya berada di bawah executive room. Dalam artikelnya, Aloysius Y (2008) telah menjelaskan istilah nama deluxe room yang mana memiliki arti kamar ini setingkat lebih baik dari standard room. Jika Anda pernah menginap di salah satu di antara jenis kamar tersebut, maka Anda sudah pasti mengerti.

Kamar deluxe itu mempunyai ukuran kamar lebih besar daripada superior dan tak lebih besar dari executive room. Apa sebabnya? Ya, tentu saja karena superior berada di urutan kamar kelas bawah dan kamar executive lahir di urutan kelas atas.

Apa yang Dimaksud Executive Room?

Apa yang Dimaksud Executive Room?
freepik.com

Pada tingkatan kelasnya, tipe kamar executive berada di atas tipe kamar deluxe. Executive room juga terkenal dengan salah satu pilihan kamar terbaik yang memiliki ukuran ruang kamar lebih luas daripada deluxe.

Semua yang dimiliki executive, baik fasilitas maupun besar ruangan, belum tentu dipunyai oleh kamar dulux. Bahkan, kamar executive berhasil memperoleh julukan sebagai kamar mewah. 

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Perbedaan Deluxe dan Executive - Terbaru 2024

Cek segera faktor-faktor pembeda dari kamar deluxe dan kamar executive, bila perlu catat atau screen shot tulisan tim Plesir ini. Yuk, simak sekarang!

1
Ukuran

Deluxe 40 vs Executive 60 Meter Persegi

Ukuran

2
Fasilitas

Di Kamar Executive Super Lengkap!

Fasilitas

3
Harga

Menginap Per Malam Beda 250 Ribu Rupiah

Harga

4
Bed

Ada Kasur Single, Double, hingga Ukuran King

Bed

5
Jenis Tamu

Ada yang Menginap Karena Liburan dan Juga Karena Pekerjaan

Jenis Tamu

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Deluxe 40 vs Executive 60 Meter Persegi
© freepik.com
1
Deluxe 40 vs Executive 60 Meter Persegi

Ukuran

Rekomendasi kami

Menarik untuk diulik bahwa ukuran kamar deluxe room dan executive room sangat jauh berbeda. Dari informasi yang tim Plesir dapatkan, ukuran luas kamar deluxe tak lebih dari 40 meter persegi.

Mendengar luas kamar deluxe tentu Anda akan mengira 40 m2 adalah jumlah cukup luas, tidak seperti cabin. Namun, kamar executive tak kalah luas jumlah ukuran kamarnya. Executive room memiliki luas kamar sekitar 60 hingga 66 meter persegi atau bahkan lebih dari itu, luasnya bisa mencapai 80 meteran.

Di Kamar Executive Super Lengkap!
© freepik.com
2
Di Kamar Executive Super Lengkap!

Fasilitas

Lalu untuk fasilitas, apakah berbeda juga? Jawabannya tentu saja! Di beberapa hotel, deluxe room menyediakan fasilitas mini bar dan kulkas mini. Sedangkan executive room lebih lengkap lagi. Tipe kamar hotel ini menawarkan hotel ruang tamu terpisah plus view balcony kepada pengunjung.

Ingin tahu fasilitas lengkapnya? Cek tabel fasilitas kamar deluxe dan kamar executive dari website booking.com di bawah ini!

Hotel Bintang5
Nama HotelOakwood Hotel & Residence Surabaya
Fasilitas
Deluxe RoomExecutive Room
  • AC, WiFi, shower, telepon, pembuat teh atau kopi, hair dryer
  • Toiletries, kamar mandi pribadi, TV, brankas, kulkas, bathtub
  • Ketel listrik, dapur pribadi, oven, kompor, meja, setrika, mesin cuci, dan lain-lain
  • Dapur pribadi, kamar mandi pribadi, AC, mesin pencuci piring
  • TV, mesin kopi, WiFi, brankas, toiletries, sofa, meja, bathtub
  • Ketel listrik, ruang makan, pemanggang roti, oven, kompor, telepon, kulkas, setrika, dan lain sebagainya

Penjabaran satu per satu fasilitas kamar deluxe maupun kamar executive menunjukkan bahwa executive room mempunyai fasilitas atau barang di dalam kamar yang lebih lengkap. Fasilitas apapun yang dimiliki kamar deluxe pasti ada di kamar executive. Yang membedakan dari keduanya adalah, tidak ada mesin pencuci piring di kamar deluxe.

Menginap Per Malam Beda 250 Ribu Rupiah
© freepik.com
3
Menginap Per Malam Beda 250 Ribu Rupiah

Harga

Rekomendasi kami

Selanjutnya, tim Plesir secara khusus mengambil contoh budget dari Oakwood Hotel & Residence Surabaya di Traveloka. Menurut hasil pencarian, deluxe room dengan twin bed atau king bed dikenai harga mulai dari Rp. 1.182.275 per malam.

Sementara itu, harga untuk executive room per malam di hotel yang sama yakni sebesar Rp. 1.453.025 hingga Rp. 1.529.500. Perbandingan harga dari keduanya adalah sekitar 250 ribuan. Selisih harganya memang tidak signifikan, namun tetap saja ada perbedaan biaya menginap antara deluxe dan executive.

Ada Kasur Single, Double, hingga Ukuran King
© freepik.com
4
Ada Kasur Single, Double, hingga Ukuran King

Bed

Sudahkah Plesirmania membaca beda harga deluxe dan executive? Dari selisih harga tersebut bisa menjadi acuan bed (tempat tidur) seperti apa yang digunakan di dalam bedroom deluxe maupun executive.

Ternyata, deluxe room menyediakan 2 pilihan kasur, yaitu double bed dan twin bed. Double bed adalah kasur berukuran 120 cm x 200 cm dan twin bed atau single bed berukuran 90 cm x 200 cm berjumlah 2 kasur.

Sebagai tambahan, executive room juga menyediakan dua pilihan tempat tidur, yakni master bed dan king size bed berukuran 180 cm x 200 cm. Untuk tambahan bed, Anda bisa request saat melakukan pesanan. Entah Anda ingin memesan tambahan triple bed, minta saja kepada staf hotel. Jika tersedia, biasanya mereka akan memberikan.

Ada yang Menginap Karena Liburan dan Juga Karena Pekerjaan
© freepik.com
5
Ada yang Menginap Karena Liburan dan Juga Karena Pekerjaan

Jenis Tamu

Ada beberapa jenis tamu hotel menurut tujuan mereka menginap, antara lain rekreasi atau staycation bersama 1-4 anggota family, sekadar transit ataupun karena tujuan bisnis. Biasanya, orang akan memilih kamar-kamar standar, superior, atau deluxe bila tujuan tamu menginap hanya sebentar.

Akan tetapi, hal ini berbeda dengan tamu yang menginap di kamar executive. Mereka umumnya singgah sebentar karena ada urusan bisnis. Dalam menjamu tamu di dalam kamar, pebisnis biasanya membutuhkan ruang tamu terpisah dari tempat tidur, sehingga kamar executive menjadi pilihan tepat untuk dipesan.

Tanya Jawab Seputar Perbedaan Deluxe dan Executive

Sebelum mengakhiri rangkaian membaca artikel perbedaan deluxe dan executive, mari bersama-sama menyimak tiga pertanyaan terkait topik yang sama. Ayo selesaikan dulu!

Apa perbedaan standar dan deluxe?

Kamar standard merupakan tipe kamar terbawah atau dasar di sebuah hotel dan memiliki kualitas serta fasilitas di bawah kamar kelas deluxe.

Kamar hotel paling mewah namanya apa?

Nama kamar hotel paling mewah plus paling mahal adalah presidential suite.

Deluxe double room adalah?

Deluxe double room adalah kamar dengan luas ruangan dan fasilitas (facility) milik deluxe tetapi memakai kasur double.

Sebutkan macam-macam tipe kamar hotel?

Ada standard room, deluxe room, junior suite room, suite or suit room, cabana room, family room, disabled room, non-smoke room atau smoking room, duplex room, dan masih banyak lagi.

Kesimpulan: Perbedaan Deluxe dan Executive

Telah tersampaikan semua faktor-faktor perbedaan deluxe dan executive include ukuran kamar sampai siapa saja yang biasa memesan kedua kamar hotel tersebut. Bagaimana pendapat Plesirmania yang berada di dorm? Apakah ingin menginap di hotel? 

Jadi, ANda ingin memesan kamar deluxe atau executive, nih? Coba menginap dulu di contoh hotel rekomendasi di atas yang menawarkan kamar deluks dan eksekutif dengan klik gambar tombol biru. Yuk, wujudkan menginap di kamar hotel ternyaman bersama keluarga dan pasangan!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo