Hide Menu

Surabaya ke Bromo Naik Apa? 7 Cara ke Gunung Bromo dari Surabaya. Dijamin Anti Ribet!

Bisa Naik Damri, Bus, Motor, dan Masih Banyak Lagi. Cek Langsung Saja untuk Detail Caranya!

Artikel Cara ke Gunung Bromo dari Surabaya ini diposting diperbarui
25 Pembaca
Like
Cara ke Gunung Bromo dari Surabaya 2024
© unsplash.com/KevinZhang

Gunung Bromo Ada di Mana?

Gunung Bromo Ada di Mana?
unsplash.com/RyanFarid

Jika Anda berpikir Gunung Bromo ada di Malang, maka Anda salah. Sejatinya, Bromo Mountain atau Gunung Bromo terletak di Kabupaten Probolinggo, bukan di Kota Malang. Selain itu, dua kabupaten lainnya yang mengapit Gunung Bromo adalah Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Lumajang.

Gunung Bromo sendiri memiliki ketinggian 2.329 mdpl (meter dari permukaan laut) dan merupakan gunung api di Provinsi Jawa Timur yang masih aktif hingga kini. Fakta lainnya, Gunung Bromo juga termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Bagaimanapun, mengenal Gunung Bromo tidak akan lengkap jika Anda tidak melihatnya langsung. Untuk itu, datang mengunjungi gunung ini sekali dalam seumur hidup haruslah ada di daftar bucket list liburan Plesirmania. Lalu, bagaimana cara ke Gunung Bromo dari Surabaya? Mudah saja, baca tulisan ini sampai tuntas untuk mengetahuinya, ya!

Objek Wisata di Gunung Bromo

Objek Wisata di Gunung Bromo
unsplash.com/muhammadarief

Yang menarik dari Gunung Bromo bukan hanya gunungnya, melainkan objek wisata di sekitarnya. Bahkan menurut Eva R et al (2007) daya tarik utama Gunung Bromo adalah statusnya yang merupakan gunung aktif. Lalu, bentuk landai dari gunung yang membuatnya mudah untuk didaki serta fenomena kawah Bromo di tengah kaldera Gunung Tengger atau crater on the crater yang dikelilingi oleh hamparan laut pasir.

Hanya itu? Lantas, pemandangan apalagi yang bisa Plesirmania dapatkan saat berkunjung ke Gunung Bromo? Berikut adalah daftarnya:

1. Pasir Berbisik

Ini merupakan hamparan pasir cukup luas yang bisa Anda saksikan sebelum Anda mencapai ke kawah Bromo. Lokasi dari Pasir Berbisik ini berada di sebelah timur puncak Gunung Bromo.

2. Pura Luhur Poten

Kebanyakan wisatawan mungkin mengira bahwa di perkampungan Gunung Bromo banyak terdapat warga muslim. Namun, nyatanya, di sana juga banyak penduduk yang memeluk agama Hindu. Maka dari itu, tidak asing jika Anda mungkin mendapati pura di sekitar gunung. Pura ini bahkan bisa dikunjungi dari area luarnya.

3. Kawah Bromo

Ini merupakan spot wisata trip yang paling banyak digemari para pelancong. Kawah Bromo adalah spot di mana Anda bisa melihat kawah Gunung Bromo dari dekat. Untuk pergi ke sini, Plesirmania harus berjalan sekitar 2 km dari area parkir kemudian menaiki tangga untuk menuju ke kawah.

4. Bukit Teletubies

Bukit Teletubies disebut-sebut menjadi spot foto yang paling disukai wisatawan karena mereka bisa menikmati keindahan bukit-bukit hijau. Bentuknya hampir mirip seperti bukit di kartun anak-anak berjudul Teletubbies.

5. Padang Rumput Savana

Gak perlu ke Afrika untuk melihat padang rumput savana karena Anda bisa menyaksikannya di Gunung Bromo. Ini adalah sebuah lembah hijau di mana sekelilingnya terdapat tebing-tebing menjulang tinggi dan beberapa punggung gunung kecil. Letak lokasinya ada di selatan timur Gunung Bromo.

6. Penanjakan 1 dan Penanjakan 2

Untuk melihat Gunung Bromo secara luas seperti pada iklan pariwisata, Anda harus menanjak ke Penanjakan 1 atau Penanjakan 2. Perbedaan antara Penanjakan 1 dengan Penanjakan 2 adalah ketinggian lokasinya untuk melihat Gunung Bromo serta medan untuk naik ke atas.

7. Bukit Mentigen

Bukit Mentigen adalah spot wisata untuk melihat sunrise (matahari terbit) langsung di Gunung Bromo. Lokasinya sekitar 2.5 km dari gunung tersebut.

8. Bukit Kingkong

Bukit Kingkong juga menjadi spot wisata favorit tersendiri bagi backpacker atau si hobi membawa backpack untuk melihat sunrise dari kejauhan di sekitar Gunung Bromo. Jarak yang harus Anda tempuh untuk pergi ke sini sekitar 3.8 km dan dekat dari Penanjakan 1.

9. Bukit Cinta

Bukit Cinta merupakan bukit lainnya di sekitar Gunung Bromo di mana Plesirmania bisa menikmati pemandangan matahari terbit yang indah. Selain itu, ada juga pemandangan lembah dan bukit yang tertutup awan kabut.

10. Puncak B29 Argosari

Tempat terakhir paling pas untuk melihat seluruh keindahan Gunung Bromo adalah Puncak B29 Argosari. Di tempat ini, Anda nantinya bisa menyaksikan panorama indah dari Gunung Bromo yang diselimuti awan kabut.

Informasi Harga Tiket Masuk Bromo

Membeli tiket masuk wisata Bromo secara langsung sekarang tidak diperkenankan, melainkan harus melalui pemesanan di situs resmi bookingbromo. Adapun harga tiket pintu masuk berbeda-beda untuk turis lokal dan internasional seperti yang ditampilkan oleh tabel di bawah.

Harga Tiket Masuk Wisata Bromo

HariWisatawan LokalWisatawan Mancanegara
Hari KerjaRp. 29.000Rp. 220.000
Hari LiburRp. 34.000Rp. 320.000

Sementara itu, untuk tiket parkirnya juga berbeda tergantung kendaraan yang Anda gunakan. Untuk kendaraan Jeep, harga parkisnya adalah 10 ribu sedangkan mobil dan motor memiliki harga parkir yang sama, yaitu 5 ribu.

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

A. Ulinnuha
Editor
Content Writer

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

7 Cara ke Gunung Bromo dari Surabaya - Terbaru 2024

Apakah 10 objek wisata tadi menggugah keinginan Plesirmania untuk pergi ngetrip ke Gunung Bromo? Jika demikian, Anda perlu tahu beberapa cara wisata ke Bromo dari Surabaya yang akan tim Plesir uraikan setelah ini. Disimak ya!

1
Naik Bus Antar Kota

Santai di Perjalanan, Kenapa Tidak?

Naik Bus Antar Kota

2
Naik Kereta Api

Punya Jalur Sendiri Cepat Sampai

Naik Kereta Api

3
Gunakan Shuttle Bus Damri Suroboyo Gunung Bromo

Langsung Sampai ke Terminal Tujuan Tanpa Transit Lagi

Gunakan Shuttle Bus Damri Suroboyo Gunung Bromo

4
Menggunakan Sepeda Motor

Yang Anti Transportasi Umum Bisa Naik Motor Saja

Menggunakan Sepeda Motor

5
Menggunakan Mobil Pribadi

Mengangkut Keluarga Ramai-ramai Makin Asyik

Menggunakan Mobil Pribadi

6
Ikut Tour and Travel

Ada yang Mengantar. Gak Ribet Nyupirin Diri Sendiri

Ikut Tour and Travel

7
Naik Pesawat Terbang

Sedikit Makan Biaya Tapi Tetap Sampai

Naik Pesawat Terbang

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Santai di Perjalanan, Kenapa Tidak?
© unsplash.com/JalalKelink
1
Santai di Perjalanan, Kenapa Tidak?

Naik Bus Antar Kota

Rekomendasi kami

Pertama-tama, Plesirmania bisa naik bus atau naik Suroboyo bus ke terminal Purabaya. Apabila sudah sampai di terminal, Anda bisa cari bus rute Probolinggo, contohnya Akas AAA.

Kemudian, setelah sampai di Kabupaten Probolinggo, Anda nanti akan turun di terminal Sukapura di Jalan Sukapura-Tongas, Probolinggo, Jawa Timur. Sesampainya di terminal itu, Plesirmania bisa segera menyewa Jeep untuk pergi ke Gunung Bromo.

Punya Jalur Sendiri Cepat Sampai
© unsplash.com/Haidan
2
Punya Jalur Sendiri Cepat Sampai

Naik Kereta Api

Rekomendasi kami

Cara gampang selanjutnya untuk pergi ke Gunung Bromo adalah dengan naik kereta api via stasiun Gubeng Surabaya. Anda bisa menaiki kereta KA Probowangi, KA Sri Tanjung, atau KA Logawa. Sementara itu, untuk waktu yang harus Anda  habiskan untuk sampai ke sekitar 2 jam lebih 4 menit.

Anda hanya perlu memesan tiket dari situs online pemesanan tiket kereta api resmi yang banyak beredar atau pesan di stasiun langsung. Namun, ada tips jauh lebih mudah yaitu pesan dari situs daring saja, seperti Traveloka, Tiket.com, maupun aplikasi KAI Access. Hal tersebut juga menghindari kehabisan tiket.

Langsung Sampai ke Terminal Tujuan Tanpa Transit Lagi
© idntimes.com
3
Langsung Sampai ke Terminal Tujuan Tanpa Transit Lagi

Gunakan Shuttle Bus Damri Suroboyo Gunung Bromo

Salah satu cara termudah lainnya adalah dengan naik bus Damri Surabaya Bromo yang mana Anda nantinya akan diantarkan langsung ke terminal Sukapura. Selain itu, bus Damri ini punya titik keberangkatan yang berbeda, yaitu dari Surabaya, Probolinggo di rest area Sukapura, serta Pasuruan di rest area Tosari dan Wonokitri.

Jadwal keberangkatannya pun juga berbeda. Anda bisa naik dari stasiun Pasar Turi, stasiun Gubeng, dan terminal Bungurasih. Untuk jam keberangkatan, ada yang berangkat pada pukul 5 pagi, setengah 6 pagi, setengah 4 sore, 4 sore, dan jam 6 sore.

Yang Anti Transportasi Umum Bisa Naik Motor Saja
© unsplash.com/AlexeyMalakhov
4
Yang Anti Transportasi Umum Bisa Naik Motor Saja

Menggunakan Sepeda Motor

Jika Anda adalah kaum mendang-mending, lebih baik naik sepeda motor ke Gunung Bromo. Akses mudah, tidak macet, irit budget pula. Bagusnya lagi, Anda tak perlu sewa Jeep selama di Gunung Bromo sebab Anda bisa naik langsung ke gunung dengan sepeda motor.

Untuk rute naik motor yaitu dimulai dari Surabaya. Lalu, terus melaju ke arah Sidoarjo, Bangil, Pasuruan, Probolinggo, dan terakhir Cemoro Lawang. Selain motor, rute ini bisa untuk pengendara mobil juga. Lebih lanjut, harap berhati-hati jika Anda memilih menggunakan motor untuk ke Gunung Bromo karena jalan yang harus Anda lalui cukup terjal.

Mengangkut Keluarga Ramai-ramai Makin Asyik
© unsplash.com/JDWeiher
5
Mengangkut Keluarga Ramai-ramai Makin Asyik

Menggunakan Mobil Pribadi

Adapun cara yang kelima yaitu naik mobil. Menggunakan kendaraan ini cukup irit bila dibandingkan naik bus atau kereta api. Plesirmania hanya perlu membayar tol dan bensin. Itupun bisa patungan bersama anggota keluarga atau teman Anda jika Anda pergi tour ke Bromo bareng keluarga atau temam-teman.

Kemudian, Anda bisa start atau mulai perjalanan Anda dari Surabaya lalu masuk ke Tol Porong-Gempol. Lanjut lagi ke Tol Gempol-Pasuruan. Setelah itu, Anda nanti akan sampai ke Gerbang Tol Probolinggo Barat Muneng. Plesirmania pun juga bisa lewat Tol Pandaan yang menuju ke arah Kota Malang.

 Ada yang Mengantar. Gak Ribet Nyupirin Diri Sendiri
© unsplash.com/LukePorter
6
Ada yang Mengantar. Gak Ribet Nyupirin Diri Sendiri

Ikut Tour and Travel

Tidak melulu harus naik kendaraan pribadi atau umum, Anda juga bisa ke Gunung Bromo dari Surabaya ikut tour & travel. Banyak dari agen perjalanan ke Bromo yang menyediakan harga murah sekaligus lengkap yang termasuk penjemputan dengan mobil di titik kumpul, tiket masuk ke TNBTS plus itinerary dan Jeep.

Plesirmania bisa pergi sendiri atau pilih bergabung ikut rombongan lain tergantung dari preferensi Anda. Untuk jasa tour, harap pilih yang terpercaya dan jangan asal pilih yang murah ya, Plesirmania! Selain itu, biasanya budget jasa tour akan lebih murah kalau itu bukan paket atau package privat, melainkan yang rombongan atau open trip.

Sedikit Makan Biaya Tapi Tetap Sampai
© unsplash.com/FasyahHalim
7
Sedikit Makan Biaya Tapi Tetap Sampai

Naik Pesawat Terbang

Rekomendasi kami

Kalau dari Surabaya, sudah jelas bahwa Anda harus ke Bandara Juanda. Dari sana Anda akan terbang ke Bandara Abdul Rachman Saleh di Malang. Sesampainya di Malang, Anda butuh transportasi umum menuju ke Bromo, seperti angkutan kota atau angkot. Dengan menaiki angkot, Anda akan menuju ke wilayah Tumpang.

Plesirmania juga dapat menggunakan layanan sewa mobil di Malang. Pergi pakai sewa mobil termasuk lebih mudah karena Anda akan dijemput langsung di Bandara tanpa perlu mencari-cari lagi transportasi umum.

Tanya Jawab Seputar Cara ke Gunung Bromo dari Surabaya

Sebelum menyelesaikan akhir dari artikel ini, bacalah pertanyaan yang banyak orang atau traveller tanyakan di bawah ini. Apa saja?

Berapa jam dari Surabaya ke Gunung Bromo?

Menjawab pertanyaan Surabaya Bromo berapa jam adalah sekitar 2.5 jam sampai 3.5 jam. Rata-rata waktu sampai ini tergantung pada kendaraan apa yang Anda gunakan. Kalau sepeda motor kemungkinan besar akan lebih cepat. Sedangkan untuk mobil, bisa saja nambah lebih setengah jam.

Berapa harga tiket masuk ke Bromo?

Adapun harga tiket masuk ke Bromo untuk wisatawan domestik adalah 29 ribu di hari kerja dan 34 ribu di hari libur. Sementara itu, untuk wisatawan mancanegara yaitu 220 ribu di hari kerja dan 320 ribu di hari libur.

Bisakah ke Bromo naik kereta?

Ya, bisa. Namun, Anda harus naik transportasi umum seperti angkot atau bus untuk bisa sampai di Gunung Bromo setelah tiba di stasiun.

Bromo dekat stasiun apa?

Stasiun Malang Kota Lama dan Stasiun Probolinggo. Namun, jaraknya tidak benar-benar dekat. Plesirmania harus pergi sejauh 35 km sampai 36.5 km untuk bisa pergi ke Gunung Bromo dari stasiun.

Kesimpulan: Cara ke Gunung Bromo dari Surabaya

Total ada 7 cara dari Surabaya ke Bromo. Anda bisa naik Damri khusus, kereta api, bus antar kota, sepeda motor, mobil, atau join tour and travel. Semua cara itu tentu sangat mudah jika Plesirmania sesuaikan dengan jarak tempuh dan budget yang Anda miliki.

Tiket sendiri sudah tim Plesir uraikan dengan lengkap, baik tiket masuk maupun parkir. Begitupun, pesan kendaraan seperti kereta dan bus sudah tersedia link-nya di setiap kolom cara. Jadi, Plesirmania tinggal klik, pesan, dan selesai. Liburan ke Bromo sangat mudah, ya kan?

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo