Hide Menu

Apa Sih 3 Perbedaan Paspor Kerja dan Wisata? Jangan Terkecoh, Lihat Penjelasannya di Sini!

Rangkuman Singkat Perbedaan Paspor Kerja dan Paspor Wisata yang Umum Orang Gunakan untuk Bepergian ke Luar Negeri

Artikel Perbedaan Paspor Kerja dan Wisata ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Perbedaan Paspor Kerja dan Wisata 2024
© freepik.com

Paspor Kerja dan Papor Wisata, Apa Bedanya?

Paspor Kerja dan Papor Wisata, Apa Bedanya?
freepik.com

Sebuah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat berwenang di suatu negara yang mana dokumen tersebut memuat informasi identitas pemegang merupakan definisi dari paspor. Paspor sendiri memiliki beberapa tujuan penggunaan.

Salah duanya yang sedang tim Plesir bahas, yaitu paspor kerja dan paspor wisata. Dari pencarian informasi yang tim Plesir temukan, kedua paspor tersebut sebenarnya tidak jauh berbeda. Keduanya sama-sama mempunyai fungsi sebagai identitas yang sah saat Anda pergi ke luar negeri.

Bahkan, dalam ciri fisik 2 paspor tersebut tidak ada perbedaan mencolok. Masing-masing mempunyai cover warna hijau tua persis seperti yang Anda lihat pada ciri gambar paspor Indonesia di internet. Lantas, perbedaan signifikan kedua jenis pasport tersebut terletak di mana?

Jawabannya hanya terletak pada persyaratan pengajuan, kegunaan, dan siapa penggunanya. Anda akan temukan penjelasan setiap perbedaan ini pada bagian selanjutnya. Untuk itu, tetaplah amati berita perbedaan paspor kerja dan wisata dari tim Plesir. Yuk, simak baik-baik!

Apa Itu Paspor Kerja?

Apa Itu Paspor Kerja?
freepik.com

Paspor kerja ialah dokumen tanda pengenal untuk mereka yang ingin bekerja ke luar negeri. Dokumen ini secara khusus ditujukan bagi Pekerja Migran Indonesia atau PMI.

Lebih lanjut, paspor tipe ini umumnya tidak diperuntukkan kepada mereka yang hanya ingin berlibur saja, melainkan hanya untuk pekerja migran.

Apa Itu Paspor Wisata?

Apa Itu Paspor Wisata?
freepik.com

Paspor wisata atau paspor pelancong merupakan sebuah buku berisikan data diri sama seperti KTP yang masyarakat Indonesia gunakan untuk berlibur ke negara tetangga atau negara jauh di ujung dunia.

Harus tim Plesir katakan bahwa paspor wisata tidak jauh berbeda dari paspor kerja, yaitu sama-sama sebagai tanda pengenal yang memiliki masa berlaku tertentu. Plesirmania bisa lebih mengenali kedua paspor tersebut setelah ini.

Biaya Pembuatan Paspor Kerja dan Paspor Wisata

Biaya Pembuatan Paspor Kerja dan Paspor Wisata
freepik.com

Tidak ada pengecualian dalam biaya pembuatan paspor kerja maupun wisata. Biaya keduanya hanya dibedakan oleh jenis pembuatan paspor, yakni nonelektronik atau elektronik.

Adapun rincian harga yang dibutuhkan bisa Plesirmania lihat pada tabel di bawah ini:

Jenis PasporJumlah HalamanHarga
Nonelektronik48Rp. 350.000
Elektronik48Rp. 650.000

Kemudian, untuk biaya kepengurusan visa, paspor percepatan, izin tinggal, ganti ke e-Paspor, dan sejenisnya dapat Plesirmania temukan pada tempat halaman resmi imigrasi dot go dot id.

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Perbedaan Paspor Kerja dan Wisata - Terbaru 2024

Lebih lanjut, mengenai paspor secara umum, menurut Wilonotomo dan Koesmoyo P (2018), paspor adalah salah satu produk kerja imigrasi dalam bentuk dokumen perjalanan yang akan diverifikasi atau diperiksa keabsahannya. Dokumen ini juga akan disesuaikan dengan pemiliknya, ketika si pemegang paspor mengujungi negara tujuan.

Dapat tim Plesir katakan mengetahui apa itu paspor dan apa itu pembuatan paspor dengan tujuan-tujuan tertentu sangat penting, terutama untuk Anda yang ingin bepergian ke luar negeri. Maka dari itu, ayo kupas tuntas perbedaan paspor kerja dan paspor wisata terbaru!

1
Tujuan dalam Penggunaan

Paspor Kerja untuk Kerja, Paspor Wisata untuk Berwisata

Tujuan dalam Penggunaan

2
Syarat Pembuatan Dokumen

Lebih Banyak Paspor Kerja daripada Paspor Wisata

Syarat Pembuatan Dokumen

3
Pemegang Paspor

Tertuju kepada Orang Tertentu Saja dan Semua Kalangan

Pemegang Paspor

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Paspor Kerja untuk Kerja, Paspor Wisata untuk Berwisata
© freepik.com
1
Paspor Kerja untuk Kerja, Paspor Wisata untuk Berwisata

Tujuan dalam Penggunaan

Rekomendasi kami

Perbedaan pertama antara contoh paspor kerja dan paspor wisata ada pada poin tujuan. Sesuai dengan namanya, paspor kerja, tujuan paspor kerja hanya digunakan untuk bekerja dan tidak untuk umroh, haji, atau berwisata.

Sedangkan paspor wisata tidak untuk Plesirmania gunakan sebagai tujuan bekerja. Anda hanya boleh menggunakan paspor wisata untuk tujuan berlibur ke luar negeri.

Intinya adalah baik paspor kerja maupun paspor wisata satu sama lain memiliki tujuan penggunaan seperti pada nama paspor tersebut tersemat.

Lebih Banyak Paspor Kerja daripada Paspor Wisata
© freepik.com
2
Lebih Banyak Paspor Kerja daripada Paspor Wisata

Syarat Pembuatan Dokumen

Perbedaan kedua yakni terdapat pada persyaratan pengajuan pembuatan. Untuk paspor kerja terdiri dari 5 persyaratan. Pertama, Anda harus membawa KTP atau Kartu Tanda Penduduk.

Kedua dan selanjutnya, lihat pada poin berikut:

  • Membawa Kartu Keluarga atau KK
  • Menyertakan akta kelahiran atau buku nikah atau surat baptis atau jika tidak punya semuanya, sertakan ijazah
  • Melampirkan surat rekomendasi pimpinan instansi yang menyelenggarakan kepentingan yang menyatakan Plesirmania baru pertama kali menjadi PMI (Pekerja Migran Indonesia) dari bidang ketenagakerjaan di kabupaten atau kota atau provinsi
  • Terakhir, melampirkan surat perjanjian kerja yang sudah Anda tanda tangani dan juga sudah pemberi kerja setujui serta telah disahkan oleh instansi berwenang

Sementara itu, untuk syarat dokumen paspor wisata hanya ada tiga, antara lain:

  • Katu Tanda Penduduk (KTP)
  • Kartu Kerluarga (KK)
  • Pilih salah satu antara akta kelahiran, ijazah, akta perkawinan atau surat baptis

Dapat tim Plesir katakan bahwa syarat dokumen dari pembuatan passport kerja lebih banyak daripada passport wisata karena Anda akan bekerja dalam kurun waktu yang lama, bisa sampai tahunan di negeri orang. Berbeda dengan paspor wisata dengan periode perjalanan paling lama adalah satu bulan.

Tertuju kepada Orang Tertentu Saja dan Semua Kalangan
© freepik.com
3
Tertuju kepada Orang Tertentu Saja dan Semua Kalangan

Pemegang Paspor

Rekomendasi kami

Bagi Plesirmania yang belum tahu, paspor kerja tidak diperuntukkan kepada mereka yang tidak bekerja ke luar negeri. Dalam arti lain, yang berhak dan bisa mengurus atau mempunyai paspor kerja adalah Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang dahulu lebih dikenal TKI (Tenega Kerja Indonesia).

Yang dimaksud PMI atau TKI di sini ialah mereka warga negara Indonesia yang akan, sedang atau telah melakukan pekerjaan dengan menerima imbalan di luar negeri.

Lalu, siapa saja yang termasuk PMI? Jawabannya adalah mereka yang bekerja pada pemberi kerja berbadan hukum, tanpa badan hukum atau perseorangan, dan pelaut awak kapal serta pelaut perikanan.

Sementara itu, pemegang paspor wisata ialah semua penduduk Indonesia tanpa terkecuali. Baik mereka yang berusia di bawah 17 tahun maupun di atas 17 tahun, segala usia bayi hingga orang tua.

Tanya Jawab Seputar Perbedaan Paspor Kerja dan Wisata

Sebelum mengakhiri rangkaian pembahasan perbedaan paspor wisata dan kerja, baca juga pertanyaan berikut!

Apakah paspor biasa bisa untuk kerja?

Ya, bisa. Paspor biasa dapat Anda gunakan untuk kerja di luar negeri.

Paspor wisata itu apa?

Adalah paspor biasa dengan tujuan untuk berlibur ke luar negeri.

Apa saja jenis-jenis paspor yang ada?

Ada 3 jenis, antara lain paspor diplomatik (warna hitam), paspor dinas (warna biru), serta paspor biasa (warna hijau).

Apa bedanya paspor 48 halaman dan 24 halaman?

Beda paspor 48 halaman dan 24 halaman terletak pada jumlah lembar halaman, fisik paspor, dan tarif PNBP.

Apakah membuat paspor perlu antri panjang?

Kalau Anda mendaftar jauh-jauh hari, kemungkinan besar tidak perlu mengantri cukup panjang.

Kesimpulan: Perbedaan Paspor Kerja dan Wisata

Telah tim Plesir sebutkan mengenai perbedaan paspor kerja dan wisata secara menyeluruh. Perbedaan kedua jenis paspor tersebut ada pada tujuan penggunaannya, siapa yang menggunakan, dan syarat dalam pembuatan paspor.

Memang tidak mudah membedakan keduanya secara fisik. Namun, dari penjelasan tim Plesir sudah cukup jelas sehingga sekarang Anda bisa membedakan paspor kerja dan paspor wisata. Semoga artikel ini membantu!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo