Hide Menu

Pasti Nyesel! Kalau Lupa 10 Barang-Barang yang Harus Dibawa Saat Study Tour Ini!

Mau Rekreasi Study Tour ke Bali, Bandung, Jogja, ataupun Malang, Anda Perlu Daftar Lengkap Barang dan Perlengkapan Study Tour Ini. Harus Dibawa ya!

Rekomendasi Barang-Barang yang Harus Dibawa Saat Study Tour ini diposting diperbarui
112 Pembaca
Like
Barang-Barang yang Harus Dibawa Saat Study Tour 2024
© freepik/geniusumair575

Study Tour. Kegiatan Akhir Semester Paling Ditunggu oleh Anak-Anak

Study Tour. Kegiatan Akhir Semester Paling Ditunggu oleh Anak-Anak
© freepik.com/jcomp

Musim libur sekolah sebentar lagi tiba! Ini adalah momen yang paling ditunggu-tunggu oleh siswa-siswi. Apa alasannya? Apalagi kalau bukan study tour sekolah! Nah, Plesirmania, apakah sekolah anak Anda memiliki rencana untuk mengadakan study tour ke suatu tempat?

Bagaimanapun, study tour atau widyawisata sekolah merupakan kegiatan yang paling dinanti-nantikan oleh anak-anak. Bagi anak-anak sendiri, kegiatan ini merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan dan seru untuk melepas capek setelah ujian akhir sekolah yang mereka hadapi sebelumnya.

Dalam bayangan anak-anak, tentu akan sangat menyenangkan dan seru ketika bisa berlibur ke tempat-tempat wisata di luar kota bersama teman-teman sekelasnya. Terlebih lagi, selain bersenang-senang, kegiatan study tour juga dapat menambah wawasan serta pengalaman anak-anak akan sebuah tempat wisata.

Sebagai orang tua, Plesirmania pasti selalu ingin menunjang kebutuhan anak-anak agar kegiatan study tour mereka lancar dari berangkat sampai pulang. Benar begitu? Atas dasar hal ini, maka penting bagi Anda untuk menyiapkan barang-barang yang harus dibawa saat study tour untuk menjamin pengalaman menyenangkan anak-anak Anda.

Lalu, apa saja barang-barang yang harus anak Anda bawa selama study tour? Untuk menemukan jawabannya, silakan baca artikel ini sampai akhir. Dalam artikel ini, tim Plesir pun juga akan menampilkan beberapa perlengkapan study tour yang bisa Anda beli lengkap dengan tips dalam memilihnya. Jadi, mulailah membaca!

Manfaat Study Tour untuk Anak Anda

Manfaat Study Tour untuk Anak Anda
© pexels.com/@sebastiaan9977

Pada dasarnya, proses dan metode pembelajaran siswa yang efektif itu tidak hanya berasal dari dalam kelas. Study tour atau widyawisata bisa menjadi salah satu metode pembelajaran yang dapat membuat siswa-siswi belajar banyak dari hal-hal yang ada di luar sekolah.

Bagaimanapun, keefektifan metode pembelajaran lewat kegiatan study tour telah dibuktikan lewat penelitian dari Y. Sormin (2022) berjudul Pengaruh Kegiatan Study Tour Pada Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Mengenai Pembelajaran IPS. Penelitian ini membuktikan bahwa metode pembelajaran lewat study tour dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa-siswi.

Selain meningkatkan pemahaman belajar siswa, widyawisata juga menghadirkan beberapa manfaat lainnya, seperti:

  • Membantu para siswa untuk belajar secara langsung mengenai suatu tempat 
  • Memotivasi kreativitas para siswa dan siswi
  • Menambah bahan pembelajaran yang lebih banyak dan lebih dalam kepada para siswa
  • Membantu memperoleh wawasan baru yang aktual
  • Memberikan kesenangan serta memotivasi para siswa agar lebih giat dalam belajar
  • Membantu menciptakan pemikiran yang lebih intuitif

Barang Apa yang Harus Dibawa Saat Study Tour?

Barang Apa yang Harus Dibawa Saat Study Tour?
© freepik.com/freepik

Sejatinya, barang-barang yang harus dibawa saat study tour akan berbeda-beda tergantung kebutuhan masing-masing anak. Meski begitu, Anda tak perlu khawatir karena kami telah merangkum beberapa barang yang memang biasanya harus ada saat study tour. Apa saja? Simak poin-poin di bawah untuk mengetahuinya!

15 Barang yang Wajib Dibawa Saat Study Tour

Uang SakuTas RanselPakaian GantiPeralatan MandiPeralatan Ibadah
Obat-ObatanJaketMakanan RinganPonselPowerbank
Bantal LeherTas KecilTas KresekTopiTisu

Sama seperti yang tim Plesir katakan di awal, barang-barang yang harus dibawa setiap anak itu berbeda tergantung kebutuhan masing-masing. Jadi, selain lima belas barang-barang dari tabel di atas, ada beberapa barang lainnya yang bisa Anda persiapkan, seperti sandal jepit, jas hujan, jam tangan, kaos kaki, dan banyak lagi.

A. Ulinnuha
Writer
Content Writer

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.

Cara Memilih Barang-Barang yang Harus Dibawa Saat Study Tour

Setelah Anda mengetahui barang-barang apa saja yang harus dipersiapkan untuk dibawa anak Anda selama study tour, sekarang saatnya bagi Anda untuk memahami cara memilih barang-barang tersebut. Penasaran? Cek poin-poinnya di bawah!

Tulis Semua Daftar Barang di Catatan

Hal penting pertama yang bisa Anda lakukan saat menyiapkan barang-barang untuk study tour anak Anda adalah dengan mencatatnya. Anda bisa membuat daftar barang-barang apa saja yang sekiranya dibutuhkan oleh anak Anda selama widyawisata.

Dengan menulis daftar ini, Anda akan jauh lebih mudah untuk mempersiapkan barang-barang yang harus anak Anda bawa. Juga, ini akan memudahkan Anda untuk mengecek mana barang yang sudah Anda siapkan dan mana yang belum.

Sesuaikan dengan Kebutuhan Anak Anda

Plesirmania, saat Anda mempersiapkan barang-barang untuk study tour anak Anda, penting bagi Anda untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan anak Anda. Lebih mudahnya, Anda bisa menyiapkan barang-barang ini dengan mempertimbangkan rentang waktu kegiatan study tour serta lokasinya.

Umumnya, rentang waktu kegiatan widyawisata untuk anak TK dan SD tidak sampai berhari-hari dengan jarak lokasi yang tidak begitu jauh. Sebaliknya, kegiatan study tour anak SMP maupun SMA biasanya memakan waktu 2 sampai 3 hari dengan lokasi yang lumayan jauh.

Lalu, gimana sih cara memilih barang yang sesuai dengan kebutuhan study tour anak? Berikut kami sajikan penjelasan lebih mudahnya di bawah.

  • Uang Saku

Anda bisa memberikan uang saku kepada anak Anda yang sesuai dengan berapa lama anak Anda akan melakukan study tour serta dimana lokasinya. Jadi, misalkan lokasi study tour anak Anda adalah Jogja dengan 2 hari menginap, maka uang saku sekitar 200 ribu sampai 300 ribu sudah cukup. Berbeda jika di letak lokasi study tour ada Bali, maka uang saku yang bisa Anda berikan sekitar 300 ribu sampai 500 ribu.

  • Baju Ganti

Bagaimanapun, saat mempersiapkan baju ganti anak Anda, sangat penting untuk menyesuaikannya dengan rentang waktu kegiatan study tour dan lokasinya. Jika anak Anda mengikuti study tour ke Bandung selama 2 hari, maka baju ganti yang harus Anda persiapkan sekitar empat.

Sedangkan jika study tour anak Anda berlokasi di Bali, maka Anda bisa melebihkan jumlah ganti bajunya. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi kemungkinan anak-anak Anda bermain air di pantai di Bali.

  • Bekal Makanan

Biasanya, pihak sekolah telah menyediakan paket makanan yang bisa anak Anda santap selama mereka melaksanakan kegiatan study tour. Meski begitu, sebagai orang tua, Plesirmania tentu tetap harus membawakan bekal untuk dimakan oleh anak Anda.

Tidak perlu banyak, cukup siapkan satu bekal untuk disantap anak Anda pada awal keberangkatan. Sisanya, Anda bisa membawakan anak Anda makanan ringan, seperti roti, wafer, biskuit, ataupun yogurt.

Selain tiga barang di atas, tips ini juga berlaku untuk barang-barang lainnya yang meliputi peralatan kamar mandi, peralatan ibadah, dan sebagainya. Jadi, silakan tentukan barang apa saja yang paling sesuai dengan kebutuhan anak Anda dan masukkan ke tas ranselnya.

Sesuaikan dengan Lokasi Tujuan Study Tour

Di lansir dari Tempo.co, bahwa beberapa kota destinasi wisata terbaik untuk study tour antara lain adalah kota-kota besar seperti Jogja, Malang, Bogor, Bandung, Bali, dan Semarang yang mungkin letaknya jauh dari kota Anda dan juga memiliki budaya dan suhu yang berbeda.

Pelajarilah tempat tujuan study tour, sehingga Anda dapat dengan mudah menentukan barang penting apa saja yang wajib dibawa ketika study tour nanti. Sebagai contoh, ketika bepergian ke Bali, tentu Anda membutuhkan celana pendek dan kaca mata hitam yang perlu dipakai saat mengunjungi pantai yang terik. Atau ketika berwisata ke Malang atau Bandung yang dingin sehingga membutuhkan jaket hangat.

 

Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian cara memilih. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

10 Rekomendasi Barang-Barang yang Harus Dibawa Saat Study Tour - Terbaik & Terbaru 2024

Bagaimana, Plesirmania? Sudah punya semua barang yang kami sebut sebelumnya? Jika belum, coba cek produk rekomendasi kami di bawah. Barangkali ada beberapa produk di sana yang bisa Anda beli untuk menunjang kegiatan study tour anak Anda.

1
Tas Ransel

Barang Wajib Pas Study Tour. Buat Nyimpen Semua Barang!

Tas Ransel

2
Peralatan Mandi

Meski Sedang Study Tour. Badan Tetap Harus Bersih dan Wangi

Peralatan Mandi

3
Obat-Obatan

Tetap Pastikan Kesehatan Anak Anda Selama Widyawisata

Obat-Obatan

4
Jaket

Biar Gak Kedinginan Saat Perjalanan di Bus yang Ber-AC

Jaket

5
Makanan Ringan

Biarkan Anak Anda Menikmati Perjalanan Study Tour Sambil Nyemil

Makanan Ringan

6
Powerbank

Biar Ponsel Tetap Aktif Selama Study Tour

Powerbank

7
Bantal Leher

Tidur Nyaman di Bus, Kenapa Enggak?

Bantal Leher

8
Tas Kecil

Sempurna Buat Nyimpen Barang-Barang Mini

Tas Kecil

9
Tisu

Barang Berguna untuk Membersihkan Apapun

Tisu

10
Topi

Buat Anak Anda Tampil Kece Saat Study Tour!

Topi

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara kami meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Barang Wajib Pas Study Tour. Buat Nyimpen Semua Barang!
pexels.com/@ekrulila
1
Barang Wajib Pas Study Tour. Buat Nyimpen Semua Barang!

Tas Ransel

Rekomendasi kami

Fitur & Spesifikasi:

  • Warna: Hitam, Abu-Abu
  • Cocok Untuk: Pria dan Wanita
  • Kegunaan: Menyimpan berbagai macam barang saat widyawisata

Alasan kami memilihnya:

Kalau sudah berbicara mengenai study tour, tas ransel adalah barang bawaan yang tidak boleh Plesirmania lupakan. Barang multifungsi ini dapat Anda gunakan untuk menyimpan berbagai macam barang yang akan dibawa oleh anak Anda saat perjalanan study tour, seperti jaket, pakaian ganti, peralatan ibadah, dan lainnya.

Perlu untuk Anda ingat, saat meletakkan barang-barang study tour ke tas ransel, cobalah untuk menata barang-barang tersebut dengan rapi. Kenapa? Karena itu dapat memudahkan anak Anda untuk mengambil barang-barang tersebut jika suatu saat membutuhkannya.

Kelebihan:

  • Kapasitas penyimpanan besar
  • Bahan kuat dan tahan lama

Kekurangan:

  • Akan terasa berat jika terisi banyak barang
Meski Sedang Study Tour. Badan Tetap Harus Bersih dan Wangi
freepik.com
2
Meski Sedang Study Tour. Badan Tetap Harus Bersih dan Wangi

Peralatan Mandi

Rekomendasi kami

Fitur & Spesifikasi:

  • Merek: Pepsodent, Nuvo, Lifebuoy
  • Kegunaan: Membersihkan badan selama kegiatan study tour

Alasan kami memilihnya:

Peralatan mandi juga merupakan barang yang tidak boleh Anda lewatkan saat mempersiapkan kebutuhan anak Anda selama widyawisata. Tidak hanya di rumah, Anda tentu juga harus memastikan bahwa anak Anda tetap bersih dan wangi selama kegiatan study tour yang mereka ikuti.

Kira-kira, apa saja peralatan mandi yang harus dibawa saat study tour? Sabun, sampo, sikat gigi, dan pasta gigi adalah alat mandi yang bisa Anda persiapkan untuk anak Anda.

Kelebihan:

  • Buat bersih-bersih badan setelah aktivitas
  • Wangi

Kekurangan:

  • Perlu kresek untuk menyimpannya agar tidak mengotori tas setelah selesai digunakan
Tetap Pastikan Kesehatan Anak Anda Selama Widyawisata
pexels.com/pixabay
3
Tetap Pastikan Kesehatan Anak Anda Selama Widyawisata

Obat-Obatan

Rekomendasi kami

Fitur & Spesifikasi:

  • Merek: Promag, Cap Lang, Antimo, Tolak Angin
  • Kegunaan: Mengatasi berbagai masalah kesehatan selama perjalanan study tour

Alasan kami memilihnya:

Pada dasarnya, panita penyelenggara study tour biasanya telah menyiapkan dan menyediakan obat-obatan. Meski begitu, tidak ada salahnya bagi Anda untuk tetap membawakan anak Anda beberapa obat pribadi, seperti minyak kayu putih, antimo, dan sebagainya.

Anda tentu ingin selalu memastikan bahwa anak Anda sehat, mulai dari persiapan study tour sampai selesai. Siapkan pula obat khusus jika si kecil punya penyakit bawaan. Persiapan ini adalah aksi penting, jadi anak tidak akan pening. 

Kelebihan:

  • Menyembuhkan beberapa masalah kesehatan selama perjalanan
  • Cocok untuk jaga-jaga jika anak Anda sakit

Kekurangan:

  • Belum tentu terpakai
Biar Gak Kedinginan Saat Perjalanan di Bus yang Ber-AC
unsplash.com/vorosbenisop
4
Biar Gak Kedinginan Saat Perjalanan di Bus yang Ber-AC

Jaket

Rekomendasi kami

Fitur & Spesifikasi:

  • Warna: Biru, Toska, Beige, Hitam
  • Ukuran: S, M, L, XL, XXL
  • Kegunaan: Menghangatkan tubuh dari paparan AC atau dinginnya malam

Alasan kami memilihnya:

Sudah menjadi hal yang umum bahwasanya setiap bus study tour selalu memiliki fasilitas AC, yang terkadang begitu dingin. Nah, Plesirmania, jika anak Anda tidak terbiasa terpapar suhu dingin AC, maka membawakan anak Anda jaket bisa menjadi solusinya. Ini semua demi kenyamanan anak Anda!

Bukan hanya itu, namun jaket juga dapat membantu anak Anda untuk tetap hangat jika mereka berjalan-jalan saat malam hari di lokasi study tour.

Kelebihan:

  • Cocok untuk menghangatkan tubuh
  • Bahan berkualitas
  • Meningkatkan gaya keren anak Anda

Kekurangan:

  • Menambah berat tas ransel
Biarkan Anak Anda Menikmati Perjalanan Study Tour Sambil Nyemil
unsplash.com/redaquamedia
5
Biarkan Anak Anda Menikmati Perjalanan Study Tour Sambil Nyemil

Makanan Ringan

Rekomendasi kami

Fitur & Spesifikasi:

  • Merek: Tango, 5 DAYS, Roma, Cimory, Chitato
  • Kegunaan: Pengisi perut selama persiapan study tour dan perjalanannya

Alasan kami memilihnya:

Selain membawakan anak Anda bekal makanan, sebagai orang tua yang baik, Anda juga bisa membawakan anak Anda beberapa makanan ringan. Dengan adanya makanan ringan, anak Anda dapat menikmati perjalanan mereka sambil menikmati jajan-jajan yang Anda bawakan.

Lalu, makanan ringan seperti apa yang cocok untuk dibawa selama study tour? Jawaban ini bisa Anda dapatkan dengan menanyakannya langsung kepada anak Anda. Tanyakan makanan ringan seperti apa yang ia sukai. Namun, jika Anda bingung, Anda bisa membawakan anak Anda wafer, biskuit, keripik, maupun yogurt.

Kelebihan:

  • Enak
  • Cocok sebagai teman nyemil selama perjalanan study tour

Kekurangan:

  • Membutuhkan tas lain untuk menyimpannya
Biar Ponsel Tetap Aktif Selama Study Tour
pexels.com/olly
6
Biar Ponsel Tetap Aktif Selama Study Tour

Powerbank

Rekomendasi kami

Fitur & Spesifikasi:

  • Merek: KIVEE, Liangwe
  • Kegunaan: Mengisi daya baterai ponsel maupun perangkat elektronik lainnya

Alasan kami memilihnya:

Powerbank merupakan barang yang tidak kalah penting untuk Anda masukkan ke tas ransel anak Anda. Saat widyawisata, saat dimana anak Anda tidak mendapatkan akses mudah ke stop kontak untuk ngecas handphone mereka, maka barang ini akan sangat berguna.

Bagaimanapun, barang ini sangat berguna untuk memastikan ponsel anak Anda tidak kehabisan daya. Dengan ini, Anda dapat terus berkabar dengan anak-anak Anda selama mereka melakukan widyawisata.

Kelebihan:

  • Penyelamat saat tidak ada stop kontak di lokasi widyawisata
  • Tahan lama

Kekurangan:

  • Harga mungkin mahal bagi sebagaian orang
Tidur Nyaman di Bus, Kenapa Enggak?
freepik.com/kues1
7
Tidur Nyaman di Bus, Kenapa Enggak?

Bantal Leher

Rekomendasi kami

Fitur & Spesifikasi:

  • Warna: Biru, Hijau, Pink
  • Ukuran: 28cm x 28cm dan 30cm x 30cm
  • Kegunaan: Menopang kepala dan leher saat berpergian untuk pengalaman tidur yang nyenyak

Alasan kami memilihnya:

Apakah kegiatan study tour anak Anda berlokasi di Jogja atau mungkin Bali? Jika begitu, Anda bisa membawakan anak Anda bantal leher. Kenapa? Apa bagusnya barang ini?

Untuk Anda yang belum tahu, tidak semua bus melengkapi kursinya dengan bantal, yang mana ini mungkin dapat memberikan ketidaknyaman bagi anak Anda ketika ingin tidur di bus. Hal ini lah yang kemudian menjadikan bantal leher sebagai barang yang sangat berguna. Dengan barang ini, anak Anda dapat tidur di bus dengan nyaman. 

Kelebihan:

  • Nyaman dan empuk
  • Harga terjangkau

Kekurangan:

  • Membutuhkan tempat penyimpanan tambahan untuk menyimpannya
Sempurna Buat Nyimpen Barang-Barang Mini
freepik.com
8
Sempurna Buat Nyimpen Barang-Barang Mini

Tas Kecil

Rekomendasi kami

Fitur & Spesifikasi:

  • Warna: Pink, Army, Hitam, Putih, dan banyak lagi
  • Ukuran: 18cm x 12cm x 6cm dan 18,5cm x 13,5cm x 4cm
  • Kegunaan: Menyimpan barang-barang kecil

Alasan kami memilihnya:

Selain tas ransel, tas kecil merupakan barang yang wajib anak Anda bawa selama perjalanan study tour. Apa alasannya? Jika tas ransel berfungsi untuk menyimpan barang-barang besar, maka tas kecil berfungsi untuk menyimpan barang-barang kecil. Barang-barang kecil ini meliputi uang saku, dompet, obat-obatan, dan lainnya.

Kelebihan:

  • Mudah dibawa
  • Ringan
  • Fungsional

Kekurangan:

  • Tidak cocok untuk menyimpan barang-barang dengan ukuran besar
Barang Berguna untuk Membersihkan Apapun
freepik.com
9
Barang Berguna untuk Membersihkan Apapun

Tisu

Rekomendasi kami

Fitur & Spesifikasi:

  • Merek: Montiss, Nice
  • Kegunaan: Membersihkan bagian tubuh yang kotor maupun berkeringat

Alasan kami memilihnya:

Tisu juga menjadi barang study tour yang bisa Anda taruh di tas anak Anda. Ini merupakan barang serbaguna yang bisa anak Anda gunakan untuk membersihkan tangan setelah makan, membersihkan muka dari kotoran maupun keringat, dan masih banyak lagi.

Jadi, jika Plesirmania ingin menjaga kebersihan anak Anda selama mereka berwidyawisata, maka Anda bisa membawakan mereka tisu.

Kelebihan:

  • Travel-friendly
  • Serbaguna untuk membersihkan tubuh

Kekurangan:

  • Tidak semua merk menyediakan ukuran mini 
Buat Anak Anda Tampil Kece Saat Study Tour!
unsplash.com/palon
10
Buat Anak Anda Tampil Kece Saat Study Tour!

Topi

Rekomendasi kami

Fitur & Spesifikasi:

  • Bahan: Katun, Corduroy
  • Warna: Biru Jeans, Hijau, Merah, Hitam
  • Kegunaan: Memberikan perlindungan kepada area kepala sekaligus untuk tampil keren

Alasan kami memilihnya:

Umumnya, kegiatan study tour itu berlangsung dari pagi sampai sore. Maka dari itu, topi bisa menjadi barang yang bisa anak Anda bawa dan kenakan selama berwidyawisata. Kenapa? Karena topi dapat mengurangi paparan matahari siang yang bikin hitam yang mengenai wajah anak Anda.

Selain itu, topi pun merupakan sebuah aksesoris yang dapat membuat anak Anda terlihat jauh lebih keren. Tampil keren saat study tour, kenapa enggak? Ya, kan?

Kelebihan:

  • Melindungi area kepala
  • Meningkatkan gaya outfit anak Anda
  • Bahan berkualitas

Kekurangan:

  • Menambah isi tas ransel

Tanya Jawab Seputar Barang-Barang yang Harus Dibawa Saat Study Tour

Anda satu langkah lagi untuk menuju akhir dari artikel ini, Plesirmania. Namun sebelum itu, Anda mungkin harus membaca beberapa pertanyaan yang paling banyak ditanyakan orang-orang seputar barang-barang yang harus dibawa saat study tour. Apa saja? Cek di bawah!

Apa itu studi tour?

Study tour atau widyawisata merupakan sebuah kegiatan yang dilaksanakan di luar lingkungan sekolah. Ini merupakan kegiatan yang dimaksudkan sebagai metode pembelajaran baru yang dikreasikan lewat berwisata, rekreasi, dan piknik. Harapannya, adanya study tour ini dapat memberikan para siswa-siswi wawasan dan pengalaman baru dari luar sekolah.

Apa saja perlengkapan study tour ke Bali untuk dibawa?

Misalkan anak Anda akan mengikuti study tour ke Bali dengan tema berenang di pantai, maka, barang-barang yang bisa Anda siapkan meliputi pakaian renang, baju ganti, sunscreen, peralatan mandi, dan camilan.

Kesimpulan: Barang-Barang yang Harus Dibawa Saat Study Tour

Selamat! Anda telah tiba di akhir dari artikel ini. Jadi, bagaimana? Apakah Plesirmania sudah paham dan siap menyiapkan barang-barang yang anak Anda butuhkan selama persiapan study tour sampai kepulangannya? Jika sudah, maka kami pun senang mendengarnya.

Bagaimanapun, kegiatan widyawisata merupakan salah satu kegiatan yang dapat menambah wawasan baru serta memberikan kesenangan kepada anak-anak Anda. Oleh karena itu, menyiapkan dan membawakan barang-barang study tour yang anak Anda butuhkan adalah hal yang wajib Anda lakukan sebagai orang tua. Catat dan siapkan sekarang juga! 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
2 Komentar
Terlama
Terbaru
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Terkait

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo