Hide Menu

Libur Telah Tiba! Ayo Travel Bareng dengan Rincian 5 Biaya Liburan ke Bali untuk 4 Orang!

Uraian Komplit Estimasi Biaya dari Tiket Pesawat hingga Ongkos Sewa Kendaraan Selama di Bali

Artikel Biaya Liburan ke Bali untuk 4 Orang ini diposting diperbarui
4 Pembaca
Like
Biaya Liburan ke Bali untuk 4 Orang 2024
© istockphoto.com/bloodua

Liburan ke Bali ke Mana Aja?

Liburan ke Bali ke Mana Aja?
istockphoto.com/ErmakovaElena

Siapa yang tak tahu Bali? Wilayah yang terkenal dengan sebutan Pulau Seribu Pura ini memiliki keindahan memesona yang mana setiap dari masyarakat Indonesia pasti mengetahuinya. Banyak tempat di Bali yang memanjakan mata, sehingga daerah tersebut terkenal sebagai destinasi wisata libur studi favorit wisatawan lokal maupun internasional.

Tempat-tempat memanjakan mata mana yang tim Plesir maksud? Mari lihat daftarnya pada tabel berikut:

Taman Budaya GWKPantai Kelingking Nusa PenidaThe Bali SwingPura Ulun Batu BratanTanah Lot
Tersering TegalalangPura Luhur LempuyangTirta EmpulTirta Gangga Water PalacePura Uluwatu
Wanagiri Hidden Hills LookoutHandara Golf Course GatePura Gunung KawiCampuhan Ridge WalkBanyumala Twin Waterfall

Contoh objek wisata di atas bukanlah akumulasi dari keseluruhan tempat memesona di Bali. Namun, hanya sebagian saja. Lalu, apabila Plesirmania ingin berlibur ke sana pasti perlu budget. Kira-kira, biaya liburan ke Bali untuk 4 orang berapa, ya? Nah, ini waktunya Anda mencari tahu berapa budget liburan ke Bali di artikel seri kali ini. Segera laksanakan, yuk!

Tips Atraktif Liburan ke Bali 4 Orang

Tips Atraktif Liburan ke Bali 4 Orang
istockphoto.com/AleksandarGeorgiev

Berlibur bareng teman berjumlah 4 orang termasuk Anda tidak sama dengan pergi piknik sendirian. Sehingga, tim Plesir ingin membagikan tips menarik agar liburan berempat selama 3D2N, 5D4N, atau seminggu Plesirmania berhasil. Baca detail tipsnya di bawah!

1. Riset Tempat Wisata

Selalu utamakan riset, baik Anda pergi berempat atau solo. Melakukan riset data ini meliputi lingkungan wilayah kota tujuan, penginapan di sekitar, pilihan wisata terdekat, dan lain-lain.

2. Pilih Penginapan Ramah Budget

Liburan berempat dengan teman memerlukan RAB (rencana anggaran biaya) untuk menghemat pengeluaran. Kalau bisa cari penginapan (hostel, homestay, hotel) yang murah, kenapa nggak? Sekali lagi, pilihlah harga penginapan sesuai dengan budget berempat.

3. Menggunakan Jasa Agen Tour and Travel

Tidak ada salahnya menggunakan jasa agen perjalanan untuk berlibur ke Bali. Dengan mendaftarkan diri dan ketiga teman lainnya ikut paket tour plus guide dari agen tersebut, rencana liburan jadi praktis tanpa perlu bikin itinerary

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Biaya Liburan ke Bali untuk 4 Orang - Terbaru 2024

Jikalau Anda tidak mau ikut agen perjalanan, Plesirmania bisa pelajari dahulu estimasi anggaran biaya liburan ke Bali untuk 4 orang sesaat lagi. Tetap membaca, ya!

1
Biaya Tiket Transportasi

Bisa Pulang Pergi Nyantai

Biaya Tiket Transportasi

2
Biaya Penginapan

Esensial untuk Bermalam Selama Beberapa Hari

Biaya Penginapan

3
Biaya Konsumsi

Biar Gak Kelaparan Selama Liburan

Biaya Konsumsi

4
Biaya Tiket Masuk Objek Wisata

Mengunjungi Tempat Terindah di Bali

Biaya Tiket Masuk Objek Wisata

5
Biaya Sewa Kendaraan

Gak Perlu Jalan Kaki, Bisa Naik Motor atau Mobil

Biaya Sewa Kendaraan

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Bisa Pulang Pergi Nyantai
© istockphoto.com/spooh
1
Bisa Pulang Pergi Nyantai

Biaya Tiket Transportasi

Rekomendasi kami

Menurut Mukhlishotul J (2018), biaya merupakan pengeluaran atau nilai pengorbanan untuk memperoleh barang atau jasa. Lalu, untuk melakukan kegiatan liburan diperlukan adanya anggaran di mana biaya ini berguna untuk mendanai kegiatan tersebut.

Biaya pertama yang harus diperhatikan adalah biaya transportasi. Tim Plesir mengibaratkan Anda akan naik pesawat ke Bali. Ongkos naik pesawat ke Bali dari Surabaya, misalnya diperoleh harga sekitar Rp 500 ribuan. Maka, perhatikan rincian berikut:

  • 1 tiket pesawat Surabaya-Bali = Rp. 450.000
  • Rp. 450.000 x 4 orang = Rp. 1.800.000
  • Rp. 1.800.000 x 2 (PP) = Rp. 3.600.000

Jadi, didapatkan hasil untuk ongkos tiket pesawat pulang pergi hasilnya sekitar 4 juta untuk 4 orang.

Esensial untuk Bermalam Selama Beberapa Hari
© istockphoto.com/Boyloso
2
Esensial untuk Bermalam Selama Beberapa Hari

Biaya Penginapan

Rekomendasi kami

Berikutnya, anggaran yang ada dalam daftar prioritas liburan berempat ke Pulau Bali adalah biaya penginapan. Ongkos penginapan ini harus Anda kalkulasikan sedemikian rupa seperti biaya transportasi. Jikalau Anda ingin menginap di hotel, homestay, guesthouse, atau hostel sekalipun, baiknya catat estimasi biaya penginapan tersebut untuk 4 orang seperti di bawah ini:

HotelRp. 206.640/malam
HomestayRp. 215.000/malam
GuesthouseRp. 200.000/malam
HostelRp. 107.070/malam

Variasi harga di atas merupakan contoh saja. Beuntungnya, berbagai penginapan di Bali umumnya menawarkan harga bervariasi. Apabila Plesirmania memilih hostel dengan harga seperti di atas untuk menginap 3 malam, maka hasilnya adalah:

  • Rp. 107.070 x 3 malam = Rp. 321.210
Biar Gak Kelaparan Selama Liburan
© istockphoto.com/shironosov
3
Biar Gak Kelaparan Selama Liburan

Biaya Konsumsi

Rekomendasi kami

Ongkos makan sebenarnya bisa Plesirmania sesuaikan dengan kebutuhan. Kalau Anda dan teman-teman sepakat untuk tidak makan pagi, maka satu anggaran makan 1 kali untuk 4 orang akan ditiadakan. Sebaliknya, jika semua orang ingin makan 3 kali sehari, hasilnya 3 kali ongkos makan dikali 4 orang.

Bagaimana cara menghitungnya? Anda dapat menerapkannya seperti ini:

  • 1 kali makan = Rp. 15.000
  • 3 kali makan x Rp. 15.000 = Rp. 45.000
  • Rp. 45.000 x 4 orang = Rp. 180.000/per hari
  • Rp. 180.000 x 3 hari = Rp. 540.000

Jadi, anggaran makan yang harus Anda keluarkan dalam sehari adalah 180 ribu rupiah untuk empat orang. Kemudian untuk minum, Plesirmania bisa coba anggarkan begini:

  • 1 botol air putih 600 ml = Rp. 3.500
  • Rp. 3.500 x 4 orang = Rp. 14.000
  • Rp. 14.000 x 2 botol = Rp. 28.000/hari
  • Rp. 28.000 x 3 hari = Rp. 84.000

Maka, total estimasi biaya konsumsi makan dan minum untuk empat orang menjadi Rp. 540.000 + Rp. 84.000, yaitu Rp. 624.000.

Mengunjungi Tempat Terindah di Bali
© istockphoto.com/Nachosuch
4
Mengunjungi Tempat Terindah di Bali

Biaya Tiket Masuk Objek Wisata

Rekomendasi kami

Objek wisata di berbagai tempat di Pulau Dewata umumnya menargetkan tarif masuk tertentu. Sehingga, apabila dalam liburan 4 hari 3 malam Anda berencana ingin pergi ke 5 tempat wisata di bawah ini, maka anggaran dana yang harus Anda keluarkan seperti:

NoTempat WisataHargaJumlah OrangTotal
1Pura BesakihRp. 50.0004Rp. 200.000
2Pura Lempuyang Gate HeavenRp. 50.0004Rp. 200.000
3Ubud Monkey ForestRp. 60.0004Rp. 240.000
4KintamaniRp. 5.0004Rp. 20.000
5Desa Penglipuran Rp. 25.0004Rp. 100.000
6Pantai Nusa DuaGratis4Gratis
7Tanjung BenoaGratis4Gratis

Jadi, total ke 7 tempat tersebut adalah Rp. 760.000. Plesirmania dan teman-teman bisa persiapkan dana dengan besaran angka tersebut untuk ke tujuh tempat di atas.

Gak Perlu Jalan Kaki, Bisa Naik Motor atau Mobil
© istockphoto.com/nd3000
5
Gak Perlu Jalan Kaki, Bisa Naik Motor atau Mobil

Biaya Sewa Kendaraan

Rekomendasi kami

Terakhir, yang tak kalah penting yaitu biaya sewa kendaraan selama liburan di Bali. Plesirmania bisa sewa kendaraan motor ataupun mobil. Namun, yang perlu diperhatikan adalah sewa motor harus 2 unit sekaligus sebab Anda bepergian dengan 3 orang lain. Berikut adalah estimasi harga sewa motor dan mobil dalam sehari:

  • Rental 1 motor = Rp. 70.000/hari
  • Rp. 70.000 x 2 (4 orang) = Rp. 140.000/hari
  • Rental 1 mobil = Rp. 190.000/hari

Dari penjelasan harga di atas, total ongkos yang harus Anda bayarkan kalau sewa motor adalah Rp. 140.000 dalam sehari. Sementara untuk sewa mobil dengan supir, hasilnya Rp. 190.000. Tim Plesir akan menyarankan sewa mobil saja semisal tidak ingin pergi terpisah. Maka, total sewa mobil untuk 3 hari adalah Rp. 570.000.

Tanya Jawab Seputar Biaya Liburan ke Bali untuk 4 Orang

Sebelum berangkat ke Pulau Dewata, baca juga pertanyaan seputar budget liburan ke Bali yang ada pada kolom selanjutnya. Yuk, simak!

Kapan sebaiknya ke Bali?

Di bulan Mei-Agustus. Kunjungan di bulan tersebut adalah yang terbaik karena pantai di sana tidak sedang dalam keadaan gelombang pasang. Lalu, bulan Januari, Februari, dan Oktober juga bulan terbaik untuk mengunjungii Bali. Sebab, curah hujan sedang tinggi-tinggi dan kemungkin besar wisatawan tidak terlalu ramai.

Trip ke Bali kemana saja?

Banyak tempat di Bali yang perlu Plesirmania kunjungi. Pergilah ke beberapa tempat terkenal antara lain Tanah Lot, Teras Sawah Tegalalang, GWK, Pantai Pandawa, Pura Uluwatu, Tanjung Benoa, dan lain sebagainya.

Kesimpulan: Biaya Liburan ke Bali untuk 4 Orang

Demikian uraian singkat estimasi biaya liburan termasuk biaya transportasi hingga biaya penyewaan kendaraan di Bali. Jumlah keseluruhan yang bisa Anda catat adalah Rp. 5.875.210. Namun, total biaya liburan ke Bali ini tidak mutlak.

Biaya oleh-oleh dan biaya darurat lainnya bisa Anda kalkulasikan sendiri. Sebab, itu dapat menjadi perhitungan pribadi. Perhitungan seperti pada contoh di atas merupakan perhitungan wajib bagi Plesirmania yang ingin pergi berempat. Jadi, apakah Anda sudah siap mendaftar budget setelah membaca referensi tim Plesir di atas? 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo