Hide Menu

Mau Pergi ke Puncak Tertinggi Jatim? Cari Tahu Dulu 7 Summit Jawa Timur di Sini!

Gunung Semeru Menjadi Gunung Tertinggi di Seven Summit Jawa Timur, Sedangkan Gunung Butak Jadi yang Paling Bontot di Daftar

Artikel Summit Jawa Timur ini diposting diperbarui
5 Pembaca
Like
Summit Jawa Timur 2024
© istockphoto.com/andersen_oystein

7 Summit di Jawa Timur Ada di Mana Saja?

7 Summit di Jawa Timur Ada di Mana Saja?
istockphoto.com/5bf5911a_905

Tujuh summit yang ada di Jawa Timur merupakan tujuh puncak gunung tertinggi di provinsi tersebut. Ketujuh gunung tertinggi tersebut terletak membentang dari Kota Malang hingga Kabupaten Probolinggo.

Tercatat juga kedua wilayah tersebut, yakni Kota Malang dan Kabupaten Probolinggo, menempati urutan pertama di mana gunung tertinggi yang termasuk ke dalam 7 summit itu berada. Lokasi tepatnya yaitu berada di seputaran wilayah Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kota Batu, dan Kabupaten Lumajang.

Untuk mengetahui gunung apa saja yang berada di sekitaran wilayah tadi, Anda bisa ikuti pembahasan 7 summit Jawa Timur yang akan segera tim Plesir uraikan penjelasannya. Ayo, semangat bacanya!

Mengenal Fakta Menarik 7 Summit di 7 Benua

Mengenal Fakta Menarik 7 Summit di 7 Benua
istockphoto.com/DanielPrudek

Tidak hanya di Jawa Timur, dunia juga punya summit sendiri, lho! Salah satu fakta menarik dari tujuh summit yang ada di dunia adalah letak setiap gunung yang ada di masing-masing benua. Contohnya seperti berikut:

  1. Gunung Everest di Benua Asia
  2. Gunung Aconcagua di Benua Amerika Selatan
  3. Gunung Denali di Benua Amerika Utara
  4. Gunung Kilimanjaro di Benua Afrika
  5. Gunung Elbrus di Benua Eropa
  6. Gunung Vinson Massif di Benua Atartika
  7. Gunung Carstensz Pyramid di Benua Australia-Oceania

Kemudian, fakta menarik selanjutnya adalah dari penggagas pertama sebutan 7 summit di dunia. Siapakah mereka? Diketahui yang menggagas pertama kali yaitu Richard Dick Bass dan Franklin G. Wells. Keduanya merupakan pengusaha dan pendaki gunung asal Amerika Serikat.

Fakta ketiga datang dari pencapaian Dick Bass yang berhasil menaklukkan ketujuh puncak tertinggi di dunia tersebut pada tahun 1985. Namun, bukan puncak tertinggi Carstensz Pyramid yang ia didaki, melainkan puncak Kosciuszko di Benua Australia.

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

7 Summit Jawa Timur - Terbaru 2024

Lalu, membicarakan klaim gunung api terbanyak di Indonesia ini diaminkan oleh Indyo P (2006). Ia menjelaskan banyak orang mengenal Indonesia sebagai negara dengan lebih dari 30% gunung aktif di dunia berada. Sehingga, bukan hal yang tidak mungkin di setiap provinsi memiliki versi gunung tertingginya.

Jika Gunung Slamet dengan ketinggian 3428 mdpl, Sumbing, Sindoro, dan Merapi adalah beberapa contoh summit di Jawa Tengah, kira-kira, apa saja nama gunung yang tinggi di Jawa Timur? Mari cari tahu bersama!

1
Gunung Semeru

Puncak Tertinggi yang Ada di Jatim, Menarik Buat Pendakian

Gunung Semeru

2
Gunung Arjuno atau Arjuna

Muncak di Sini dapat Melihat Belerang Juga

Gunung Arjuno atau Arjuna

3
Gunung Raung

Mendaki di Ketinggian 3000 mdpl, Siapa Takut!

Gunung Raung

4
Gunung Lawu

Gunung Tertinggi Keempat yang Tak Kalah Memukau

Gunung Lawu

5
Gunung Welirang

Muncak di Sini Gak Butuh Waktu Lama, Lewat Mojokerto Bisa!

Gunung Welirang

6
Gunung Argopuro

Puncak Rengganis Sejati yang Manis Sayang untuk Dilewatkan

Gunung Argopuro

7
Gunung Butak

Tak Semampai daripada Enam Gunung Lainnya, Namun Tetap Worth It untuk Didaki

Gunung Butak

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Puncak Tertinggi yang Ada di Jatim, Menarik Buat Pendakian
© istockphoto.com/IPGGutenbergUKLtd
1
Puncak Tertinggi yang Ada di Jatim, Menarik Buat Pendakian

Gunung Semeru

Rekomendasi kami

Gunung tertinggi di Jawa Timur yang menempati urutan nomor 1 adalah Gunung Semeru. Gn Semeru memiliiki ketinggian 3.676 mdpl (meter di permukaan laut). Menurut catatan yang beredar luas, gunung ini merupakan gunung api kuarter aktif berbentuk strato dengan kubah lava. Nampaknya juga masih bersifat ekplosif.

Kemudian, sebutan untuk puncak tertinggi yang dimiliki oleh Gunung Semeru adalah puncak Mahameru. Untuk bisa mencapai puncaknya, Anda dapat melalui jalur pendakian via Pasar Tumpang dan via Ranupani.

Lokasi gunung ini berada tepat di dalam Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (KTN BTS) di wilayah Malang, Lumajang, Probolinggo, dan Pasuruan. Di lokasi tersebut juga terdapat beberapa destinasi wisata, seperti Ranu Kumbolo, Oro-Oro Ombo, Cemoro Kandang, Kalimati, dan Arcopodo.

Muncak di Sini dapat Melihat Belerang Juga
© istockphoto.com/TimonPeskin
2
Muncak di Sini dapat Melihat Belerang Juga

Gunung Arjuno atau Arjuna

Tinggi yang dimiliki oleh Gunung Arjuno sekitar 3.339 mdpl, membuatnya menjadi gunung tertinggi kedua di Jawa Timur. Gunung ini juga mempunyai puncak yang terkenal, yaitu puncak Ogal Agil. Nama Ogal Agil diberikan karena batuan yang ada di sekitar gunung tinggi ini dapat bergerak sendiri saat badai menerjang.

Sementara itu, lokasi gunung ini berada di perbatasan Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, dan Kota Batu yang berada tepat di gugusan Pegunungan Arjuno-Welirang. Plesirmania yang ingin berkunjung ke sini atau melakukan pendakian sebaiknya lewat jalur yang telah tersedia, yaitu via Lawang, Tretes, Batu, dan Karangploso.

Saat mendaki, Anda bahkan bisa menemui sejumlah atraksi wisata. Contohnya, Petung Sewu, Air Terjun Tretes, dan Air Terjun Watu Lumpang.

Mendaki di Ketinggian 3000 mdpl, Siapa Takut!
© istockphoto.com/IvanEffendyHalim
3
Mendaki di Ketinggian 3000 mdpl, Siapa Takut!

Gunung Raung

Rekomendasi kami

Berikutnya adalah Gunung Raung yang mempunyai tinggi sekitar 3.332 mdpl, tepatnya 7 meter saja di bawah Gunung Arjuno. Tipe gunung ini yaitu strato dengan kawah yang berbentuk kaldera. Lokasinya sendiri berada di Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Jember, dan Kabupaten Lumajang.

Plesirmania pun dapat mendaki gunung ini melalui jalur pendakian via Desa Sumberwringin. Ketika menaiki bukitnya, Anda akan dimanjakan oleh destinasi wisata religi Pura Beji Antaboga yang terkenal.

Gunung Tertinggi Keempat yang Tak Kalah Memukau
© istockphoto.com/Mumemories
4
Gunung Tertinggi Keempat yang Tak Kalah Memukau

Gunung Lawu

Walaupun letaknya di perbatasan antara Kabupaten Karanganyar di Jawa Tengah dan Kabupaten Ngawi serta Kabupaten Magetan di Jawa Timur, Gunung Lawu masih termasuk ke dalam seven summit Jatim. Tinggi dari gunung ini ialah 3265 mdpl.

Selain daripada itu, gunung ini juga memiliki puncak tertinggi yang disebut Hargo Dumilah. Kedua puncak yang lain yaitu Hargo Dalem dan Hargo Dumiling. Untuk mencapainya, Plesirmania dapat melewati jalur pendakian via Cemorokandang, Cemorosewu, dan Candi Cetho.

Tak lupa juga, saat melakukan perjalanan ke puncak, Anda akan menemui sejumlah objek wisata. Misalnya saja, Candi Sukuh, Candi Cetho, kompleks pemakaman Mangkunegaran Astana Girilayu, Astana Mangadeg, dan makam Presiden Indonesia kedua di Astana Giribangun.

Muncak di Sini Gak Butuh Waktu Lama, Lewat Mojokerto Bisa!
© istockphoto.com/pratamaputra
5
Muncak di Sini Gak Butuh Waktu Lama, Lewat Mojokerto Bisa!

Gunung Welirang

Rekomendasi kami

Terlepas dari perbedaan jumlah ketinggian yang dimiliki antara Gunung Welirang dan Gunung Lawu, keduanya masih dalam catatan ketinggian mencapai 3000 mdpl. Gunung Welirang sendiri mempunyai ketinggian 3.156 mdpl dan posisinya berada di nomor 5 dari 7 puncak gunung tertinggi di Jatim.

Selain itu, gunung ini juga masuk ke dalam gunung api besar strato tipe A dengan kawah belerang yang masih aktif. Kabarnya, orang-orang sekitar pun tetap menambang belerang di sana. Kemudian, letak gunung ini secara administratif berada di Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Mojokerto, dan Kota Batu. Faktanya juga, Gn Welirang masuk ke dalam pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soerjo.

Jika Anda berencana mendaki gunung ini, Anda bisa melewati jalur pendakian via Desa Claket. Lalu, bila Anda ingin mampir ke Kota Batu setelah muncak, Plesirmania dapat menginap di hotel yang dekat area sana seperti pada pilihan hotel di link atas.

Puncak Rengganis Sejati yang Manis Sayang untuk Dilewatkan
© istockphoto.com/VLukas
6
Puncak Rengganis Sejati yang Manis Sayang untuk Dilewatkan

Gunung Argopuro

Salah satu gunung yang sudah tidak aktif di Jatim adalah Gunung Argopuro. Gunung ini juga masuk ke dalam jajaran gunung tertinggi terakhir yang memiliki ketinggian di atas 3000 mdpl. Lalu, berapa tinggi Gunung Argopuro? Gunung cantik ini tingginya sekitar 3.008 mdpl.

Untuk lokasi gunung ini memang tercatat membentang luas sampai-sampai membatasi banyak wilayah. Nama perbatasan tersebut adalah Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Jember, Kabupaten Bondowoso, dan Kabupaten Situbondo.

Lebih lanjut, apabila Anda mencapai puncak saat mendaki gunung ini, Plesirmania akan menemui puncak legendaris, yaitu puncak Rengganis. Untuk mendaki puncak tersebut, Anda bisa lewat jalur pendakian via basecamp Baderan di Situbondo atau via basecamp Bremi di Probolinggo. 

Tak Semampai daripada Enam Gunung Lainnya, Namun Tetap Worth It untuk Didaki
© istockphoto.com/Arun1
7
Tak Semampai daripada Enam Gunung Lainnya, Namun Tetap Worth It untuk Didaki

Gunung Butak

Rekomendasi kami

Daftar gunung tertinggi terakhir jatuh kepada Gunung Butak yang terletak di antara Kabupaten Malang dan Kabupaten Blitar. Ukuran tinggi gunung ini tidak mencapai 3000 mdpl, melainkan hanya 2.868 mdpl.

Dengan jumlah ketinggian tersebut membuatnya sangat bersahabat bagi pendaki pemula dan mahir. Sehingga, Anda tak perlu ragu mendakinya. Lalu, untuk sampai puncak, cobalah untuk mendaki lewat jalur pendakian via Panderman, Desa Gadingkulon, Gunung Kawi atau Sirah Kencong.

Tanya Jawab Seputar Summit Jawa Timur

Wah, Plesirmania hampir menyelesaikan baca artikel seven summit of Java in east area ini! Namun sebelum menutup dengan kesimpulan, jangan lupa perhatikan pertanyaan berikut juga, ya!

7 summit Indonesia apa saja?

Ada Puncak Jaya atau Carstensz Pyramid, Gunung Kerinci, Gunung Rinjani, Gunung Semeru, Gunung Latimojong, Gunung Binaiya, dan Gunung Bukit Raya.

Apa yang dimaksud dengan Seven Summit?

Seven Summit adalah istilah untuk menyebutkan gunung tertinggi di 7 benua yang ada di dunia.

Gunung yang ada di Jawa Timur apa saja?

Ada banyak, berikut list nama gunungnya:

  • Semeru
  • Lawu
  • Bromo
  • Panderman
  • Kawi
  • Ijen
  • Kelud
  • Argopuro
  • Arjuno atau arjuna
  • Baluran
  • Batok
  • Anjasmoro
  • Blokorobrubuh
  • Butak
  • Liman
  • Pandan
  • Penanggungan
  • Berungkal
  • Penanjakan
  • Ranti
  • Suket
  • Argowayang
  • Welirang
  • Wilis
  • Biser
  • Betiri
  • Raung

Di mana gunung tertinggi di Pulau Jawa?

Berada di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Tepatnya di Ngampo Kecamatan Pasrujambe.

Kesimpulan: Summit Jawa Timur

Akhirnya, sampai juga pada penutup artikel 7 summit Jawa Timur. Bagaimana menurut Plesirmania tentang tulisan seri tujuh puncak tertinggi yang seperti atap di Jatim ini? Informatif sekali, ya?

Anda jadi tidak ragu lagi bila ingin muncak di gunung tertinggi Pulau Jawa, khususnya Jawa Timur karena tim Plesir sudah menyampaikan informasi lengkapnya. Jangan lupa kunjungi Plesir untuk berita tentang gunung lainnya, termasuk yang di Jawa Barat. Semoga berita ini bermanfaat untuk pembaca sekalian!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo