Hide Menu

Sering Naik Pesawat Gak Menjamin Tahu 4 Perbedaan Boarding Pass dan Tiket, Cek di Sini!

Perbedaan Mendasar Terdapat pada Jenis, Informasi, Cara Mendapatkan, dan Masa Berlaku

Artikel Perbedaan Boarding Pass dan Tiket ini diposting diperbarui
3 Pembaca
Like
Perbedaan Boarding Pass dan Tiket 2024
© freepik.com

Seberapa Beda Boarding Pass dan Tiket?

Seberapa Beda Boarding Pass dan Tiket?
istockphoto.com/seamartini

Perbedaan antara boarding pass dan tiket cukup berbeda. Boarding pass adalah sebuah lembaran kertas untuk menyatakan Anda telah berhasil check-in ke dalam bandara Soekarno Hatta maupun stasiun Pasar Senen. Adapun tiket ialah hanya bukti dari pembelian perjalanan.

Lalu, meskipun keduanya (boarding pass dan tiket) dapat dibeli dan diproses secara online, namun salah satunya tetap harus penumpang proses di bandara atau stasiun. Fungsi dari kedua istilah tersebut pun berbeda.

Di sisi lain, boarding pass dan tiket juga memuat informasi yang berbeda. Salah satunya lebih terperinci dan yang satunya lagi hanya beberapa informasi dasar. Jadi, menurut tim Plesir, baik boarding pass dan tiket memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Rincian informasi tersebut akan tim Plesir ulik di bagian selanjutnya secara berurutan dan terperinci. Teruslah membaca persoalaan perbedaan boarding pass dan tiket di bawah ini jika ingin tahu. Yuk, simak!

Apa Arti Boarding Pass Pesawat?

Apa Arti Boarding Pass Pesawat?
istockphoto.com/ZhannaDanilova

Pada dasarnya, istilah boarding pass yang Plesirmania kenal itu memang lebih identik dengan penggunaan angkutan umum seperti pesawat terbang dan kereta api. Boarding pass artinya dokumen yang berisi informasi yang diberikan kepada penumpang pesawat atau kereta api setelah penumpang melakukan check-in di bandara ataupun di stasiun.

Pas naik yang dalam bahasa Inggrisnya boarding pass merupakan dokumen yang telah dipersiapkan oleh maskapai penerbangan atau angkutan kereta. Guna boarding pass adalah mengizinkan setiap penumpang untuk menaiki area khusus pesawat dan kereta api sebagai bagian melakukan perjalanan via udara dan darat.

Dalam penelitiannya, Ismi Z dan Gallis N (2022) mengatakan bahwa boarding pass pesawat termasuk dokumen yang berisi informasi perihal nama penumpang, nama pengangkut, rute penerbangan, nomor penerbangan, info lepas landas (take off) di mana, landing di mana, dan lain-lain.

Pengertian Tiket dalam Artian Luas

Pengertian Tiket dalam Artian Luas
istockphoto.com/hatman12

Sedangkan tiket memiliki arti sangat luas dan identik dengan banyak hal. Beberapa diantaranya yaitu tiket tanda masuk (access in), tiket keberangkatan, tiket parkir, tiket penerbangan, tiket bus, tiket kereta api KAI, tiket konser, dan masih banyak lagi.

Dalam pengertian umum di kamus dictionary.cambridge.org, tiket adalah selembar kertas atau kartu kecil yang orang dapatkan, biasanya untuk menunjukkan bahwa orang tersebut telah membayar untuk suatu acara, perjalanan, atau aktivitas.

Tiket juga dapat memiliki artian seperti sebuah dokumen berisikan informasi keberangkatan dan hak penumpang. Arti tiket yang lain adalah kartu atau slip kertas yang orang gunakan supaya bisa memasuki suatu lokasi atau acara tertentu.

Sedangkan dalam pengertian penerbangan, tiket adalah dokumen cetak yang diproses melalui proses elektronik atau lainnya. Tiket berfungsi sebagai alat bukti adanya perjanjian angkutan penumpang dan pengangkut dan hak penumpang untuk menggunakan pesawat udara.

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Perbedaan Boarding Pass dan Tiket - Terbaru 2024

Begitulah arti masing-masing boarding pass dan tiket. Sekarang saatnya tim Plesir sebutkan di mana letak perbedaan keduanya. Baca segera, yuk!

1
Jenis

Masing-Masing Terdiri dari Banyak Jenis

Jenis

2
Rincian Informasi

Boarding Pass Lebih Lengkap dari Tiket

Rincian Informasi

3
Cara Mendapatkan

Melalui Tempat Naik Kendaraan dan Online

Cara Mendapatkan

4
Masa Berlaku

Hanya di Hari yang Sama

Masa Berlaku

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Masing-Masing Terdiri dari Banyak Jenis
© istockphoto.com/robyvannucci
1
Masing-Masing Terdiri dari Banyak Jenis

Jenis

Rekomendasi kami

Ketika membicarakan perbedaan antara boarding pass dengan tiket, maka jenis menjadi nomor pertama yang masuk dalam poin perbedaan di antara keduanya. Plesirmania dapat menemukan jenis boarding pass terlebih dahulu, seperti:

  • Boarding Pass Kertas

Jenis yang juga disebut pas naik dalam bahasa Indonesia ini bentuknya adalah kertas. Selain itu, pas naik kertas  hanya bisa dikeluarkan oleh agen di counter check-in, di kios layanan mandiri, atau di situs web check-in dari maskapai penerbangan.

  • Boarding Pass Seluler atau Elektronik

Jenis ini banyak dipakai oleh maskapai penerbangan untuk menerbitkan pas naik elektronik yang mana penumpang harus check-in secara daring atau melalui perangkat seluler. Kemudian, pas naik ini akan dikirim melalui SMS atau email.

  • Boarding Pass yang Dapat Dicetak di Rumah

Calon penumpang dapat mencetak pas naik di rumah, di kantor, atau di mana pun dengan koneksi internet.

Sementara itu, jenis-jenis tiket sebagai berikut:

  • Tiket Event

Antara lain reguler, multi-day pass, one day pass, VIP, early bird, dan on the spot.

  • Tiket Aktivitas

Termasuk tiket parkir, tiket masuk museum, tiket masuk seminar, dan lain-lain.

  • Tiket Perjalanan

Terdiri dari tiket pesawat, tiket bus, tiket kereta api, tiket perjalanan wisata, dan tiket masuk objek wisata.

Boarding Pass Lebih Lengkap dari Tiket
© istockphoto.com/MykytaDolmatov
2
Boarding Pass Lebih Lengkap dari Tiket

Rincian Informasi

Berikutnya adalah perbedaan rincian informasi yang ada di dalam sebuah boarding pass dan tiket. Untuk mempermudah Anda membedakan keduanya, tim Plesir akan memberikan contoh perbedaan rincian informasi boarding pass pesawat dan tiket pesawat. Lihat tabel berikut!

InformasiBoarding Pass PesawatTiket Pesawat
Nama penumpang
Nomor penerbangan
Barcode
Kode identifikasi unik
Kode keamanan
Persinggahan atau transit
Nomor pesanan
See agent
Kode SSS
Nomor SEQ
Kode bandara
Nomor kursi
Pintu keberangkatan
Waktu keberangkatan
Waktu kedatangan (arrival time)
Nama maskapai penerbangan
Rute penerbangan
Kode booking

Dari keterangan perbedaan di atas, dapat tim Plesir simpulkan bahwa boarding pass pesawat memiliki rincian informasi lebih detail dan beberapa informasi lainnya tidak dimiliki oleh tiket pesawat.

Melalui Tempat Naik Kendaraan dan Online
© istockphoto.com/ChardayPenn
3
Melalui Tempat Naik Kendaraan dan Online

Cara Mendapatkan

Rekomendasi kami

Kemudian, poin perbedaan lainnya terdapat pada cara mendapatkannya. Plesirmania dapat memperoleh boarding pass melalui check-in counter bandara atau stasiun dan melalui daring di situs online maskapai penerbangan. Anda bahkan bisa mendapatkannya dari penyedia layanan pembelian tiket pesawat (Traveloka atau Tiket dot com). 

Sedangkan untuk memperoleh tiket pesawat atau tiket kereta api misalnya, Anda tidak perlu datang ke bandara maupun stasiun. Plesirmania dapat memperolehnya dari rumah menggunakan alat elektronik atau gadget Anda. Spesifiknya yaitu dengan membeli tiket melalui website resmi maskapai penerbangan atau melalui layanan pembelian tiket tersebut.

Hanya di Hari yang Sama
© freepik.com
4
Hanya di Hari yang Sama

Masa Berlaku

Terkait masa belaku yang tertera pada boarding pass pesawat dan tiket pesawat cukup berbeda pula. Boarding pass hanya berlaku di saat Anda melakukan perjalanan di hari H, dari Anda naik pesawat sampai Anda turun di tempat tujuan.

Sebaliknya, tiket pesawat berlaku dalam jangka waktu panjang. Meskipun Anda belum naik pesawat, tiket tersebut berlaku sebagai tanda bukti pembelian bahkan sampai 6 bulan lamanya. Namun, ketentuan masa berlaku 6 bulan tidak lagi terpakai apabila Anda sudah memakainya untuk menggantikan tiket sebagai boarding pass.

Tanya Jawab Seputar Perbedaan Boarding Pass dan Tiket

Selain perbedaan tadi, tim Plesir juga menyajikan pertanyaan-pertanyaan yang boleh sekali Anda baca untuk melengkapi bacaan topik ini. Mari membacanya bersama!

Apa boarding pass itu tiket?

Jawaban yang tepat ialah, ya. Pas naik dalam bahasa Inggris boarding pass merupakan tiket untuk masuk ke dalam sebuah transportasi umum. Misalnya pesawat terbang dan kereta api.

Apa saja yang ada di boarding pass?

Terdapat banyak informasi dalam boarding pass. Misalnya, nama maskapai penerbangan, rute penerbangan, nama penumpang, nomor penerbangan, pintu keberangkatan, nomor tempat duduk, waktu keberangkatan, dan lain-lain.

Apakah jika sudah check-in online harus cetak boarding pass?

Ya, Anda harus cetak atau print boarding pass walaupun sudah check in online. Gunanya yaitu agar menghindari kasus terburuk tak bisa terbang atau penerbangan Anda tertunda.

Boarding pass apa perlu dicetak?

Ya, perlu. Anda perlu mencetak boarding pass untuk bisa terbang menggunakan pesawat yang Plesirmania tumpangi.

Gimana cara check-in mandiri di bandara?

Inilah yang harus Anda lakukan untuk bisa cek in mandiri di bandara:

  1. Datanglah ke bandara minimal 2 jam sebelum keberangkatan (departure).
  2. Lalu, pergilah ke loket di bandara.
  3. Serahkan KTP dan print out e-tiket pesawat ke petugas check-in.
  4. Anda akan mendapat boarding pass.
  5. Perhatikan nomor kursi serta gate (gerbang) keberangkatan yang tertera.
  6. Timbang barang bawaan di timbangan dan sematkan label nomor bagasi di tas.
  7. Proses check-in selesai.

Apa arti delay dalam pesawat?

Istilah delay in English berarti keterlambatan jadwal penerbangan dari waktu yang telah maskapai tentukan. 

Kesimpulan: Perbedaan Boarding Pass dan Tiket

Sekian pembahasan perbedaan boarding pass dan tiket kali ini. Tercatat terdapat empat perbedaan, di antaranya jenis, informasi, cara mendapatkan, dan masa berlaku dari masing-masing istilah tersebut.

Plesirmania sudah tahu ‘kan apa saja faktor yang membedakan tiket dan pas naik? Buka catatan Anda dan tuliskan perbedaannya agar tidak lupa. Jadi, Anda tidak akan kesusahan lagi untuk melancong karena sudah tahu perbedaan antara keduanya! 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo