Hide Menu

Berikut 5 Tips Berlibur Dari Jakarta ke Jepara Naik Kereta Lewat Semarang, Mudah!

Pakai Kereta Ekonomi Dapat Menunjang Perjalanan Liburan Jadi Lebih Hemat.

Artikel Dari Jakarta ke Jepara Naik Kereta ini diposting diperbarui
2 Pembaca
Like
Dari Jakarta ke Jepara Naik Kereta 2024
© istockphoto.com/Solovyova

Apakah Berlibur Naik Kereta dari Jakarta ke Jepara Lebih Efisien?

Apakah Berlibur Naik Kereta dari Jakarta ke Jepara Lebih Efisien?
istockphoto.com/MarcScruton

Kalau dibandingkan dengan mobil pribadi tentu naik kereta jauh lebih efisien. Kereta mempunyai jadwal jam yang sudah pasti, baik untuk keberangkatan dan kedatangan. Sehingga, Anda bisa tiba di Jepara tepat waktu.

Lalu, kereta juga memiliki jalur sendiri yang membuat transportasi ini melaju di jalanan tanpa hambatan kemacetan. Anda tidak akan menemui kendala di mana jalan dipenuhi sesak kendaraan pribadi lain yang mengantri panjang.

Terlebih lagi, naik kereta tidak membutuhkan anggaran untuk servis mobil pribadi sebelum berangkat ke Jepara yang mana memakan uang hingga jutaan rupiah. Badan pun tidak mudah capek karena bukan Plesirmania yang menyetir. Sangat efisien dari segi waktu, uang, dan tenaga!

Lantas, bagaimana Anda bisa pergi liburan dari Jakarta ke Jepara naik kereta dengan nyaman? Simak penjabarannya sesaat lagi. Baca sampai akhir!

Dimana Letak Jepara?

Dimana Letak Jepara?
istockphoto.com/RudiEkayanto

Kabupaten Jepara adalah sebuah wilayah yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Di bagian barat dan utara, Jepara berbatasan langsung oleh Laut Jawa. Sementara di bagian timur dan selatan, Jepara berbatasan dengan Kabupaten Pati, Kudus, dan Kabupaten Demak.

Penamaan Jepara awalnya bermula dari Ujung Para, Ujung Mara, dan Jumpara. Yang mana mempunyai arti daerah yang banyak dikunjungi oleh pedagang dari berbagai daerah untuk berniaga.

Hingga sampai saat ini, Jepara terkenal dengan daerah yang memproduksi mebel dan ukiran paling apik di Indonesia. Lebih baiknya lagi, ada Pulau Karimunjawa di lokasi ini. Maka jika Anda ingin pergi berlibur ke sana, mengunjungi Jepara adalah sebuah keharusan. 

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Dari Jakarta ke Jepara Naik Kereta - Terbaru 2024

Kereta api dianggap berperan sebagai angkutan tenaga kerja dan kemudian berkembang menjadi angkutan massal di DKI Jakarta (Jumardi, 2020). Dengan ini, tidak ada salahnya berlibur ke Jepara naik kereta dari Jakarta. Namun, perlu dicatat bahwa di Jepara tidak ada kereta api langsung dari Jakarta.

Maka, berikut adalah tips berlibur naik kereta dari Jakarta ke Semarang, lanjut lagi ke Jepara pakai bus lokal. Segera teliti rangkumannya travel berikut!

1
Naik Kereta Ekonomi

Murah Harga Tiketnya, Hemat Biaya Liburan

Naik Kereta Ekonomi

2
Naik Kereta dari Stasiun Pasar Senen

Pilihan Kereta Ekonomi Hanya Ada di Sini

Naik Kereta dari Stasiun Pasar Senen

3
Cari Tiket Kereta Api Subkelas C, CA, atau CB

Variasi Harga Subkelas yang Bisa Disesuaikan dengan Budget Liburan

Cari Tiket Kereta Api Subkelas C, CA, atau CB

4
Cari Tiket Kereta Sore atau Malam Hari

Gak Telat Sampai di Pelabuhan Jepara

Cari Tiket Kereta Sore atau Malam Hari

5
Pilih Kursi Kereta Menghadap ke Jendela

Melihat Pemandangan ke Luar dengan Mudahnya

Pilih Kursi Kereta Menghadap ke Jendela

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Murah Harga Tiketnya, Hemat Biaya Liburan
© istockphoto.com/SolStock
1
Murah Harga Tiketnya, Hemat Biaya Liburan

Naik Kereta Ekonomi

Rekomendasi kami

Bila Anda memutuskan untuk ke Jepara naik kereta, pilihlah kereta api atau KAI ekonomi daripada eksekutif. Alasan utamanya adalah hemat ongkos tiket. Harga tiket KA ekonomi pun jauh lebih murah dari KA eksekutif.

Kemudian, jangan khawatirkan tentang fasilitas di dalam kereta ekonomi. Apabila dahulu KA ekonomi terlihat kumuh, maka sekarang KA ekonomi telah banyak berubah menjadi lebih bersih dan bagus. Bahkan, fasilitas seperti AC, stop kontak, sampai toilet hampir setara dengan kelas bisnis.

Pilihan Kereta Ekonomi Hanya Ada di Sini
© istockphoto.com/den-belitsky
2
Pilihan Kereta Ekonomi Hanya Ada di Sini

Naik Kereta dari Stasiun Pasar Senen

Sedikit sekali yang menyediakan KA dengan rute Jakarta-Semarang dengan kereta ekonomi. Oleh karena itu, tim Plesir menyarankan untuk menaiki kereta api ekonomi ini dari Stasiun Pasar Senen di Jakarta. Meskipun terdapat kereta Gambir dan Jatinegara ke Semarang, kedua kereta tersebut hanya melayani kelas eksekutif. Untuk kelas ekonomi dan bisnis hanya ada di Pasar Senen.

Memang seharusnya Anda naik dari sana karena banyak transportasi umum yang dapat mengarah ke Stasiun Pasar Senen, baik dari Grogol, Tangerang, hingga Bandung, gampang sekali dicapai kalau naik lewat Pasar Senen. Anda pun tak perlu bingung membawa kendaraan pribadi untuk sampai ke stasiun pusat tersebut.

Variasi Harga Subkelas yang Bisa Disesuaikan dengan Budget Liburan
© istockphoto.com/frantic00
3
Variasi Harga Subkelas yang Bisa Disesuaikan dengan Budget Liburan

Cari Tiket Kereta Api Subkelas C, CA, atau CB

Karena kelas ekonomi pada kereta api ini banyak subkelasnya, maka tim Plesir sarankan agar Anda memilih kereta ekonomi kelas C. Sebab, harga tiket kereta ke Jepara untuk subkelas tersebut adalah yang paling rendah atau murah.

Anda bisa menaiki kereta kelas ekonomi ini dengan KA Dharmawangsa kelas C. Tarifnya yaitu Rp 195 ribu. Plesirmania bahkan bisa dapat harga lebih murah jika ada promo.

Namun, jika Anda tak mengapa dengan selisih harga 10-15 ribu, tim Plesir juga sarankan naik KA ekonomi Dharmawangsa CA atau CB dengan tarif 200 ribu hingga 210 ribu rupiah. Pilihan kereta lain adalah:

KeretaSubkelasHarga
Tawang Jaya PremiumCARp. 210.000
Tawang Jaya PremiumCBRp. 220.000
KertajayaCARp. 230.000
KertajayaCBRp. 240.000

Informasi tambahan lainnya yaitu bahwa kereta ekonomi dengan subkelas di atas tidak memiliki fasilitas dan layanan pembeda. Semuanya sama-sama mempunyai AC, stop kontak, dan layanan setara. Pembedanya hanya pada variasi harga.

Gak Telat Sampai di Pelabuhan Jepara
© istockphoto.com/cybrain
4
Gak Telat Sampai di Pelabuhan Jepara

Cari Tiket Kereta Sore atau Malam Hari

Kenapa harus tiket kereta sore atau malam hari? Alasannya adalah Anda harus naik bus lokal atau KRL untuk sampai ke Jepara di Terminal Terboyo, dan transfer ke pelabuhan membutuhkan waktu 2 jam. Selain itu, kalau naik kereta malam, Anda akan sampai tengah malam atau dini hari. Jadi, Plesirmania tidak akan terlambat sampai di pelabuhan.

Mengingat bahwa jadwal kapal di pelabuhan Jepara rata-rata berangkat pagi, alamat Anda harus ada di lokasi saat pagi hari pula berapapun jarak yang Anda tempuh.

Jadwal KMP Feri Siginjai yang menuju ke Karimunjawa beroperasi di jam 6.30 pagi dan 7 pagi. Sementara KMP Express Bahari melayani keberangkatan dari Pelabuhan Kartini pada pukul 9 pagi. Sehingga, Anda harus pergi dengan kereta jam malam.

Sebagai tambahan, terdapat kereta dengan pilihan jam malam. Contohnya, KA Jayabaya Ekonomi subkelas CA dan CB. Kereta ini berangkat pada pukul 17.25 sore dan tiba di Semarang pukul 11.41 malam. Kemudian, ada Tawang Jaya Ekonomi subkelas CA dan CB dengan jam keberangkatan 23.15 malam dan tiba di Semarang pukul 6.26 pagi. Tinggal pilih, deh! 

Melihat Pemandangan ke Luar dengan Mudahnya
© istockphoto.com/andresr
5
Melihat Pemandangan ke Luar dengan Mudahnya

Pilih Kursi Kereta Menghadap ke Jendela

Apabila Anda berencana naik kereta ke Jepara, pilihlah kursi yang dekat jendela. Memilih kursi dekat jendela berarti Plesirmania dapat melihat pemandangan luar dengan leluasa. Anda pun bisa menyandarkan kepala ke kaca sebentar jika lelah.

Lalu, untuk nomor kursi yang dapat Anda pilih bila naik kereta ekonomi adalah nomor baris D atau A. Kursi dengan nomor baris tersebut adalah pilihan kursi di mana Anda bersebelahan langsung dengan jendela. Ke Jepara jadi rileks, dan harga yang mahal pun terbayar dengan pemandangan yang indah. 

Tanya Jawab Seputar Dari Jakarta ke Jepara Naik Kereta

Berikut merupakan pertanyaan terkait tips liburan dari Jakarta ke Jepara pada 2017, 2018, sampai sekarang. Simak baik-baik, ya!

Apakah di Jepara ada stasiun kereta api?

Ada stasiun di Jepara, namanya Stasiun Mayong di Pelemkerep, Jepara. Namun, stasiun ini tidak lagi beroperasi alias non-aktif. 

Ke Karimun Jawa naik kereta turun dimana?

Turun di Semarang, tepatnya di Stasiun Poncol dan Stasiun Tawang. Hal dikarenakan di Jepara tidak terdapat kereta api.

Apakah naik kereta dari Jakarta ke Semarang melewati Jogja?

Tidak melewati Jogja apalagi Salatiga. Sebab, datang dari arah yang berbeda atau di jalur yang berbeda.

Kesimpulan: Dari Jakarta ke Jepara Naik Kereta

Sangat mudah bukan cara atau tips yang tim Plesir bagikan kepada pembaca sekalian mengenai berlibur dari Jakarta ke Jepara naik kereta? Sesuai tips di atas, maka yang pertama adalah memerhatikan kereta apa yang Anda naiki.

Kedua, naik KA dari Stasiun Pasar Senen, ketiga dan selanjutnya, perhatikan tiket dan kursi yang Plesirmania pilih. Jika sudah paham, maka mari siapkan budget dan saatnya liburan naik kereta dengan nyaman!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo