Hide Menu

Mau Naik Bus ke Yogyakarta? Ini Dia 10 Daftar Bus Travel ke Jogja dari Jakarta, Terbaik!

Rincian Lengkap Jadwal Keberangkatan Macam-Macam Bus dan Travel Menuju Jogja dari Jakarta

Artikel Travel ke Jogja dari Jakarta ini diposting diperbarui
1 Pembaca
Like
Travel ke Jogja dari Jakarta 2024
© freepik.com

Beragam Bus Travel ke Jogja dari Jakarta

Beragam Bus Travel ke Jogja dari Jakarta
freepik.com

Sudah sejak lama, lebih dari sepuluh macam bus melayani travel dari Jakarta ke Kota Jogja. Hal ini didasari oleh banyaknya orang yang ingin liburan ke Jogja atau karena mereka adalah pekerja yang merantau ke Jakarta dan ingin pulang ke Jogja.

Beragam bus tersedia setiap harinya karena ada banyak penumpang yang hendak pergi ke kota tujuan yang dilewati oleh bus tujuan kota Gudeg tersebut. Sehingga, PO (Perusahaan Otobus) Bus mau tidak mau terus mengembangkan ketersediaan kendaraan roda empat itu menuju Jogja.

Contoh PO Bus yang sudah melanglang buana membantu para penumpang mereka sampai ke Jogja adalah Agra Mas, Cahaya Trans, Pandawa 87, Sumber Alam, dan masih banyak lagi. Kalau Anda ingin mengetahui lebih jauh apa saja daftar bus travel ke Jogja dari Jakarta, pantau terus tulisan ini. Lanjutkan, yuk!

Rute Travel dari Jakarta ke Jogja

Rute Travel dari Jakarta ke Jogja
freepik.com

Ada rute yang biasa ditempuh oleh bus travel dari Jakarta ke Jogja. Yang pertama lewat jalur Pantura. Biasanya, transportasi roda empat ini akan melewati Cikampek, Cirebon, Pemalang, Kendal, Semarang, kemudian lanjut ke Ambarawa dan Magelang. Sampailah ke Yogyakarta.

Rute kedua yaitu lewat jalur Selatan. Meskipun sama-sama melewati Cikampek setelah Jakarta, bis travel tersebut akan belok ke arah selatan ke Jatibarang, Ajibarang, Kebumen, Purworejo, dan terakhir Yogyakarta sebagai kota tujuan.

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

10 Travel ke Jogja dari Jakarta - Terbaru 2024

Bukan hal yang baru bahwa Jogja merupakan wilayah yang ramai dikunjungi banyak wisatawan karena menurut Hasbi M (2022), Yogyakarta adalah salah satu daerah tujuan wisata terkemuka di Indonesia.

Untuk mencapai ke kota tersebut pun sudah banyak cara, terutama menggunakan bus lewat jalur darat. Lantas, bus apa saja yang menyediakan transportasi ke Jogja? Apa rute Jakarta – Jogja paket malam juga tersedia? Simak keterangannya di bawah!

1
Agra Mas

Jam Fleksibel, Naik dari Mana Aja Bisa

Agra Mas

2
Cahaya Trans

Tak Berdesakan, Semua Eksklusif

Cahaya Trans

3
Sumber Alam

Bus Termurah yang Bisa Anda Pertimbangkan

Sumber Alam

4
Pandawa 87

Pilihan Tepat bagi yang Suka Berangkat Pagi

Pandawa 87

5
Shafari Dharma Raya

Tersedia Dua Pilihan Spesial Format Kursi 2-2 dan 1-2

Shafari Dharma Raya

6
Rosalia Indah

Fasilitas Mumpuni, Harga Boleh Diadu!

Rosalia Indah

7
Santoso

Masih Worth It Walau Jam Berangkat Limited di Siang Hari

Santoso

8
Unicorn Indorent

Bis Tingkat Super Luas

Unicorn Indorent

9
Semeru Trans Bus

Ada Fasilitas Sleeper, Pecinta Tidur Wajib Coba!

Semeru Trans Bus

10
Bass Trans Travel

Naik Minibus Gak Banyak Penumpang Makin Nyaman

Bass Trans Travel

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Jam Fleksibel, Naik dari Mana Aja Bisa
© freepik.com
1
Jam Fleksibel, Naik dari Mana Aja Bisa

Agra Mas

Rekomendasi kami

Mari mengulik bus travel Jakarta – Jogja nomor 1, yaitu Agra Mas. Bus ini menyediakan sejumlah tempat agar Plesirmania bisa naik, seperti di Ruko Smartmarket Ampera, Terminal Kalideres, Daerah Kapuk, Cengkareng, Jembatan Gantung, Agra Mas Pasar Rebo, Teluk Gong, Terminal Tanjung Priok, dan lain-lain.

Sementara untuk tempat turun di Jogja, bus tersebut berhenti di beberapa tempat juga. Contohnya, Terminal Giwangan, Terminal Jombor, Agen Agra Mas Gamping 1, Pasar Baru Sentolo, Agen Agra Mas Dongkelan 1, dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang berasal dari Tangerang, bus ini juga menyediakan pengangkutan penumpang dari daerah tersebut. Yang berasal dari Cikarang, Karawang, Bekasi, Bogor, Serang, dan Depok, sudah tersedia pula Agra Mas di daerah Anda.

Kemudian, untuk harga dibedakan berdasarkan tipe busnya, seperti:

Tipe BusHargaJumlah KursiFormat Kursi
ExecutiveRp. 265.000322 – 2
VIPRp. 205.000262 – 2

Mengenai jam keberangkatan Agra Mas, bus tersebut sangat fleksibel. Jam keberangkatan dari Jakarta paling pagi adalah pukul 5.15 pagi dan yang paling akhir adalah jam 18.30 sore. Selain itu, fasilitas yang transportasi ini tawarkan pun cukup lengkap. Antara lain kursi recliner, sandaran kaki, bantal, selimut, tempat istirahat hingga stop kontak.

Tak Berdesakan, Semua Eksklusif
© freepik.com
2
Tak Berdesakan, Semua Eksklusif

Cahaya Trans

Rekomendasi kami

Berbeda dengan Agra Mas, Cahaya Trans hanya menyediakan bus tipe eksekutif saja dan limited seat. Kursi yang tersedia di semua busnya adalah 30 kursi. Untuk fasilitas super lengkap hampir sama dengan Agra Mas, namun tidak ada sandaran kaki dan stop kontak.

Untuk tempat di mana Anda bisa naik bus Cahaya Trans dari Jakarta, ada beberapa tempat yang perlu Anda catat. Misalnya:

  • Agen Cahaya Trans Pondok Pinang, Pasar Rebo,
  • Agen Cahaya Trans Kiwi, Cijantung, dan Petukangan

Sementara untuk tempat turun di Jogja, Plesirmania bisa turun di beberapa titik:

  • Agen Cahaya Trans Jombor
  • Terminal Giwangan

Tak lengkap rasanya apabila Anda tidak mengetahui harga yang PO Cahaya Trans tawarkan, baik untuk keberangkatan pagi dan sore, bus tersebut menawarkan harga Rp. 275.000. Anda bisa berangkat di jam berikut:

Jam Pagi

Jam Sore

  • 06.10
  • 06.30
  • 06.50
  • 07.00
  • 07.10
  • 16.30
  • 17.00
  • 17.05
  • 17.15
  • 17.30
  • 18.30
Bus Termurah yang Bisa Anda Pertimbangkan
© freepik.com
3
Bus Termurah yang Bisa Anda Pertimbangkan

Sumber Alam

Rekomendasi kami

Selanjutnya, bis yang menyediakan travel ke Jogja dari Jakarta dan Serang (tidak termasuk Bandung) adalah Sumber Alam. Bus tersebut merupakan alternatif bus antar kota super murah. Khusus PO Sumber Alam, Plesirmania bisa naik di beberapa tempat di Jakarta dan turun di beberapa tempat di Jogja seperti pada tabel berikut:

JakartaJogja
  • Terminal Bus Pasar Minggu
  • Agen Sumber Alam Pondok Pinang
  • Terminal Kampung Rambutan
  • Terminal Bus Terpadu Pulo Gebang
  • Agen Sumber Alam Ampera
  • Terminal Grogol
  • Agen Sumber Alam Cengkareng
  • Teriminal Kalideres
  • Sumber Alam Temon, Godean, Brosot
  • Terminal Giwangan
  • Pool Sumber Alam Yogyakarta
  • Agen Sumber Alam Pedes, Gamping, Nanggulan
  • Terminal Palpabang
  • Terminal Jombor
  • Sumber Alam Imogiri

Sedangkan untuk harga, PO Sumber Alam membedakannya dengan beberapa kategori, seperti:

  • Bus dengan kursi 36 harga terbagai dua, yaitu Rp. 185.000 dan Rp. 210.000
  • Bus dengan kursi 28 harga terbagai dua, yaitu Rp. 165.000 dan Rp. 210.0000

Untuk fasilitas antara keduanya sama-sama tersedia bagasi super besar, clean trip, stop kontak, AC, dan lainnya. Kemudian, baik kursi 36 dan 28 menawarkan format kursi 2 – 2. Jika Plesirmania ingin naik bus Sumber Alam, maka perhatikan jam keberangkatannya. Bus tersebut melayani jam keberangkatan dari 6.30 pagi hingga 18.45 sore.

Pilihan Tepat bagi yang Suka Berangkat Pagi
© freepik.com
4
Pilihan Tepat bagi yang Suka Berangkat Pagi

Pandawa 87

Rekomendasi kami

Apabila Plesirmania ingin menikmati perjalanan super cepat menggunakan bis ke Jogja, maka pilihannya ada pada bus Pandawa 87. PO Pandawa 87 menjanjikan lama waktu perjalanan hanya 8 jam 45 menit. Bus ini pun menawarkan kelas executive saja dengan jumlah kursi terbatas 30 dan format kursi 2 – 2.

Tidak hanya kursinya yang terbatas, tempat naik-turun maupun jam keberangkatan juga tampaknya terbatas. Bus Pandawa 87 secara khusus mengangkut penumpang dari Agen Pondok Pinang Pandawa 87 dan Agen Pasar Rebo Pandawa 87.

Sedangkan tempat untuk Anda turun, bus tersebut mengisyaratkan tiga titik. Contohnya Pandawa 87 Ponjong, Agen Prambanan 1 Pandawa 87, dan Terminal Giwangan. Sayangnya, PO Pandawa 87 hanya menyediakan jam keberangkatan pukul 07.00, 07.15, dan 07.30.

Bagaimana dengan fasilitas dan harga? Dengan harga Rp. 270.000 per kursi, penumpang sudah dapat fasilitas cukup mumpuni. Misalnya kursi recliner, AC, air minum, makanan, bantal, dan lain-lain.

Tersedia Dua Pilihan Spesial Format Kursi 2-2 dan 1-2
© freepik.com
5
Tersedia Dua Pilihan Spesial Format Kursi 2-2 dan 1-2

Shafari Dharma Raya

Rekomendasi kami

Satu lagi armada bus yang tak boleh Anda lewatkan ialah Safari Dharma Raya. Hampir sama seperti yang lain dalam artian menawarkan bus, Safari Dharma Raya memiliki tipe eksekutif dengan dua pilihan kursi, 32 dan 22. Untuk kursi berjumlah 32, formatnya 2- 2 dan jumlah kursi 22, formatnya 1 – 2.

Plesirmania bisa naik bis tersebut dari dua titik keberangkatan, yaitu Safari Dharma Pool OBL Kebayoran Lama dan Safari Dharma Pool OBL Pondok Pinang 1. Untuk tempat berhenti wilayah Jogja, Anda bisa turun di Terminal Jombor dan Kantor Perwakilan Safari Dharma Raya Janti. Sayangnya, bis tersebut tidak menawarkan titik turun di Terminal Giwangan.

Kemudian mengenai fasilitas, tim Plesir akanterkejut karena baik bis SDR dengan 22 kursi dan 32 kursi sama-sama memiliki fasilitas lengkap. Contohnya kursi recliner, sandaran kaiki, perangkat stop kontak, makanan ringan, air minum, sampai bagasi besar. Dengan fasilitas lengkap seperti itu, Anda harus membayar tiket sebesar:

Jumlah KursiJam KeberangkatanHarga
3207.00Rp. 210.000
3216.20Rp. 245.000
2217.00Rp. 280.000
2217.15Rp. 280.000

Lebih lanjut, seperti yang Anda lihat pada tabel, PO Safari Dharma Raya secara khusus memberangkatkan penumpang pada pagi hari di jam 7 dan jam terakhir mengangkut penumpang adalah jam 5 sore lebih 15 menit.

Fasilitas Mumpuni, Harga Boleh Diadu!
© freepik.com
6
Fasilitas Mumpuni, Harga Boleh Diadu!

Rosalia Indah

Rekomendasi kami

Dari pencarian informasi oleh tim Plesir melalui web resmi Rosalia Indah, bus ini memang menyediakan travel jurusan Jakarta – Jogja dengan tipe bus eksekutif dan executive plus. Untuk keadaan kursinya sama semua, yaitu 2 – 2. Sedangkan info jumlah kursi tampaknya hanya 30 buah.

PO Bus Rosalia Indah juga menyediakan titik keberangkatan di beberapa tempat seperti bis-bis sebelumnya. Di antaranya, Cengkareng, Cijantung, Kampung Rambutan, Pasar Minggu, Pasar Rebo, Pulo Gebang, Terminal Pondok Pinang, dan Terminal Kalideres. Sementara itu, Plesirmania hanya bisa berhenti di satu titik saja di Jogja, yaitu di Terminal Giwangan.

Rata-rata keberangkatan yang bus tersebut tawarkan adalah mulai jam 7 pagi. Namun, ada pula di sore hari, yaitu jam 14.30. Untuk rincian harga, Anda dapat membelinya di kisaran Rp. 215.000. Khusus untuk executive plus, harganya Rp. 220.000.

Lalu, apakah harga tersebut mewakili fasilitas yang didapatkan? Ya, tentu saja. Bahkan lebih. Bis tersebut mempunyai fasilitas lengkap dari AC hingga kursi recliner sekelas Arga Mas.

Masih Worth It Walau Jam Berangkat Limited di Siang Hari
© freepik.com
7
Masih Worth It Walau Jam Berangkat Limited di Siang Hari

Santoso

Rekomendasi kami

Kalau bus sebelumnya tersedia keberangkatan pada pagi hari, sayangnya pada PO Santoso tidak ada. Seperti info yang tertera di situs redbus.id, jurusan Jakarta – Jogja hanya berangkat pukul 13.15, 14.00, 14.40, 15.00, 15.30, dan 15.40.

Jika Anda berencana pergi dari Jakarta ke Jogja menggunakan bis Santoso, catatlah titik keberangkatannya. Diantaranya adalah Terminal Kalideres, Mampang Prapatan, dan Kampung Rambutan. Sementara untuk titik pemberhentian, ada di Terminal Jombor dan Sleman. Untuk waktu yang tidak ditentukan, bis tersebut tak berhenti di Terminal Giwangan.

Lebih lanjut, PO Bus Santoso tampaknya juga tidak menyediakan kelas eksekutif. Sebaliknya hanya ada kelas VIP. Dengan tersedianya kelas VIP, bis ini membawa jumlah kursi sebanyak 32 buah. Walaupun fasilitas seperti kursi reclining ada, nyatanya fasilitas yang lain belum selengkap Arga Mas. Maka itu, harganya cukup di kisaran Rp. 225.000 saja.

Bis Tingkat Super Luas
© freepik.com
8
Bis Tingkat Super Luas

Unicorn Indorent

Rekomendasi kami

Bagi Anda yang ingin naik bis tingkat ke Jogja, tim Plesir sarankan pakai Unicorn Indorent Double Decker (bus tingkat). PO Unicorn Indorent menyediakan dua pilihan kategori jumlah kursi dengan format yang sama, yaitu 1-2. Jumlah kursinya tersedia 6 kursi dan 25 kursi.

Mengenai titik keberangkatan dan titik pemberhentian, Anda dapat melihatnya di bawah ini:

KeberangkatanPemberhentian
  • Pondok Pinang
  • Kampung Rambutan
  • Terminal Bus Terpadu Pulo Gebang
  • Prambanan
  • Terminal Giwangan
  • Dongkelan
  • Gamping
  • Terminal Jombor

Lalu, dari fasilitas hingga ketersediaan jam keberangkatan tak kalah dengan bus yang telah tim Plesir sebutkan tadi. Bus Unicorn Indorent sendiri menawarkan fasilitas super lengkap, seperti AC, kursi recliner, stop kontak, sandaran kaki, air minum panas, dispenser air minum hingga hiburan personal.

Dengan fasilitas sangat lengkap ini, Anda hanya perlu membayar Rp. 400.000 untuk kelas double decker eksklusif dan Rp. 425.000 untuk kelas double decker super eksklusif. Harganya cukup terjangkau dan sebanding dengan apa yang Anda dapatkan! Plesirmania bisa naik bis tersebut di jam berikut:

  • Pagi Hari: 05.50, 06.40, dan 07.30
  • Sore Hari: 16.30 dan 18.30
Ada Fasilitas Sleeper, Pecinta Tidur Wajib Coba!
© freepik.com
9
Ada Fasilitas Sleeper, Pecinta Tidur Wajib Coba!

Semeru Trans Bus

Rekomendasi kami

Setelah tadi ada bis tingkat, kini ada pilihan bus sleeper dari Semeru Trans Bus. Khusus bus sleeper dari Semeru Trans Bus, pilihan kelasnya hanya ada kelas suite dengan jumlah kursi 35 buah beserta format kursi 2-2. Sedangkan untuk kelas executive, jumlah kursinya sekitar 48 buah dengan format kursi yang sama.

Semeru Trans juga menawarkan banyak titik keberangkatan dan titik pemberhentian. Ingin tahu tempatnya? Siapkan catatan Anda segera:

KeberangkatanPemberhentian
  • Kalideres Pertamina
  • Lebak Bulus KFC BOX Pasar Jumat
  • Pondok Pinang Indomaret H Sadikin
  • SPBU Coco Grogol
  • Terminal Bus Terpadu Pulo Gebang
  • Pool Semeru Trans Jombor Yogya
  • Alfamart Bendogantungan Klaten
  • Semeru Trans Gading

Lalu, tentang jam keberangkatan untuk bus sleeper kelas suite dan eksekutif tersedia sejumlah opsi. Mulai dari 17.30, 17.50, 17.55, 18.00, sampai jam terakhir 19.15. Sesuai dengan info di Traveloka, belum ada jam keberangkatan pagi.

Mengenai fasilitas dan harga travel Jogja Jakarta, Solo dengan Semeru Trans Bus dapat Anda catat seperti poin di tabel berikut:

 FasilitasHarga
Executive non sleeper
  • AC, kursi recliner, toilet, bagasi besar
  • Hiburan personal, port USB, dispenser air minum
Rp. 275.000
Suite sleeper
  • Selimut, AC, port USB, bagasi besar
  • Dispenser air minum, hiburan personal
  • Kursi recliner, toilet, tempat istirahat
Rp. 500.000
Naik Minibus Gak Banyak Penumpang Makin Nyaman
© freepik.com
10
Naik Minibus Gak Banyak Penumpang Makin Nyaman

Bass Trans Travel

Rekomendasi kami

Daftar terakhir referensi untuk transportasi umum via darat adalah Bass Trans Travel. Bagi Anda yang enggan naik bus, mobil travel dapat menjadi alternatif. Minibus ini menyediakan total 12 kursi dengan format 2-2. Lebih lanjut, perhatikan kolom di bawah!

KeberangkatanPemberhentianJam KeberangkatanHarga
SPBU Bensin Pasar ReboKantor Pos Besar Yogya18.30Rp. 400.000
Mall of Indonesia19.00
20.00

Seperti yang Anda lihat, terdapat 2 titik keberangkatan, yaitu di SPBU Bensin Pasar Rebo dan Mall of Indonesia dan khusus titik pemberhentian hanya tersedia di Kantor Pos Besar Yogya. Minibus Bass Trans Travel saat ini menyediakan tiga jadwal jam keberangkatan, yaitu jam setengah tujuh, jam tujuh, dan jam delapan.

Semua pilihan titik keberangkatan dan jamnya dikenakan tarif mulai Rp 400 ribu. Harga tersebut sudah termasuk fasilitas standar yang akan Plesirmania dapatkan, antara lain AC, bagasi, port USB, serta makanan dan minuman.

Tanya Jawab Seputar Travel ke Jogja dari Jakarta

Setelah membaca bagian utama travel Jakarta Jogja murah, saatnya melihat beberapa pertanyaan terkait topik yang sama. Berikut daftarnya:

Berapa jam dari Jogja ke Jakarta naik travel?

Dari Jogja ke Jakarta naik travel menghabiskan waktu kurang lebih 13 jam.

Berapa lama naik bus Jakarta ke Jogja?

Sama seperti naik travel, lama perjalanan naik bus dari Jakarta ke Jogja adalah lebih kurang 13 jam.

Bus Jogja Jakarta apa aja?

Ada Sinar Jaya, Sumber Alam, Agra Mas, Safari Dharma Raya, Unicorn Indorent, Sant Gold, Handoyo, Mulyo Indah, Gunung Harta Solutions, dan lain-lain.

Berapa harga travel Jakarta Jogja?

Harga travel dari Jakarta ke Yogyakarta mulai Rp 165 ribuan.

Naik bus di terminal apa dari Jakarta?

Plesirmania bisa naik bus di Terminal Rawamangun dari Jakarta.

Berapa jarak Jakarta Jogja?

Jumlah jarak dari Jakarta ke Jogja adalah sekitar 568 kilometer.

Surabaya Jogja naik bus apa?

Plesirmania bisa naik bus Sugeng Rahayu.

Kesimpulan: Travel ke Jogja dari Jakarta

Tibalah saatnya mengakhiri pembahasan tour and travel Jakarta Jogja ini. Bagaimana Plesirmania? Apakah ada di antara list sepuluh bis tadi yang ingin Anda coba naiki?

Jika iya, segeralah pesan tiket busnya sebelum kehabisan! Ingat bahwa bukan hanya Anda yang ingin menghabiskan waktu di DIY. Di setiap kolom sudah tersedia link membeli tiket bus. Klik di situ, ya!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo