Hide Menu

Plesirmania Ingin Pergi ke Dieng Wonosobo? Pakai Saja 5 Cara ke Dieng Naik Kereta Ini!

Cara Super Mudah Naik Kereta ke Stasiun untuk ke Dieng, Hanya Perlu Pesan Online! Baca Cara Lengkapnya di Sini!

Artikel Cara ke Dieng Naik Kereta ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Cara ke Dieng Naik Kereta 2024
© freepik.com

Benarkah ke Dieng Bisa Naik Kereta?

Benarkah ke Dieng Bisa Naik Kereta?
freepik.com

Sangat bisa, akan tetapi kereta tersebut bukan langsung sampai di Desa Dieng. Plesirmania perlu oper ke kendaraan lain setelah sampai di stasiun terdekat. Sebagai langkah awal, Anda harus naik kereta dari stasiun asal ke stasiun paling dekat dari daerah tujuan. Kemudian, Anda harus naik minibus.

Sebagai contoh, naiklah kereta di Stasiun Pasar Senen Jakarta, Stasiun Gubeng Surabaya, dan Stasiun Yogyakarta atau Lempuyangan Jogja. Tidak hanya itu, Anda juga bisa naik kereta dari Stasiun Kiaracondong Bandung dan Stasiun Kota Lama Malang. Nama stasiun tersebut akan menuju Stasiun Purwokerto, yang mana stasiun tersebut adalah stasiun terdekat dari daerah dataran tinggi Dieng.

Supaya Anda dapat memahami lebih dalam cara ke Dieng naik kereta, ikuti cara singkatnya di bagian selanjutnya. Perhatikan langkah demi langkah, ya. Bila perlu, bookmark informasi berikut. Siap? Gulirkan layar HP Anda sekarang!

Naik Kereta ke Dieng Turun Dimana?

Naik Kereta ke Dieng Turun Dimana?
freepik.com

Kalau Anda berencana untuk berangkat dari Jakarta ke Dieng naik kereta, terdapat 2 opsi turun stasiun. Anda bisa pilih jalur yang turun di Stasiun Purwokerto di Purwokerto atau Stasiun Kutoarjo di Kutoarjo. Kedua stasiun tersebut adalah stasiun yang paling dekat untuk menuju daerah tujuan.

Selain daripada kedua nama stasiun tersebut, masih ada dua stasiun lagi yang bisa Plesirmania gunakan sebagai tempat transit. Kedua stasiun itu adalah Stasiun Weleri di Kendal dan Stasiun Batang di Batang. Namun, Stasiun Weleri dan Stasiun Batang tidak cukup dekat dengan Dieng.

Kenapa Harus Naik Kereta ke Dieng?

Kenapa Harus Naik Kereta ke Dieng?
freepik.com

Alasan pertama yaitu naik kereta cukup efisien waktunya. Sama halnya dengan apa yang Ario I et al (2016) sampaikan terkait penggunaan kereta api, banyak pengguna jalan raya lebih memilih menggunakan kereta api karena alasan efisiensi waktu.

Jika tadinya Anda naik kendaraan umum dari Jakarta Purwokerto butuh waktu 7-8 jam di jalan, menggunakan kereta api dapat memangkas waktu hingga 1-2 jam. Bahkan, Jakarta-Purwokerto bisa Anda tempuh dalam kurun waktu 5 setengah jam saja bila naik KA eksekutif.

Alasan kedua adalah kalau naik kereta api waktu tibanya sangat tepat. Hal ini sangat menguntungkan siapapun yang suka bepergian dengan jadwal pasti. Jadi, Anda dapat dengan mudah memperkirakan kapan kereta tersebut sampai di daerah tujuan tanpa pusing jadwal jadi berantakan. 

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Cara ke Dieng Naik Kereta - Terbaru 2024

Untuk Anda yang sudah tidak sabar mengecek tahapan cara ke Dieng naik kereta sambil bawa backpack ala backpacker, harap bersiap mencatatnya di buku catatan. Tanpa berlama-lama lagi, berikut detail penjelasan metode yang tepat. 

1
Pesan Tiket Kereta Online

Cepat, Tepat, dan Tak Perlu Datang ke Stasiun

Pesan Tiket Kereta Online

2
Naik Kereta di Stasiun dari Kota Asal

Cari yang Menyediakan Rute ke Daerah Tujuan

Naik Kereta di Stasiun dari Kota Asal

3
Pilih Jurusan Stasiun Terdekat

Turun di Stasiun Paling Dekat dengan Daerah Tujuan

Pilih Jurusan Stasiun Terdekat

4
Oper Naik Angkutan Umum

Biar Bisa Sampai di Desa Tujuan

Oper Naik Angkutan Umum

5
Sampai di Tujuan

Menghabiskan Waktu 3 Jam untuk Sampai di Tempat

Sampai di Tujuan

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Cepat, Tepat, dan Tak Perlu Datang ke Stasiun
© freepik.com
1
Cepat, Tepat, dan Tak Perlu Datang ke Stasiun

Pesan Tiket Kereta Online

Rekomendasi kami

Membeli tiket sebelum datang ke stasiun merupakan cara pertama yang harus Anda lakukan kalau mau naik kereta. Pemesanan tiket dapat Plesirmania lakukan melalui online travel agent (OTA). Anda juga bisa memesannya dari website KAI Access atau Traveloka.

Kemudian, pilih stasiun asal dan tujuan, tanggal, jam, serta jumlah penumpang seperti yang tertera pada halaman utama situs web. Lebih lanjut pilih kursi, isi data diri, lakukan pembayaran, serta simpan bukti e-tiket.

Cari yang Menyediakan Rute ke Daerah Tujuan
© freepik.com
2
Cari yang Menyediakan Rute ke Daerah Tujuan

Naik Kereta di Stasiun dari Kota Asal

Bagi Plesirmania yang ingin naik kereta api dari Jakarta, ada sejumlah stasiun yang menyediakan rute wisata Jakarta – Dieng lewat beberapa stasiun. Ada nama stasiun asal dan stasiun tujuan yang sudah tim Plesir sebutkan sebelumnya. Berikut rinciannya:

Stasiun AsalStasiun Tujuan
Pasar Senen
  • Purwokerto
  • Kutoarjo
  • Weleri
  • Batang
Gambir
  • Purwokerto
  • Kutoarjo

Tabel di atas menunjukkan bahwa naik kereta dari Jakarta bisa dilakukan di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir. Jadi, Plesirmania dapat bergegas naik di salah satu stasiun tersebut.

Turun di Stasiun Paling Dekat dengan Daerah Tujuan
© freepik.com
3
Turun di Stasiun Paling Dekat dengan Daerah Tujuan

Pilih Jurusan Stasiun Terdekat

Rekomendasi kami

Setelah naik dari stasiun asal Anda pergi, maka turunnya nanti harus di stasiun paling dekat dari Wonosobo, supaya tidak terlalu jauh oper angkutan umum dari sana. Di bawah ini adalah jumlah jarak masing-masing stasiun yang paling dekat:

Nama StasiunJumlah Jarak
Purwokerto106 km
Kutoarjo90 km

Tabel tersebut menunjukkan bahwa jarak terdekat menuju daerah dataran tinggi Dieng ialah Stasiun Kutoarjo. Maka itu, Anda dapat memesan tiket kereta dari Stasiun Pasar Senen atau Gambir ke Stasiun Kutoarjo saja.

Biar Bisa Sampai di Desa Tujuan
© freepik.com
4
Biar Bisa Sampai di Desa Tujuan

Oper Naik Angkutan Umum

Setelah Anda sampai di stasiun tujuan, maka langkah selanjutnya adalah naik angkutan umum atau minibus ke Desa Dieng di Terminal Kutoarjo Jalan Giri Rejo Barat atau di Terminal Bulupitu Purwokerto Jalan Karanggayam.

Bagi Anda yang berasal dari Ajibarang dan Purbalingga tak perlu naik kereta api, langsung saja naik angkutan umum. Untuk harga bisa Anda tanyakan ke kernet langsung atau di loket pembelian tiket. Lama perjalanan dari stasiun ke desa tujuan akan memakan waktu kurang lebih 3 jam.

Menghabiskan Waktu 3 Jam untuk Sampai di Tempat
© freepik.com
5
Menghabiskan Waktu 3 Jam untuk Sampai di Tempat

Sampai di Tujuan

Sehabis melakukan perjalanan panjang selama tiga jam-an menggunakan angkutan umum, Anda telah sampai di Terminal Dieng. Akhirnya, tiba juga di daerah tujuan Anda!

Dari sini, Anda bisa berjalan kaki keluar dari terminal menuju penginapan yang sudah Anda pesan jauh-jauh hari. Tim Plesir ucapkan selamat memulai liburan di dataran dingin ini!

Tanya Jawab Seputar Cara ke Dieng Naik Kereta

Kemudian, bacalah sejumlah pertanyaan di bawah untuk melengkapi pengertian bagaimana cara naik kereta ke dataran tinggi yang super dingin tersebut!

Berapa lama perjalanan dari Jakarta ke Dieng naik bus?

Lama perjalanan dapat Anda tempuh dalam kurun waktu 7 hingga 8 jam.

Apakah ke Dieng bisa naik bus?

Ya, bisa. Plesirmania bisa naik minibus dua kali. Sebagai contoh dari Jogja ke Wonosobo dan Wonosobo ke Dieng.

Kapan bagusnya ke Dieng?

Bulan Mei sampai September. Pada bulan-bulan ini, musim masih kemarau dan belum musim hujan. Jadi, Anda tidak akan terlalu kedinginan saat ke Dieng. 

Dari Wonosobo ke Dieng naik apa?

Ada tiga transportasi yang bisa Anda naiki, antara lain shuttle bus atau minibus, ojek, dan taksi DNA  yang biasanya pakai mobil Avanza.

Kesimpulan: Cara ke Dieng Naik Kereta

Demikian uraian mendalam terkait trip solo ke Dieng naik kereta. Ingat selalu bahwa start perjalanan adalah memesan tiket secara daring, lalu pergi ke stasiun terdekat di kota asal, turun di stasiun paling dekat dengan daerah tujuan, naik angkutan umum ke daerah tujuan, dan sampailah Plesirmania. 

Jika budget yang Anda miliki terbatas, bepergian ke dataran tinggi ini dengan cara backpacker pun jadi solusi. Tidak hanya menekan biaya, namun Anda masih bisa mengunjungi destinasi favorit. Jadi, apa Plesirmania siap liburan ke Dieng? 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo