Hide Menu

Gak Perlu Modal Banyak, Begini 6 Cara Backpacker ke Lombok dari Jakarta yang Efektif

Rangkuman Macam-Macam Cara Backpackeran dengan Biaya Terjangkau, Dijamin Selamat Sampai di Tempat

Artikel Backpacker ke Lombok dari Jakarta ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Backpacker ke Lombok dari Jakarta 2024
© freepik.com

Naik Apa Backpacker ke Lombok dari Jakarta?

Naik Apa Backpacker ke Lombok dari Jakarta?
freepik.com

Tim Plesir sarankan Anda pergi naik kereta api karena murah dan cepat. Kendati demikian, ada sejumlah kendaraan yang bisa Anda naiki agar cepat sampai saat mengantarkan ke tempat tujuan di Lombok, contohnya pesawat terbang.

Ada juga kapal, tapi transportasi ini tidak bisa mengantarkan Anda langsung seperti pesawat terbang. Persis seperti naik kereta, naik kapal pun harus transit di Surabaya. Kalau ingin biaya super murah lagi, Plesirmania bisa naik kendaraan pribadi, motor misalnya.

Namun, tim Plesir tidak menyarankan naik motor atau mobil dari Jakarta karena bisa bikin capek di jalan dan lama di perjalanan. Maka, dari semua jenis kendaraan tersebut ada dua opsi kendaraan biaya terjangkau, yaitu naik kereta api dan naik kapal.

Untuk detail bagaimana cara backpacker ke Lombok dari Jakarta dan penjelasan naik transportasi yang mudah, murah, serta nyaman dapat Plesirmania ikuti di section selanjutnya. Ayo lanjutkan baca artikel ini sampai selesai!

Wisata Murah Backpacker Jakarta di Lombok

Wisata Murah Backpacker Jakarta di Lombok
freepik.com

Sebagai backpacker sejati, hal-hal murah bukanlah tentang biaya transportasi saja namun biaya tiket masuknya juga. Agar masuk tempat wisata di Lombok bayar murah atau bahkan tak bayar sama sekali, tim Plesir sarankan pergi ke beberapa tempat di bawah ini:

  • Pantai Senggigi

Menurut Pahrul I dan Apriani (2017), beberapa pantai di Pulau Lombok yang cukup terkenal salah satunya Pantai Senggigi. Lokasi pantai ini berada di Jalan Raya Senggigi, Batu Layar. Pantai Senggigi menawarkan air pantai yang jernih nan kebiruan. Anda bisa berenang, snorkeling, bermain kano, bahkan berselancar di sini. Jangan lupa membayar budget tiket masuknya sebesar Rp. 15.000. 

  • Bukit Pergasingan

Bukit ini mempunyai tinggi sekitar 1700 mdpl. Untuk mencapai puncaknya, Anda hanya memerlukan waktu 30 menit saja. Sampai di puncak, Plesirmania akan mendapati pemandangan menakjubkan lanskap Gunung Rinjani, persawahan, dan desa warna-warni. Lokasinya ada di Sembalun Lawang, Lombok Timur. Biaya masuknya sama seperti ke Pantai Senggigi.

  • Air Terjun Mangki Sakti

Destinasi selanjutnya yang bisa Anda datangi dengan biaya murah adalah Air Terjun Mangki Sakti. Masuk ke area air terjun cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000. Yang menarik di air terjun ini adalah warna airnya berwarna hijau toska. Anda bisa mampir ke lokasi ini yang terletak di daerah Sajang, Sembulan.

  • Pantai Tanjung Aan

Satu lagi pantai menarik di Lombok, yaitu Pantai Tanjung Aan. Pantai ini menyuguhkan air yang begitu jernih sampai-sampai Anda bisa melihat karang dengan jelas. Beruntungnya, tidak ada tiket masuk ke sini. Apabila Anda membawa kendaraan, maka wajib membayar parkir saja.

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

6 Backpacker ke Lombok dari Jakarta - Terbaru 2024

Inilah section yang Anda nanti-nantikan, yakni cara libur backpacker membawa backpack dari Jakarta – Lombok. Tim Plesir sudah menyiapkan bagian ini secara rinci. Yuk, baca segera!

1
Beli Tiket Pesawat Jauh-Jauh Hari

Harga Booking Jauh Hari Lebih Murah daripada Beli Dadakan

Beli Tiket Pesawat Jauh-Jauh Hari

2
Gunakan Jalur Darat

Lebih Santai di Perjalanan, Cocok Bagi yang Punya Libur Panjang

Gunakan Jalur Darat

3
Sesekali Coba Naik Kapal

Harganya Murah Meriah, Hanya 200 Ribu Rupiah

Sesekali Coba Naik Kapal

4
Buat Itinerary Lengkap

Jadi Punya Catatan Terperinci Tentang Waktu, Tempat Wisata, dan Keuangan

Buat Itinerary Lengkap

5
Menginap di Homestay

Menginap Sementara Sebaiknya di Penginapan yang Murah-Murah Saja

Menginap di Homestay

6
Patungan dengan Backpacker Lain

Jalan Keluar Buat Wisata Murah di Kantong

Patungan dengan Backpacker Lain

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Harga Booking Jauh Hari Lebih Murah daripada Beli Dadakan
© freepik.com
1
Harga Booking Jauh Hari Lebih Murah daripada Beli Dadakan

Beli Tiket Pesawat Jauh-Jauh Hari

Rekomendasi kami

Kalau mode backpacker apakah masih boleh naik pesawat? Sebenarnya tergantung budget Anda. Menjadi backpacker tidak melulu harus serba murah, yang penting hemat. Apabila keputusan Anda bulat untuk naik pesawat, maka pastikan pesan jauh-jauh hari.

Memesan tiket pesawat jauh-jauh hari sangat menguntungkan karena harganya jadi lebih murah. Terlebih lagi, naik pesawat tidak membutuhkan waktu lama. Anda akan sampai Lombok dalam waktu 1-2 jam perjalanan. Oleh sebab itu, pilihan ini sangat cocok untuk backpacker yang padat jadwal. 

Lebih Santai di Perjalanan, Cocok Bagi yang Punya Libur Panjang
© freepik.com
2
Lebih Santai di Perjalanan, Cocok Bagi yang Punya Libur Panjang

Gunakan Jalur Darat

Rekomendasi kami

Bagi backpacker yang punya waktu libur panjang, sangat disarankan pergi ke Lombok jalur darat. Ada dua pilihan antara naik kereta api atau bus antar provinsi. Begini caranya:

1. Naik Kereta

Backpackeran ke Lombok dari Jakarta naik kereta, kenapa tidak? Pertama-tama, Anda harus naik kereta jurusan Pasar Senen Jakarta – Pasar Turi Surabaya atau Pasar Senen Jakarta – Yogyakarta Jogja. Kalau naik kereta jurusan Surabaya, Plesirmania bisa naik KA Airlangga ekonomi.

Sementara untuk kereta jurusan Jogja, Anda bisa naik KA Fajar Utama ekonomi. Untuk harga kereta ke Surabaya Rp. 104.000, dan yang ke Jogja Rp. 270.000. Kemudian, untuk mempermudah penilaian Anda, tim Plesir akan menjelaskan lanjutan perjalanan Jakarta via Surabaya.

Plesirmania bisa melanjutkan perjalanan dari Stasiun Gubeng Surabaya ke Stasiun Ketapang Banyuwangi dengan KA Sri Tanjung Ekonomi. Anda harus membayar sebesar Rp. 88.000 untuk tiketnya.

Sesampainya di Stasiun Ketapang, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Ketapang dengan jalan kaki. Jarak Stasiun Ketapang ke Pelabuhan Ketapang cukup dekat, yaitu 650 meter. Kemudian, belilah tiket kapal di pelabuhan tersebut untuk menyebrang dari Pelabuhan Ketapang ke Pelabuhan Gilimanuk. Tiket kapalnya hanya Rp. 11.600.

Apabila telah sampai di Pelabuhan Gilimanuk, Plesirmania boleh meneruskan travel menggunakan bus untuk mengantarkan Anda sampai ke Pelabuhan Padang Bai. Harganya sekitar Rp. 60.000. Kalau Anda tertarik dengan jalan pintas, naiklah fast boat rute Gilimanuk – Gili Trawangan. Biayanya sekali jalan adalah Rp. 480.000.

Akan tetapi, apabila Anda ingin yang murah-murah saja, sesampainya di Pelabuhan Padang Bai Plesirmania bisa pergi dengan kapal menyebrang ke Pelabuhan Lembar Lombok. Biaya tiketnya sebesar Rp. 57.000. Sampailah Anda di tempat tujuan!

2. Naik Bus Antar Provinsi

Sementara kalau naik bus, Plesirmania bisa naik dari beberapa terminal di Jakarta. Contoh terminalnya antara lain Kalideres, Lebak Bulus Pasar Jumat, Kampung Rambutan, dan Pulo Gebang. Kemudian, Anda akan turun di sejumlah titik pemberhentian di Lombok seperti Pelabuhan Lembar, Pelabuhan Kayangan, dan Terminal Mandalika Mataram.

Tim Plesir sarankan naik bus jurusan langsung ke Terminal Mandalika Mataram supaya Anda tidak perlu beli tiket kapal. Untuk harganya sedikit cukup mahal karena perjalanan jauh, yaitu mulai dari 700 ribu rupiah. Cara ini memang lebih simpel daripada naik kereta. Sekali naik saja.

Harganya Murah Meriah, Hanya 200 Ribu Rupiah
© freepik.com
3
Harganya Murah Meriah, Hanya 200 Ribu Rupiah

Sesekali Coba Naik Kapal

Rekomendasi kami

Kalau Anda tidak mabuk laut, wajib coba trip backpacker Lombok naik kapal. Mula-mula Anda harus pergi ke Surabaya naik kereta atau bus. Bila Plesirmania ingin naik kereta, Anda bisa mengikuti panduan naik kereta seperti di penjelasan sebelumnya. 

Namun bila Anda ingin naik bus, baiknya pergi dari beberapa terminal di Jakarta menuju Terminal di Surabaya seperti:

  • Pulo Gebang
  • Kalideres
  • Grogol
  • Kampung Rambutan
  • Pool Damri Kemayoran
  • Tanjung Priok
  • PO Handoyo Lebak Bulus Pasar Jumat
  • PO Handoyo Pulo Gadung

Harga tiket bus Jakarta – Surabaya rata-rata mulai dari Rp. 198.000. Dari Terminal Purabaya, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan Suroboyo bus seharga Rp. 5.000 per penumpang dewasa non-pelajar. Nantinya, Anda akan turun di Pelabuhan Tanjung Perak untuk naik KM Egon jurusan Pelabuhan Lembar.

Perlu Anda ingat bahwa memesan tiket kapal ini lebih baik Anda lakukan secara online sebelum berangkat ke Surabaya karena pelni hanya melayani pembelian tiket kapal 3 jam sebelum kedatangan. Anda bisa memesannya di situs resmi pelni dot co dot id. Sementara itu untuk harga tiketnya untuk satu orang dewasa ialah Rp. 204.000.

Jadi Punya Catatan Terperinci Tentang Waktu, Tempat Wisata, dan Keuangan
© freepik.com
4
Jadi Punya Catatan Terperinci Tentang Waktu, Tempat Wisata, dan Keuangan

Buat Itinerary Lengkap

Membuat rencana perjalanan atau itinerary dapat membantu Plesirmania menghemat budget. Dengan mengetahui mau pergi ke mana saja, Anda bisa memperkirakan pengeluaran dengan maksimal. Entah Anda ingin pergi ke Lombok dari Jakarta atau Bandung, usahakan buat itinerary.

Plesirmania juga bisa dengan gampangnya memprioritaskan destinasi liburan yang paling wajib dikunjungi. Walaupun sebagai backpacker harusnya tidak terikat dengan waktu tertentu, tidak ada salahnya ‘kan membuat rencana perjalanan lengkap karena Anda jadi punya catatan list destinasinya.

Menginap Sementara Sebaiknya di Penginapan yang Murah-Murah Saja
© freepik.com
5
Menginap Sementara Sebaiknya di Penginapan yang Murah-Murah Saja

Menginap di Homestay

Rekomendasi kami

Salah satu tujuan dari backpackeran adalah menjelajahi tempat baru. Dapat diartikan, Anda tidak terlalu membutuhkan penginapan mahal sejenis hotel berbintang. Tim Plesir sarankan menginap saja di homestay, hostel, dorm atau guest house yang biaya penginapannya murah.

Untuk harga sewa semacam homestay dan lainnya mulai dari 50 ribu rupiah saja. Apakah ini sudah include makan pagi? Tentu saja tidak. Anda hanya akan mendapatkan fasilitas menginap pada umumnya yang berupa kasur, kipas angin, bantal, dan meja.

Kamar mandi juga kemungkinan tidak termasuk di dalam kamar dengan harga tersebut. Jika Anda ingin fasilitas yang lebih lengkap, siapkan budget sedikit lebih banyak dari 100 ribu rupiah. 

Jalan Keluar Buat Wisata Murah di Kantong
© freepik.com
6
Jalan Keluar Buat Wisata Murah di Kantong

Patungan dengan Backpacker Lain

Terakhir, tradisi yang juga termasuk cara paling backpackeran adalah saling patungan sesama backpacker. Maksudnya bagaimana? Secara tidak langsung, apabila Anda ingin berwisata super murah maka jangan pergi sendirian.

Plesirmania bisa join dengan backpacker lain. Jadi, kalau mau sewa perahu atau boat untuk island hopping ke beberapa gili, Anda bisa patungan bayarnya. Jadi, ongkos wisata Anda bisa disimpan buat pengeluaran yang lainnya. Gimana, apakah Plesirmania tertarik mencoba?

Tanya Jawab Seputar Backpacker ke Lombok dari Jakarta

Setelah memahami cara backpacker ke Lombok dari Jakarta, Plesirmania bisa lanjut membaca dua pertanyaan di kolom bawah. Simak sekarang!

Berapa biaya liburan ke Lombok?

Kurang lebih 1 juta rupiah dengan estimasi pengeluaran untuk tiket kereta PP, bus antar kota antar provinsi PP, tiket masuk wisata, konsumsi, penginapan, dan lain-lain.

Bagaimana cara murah ke Lombok?

Ada dua pilihan, yaitu naik kereta api dua kali atau naik kapal. Plesirmania juga bisa memilih metode backpacker agar biaya liburan bisa Anda tekan. 

Kesimpulan: Backpacker ke Lombok dari Jakarta

Segera akan tim Plesir tutup rangkuman backpackeran kali ini karena semuanya telah dijelaskan secara rinci. Plesirmania bisa memilih berangkat dengan kereta atau kapal, menginap di homestay, berwisata di tempat-tempat gratis, buat rencana perjalanan lengkap, dan sharing persewaan boat dengan backpacker lain.

Dengan ini, dijamin perjalanan backpacker ke Lombok dari Jakarta terasa hidup dan sukses terencana. Pesan tiketnya dari sekarang dengan klik tombol biru di masing-masing kolom, siapkan barang bawaan, dan mari mulai perjalanan mengembara Anda. Semoga liburan Plesirmania lancar!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo