Hide Menu

Naik Kereta atau Kendaraan Pribadi? Bisa, Ini 5 Pilihan Cara ke Banyuwangi dari Jakarta!

Beragam Cara Menuju Wilayah Paling Utara di Jawa Timur Menggunakan Sejumlah Kendaraan, Pilih Satu yang Paling Nyaman!

Artikel Cara ke Banyuwangi dari Jakarta ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Cara ke Banyuwangi dari Jakarta 2024
© freepik.com

Pergi dari Jakarta ke Banyuwangi Enaknya Naik Apa?

Pergi dari Jakarta ke Banyuwangi Enaknya Naik Apa?
freepik.com

Sekarang ini sudah banyak pilihan kendaraan dari Jakarta menuju Banyuwangi. Anda bisa naik transportasi umum ataupun transportasi milik pribadi. Kalau transum darat contohnya ialah bus, kereta api, dan travel. Sementara kalau transum udara ada pesawat terbang. Plesirmania juga bisa naik kendaraan pribadi, yaitu naik mobil atau motor.

Dari semua transportasi yang telah tim Plesir sebutkan, yang paling nyaman untuk Anda naiki adalah pesawat terbang dan bus. Alasannya naik pesawat tidak memakan waktu lama, dan naik bus tidak perlu transit di dekat beberapa kota. Terlebih naik kereta harganya juga terjangkau. Jadi, layak untuk dicoba.

Bagi Plesirmania yang ingin tahu bagaimana cara ke Banyuwangi dari Jakarta dengan berbagai macam kendaraan tadi, simak terus pembahasan berikut. Siapkan waktu terbaik Anda plus catatan kesayangan. Tanpa berlama-lama lagi, mulailah membaca!

Rekomendasi Destinasi Wisata di Banyuwangi Bagi Pelancong Asal Jakarta

Rekomendasi Destinasi Wisata di Banyuwangi Bagi Pelancong Asal Jakarta
freepik.com

Menurut Indah S, Fadly U, dan Aris S (2020), Kabupaten Banyuwangi adalah kabupaten terluas di Provinsi Jawa Timur dengan potensi pariwisata berbasis ekowisata dan pengembangan berkelanjutan. Wisata seperti inilah yang tak dimiliki oleh warga Jakarta.

Oleh karena itu, tim Plesir ingin membagikan kepada Anda sejumlah destinasi wisata (terutama alam) yang tak akan pernah Anda temui di Ibu Kota Jakarta. Yang pertama adalah Taman Nasional Baluran. Tempat ini menyuguhkan pemandangan ala sabana Afrika yang dipenuhi beragam satwa liar, termasuk kerbau, rusa, monyet ekor panjang, banteng, dan burung merak.

Destinasi kedua yaitu Kawah Ijen. Tentu saja Anda tak akan dapati crater cantik ini di tempat lain karena hanya ada dua di dunia. Kawah Ijen menyuguhkan Anda pengalaman fantastis untuk melihat fenomena unik api biru atau Blue Fire. Api biru sendiri merupakan hasil dari gas sulfur yang terbakar dan muncul di sela-sela retakan G Api Ijen.

Yang terakhir ada Pantai Plengkung, sebuah destinasi wisata di mana Anda bisa melihat keeksotisan indahnya pantai berwarna turquoise atau biru kehijauan. Pantai ini juga terkenal dengan ombaknya yang besar bergulung-gulung, sangat cocok untuk surfing.

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Cara ke Banyuwangi dari Jakarta - Terbaru 2024

Sejatinya, ada beberapa cara untuk sampai di Banyuwangi dari Jakarta. Langsung saja simak cara lengkapnya seperti di bawah ini!

1
Naik Pesawat Terbang

No Antri-Antri, Cepat Sampai Lagi!

Naik Pesawat Terbang

2
Naik Bus

Harga Tiketnya Nyaris Setengah Harga dari Tiket Pesawat

Naik Bus

3
Naik Travel

Minta Jemput di Mana Saja Gampang

Naik Travel

4
Naik Kendaraan Pribadi

Mobil ataupun Motor Bisa

Naik Kendaraan Pribadi

5
Naik Kereta Api

Belum Ada Kereta Langsung, Maka Perlu Transit

Naik Kereta Api

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
No Antri-Antri, Cepat Sampai Lagi!
© freepik.com
1
No Antri-Antri, Cepat Sampai Lagi!

Naik Pesawat Terbang

Rekomendasi kami

Dari sekian banyak moda transportasi umum yang ada, pesawat terbang jadi pilihan terbaik yang bisa Anda andalkan. Sebab, menaiki pesawat terbang untuk melakukan perjalanan Jakarta – Banyuwangi membutuhkan waktu singkat. Capaian waktu yang tercepat adalah 1 jam 45 menit.

Untuk traveler atau pelancong yang ingin liburan dari Jakarta ke Banyuwangi dengan mode “yang penting cepat sampai”, naik pesawat adalah pilihan bijak. Selain itu, ada berbagai macam maskapai yang bisa Anda pilih jika berencana naik pesawat. Beberapa maskapai ini melayani rute penerbangan langsung dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara Blimbingsari.

Maskapai tersebut adalah Nam Air, Citilink, dan Garuda Indonesia. Selain daripada itu, terdapat pula maskapai yang menyediakan rute penerbangan transit, antara lain Lion Air dan Wings Air. Jika sudah memutuskan untuk naik pesawat, siapkanlah harga mulai dari 1 juta rupiah untuk pergi dengan transportasi ini.

Harga Tiketnya Nyaris Setengah Harga dari Tiket Pesawat
© freepik.com
2
Harga Tiketnya Nyaris Setengah Harga dari Tiket Pesawat

Naik Bus

Rekomendasi kami

Selain naik pesawat terbang, Anda juga bisa naik bus. Plesirmania yang ingin bersantai di perjalanan sangat disarankan untuk naik bus karena waktu tempuh kendaraan ini cukup lama. Anda akan menghabiskan waktu hingga 21 jam lamanya, berbeda dengan pesawat terbang yang hanya memakan waktu singkat.

Kemudian, beberapa pilihan bus penyedia rute Jakarta – Banyuwangi juga beragam. Di antaranya adalah Pahala Kencana, Kramat Djati, Lorena, Safari Dharma Raya serta Sinar Jaya. Dimana Anda bisa naik bus tersebut? Silakan naik dari Terminal Pulo Gebang, Cililitan, Pondok Pinang, Pasar Rebo, Terminal Kampung Rambutan, Terminal Kalideres, dan lain-lain.

Untuk tarif busnya cukup bervariasi tergantung Perusahaan Otobus (PO) apa yang Anda tumpangi. Informasi kisaran harga naik bus mulai dari 490 ribu rupiah sampai dengan 600 ribuan rupiah. Bus Pahala Kencana misalnya menawarkan harga Rp. 490.000 sekali jalan per penumpang.

Minta Jemput di Mana Saja Gampang
© freepik.com
3
Minta Jemput di Mana Saja Gampang

Naik Travel

Satu lagi cara mudah ke Banyuwangi yaitu menggunakan travel. Transportasi travel sifatnya menggunakan kendaraan sejenis bus, tetapi lebih kecil seperti tipe-tipe Hiace dan Isuzu Elf. Bila memutuskan naik travel, Anda memiliki kesempatan untuk dijemput di mana saja.

Jika bus dan pesawat terbang dapat mengangkut banyak penumpang, lain halnya dengan travel. Secara khusus, travel hanya menawarkan limited seat (kursi terbatas) berjumlah 6 hingga 12 buah demi meningkatkan kenyamanan penumpang yang banyak membawa backpack. Tak heran jika tidak ada pilihan transum saat musim liburan, travel banyak dicari.

Untuk memesan kendaraan ini, Anda hanya perlu menghubungi agen melalui telepon. Utarakan keinginan Anda mau dijemput di mana, lalu sampaikan tanggal dan jam keberangkatan. Setelah itu, lakukan pembayaran dan selesai! Harga tiket naik travel bermacam-macam tergantung agennya, tetapi rata-rata mulai dari 900 ribu rupiah.

Mobil ataupun Motor Bisa
© freepik.com
4
Mobil ataupun Motor Bisa

Naik Kendaraan Pribadi

Apabila Anda kurang suka bepergian dengan beramai-ramai, opsi naik kendaraan pribadi bisa menjadi cara terbaik. Tapi, Plesirmania harus menyadari bahwa jarak Jakarta – Banyuwangi cukup jauh, yaitu 1000 kilo meter lebih. Perkiraan lama perjalanan di jalan bahkan bisa mencapai 16 jam.

Begini rute yang harus Anda tempuh jika ingin menggunakan kendaraan pribadi (mobil):

Rute Utara

Rute satu ini adalah salah satu yang tercepat. Anda akan melintasi beberapa land kota besar seperti Semarang, Gresik, Genteng Surabaya, Probolinggo, Kucur Malang, dan Situbondo. Kemudian, Plesirmania bisa mengambil via jalan tol dari arah Jakarta ke Surabaya. Setelah itu, lanjutkan perjalanan ke Jember menuju tempat tujuan, Banyuwangi.

Rute Selatan

Ini merupakan rute alternatif dari rute utara. Plesirmania akan melewati daerah Pesisir Jawa apabila mengambil rute ini. Selain daripada itu, Anda juga akan menuju lintas kota Jawa Barat seperti Bandung, lalu Yogyakarta, Solo, Blitar, dan Jember.

Naik kendaraan milik diri sendiri memang tidak perlu membayar tiket. Akan tetapi, sebagai gantinya Anda harus mengeluarkan uang untuk bahan bakar yang setara atau bahkan lebih dari harga tiket bus.

Belum Ada Kereta Langsung, Maka Perlu Transit
© freepik.com
5
Belum Ada Kereta Langsung, Maka Perlu Transit

Naik Kereta Api

Rekomendasi kami

Cara terakhir untuk sampai ke Banyuwangi dari Jakarta adalah dengan naik kereta api. Anda bisa naik KA ekonomi, bisnis, maupun eksekutif. Namun, Plesirmania harus naik kereta dua kali karena belum ada pembukaan jalur Jakarta-Banyuwangi kereta secara langsung.

Anda bisa naik dari beberapa stasiun di Jakarta dan turun di Stasiun Gubeng Surabaya, lalu melanjutkan naik kereta ke Banyuwangi. Plesirmania juga bisa naik kereta jurusan Jakarta – Yogyakarta, lalu meneruskan naik kereta jurusan Jogja – Banyuwangi. Dari Jogja, Anda bisa naik rangkaian kereta Sri Tanjung, Wijayakusuma atau connecting trains (kereta penghubung).

Lebih lanjut, kalau Anda ingin pergi ke Banyuwangi lewat Surabaya, maka Plesirmania dapat memilih naik KA Argo Bromo Anggrek, Sembrani 48, Bima 44 atau Bangunkarta 56. Anda bisa naik di Stasiun Gambir dan turun di Stasiun Gubeng atau Stasiun Pasar Turi.

Kemudian, Plesirmania juga bisa naik dari Stasiun Pasar Senen dan turun di Stasiun Pasar Turi. Untuk pilihan kereta apinya yaitu Kertajaya, Dharmawangsa, Kertajaya, Airlangga, dan Gumarang. Setelah itu, lanjutkan perjalanan dengan naik KA jurusan Surabaya – Banyuwangi. Ada empat opsi kereta dengan jurusan tersebut, yaitu Probowangi, Sri Tanjung, Blambangan Ekspres, dan Wijayakusuma.

Sementara itu, total waktu perjalanan Anda dari Jakarta ke Banyuwangi menggunakan kereta adalah 16 sampai dengan 17 jam. Mengenai harga tiket keretanya bisa Anda lihat pada tabel berikut:

JurusanHarga (mulai dari)
Jakarta – SurabayaRp. 100.000
Surabaya – BanyuwangiRp. 80.000
Jakarta – JogjaRp. 270.000
Jogja – BanyuwangiRp. 340.000

Satuan harga seperti pada tabel merupakan contoh harga tiket KA kelas ekonomi. Untuk bagian jadwal kereta Jakarta Banyuwangi terbaru, Anda bisa mencari infonya di situs resmi PT KAI. Di luar itu, apabila Anda ingin bepergian ke Pelabuhan Ketapang dari Stasiun Jember, Anda bisa naik KA Pandanwangi.

Tanya Jawab Seputar Cara ke Banyuwangi dari Jakarta

Baca juga bagian pertanyaan berikut sebelum beralih ke penutup seri cara ke Banyuwangi dari Jakarta ini. Ayo teruskan!

Berapa jam naik kereta api dari Jakarta ke Banyuwangi?

Jika penasaran atas jawaban Jakarta ke Banyuwangi berapa jam dengan kereta api, Anda butuh waktu sekitar 21 jam.

Berapa jam naik bus dari Jakarta ke Banyuwangi?

Jawaban dari pertanyaan Jakarta Banyuwangi berapa jam adalah kurang lebih 15 jam perjalanan tanpa henti.

Kesimpulan: Cara ke Banyuwangi dari Jakarta

Akhirnya, tim Plesir telah merampungkan informasi mengenai cara ke Banyuwangi dari Jakarta. Terhitung ada lima cara pergi ke kabupaten tersebut, yakni naik pesawat, kereta, bus, travel, dan kendaraan pribadi.

Semua caranya dijamin dapat mengantarkan Anda sampai tujuan. Jadi, Plesirmania lebih pilih yang mana untuk traveling ke BWI

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo