Hide Menu

Mana Nih yang Mau ke Jepara? Jangan Lupa Ikuti 5 Cara Backpacker ke Karimunjawa dari Solo!

Pertama-tama, Tentukan Jadwal. Kedua dan Selanjutnya Ikuti Cara-Cara di Artikel ini!

Artikel Backpacker ke Karimunjawa dari Solo ini diposting diperbarui
5 Pembaca
Like
Backpacker ke Karimunjawa dari Solo 2024
© freepik.com/tirachard

Backpacker Ke Karimunjawa Bawa Apa Aja?

Backpacker Ke Karimunjawa Bawa Apa Aja?
freepik.com

Pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda tentang istilah backpacker. Yup! Backpacker merupakan pelancong atau orang yang suka bepergian dengan memanfaatkan budget rendah. Selain itu, ciri khas mereka adalah menggendong tas punggung dengan isian minimum pula. Sebenarnya, apa sih yang mereka bawa kalau ke Karimunjawa?

Perlu diketahui bahwa tidak ada barang mutlak yang harus seorang backpacker bawa ke Pulau Karimun Jawa. Namun, bila Anda masih tetap ingin tahu, coba cek list berikut:

  • Backpack atau Tas Punggung

Tentu saja, Anda harus membawa tas punggung untuk menyimpan semua barang bawaan.

  • Pakaian Secukupnya dan Baju Renang

Kalau ke Karimunjawa pasti harus bawa pakaian secukupnya atau yang bisa match dengan semua pakaian, dan yang terpenting bawa baju renang.

  • Sunblock

Membawa sunblock berguna untuk mencegah kulit Anda gatal-gatal akibat paparan sinar matahari ketika berenang.

  • Botol Minum yang Bisa Dilipat

Daripada membawa botol minum yang bulat besar, bawalah botol yang bisa dilipat. Membawa botol itu masuk dalam kategori penghematan. Jadi, tak perlu membeli air. Ambil saja air dari tempat penginapan.

  • Bantal Leher

Untuk traveller yang akan bepergian dengan durasi perjalanan cukup lama, bawa bantal leher itu wajib. Anda bisa tidur bersandarkan bantal leher. Jadi, leher tidak pegal!

  • Jas Hujan Plastik

Ada kalanya cuaca tidak mendukung untuk melakukan perjalanan, seperti hujan turun. Sehingga, membawa jas hujan plastik akan sangat membantu Anda untuk melanjutkan perjalanan di bawah rintik hujan.

  • Peralatan Mandi

Alat-alat mandi adalah hal wajib bagi siapapun yang ingin bepergian, tanpa terkecuali seorang backpacker.

  • Sandal Gunung

Kalau Plesirmania berangkat pakai sepatu, maka bawa sandal gunung sangat perlu. Sebab, keadaan pantai di Karimunjawa berpasir dan kemungkinan besar sepatu Anda mudah kemasukan pasir.

  • Alat Elektronik

Peralatan elektronik seperti handphone, power bank, dan kamera digital merupakan barang bawaan yang backpacker harus ingat untuk dibawa. Dengan membawa barang tersebut, Anda akan terbantu untuk melihat maps, mencari informasi penting seputar lokasi berlibur, mengisi daya HP, dan mengabadikan momen libur Anda.

  • Uang Cash

Karena tidak semua tempat liburan Anda dekat dari ATM, jadi membawa uang cash secukupnya sangat perlu.

Itulah tadi barang-barang dasar untuk Plesirmania bawa jika bepergian ala-ala backpacker ke Karimunjawa. Selanjutnya tetaplah ikuti cerita backpacker ke Karimunjawa dari Solo ini sampai akhir. Baca sekarang!

Apakah Karimunjawa Sangat Jauh dari Solo?

Apakah Karimunjawa Sangat Jauh dari Solo?
istockphoto.com/BagasSatrio

Kalau dibilang sangat jauh, tidak juga. Sebab, lebih jauh Surabaya ke Karimunjawa. Jarak dari Solo atau Surakarta ke Karimunjawa sekitar 198 km jauhnya. Kalau jarak dari Surakarta sendiri ke Jepara adalah kira-kira 178 km. Sisa jarak dari Surakarta ke Jepara merupakan jumlah jarak dari Jepara ke Karimunjawa.

Dapat dipastikan, jarak dari Surakarta ke Jepara ini tidaklah terlalu jauh jika ditempuh dengan bus atau mobil, hanya membutuhkan waktu 3 jam-an saja. Sama halnya dengan naik motor. Apalagi sekarang sudah ada tol ke Jepara. Kemungkinan besar waktu tempuh ke sana semakin cepat.

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Backpacker ke Karimunjawa dari Solo - Terbaru 2024

Karimunjawa menyimpan banyak pesona keindahan bawah lautnya yang menarik banyak wisatawan lokal dari Jakarta maupun mancanegara. Hal itu dikarenakan banyak objek dan daya tarik wisata berupa taman nasional laut di kawasan Kepulauan Karimunjawa (Andy U, 2011).

Lantas, bagaimana para pelancong seperti Anda dapat berkunjung ke sana, terlebih sebagai backpacker? Baca uraian singkat cara ke Karimun Jawa di bagian selanjutnya! Go, go, go!

1
Persiapkan Waktu yang Pas

Mencegah Batalnya Liburan Secara Mendadak

Persiapkan Waktu yang Pas

2
Tentukan Budget

Hemat Uang agar Liburan Tenang

Tentukan Budget

3
Tentukan Penginapan di Karimunjawa

Nginep di Homestay Lebih Jaya, Sama Nyenyaknya!

Tentukan Penginapan di Karimunjawa

4
Gunakan Kendaraan Pribadi atau Umum

Travel, Bus, Motor atau Mobil, Bisa Semua!

Gunakan Kendaraan Pribadi atau Umum

5
Naik Kapal Biasa atau Cepat dari Jepara ke Karimunjawa

Sama-Sama Sampai di Pulau tapi Beda Waktu Kecepatan

Naik Kapal Biasa atau Cepat dari Jepara ke Karimunjawa

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Mencegah Batalnya Liburan Secara Mendadak
© istockphoto.com/HiranmayBaidya
1
Mencegah Batalnya Liburan Secara Mendadak

Persiapkan Waktu yang Pas

Tahukah Anda kalau pergi ke Karimunjawa itu baiknya di hari tertentu saja? Biarkan tim Plesir menjelaskannya untuk Anda! Jadi, cuaca dan keberangkatan kapal adalah dua hal yang membatasi Anda untuk bisa mengunjungi pulau cantik ini.

Cuaca yang membahayakan, seperti angin kencang di laut atau hujan deras, maka penyeberangan ke Karimunjawa akan ditutup sementara. Terlebih jadwal kapal yang tidak bisa setiap hari berangkat membuat Anda harus ekstra teliti untuk pergi ke Karimunjawa Island.

Pastikan Plesirmania pergi di bulan yang tidak terdapat musim hujan di dalamnya. Kemudian, cek lagi hari apa saja kapal penyebrangan dapat mengantarkan penumpang. Dengan ini, Anda jadi punya gambaran akan menginap berapa lama dan pergi di bulan atau hari apa.

Hemat Uang agar Liburan Tenang
© istockphoto.com/PeopleImages
2
Hemat Uang agar Liburan Tenang

Tentukan Budget

Seorang backpacker biasanya sangat teliti dalam melakukan pengeluaran untuk liburan mereka. Oleh karenanya, penting dalam mengukur seberapa besar biaya yang harus dikeluarkan, mulai dari berangkat menggunakan bus hingga kembali lagi ke daerah asal.

Plesirmania bisa mencoba menuliskan budget dengan mengelompokkan nama-nama pengeluaran, seperti:

Tiket mobil travel PPRp200.000
Tiket kapal penyebrangan PPRp260.000
PenginapanRp80.000/malam
MakanRp10.000/porsi 
Tour lautRp150.000
Lain-lainRp100.000

Dari sini, Anda jadi tahu seberapa banyak uang yang harus ada di dompet Anda.

Nginep di Homestay Lebih Jaya, Sama Nyenyaknya!
© istockphoto.com/Dragonite_East
3
Nginep di Homestay Lebih Jaya, Sama Nyenyaknya!

Tentukan Penginapan di Karimunjawa

Rekomendasi kami

Menentukan di mana Anda akan menginap juga tak kalah penting. Untuk penginapan ini, Plesirmania bisa cari yang dekat dengan pantai yang ingin Anda kunjungi.

Pilih penginapan berupa homestay atau rumah warga sekitar yang dijadikan penginapan. Memilih penginapan seperti itu tentu lebih sesuai dengan pengeluaran yang sudah Anda tentukan. Jadi, tak ada lagi budget yang bengkak! 

Travel, Bus, Motor atau Mobil, Bisa Semua!
© istockphoto.com/Jamiga
4
Travel, Bus, Motor atau Mobil, Bisa Semua!

Gunakan Kendaraan Pribadi atau Umum

Rekomendasi kami

Menggunakan mini bus travel sebagai alat transportasi untuk mengantar Anda sampai ke Pelabuhan Kartini di Jepara adalah cara bijak. Kenapa lebih efisien naik travel? Sebab, ini tidak seperti naik bus yang harus oper lagi sesampainya di Semarang.

Alasan kedua yaitu harganya murah, mulai dari 90 ribuan saja. Lokasi mini bus travel ini biasanya di dekat terminal sudah banyak, sehingga Anda bisa langsung naik dari sana.

Jikalau Anda lebih suka naik bus, tentu tak mengapa. Pergilah ke Terminal Tirtonadi di Solo. Lalu, cari keberangkatan menuju ke Terminal Semarang. Dari Semarang, Anda perlu naik bus lagi ke Jepara. Biaya naik bus dari Solo ke Semarang bervariasi, mulai dari 60 ribuan.

Lebih lanjut, apabila Anda penggemar naik kendaraan pribadi (motor dan mobil), Plesirmania bisa lewat tol Semarang-Solo. Cara ini lebih efisien untuk mobil. Kalau motor, bisa lewat Jalan Solo – Purwodadi, ya!

Sama-Sama Sampai di Pulau tapi Beda Waktu Kecepatan
© istockphoto.com/SHansche
5
Sama-Sama Sampai di Pulau tapi Beda Waktu Kecepatan

Naik Kapal Biasa atau Cepat dari Jepara ke Karimunjawa

Saat ini, di Pelabuhan Kartini, Jepara menyediakan dua kapal laut yang bertugas untuk mengantarkan penumpang ke Karimunjawa. Nama kapal tersebut adalah KMP Feri Siginjai dan KMC Express Bahari. KMP Feri Siginjai adalah kapal penyebrangan yang bisa mengangkut kendaraan sekaligus penumpang dengan waktu tempuh kurang lebih 5 jam.

Sedangkan KMC Express Bahari, seperti namanya, merupakan kapal cepat yang hanya mengangkut penumpang dengan waktu tempuh 2-3 jam. Kemudian, untuk kapal Siginjai, harganya 100 ribu lebih murah dari Express Bahari. Dari penjelasan ini, Anda jadi bisa menentukan mau naik kapal biasa saja atau cepat. 

Tanya Jawab Seputar Backpacker ke Karimunjawa dari Solo

Berikutnya merupakan rangkaian pertanyaan hal-hal terkait backpacker ke Karimunjawa. Mari baca selengkapnya!

Berapa jam dari Solo ke Karimunjawa?

Kurang lebih 8 jam. Sebab, Anda harus pergi dulu ke Pelabuhan Kartini yang ada di Jepara sekitar 3 jam-an. Lalu, dari pelabuhan tersebut ke Karimunjawa membutuhkan waktu 3 hingga 5 jam.

Ke Karimunjawa paling bagus bulan apa?

Di bulan yang tidak ada musim hujan di dalamnya atau sekitar bulan Juli-Agustus. Alasannya adalah di bulan tersebut cuaca masih cukup bersahabat.

Berapa harga tiket ke Karimunjawa?

Harga tiket kapal ke Karimun Jawa adalah 130 ribu rupiah untuk dewasa kelas ekonomi. Biaya lainnya ada di tabel bawah:

HargaKMP Ferry SiginjaiKMP Express Bahari
Dewasa (Ekonomi)/ExecutiveRp. 130.000Rp. 220.000
Dewasa (VIP)Rp. 150.000Rp. 250.000
BayiRp. 20.000Rp. 50.000
Business (Penduduk Asli Karimunjawa)Tidak tersediaRp. 130.000
MotorRp. 125.000Tidak tersedia
MobilRp. 1.015.000Tidak tersedia

Apakah di Karimunjawa ada Grab?

Tidak ada Grab di Karimunjawa. Namun, sebagai alternatif, Anda bisa membawa kendaraan pribadi berupa motor sendiri.

Kesimpulan: Backpacker ke Karimunjawa dari Solo

Sampai sini, apakah Plesirmania sudah paham cara berlibur ke Karimun Jawa itu bagaimana? Jika sudah, maka sekarang saatnya Anda persiapkan budget tour, penginapan, tiket bus dan kapal, serta mau naik apa dari Solo.

Sebagai pengunjung, tetap perhatikan tata krama di daerah yang terletak di Kabupaten Jepara ini. Pesan tim Plesir adalah lakukanlah cara-cara backpacker ke Karimun Jawa dari Solo di atas dengan baik supaya perjalanan backpackering Anda berkesan! Selamat berlibur!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo