Hide Menu

Bisa Cepat Sampai Pakai Salah Satu dari 3 Cara ke Labuan Bajo dari Jakarta Berikut, Simak!

Penjabaran Secara Mendalam Terkait Bagaimana Cara Pergi dari Jakarta ke Labuan Bajo, Lengkap!

Artikel Cara ke Labuan Bajo dari Jakarta ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Cara ke Labuan Bajo dari Jakarta 2024
© freepik.com

Naik Apa ke Labuan Bajo dari Jakarta?

Naik Apa ke Labuan Bajo dari Jakarta?
freepik.com

Perlu digaris bawahi bahwa ada sejumlah cara ke Labuan Bajo dari Jakarta.  Untuk menjawab pertanyaan ke Labuan Bajo naik kendaraan apa, Anda bisa naik pesawat terbang, kapal laut, kereta api atau bus antar provinsi. Plesirmania juga bisa naik kendaraan pribadi misalnya mobil atau sepeda motor.

Bahkan, dalam sebuah berita terdengar kabar ada orang yang pergi ke Labuan Bajo naik sepeda ontel. Maka itu, naik kendaraan apapun ke Bajo sebenarnya bisa. Kendati demikian, tim Plesir tidak menyarankan Anda pergi dengan menggunakan motor ataupun sepeda ontel sambil bawa backpack.

Sebab, risiko kelelahan dan panjangnya waktu perjalanan sering kali menjadi penghalang. Kalau Anda mempunyai tenaga ekstra serta waktu liburan yang panjang, sah-sah saja rasanya bila ingin mencoba naik sepeda motor atau sepeda ontel.

Lalu, apa kendaraan paling tepat yang bisa membantu Anda pergi dari Jakarta ke Labuan Bajo? Pelajari lebih lanjut jawabannya di bagian berikutnya. Yuk, lanjutkan membaca artikel ini sampai habis!

Tujuan Liburan Labuan Bajo 4 Hari 3 Malam ke Mana?

Tujuan Liburan Labuan Bajo 4 Hari 3 Malam ke Mana?
freepik.com

Menurut Aisyah A (2023) dalam jurnalnya, Labuan Bajo adalah bagian dari Flores island yang menarik perhatian karena kekayaan alamnya. Faktor inilah yang membuat banyak wisatawan tertarik mengunjungi destinasi wisata di Bajo, seperti:

  • Taman Nasional Komodo

Apalah artinya bila pergi ke Labuan Bajo tapi tidak mengunjungi TN Komodo. Meskipun jaraknya 2 jam dari Labu Bajo, tempat wisata ini merupakan tempat favorit wisatawan untuk berkunjung dan mengambil foto kadal terbesar di dunia.

  • Manta Point

Tempat di mana Plesirmania dapat berenang bersama pari manta yang dilindungi. Anda akan merasakan pengalaman tak terlupakan berenang dengan pari yang memiliki lebar 7 meter. Sangat besar, ‘kan?

  • Bukit Cinta

Apabila Plesirmania mencari tempat wisata dengan gambar bukit-bukit, mampirlah ke Bukit Cinta. Letaknya di ujung Pulau Flores. Plesirmania bisa menyaksikan sunset berlatar belakang perbukitan dan pantai yang indah di daerah tersebut.

  • Goa Rangko

Ini adalah tempat terbaik untuk merasakan sensasi berenang di dalam gua. Goa Rangko sendiri merupakan sebuah gua dengan kolam alami yang memiliki air jernih dan dingin. Air di dalam gua tersebut berasal dari pulau lepas pantai di Desa Rangko.

  • Pantai Waecicu

Di Jakarta sangat sulit mencari pantai dengan pasir putih alami. Oleh karena itu, sempatkanlah ke Pantai Waecicu. Pantai ini memiliki pasir berwarna putih memesona. Menariknya juga, Anda dapat bermain air tanpa takut terbawa ombak di sini karena gelombang ombaknya tidak deras.

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Cara ke Labuan Bajo dari Jakarta - Terbaru 2024

Seperti yang tim Plesir jelaskan sebelumnya, ada berbagai cara ke Labuan Bajo dari Jakarta. Berikut adalah daftar informasi masing-masing cara yang Plesirmania tunggu-tunggu. Simak dan pilih salah satu!

1
Melalui Jalur Udara

Salah Satu Cara Mudah dan Paling Cepat Sampai

Melalui Jalur Udara

2
Dengan Jalur Darat

Di Awal Perjalanan Naik Kereta, Dilanjutkan dengan Naik Kapal

Dengan Jalur Darat

3
Via Jalur Laut

Memakan Waktu yang Tak Sebentar

Via Jalur Laut

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Salah Satu Cara Mudah dan Paling Cepat Sampai
© freepik.com
1
Salah Satu Cara Mudah dan Paling Cepat Sampai

Melalui Jalur Udara

Rekomendasi kami

Yang pertama cara perjalanan dari Jakarta menuju Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur dapat Anda tempuh dengan jalur udara menggunakan flight atau pesawat terbang. Berbagai maskapai telah tersedia untuk mengantarkan warga Indonesia ke Labuan Bajo, contohnya Batik Air, Citilink, dan AirAsia.

Terdapat dua pilihan penerbangan yang bisa Anda gunakan, yakni penerbangan langsung (direct) dan penerbangan transit. Khusus untuk penerbangan transit akan berhenti di Bandara Ngurah Rai Bali. Cocok kalau Anda mau mampir travel Bali sekaligus!

Kemudian, untuk tarif atau harga tiketnya bervariasi tergantung maskapai apa yang Anda naiki. Sebagai contoh, lihat pada tabel berikut:

MaskapaiHargaDirect atau Transit
AirAsia IndonesiaRp. 1.630.000Direct
Batik AirRp. 2.043.000Direct dan transit
CitilinkRp. 2.155.561Direct dan transit
Garuda IndonesiaRp. 2.509.300Direct
Nam AirRp. 2.518.425Transit
Super Air JetRp. 2.514.855Transit

Selain itu, lama perjalanan menggunakan pesawat terbang dapat ditempuh dengan waktu 2 jam naik pesawat direct. Berbeda dengan pesawat transit, waktu tempuhnya adalah 9 jam lebih.

Di Awal Perjalanan Naik Kereta, Dilanjutkan dengan Naik Kapal
© freepik.com
2
Di Awal Perjalanan Naik Kereta, Dilanjutkan dengan Naik Kapal

Dengan Jalur Darat

Rekomendasi kami

Jika Anda mempunyai jatah waktu libur lebih panjang, Anda bisa mencoba naik kereta api ke Labuan Bajo. Cara naik kereta api ke Bajo bisa Anda mulai dari Stasiun Pasar Senen ke Stasiun Lempuyangan.

Selanjutnya, Plesirmania dapat melanjutkan perjalanan naik kereta dari Stasiun Lempuyangan ke Stasiun Ketapang Banyuwangi. Dari Stasiun Ketapang pergilah ke Pelabuhan Ketapang. Anda bisa berjalan kaki ke pelabuhan tersebut.

Jarak Stasiun Ketapang ke Pelabuhan Ketapang cukup dekat sehingga tidak mengapa kalau berjalan kaki. Sesampainya di pelabuhan, belilah tiket kapal ke Pelabuhan Gilimanuk. Kemudian, Plesirmania bisa meneruskan perjalanan menggunakan bus ke Denpasar turun di Terminal Ubung.

Dari Terminal Ubung, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Boa Benoa menggunakan ojek atau angkot. Sesampainya di Pelabuhan Boa Benoa, Anda perlu naik kapal lagi menuju Pelabuhan Lembar Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB).

Perjalanan Plesirmania belum selesai. Anda perlu meneruskan trip dari Pelabuhan Lembar ke Pelabuhan Labuan Bajo. Begini detail keterangan rute, kendaraan beserta, harga, dan juga nama kapal yang bisa Anda naiki dari Jakarta sampai Labuan Bajo. Cek segera di tabel berikut!

Rute PerjalananKapal MotorHargaKendaraan Transit
Jakarta – Yogyakarta –Rp. 74.000Kereta Api Bengawan
Yogya – BanyuwangiRp. 94.000Kereta Api Sri Tanjung
Pelabuhan Ketapang – Pelabuhan GilimanukFerryRp. 10.600
Gilimanuk – Terminal UbungRp. 60.000Bus antar kota/kabupaten
Terminal Ubung ke Pelabuhan Boa BenoaRp. 50.000Taksi/ojek
Pelabuhan Boa Benoa – Pelabuhan LembarKapal TilongkabilaRp. 68.000
Pelabuhan Lembar – Labuan BajoKapal TilongkabilaRp. 236.000
Memakan Waktu yang Tak Sebentar
© freepik.com
3
Memakan Waktu yang Tak Sebentar

Via Jalur Laut

Rekomendasi kami

Cara ketiga yakni dengan kapal laut. Pertama-tama, Anda harus pergi ke Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta Utara. Kemudian, rencanakan perjalanan Anda menggunakan kapal. Anda akan naik KM Dorolonda atau KM Nggapulu.

Lama perjalanan menggunakan kapal dari Jakarta ke Surabaya adalah kurang lebih 1 hari 2 jam. Dengan ini, Anda harus membayar sebesar 301 ribu rupiah per orang. Lalu, sesampainya Plesirmania di Pelabuhan Tanjung Perak, Anda akan melanjutkan perjalanan dengan kapal lagi.

Kapal yang nantinya Plesirmania naiki adalah KM Egon dengan tujuan Tanjung Perak – Lembar. Untuk menaiki kapal tersebut, Anda harus menyiapkan uang sebesar 204 ribu rupiah. Lama perjalanan hampir mirip saat Anda melakukan perjalanan dari Tanjung Priok ke Tanjung Perak, yaitu 1 hari.

Sesampainya Anda di Pelabuhan Lembar Lombok, Plesirmania masih akan menaiki kapal untuk sampai di Labuan Bajo NTT. Kapal yang Anda naiki ialah KM Tilongkabila. Lama perjalanan memakan waktu 1 hari lebih 3 jam. Sementara biaya tiket kapalnya sekitar 236 ribu rupiah. Begitulah caranya naik kapal dari Jakarta – Labuan Bajo.

Tanya Jawab Seputar Cara ke Labuan Bajo dari Jakarta

Satu lagi section yang perlu Anda simak, yaitu pertanyaan-pertanyaan seputar artikel cara ke Labuan Bajo. Ayo baca bersama!

Berapa harga tour Labuan Bajo?

Mulai dari 1 juta 900 ribu rupiah untuk contoh paket tour 2 hari 1 malam. Harganya bisa jadi lebih mahal apabila Anda stay lebih dari semalam.

Berapa lama kapal dari Bali ke Labuan Bajo?

Lama perjalanan kapal dari Bali ke LBJ adalah sekitar 1 hari 11 jam lebih.

Kapan waktu yang tepat ke Labuan Bajo?

Yaitu saat bulan Maret sampai April karena cuaca di bulan ini cukup cerah dan tidak terlalu panas. Rerumputan di bukit sabana pun mulai menghijau.

Berapa biaya ke Labuan Bajo dari Jakarta?

Tergantung berapa lama Anda akan tinggal dan rencana mau naik kendaraan apa. Menurut tim Plesir, estimasi biaya liburan ke Bajo perlu biaya 3 sampai dengan 5 juta rupiah.

Kesimpulan: Cara ke Labuan Bajo dari Jakarta

Ternyata dari penjelasan cara ke Labuan Bajo di atas dapat disimpulkan bahwa ada tiga cara. Anda bisa naik pesawat, kereta api, dan kapal dari Jakarta. Menurut Plesirmania, mana cara yang terbaik? Apakah sudah memilih mau ke Labuan Bajo naik apa? 

Bila sudah memilih salah satu dari ketiga cara tersebut, Anda sudah bisa pesan tiket kendaraan melalui tombol biru yang ada di kolom pembahasan inti. Ayo pesan sekarang, jangan tunggu sampai kehabisan!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo