Hide Menu

Ada 3 Cara Simpel Backpacker ke Kawah Ijen dari Jogja, Semua Orang Pasti Bisa Lakukan!

Deskripsi Lengkap Bagaimana Cara Menuju Kawah Ijen Naik Kereta Api ala Backpacker dengan Biaya Terjangkau

Artikel Backpacker ke Kawah Ijen dari Jogja ini diposting diperbarui
4 Pembaca
Like
Backpacker ke Kawah Ijen dari Jogja 2024
© freepik.com

Penting Diketahui Persiapan Backpacker ke Kawah Ijen

Penting Diketahui Persiapan Backpacker ke Kawah Ijen
freepik.com

Kawah Ijen yang terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, ini merupakan sebuah kawah dari gunung berapi dengan ketinggian sekitar 2.700 mdpl. Dengan letak ketinggian tersebut, destinasi wisata ini terkenal mempunyai suhu dingin.

Anda pun harus berhati-hati dalam berpakaian. Kalau terlalu tipis bisa-bisa kedinginan. Sehingga, Plesirmania harus mempersiapkan pakaian yang tepat dan barang yang sesuai untuk dibawa. Berikut adalah perlengkapan dan barang lain yang perlu Anda bawa saat tour Kawah Ijen. Cek daftarnya, ya!

  • Sepatu hiking
  • Trekking pole
  • Tas gunung atau backpack
  • Sarung tangan
  • Jaket musim dingin
  • Masker
  • Topi gunung
  • Kacamata hitam
  • Tiket perjalanan (kereta, bus atau pesawat)
  • Tanda pengenal
  • Uang tunai
  • Makanan ringan
  • Air mineral

Selain barang di atas, Anda bisa membawa barang lain yang sekiranya akan dipakai dan berguna selama pendakian ke puncak Kawah Ijen. Kemudian, jangan lupakan cara bagaimana Anda bisa backpacker ke Kawah Ijen dari Jogja. Cara-caranya ada di kolom pembahasan. Yuk, baca sekarang!

Daya Tarik Kawah Ijen yang Banyak Turis Gemari

Daya Tarik Kawah Ijen yang Banyak Turis Gemari
freepik.com

Menurut penelitian oleh Adetiya P, Halil, dan Nizha, destinasi wisata Kawah Ijen adalah salah satu wisata alam unggulan milik Banyuwangi dan diminati oleh wisatawan dalam negeri maupun wisatawan luar negeri (2019).

Faktanya, Kawah Ijen sendiri bukanlah satu-satunya yang dapat memikat para wisatawan, tetapi ada beberapa daya tarik yang membuat destinasi wisata tersebut menarik perhatian banyak kalangan wisatawan, contohnya sebagai berikut:

  • Blue Fire

Menyaksikan pesona Kawah Ijen tidak akan lengkap tanpa melihat keindahan api biru atau blue fire yang fenomenal. Api biru ialah fenomena keluarnya gas belerang yang berasal dari celah bebatuan dengan suhu 600 derajat lebih. Plesirmania dapat melihat keajaiban yang hanya ada dua di dunia ini saat keadaan masih gelap atau malam hari.

  • Dam dan Solfatara Kawah

Salah satu yang tak boleh ketinggalan ketika sudah sampai di Kawah Ijen adalah menikmati gambar pemandangan solfatara (sumber gas belerang) dan dam (bendungan) kawah di sebelah barat Kawah Ijen. Jangan lupa mengenakan masker tebal saat melihat pemandangan tersebut karena bau gas belerangnya sangat menyengat.

  • Matahari Terbit

Bagi para pendaki, melihat matahari terbit adalah salah satu hal wajib yang akan mereka lakukan saat berada di atas gunung. Tim Plesir sarankan Anda mencoba melihat matahari terbit dari puncak tinggi Gn Ijen. Lalu, jangan lupa abadikan foto diri dengan latar belakang kawah dan sunrise yang menakjubkan.

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Backpacker ke Kawah Ijen dari Jogja - Terbaru 2024

Selanjutnya, Anda dapat mengulik cara get to go ala backpacker ke Kawah Ijen dari Jogja dari awal sampai tiba di tempat tujuan. Baca setiap info di bawah, ya!

1
Pergi ke Banyuwangi Naik Kereta

Naik Kereta Lebih Hemat dan Efisien

Pergi ke Banyuwangi Naik Kereta

2
Pergi ke Paltuding dari Stasiun Banyuwangi Kota

Naik Minibus Damri biar Gak Nunggu Kelamaan

Pergi ke Paltuding dari Stasiun Banyuwangi Kota

3
Mendaki ke Puncak Kawah Ijen

Butuh Waktu Hampir 3 Jam Lamanya

Mendaki ke Puncak Kawah Ijen

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Naik Kereta Lebih Hemat dan Efisien
© freepik.com
1
Naik Kereta Lebih Hemat dan Efisien

Pergi ke Banyuwangi Naik Kereta

Rekomendasi kami

Sebenarnya ada beberapa cara untuk pergi ke Banyuwangi dari Jogja atau dari Surabaya, antara lain bus, mobil pribadi, pesawat, travel, dan kereta api. Dari keseluruhan transportasi tersebut, yang tim Plesir paling rekomendasikan untuk backpacker adalah naik kereta.

Alasannya ialah biaya tiket berangkat naik kereta cukup terjangkau. Dengan kurang dari 100 ribu rupiah, Anda sudah bisa sampai di Banyuwangi. Anda bisa naik kereta dari Stasiun Lempuyangan dan turun di stasiun dekat Kawah Ijen, Stasiun Banyuwangi Kota.

Kereta dengan harga paket kurang dari 100 ribu rupiah hanya akan Anda temukan bila naik KA Sri Tanjung. Selain daripada itu, Anda bisa saja naik KA Wijayakusuma tetapi harga tiketnya sangat mahal. Tim Plesir tidak menyarankan Anda naik kereta tersebut.

Dengan naik KA Sri Tanjung, lama perjalanan Anda akan mencapai 12 jam setengah lebih. Berbanding terbalik dengan bila Anda naik KA Wijayakusuma yang hanya butuh 11 jam saja. Selisihnya tidak terlalu banyak. 

Menurut tim Plesir, perbedaan satu jam waktu perjalanan tidaklah menjadi masalah. Lebih baik naik KA Sri Tanjung saja yang murah meriah. Jika berminat, Plesirmania bisa memesan tiket melalui online travel agent seperti Traveloka.

Naik Minibus Damri biar Gak Nunggu Kelamaan
© freepik.com
2
Naik Minibus Damri biar Gak Nunggu Kelamaan

Pergi ke Paltuding dari Stasiun Banyuwangi Kota

Setelah sampai di Stasiun Banyuwangi Kota, Plesirmania bisa melanjutkan perjalanan menggunakan ojek, bus atau minibus Damri. Kalau naik ojek, Anda dapat meneruskan perjalanan ke Kecamatan Licin dan ke Desa Tamansari. Dari Tamansari, lanjutkan perjalanan menuju Paltuding. Perlu Anda catat, harga naik ojek mungkin sedikit mahal, ya.

Sementara jika Anda ingin naik bus, sebaiknya dari Stasiun Banyuwangi Kota ke terminal dahulu. Tim Plesir tidak menyarankan dengan cara ini meskipun dapat mengantarkan Anda langsung menuju pintu masuk atau pos PHPA (Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam) di Paltuding. Sebab, sedikit merepotkan.

Cara menuju Paltuding yang paling tim Plesir sarankan adalah menggunakan minibus Damri, Anda bisa langsung naik dari Stasiun Banyuwangi Kota. Pertama-tama, unduh aplikasi Damri apps, pilih titik keberangkatan Taman Sri Tanjung, lalu kirim pesan penjemputan di Stasiun Banyuwangi Kota melalui WhatsApp.

Kelebihan naik minibus Damri adalah tidak lama menunggu karena jam keberangkatan pukul 11.25 malam yang mana berjarak sekitar 4 jam saja dengan kedatangan kereta Anda. Jadi, Anda tak perlu cari penginapan atau hotel. Berbeda dengan bus yang baru berangkat jam 8 pagi esok hari. Pun harga tiket minibus hanya Rp. 7.500. Hemat waktu dan biaya, bukan?

Butuh Waktu Hampir 3 Jam Lamanya
© freepik.com
3
Butuh Waktu Hampir 3 Jam Lamanya

Mendaki ke Puncak Kawah Ijen

Rekomendasi kami

Sesampainya di Pos Paltuding, Plesirmania harus membeli tiket masuk terlebih dulu. Harga tiket masuk Kawah Ijen adalah Rp. 5.000. di hari kerja dan Rp. 7.500 di hari libur. Biaya tersebut hanya untuk wisatawan lokal saja.

Jika ingin mendirikan tenda di lokasi basecamp, Plesirmania perlu membayar tambahan biaya sebesar Rp. 5.000. Harga per lima ribu rupiah ini adalah harga per satu tenda. Apabila membawa dua maka bayar dua kali lipat.

Kemudian, Anda perlu mendaki sekitar 2 jam sampai dengan 2 jam setengah dengan jarak sekitar 3,4 kilometer. Selama perjalanan berlangsung, Anda akan menemui jalan atau jalur dengan sudut tanjakan yang tajam, sehingga harap berhati-hati saat mendaki track tersebut.

Untuk bisa mencapai puncak Gunung Ijen, Plesirmania perlu mendaki lagi sekitar kurang lebih 700 meter. Sedangkan untuk bisa menikmati sunrise di spot terbaik, Anda perlu mendaki lagi kurang lebih 1 kilometer. Itu dia cara sampai ke Kawah Ijen!

Tanya Jawab Seputar Backpacker ke Kawah Ijen dari Jogja

Silakan melanjutkan kegiatan baca Anda dengan membaca pertanyaan-pertanyaan berikut!

Berapa biaya ke Kawah Ijen?

Biaya masuk ke Kawah Ijen adalah Rp. 5.000 untuk hari biasa dan Rp. 7.500 untuk hari libur.

Berapa jam trekking ke Kawah Ijen?

Trekking ke Kawah Ijen memerlukan waktu 2 sampai 2 setengah jam perjalanan. 

Bulan apa yang bagus ke Kawah Ijen?

Akhir Desember sampai Januari adalah bulan yang bagus untuk ke Kawah Ijen. Di bulan tersebut, intensitas kabut cenderung tipis.

Pendakian Kawah Ijen dibuka jam berapa?

Tempat wisata tersebut dibuka pukul 2 pagi dini hari sampai dengan 12 siang.

Kesimpulan: Backpacker ke Kawah Ijen dari Jogja

Dapat tim Plesir simpulkan bahwa dari penjelasan seputar backpacker Kawah Ijen di atas Anda bisa mulai pergi naik kereta api di Stasiun Lempuyangan Jogja, lalu turun di Stasiun Banyuwangi Kota. Kemudian, naik minibus Damri dan sampai di pintu masuk Kawah Ijen Paltuding.

Mudah, ‘kan cara backpacker ke Kawah Ijen dari Jogja? Jadi, apa lagi yang sedang Plesirmania tunggu? Segera siapkan peralatan mendaki, tiket transportasi, dan tiket masuk destinasi wisatanya. Kawah Ijen sedang menunggu kedatangan Anda!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo