Hide Menu

Emang Ada Gunung di Yogyakarta? Ada Dong! Berikut 7 Gunung di Jogja untuk Pendaki!

Nomor Satu Gunung Nglanggeran yang Cocok Buat Pendaki Pemula dan Mahir, Cek Lainnya Sekarang!

Artikel Gunung di Jogja untuk Pendaki ini diposting diperbarui
5 Pembaca
Like
Gunung di Jogja untuk Pendaki 2024
© istockphoto.com/ReezkyPradata

Kenapa Harus Muncak di Jogja?

Kenapa Harus Muncak di Jogja?
unsplash.com/AfifRamdhasuma

Ketinggian gunung atau mountain atau MT yang ada di Jogja pas untuk para pendaki dari level pemula sampai mahir. Contohnya, ketinggian Gunung Api Purba Nglanggeran yang tidak sampai 1000 mdpl membuat gunung satu ini menjadi incaran para pendaki yang ingin melampiaskan hobi pendakian tanpa usaha lebih.

Kemudian, alasan lainnya adalah Anda bisa mampir ke banyak wisata di Kota Yogya. Saat Plesirmania menuju Gunung Api Purba Nglanggeran, Anda akan melewati banyak objek wisata. Misalnya saja, Malioboro, Desa Wisata Rumah Domes Teletubbies dan bukit-bukitnya, HeHa Sky View, Taman Watu Amben, Taman Bunga Amarilis Gunungkidul, dan masih banyak lagi.

Jadi, mengapa tidak muncak ke Jogja? Tentu Gunung Api Purba Nglanggeran bukan satu-satunya gunung yang ada di Jogja. Ada banyak nama gunung lain yang akan tim Plesir sampaikan di tulisan blog gunung di Jogja untuk pendaki sesaat lagi. Simak, ya!

Hal-Hal yang Boleh Pendaki Lakukan di Gunung

Hal-Hal yang Boleh Pendaki Lakukan di Gunung
istockphoto.com/cokada

Memanjat gunung di jalur yang benar dan sudah disediakan adalah salah satu hal yang sangat boleh para pendaki lakukan. Lalu, menurut Anda, apa lagi kira-kira yang boleh dilakukan saat naik gunung? Yuk, lihat poin berikut!

  • Mengumpulkan Sampah

Banyak sekali pendaki baik pemula maupun yang sudah profesional sering buang sampah sembarang. Tentu hal itu merupakan tindakan tidak terpuji. Sebagai pendaki budiman, Anda bisa melakukan cara sebaliknya. Mengumpulkan sampah yang berada di jalur pendakian. Dengan melakukan hal tersebut, Anda pun dapat memberi energi positif kepada pendaki lain untuk ikut serta mengumpulkan sampah.

  • Menyapa Sekumpulan Pendaki Lain

Sudah menjadi hal umum saat naik gunung bagi pendaki untuk menyapa pendaki lain baik yang sedang muncak maupun yang sedang turun. Tindakan ini merupakan tindakan yang sangat boleh dilakukan oleh semua pendaki dan merupakan tindakan terpuji juga.

  • Membantu Sesama Pendaki

Membantu pendaki yang sedang kesulitan adalah hal baik berikutnya yang wajib Anda lakukan. Memang tak semua pendaki memiliki sifat baik seperti ini. Namun, Plesirmania bisa melakukannya saat mendaki.

  • Hunting Foto Pemandangan Gunung

Jangan lewatkan hal ini saat hiking ya, Plesirmania. Sebab, berfoto atau mengabadikan momen naik gunung tidak bisa terulang kembali setiap hari. Jadi, berfotolah bersama kelompok Anda atau bersama pendaki lain agar punya kenang-kenangan saat itu.

  • Membuat Selokan dan Jemuran

Apakah hal ini terdengar seperti KKN atau Kuliah Kerja Nyata? Bisa jadi, ya. Membangun jalur selokan dan jemuran di gunung bukanlah hal tabu, tetapi sebaliknya. Hal tersebut adalah tindakan yang baik. Anda bisa membuat jalur selokan dan tali jemuran di sekitar tempat peristirahatan. Selain Anda yang memakai, orang lain sangat bisa memanfaatkannya.

Cara ke Jogja dari Jakarta

Cara ke Jogja dari Jakarta
istockphoto.com/EkoHariyono

Kalau Anda berencana naik mobil ke Jogja dari Jakarta, Anda sangat disarankan pergi melalui atau lewat tol Trans Jawa. Cara ini sangat orang-orang rekomendasikan karena cepat, tanpa hambatan kemacetan.

Namun, jika Anda lebih memilih jalur bawah, Plesirmania bisa lewat Bogor ke arah Bandung. Lanjut lagi ke Tasikmalaya, Kebumen, dan Purworejo. Dua rute itu adalah yang paling umum untuk Anda lalui.

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

7 Gunung di Jogja untuk Pendaki - Terbaru 2024

Berikutnya tim Plesir akan mengungkapkan daftar gunung di Jogja yang wajib Anda daki. Sebelum itu, Plesirmania harus tahu bahwa gunung yang benar-benar ada di Jogja hanya ada 2. Selain daripada itu, gunung tersebut merupakan gunung terdekat dari Jogja. Apakah ada gunung Kendil, Taruna, maupun Giri? Lihat saja nanti. Tanpa berlama-lama lagi, langsung simak di bawah ini!

1
Gunung Api Purba Nglanggeran

Pegunungan Terbaik di Jogja Bagi Pendaki Pemula

Gunung Api Purba Nglanggeran

2
Gunung Merapi

Tak Lagi Didaki Namun Menjadi Impian Bagi Setiap Pendaki

Gunung Merapi

3
Gunung Andong

Sedikit Curam tapi Durasi Sampai Puncak Cepat

Gunung Andong

4
Gunung Prau

Melihat dari Dekat, Bentuk Gunungnya Seperti Perahu

Gunung Prau

5
Gunung Telomoyo

Menuju Puncak dengan Motor atau Jalan Kaki Seperti Pendaki Relatif Mudah

Gunung Telomoyo

6
Gunung Merbabu

Terfavorit di Kalangan Pendaki Profesional

Gunung Merbabu

7
Gunung Sumbing

Gunung Tertinggi Ketiga di Jawa Tengah Paling Favorit oleh Pendaki

Gunung Sumbing

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Pegunungan Terbaik di Jogja Bagi Pendaki Pemula
© istockphoto.com/ReezkyPradata
1
Pegunungan Terbaik di Jogja Bagi Pendaki Pemula

Gunung Api Purba Nglanggeran

Rekomendasi kami

Gunung di Indonesia itu sangat banyak apalagi yang masih aktif, seperti pada pernyataan Indyo P (2006). Indonesia terkenal sebagai negara yang memiliki gunung api aktif terbanyak di dunia. Lebih dari 30% gunung aktif dunia ada di Indonesia. Tanpa terkecuali gunung-gunung yang ada di Jogja.

Membicarakan gunung Jogja atau gunung Yogyakarta, tak akan lengkap tanpa menyebutkan Gunung Api Purba Nglaggeran. Gunung satu ini kabarnya sudah ada sekitar 60-70 juta tahun yang lalu. Kemudian, untuk ketinggian gunung ini cukup pendek, sekitar 700 mdpl (meter di atas permukaan laut).

Baik pendaki maupun pengunjung biasa dapat mendaki gunung ini. Treknya tidak terjal atau kebanyakan landai. Namun, setiap pendaki tetap wajib waspada walaupun trek cukup mudah. Sebab, Gunung Api Purba masih tampak sangat asri nan mistis seperti namanya.

Lebih lanjut, jika Plesirmania mengunjungi gunung terendah ini, Anda tidak cukup dengan menanjak sampai puncak. Namun, Anda bisa mengunjungi tempat-tempat menarik di gunung tersebut, seperti 2 lorong sempit yang sangat populer dan sumber mata air sakral yang sering didatangi pihak Keraton.

Tak Lagi Didaki Namun Menjadi Impian Bagi Setiap Pendaki
© istockphoto.com/GaniPradanaOngkoPrastowo
2
Tak Lagi Didaki Namun Menjadi Impian Bagi Setiap Pendaki

Gunung Merapi

Rekomendasi kami

Bagi kebanyakan pendaki, Merapi adalah salah satu gunung impian untuk didaki. Namun, impian itu ada sebelum tahun 2018. Sebab, saat ini gunung tersebut sudah ditutup total tanpa terkecuali pintu masuk via Selo dan Boyolali. Penutupan ini adalah imbas dari masih aktifnya Gunung Merapi.

Karena aktivitas Merapi sangat aktif dan bisa membawa bencana besar, mau tidak mau akses masuk harus ditutup. Padahal, gunung tersebut ketinggiannya cukup sempurna bagi para pendaki untuk melakukan pendakian. Tercatat tinggi dari Gunung Merapi adalah 2.930 mdpl per 2010.

Kemudian, letak dari Merapi sendiri berada di lereng sisi selatan dalam administrasi Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kabupaten Magelang di sisi barat. Sementara itu, di sisi utara dan timur ada Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Klaten.

Sedikit Curam tapi Durasi Sampai Puncak Cepat
© istockphoto.com/FurqonFidal
3
Sedikit Curam tapi Durasi Sampai Puncak Cepat

Gunung Andong

Selanjutnya, gunung terdekat dari Jogja wajib Anda daki adalah Gunung Andong yang memiliki bentuk seperti perisai. Gunung ini terletak di perbatasan Magelang dan Salatiga. Mencapai lokasi tersebut dengan motor hanya kurang lebih 2 jam. Lumayan dekat untuk mereka yang suka mendaki.

Kalau orang bilang deskripsi mendaki Gunung Andong mudah, itu karena ketinggiannya cukup rendah mencapai 1726 mdpl. Lain lagi jika orang bilang mendaki Gunung Andong itu sulit, itu karena trek pendakian gunung tersebut. Sebab, treknya terkenal cenderung menanjak. Namun, jangan salah, Andong cocok untuk pendaki pemula maupun mahir.

Kesulitan itu tak akan benar-benar terasa karena untuk menaiki gunung tersebut hanya memerlukan waktu dua jam saja. Waktu yang sama untuk sampai di Magelang dari Jogja. Selain itu, jalur pendakiannya cukup banyak. Ada jalur pendakian Sawit, Pendem, Gugik, Temu, dan lain sebagainya.

Melihat dari Dekat, Bentuk Gunungnya Seperti Perahu
© istockphoto.com/syahrirmaulana
4
Melihat dari Dekat, Bentuk Gunungnya Seperti Perahu

Gunung Prau

Satu lagi gunung terdekat dari Yogya, yaitu Gunung Prau atau Parahu. Letaknya di dataran tinggi Dieng. Gunung tersebut adalah tapal batas empat kabupaten yang ada di Jawa Tengah. Keempat kabupaten itu adalah Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal, Kabupaten Temanggung, serta Kabupaten Wonosobo.

Berkendara dengan motor dari Jogja ke Dieng hanya memakan waktu tiga jam-an. Sehingga, gunung tersebut dekat untuk dijangkau bagi pendaki asal Jogja. Gunung ini pun memiliki ketinggian yang tak cukup tinggi, hanya berkisar 2590 mdpl. Fakta tersebut menjadikannya sebagai gunung favorit di sekitar Jogja bagi para pendaki.

Kalau ingin mendaki Prau, sebaiknya lewat jalur Kali Lembu. Treknya sedikit landai dan tidak terjal. Pemandangan di sekitar jalur pendakian pun sangat apik. Namun, jika Anda mencari rute yang banyak orang lalui, pilihlah jalur pendakian Patak Banteng.

Menuju Puncak dengan Motor atau Jalan Kaki Seperti Pendaki Relatif Mudah
© istockphoto.com/CrismonAlfajriAgusPratama
5
Menuju Puncak dengan Motor atau Jalan Kaki Seperti Pendaki Relatif Mudah

Gunung Telomoyo

Gunung selanjutnya yang menjadi rekomendasi untuk pendaki di Jogja adalah Gunung Telomoyo. Lokasi gunung ini berada di wilayah Kabupaten Semarang dan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Kemudian, untuk ketinggiannya, gunung ini hanya mencapai 1.999 mdpl.

Untuk sampai ke gunung tersebut dari Jogja dengan motor hanya akan memakan waktu sekitar 2 jam saja. Sangat masuk akal jika gunung ini dekat dengan Jogja. Yang spesial dari Gunung Telomoyo adalah Anda bisa ke puncak basecamp jaya dengan menaiki sepeda motor, lho! Terlebih, gambar pemandangan di area sekitar sangat bagus. Anda pun dapat menemui air terjun kecil saat perjalanan muncak.

Terfavorit di Kalangan Pendaki Profesional
© istockphoto.com/StockByM
6
Terfavorit di Kalangan Pendaki Profesional

Gunung Merbabu

Siapa yang tak tahu Gunung Merbabu? Gunung ini jaraknya juga dekat dengan Jogja, sekitar 2 jam lebih sedikit. Letak Merbabu adalah di Jawa Tengah dan meliputi tiga kabupaten, yaitu Magelang, Boyolali, dan Semarang.

Karena ketinggian Merbabu tercatat berada di ketinggian 3145 mdpl, menjadikannya cocok untuk pendaki mahir atau yang sudah terbiasa mendaki. Anda bisa melewati 5 jalur pendakian yang tersedia. Di antaranya adalah Selo, Cuntel, Suwanting, Thekelan, dan Wekas.

Pendakian melalui jalur Selo merupakan jalur paling populer oleh para pendaki karena treknya santai dan pemandangan di sekitar luar biasa keren. Apalagi, bila Anda sudah sampai di ketinggian 2000 mdpl, Anda akan melihat view indah nan hijau padang sabana Merbabu.

Gunung Tertinggi Ketiga di Jawa Tengah Paling Favorit oleh Pendaki
© istockphoto.com/IlhamAndiatama
7
Gunung Tertinggi Ketiga di Jawa Tengah Paling Favorit oleh Pendaki

Gunung Sumbing

Jarak Gunung Sumbing dari Jogja itu dekat sekitar 2 jam 13 menit, membuat pilihan ini menjadi gunung terdekat terakhir bagi pendaki untuk muncak. Secara administratif, Sumbing terletak di Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Wonosobo.

Faktanya, Gunung Sumbing merupakan gunung tertinggi ketiga setelah Gunung Semeru dan Gunung Slamet. Bagi pecinta hiking, gunung ini juga menjadi favorit mereka karena ketinggiannya yang menantang. Tinggi Gunung Sumbing sekitar 3.371 mdpl.

Lalu, mengenai jalur pendakian, terbukti bahwa Sumbing memiliki 6 jalur pendakian unik, antara lain Bowongso, Gajah Mungkur, Banaran, Cepit, Mangli, dan Batusari. Sepanjang jalur itu, Anda akan disuguhi panorama gunung yang memukau, sunrise, dan lautan awan yang indah.

Tanya Jawab Seputar Gunung di Jogja untuk Pendaki

Ada sejumlah pertanyaan dan jawaban yang nampaknya wajib juga Anda baca. Silakan simak setiap kolomnya!

Gunung apa saja di Yogyakarta?

Ada Gunung Api Purba Nglanggeran dan Gunung Merapi. Keduanya secara administratif masuk ke dalam Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Naik gunung apa untuk pemula?

Plesirmania bisa naik gunung dengan ketinggian tak terlalu tinggi. Misalnya, Gunung Pancar, Gunung Munara, Gunung Kencana, Gunung Ungaran, Gunung Andong, Gunung Nglanggeran, Gunung Panderman, dan Gunung Ijen.

Apakah bisa mendaki gunung Merapi?

Tidak bisa untuk sekarang. Sejak tahun 2018, jalur pendakian Gunung Merapi telah ditutup secara resmi.

Gunung Andong di mana?

Pegunungan ini terletak di Jawa Tengah. Tepatnya di Desa Ngablak, Tlogorjo, Grabag, Kabupaten Magelang.

Kesimpulan: Gunung di Jogja untuk Pendaki

Begitulah rangkuman untuk gunung yang ada di Yogyakarta. Setiap gunung yang telah tim Plesir sampaikan memiliki ketinggiannya masing-masing yang dapat Anda sesuaikan ingin menanjak di gunung mana akhir pekan depan.

Tetap waspada saat pendakian ya, Plesirmania. Hindari apa yang seharusnya tidak boleh Anda lakukan di gunung. Semoga perjalanan mendaki gunung di Jogja berhasil!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo