Hide Menu

Punya Rencana Libur ke Jogja? Coba Simak 7 Tips Liburan ke Jogja bagi Pemula di Sini!

Tips Mudah Bagi Para Traveler Pemula yang Ingin Liburan ke Jogja. Liburan Pasti Lebih Menyenangkan dan Mengesankan!

Artikel Tips Liburan ke Jogja bagi Pemula ini diposting diperbarui
28 Pembaca
Like
Tips Liburan ke Jogja bagi Pemula 2024
© pixabay.com/joseph82

Jogja, Kota yang Cocok untuk Para Pemula yang Ingin Liburan

Jogja, Kota yang Cocok untuk Para Pemula yang Ingin Liburan
unsplash.com/@farhanabas

Siapa sih yang nggak kenal Yogyakarta? Semua orang pasti tahu tentang kota wisata ini! Yogyakarta merupakan sebuah kota istimewa yang menyimpan banyak destinasi wisata luar biasa dan pilihan kuliner lezat yang beragam, menjadikannya salah satu tujuan favorit orang-orang saat musim libur tiba.

Dalam kata lain, banyak tempat menarik dan menakjubkan yang bisa Anda kunjungi saat berlibur ke Jogja, mulai dari wisata alam, tempat bersejarah, sampai sentra kuliner khas. Dengan banyaknya pilihan yang tiada habisnya ini, tak heran jika banyak orang yang kecanduan untuk kembali mengunjungi kota istimewa ini lagi.

Apakah Anda belum pernah berlibur ke Jogja? Ada rencana untuk menghabiskan waktu liburan Anda dengan tour ke kota ini? Sebagai pemula yang baru pertama kali datang ke kota berjuluk Kota Pelajar ini, Anda tentu membutuhkan seorang pemandu, kan? Tim Plesir kami sangat memahami hal itu.

Oleh karena itu, lewat blog artikel singkat ini, tim Plesir telah merangkum 7 tips liburan ke Jogja bagi pemula. Bukan hanya itu, kami pun akan menampilkan beberapa tempat menakjubkan yang bisa Anda datangi saat berlibur ke Jogja. Waktu Anda tidak banyak, bukan? Jadi, mulailah membaca!

Kalo ke Jogja Harus Kemana? Berikut Rekomendasi Tempat-Tempat Wisata Jogja untuk Didatangi

Kalo ke Jogja Harus Kemana? Berikut Rekomendasi Tempat-Tempat Wisata Jogja untuk Didatangi
pexels.com/@al-fariz

Pada dasarnya, ada banyak sekali pilihan tempat wisata yang bisa Anda datangi saat liburan ke Jogja. Entah Anda ingin mengunjungi wisata alam, tempat bersejarah, cagar budaya, sampai pusat perbelanjaan murah, Jogja memiliki semuanya.

Nah, Plesirmania, dengan banyaknya pilihan yang ada, tim Plesir kami telah merangkum beberapa rekomendasi tempat wisata Jogja yang wajib Anda kunjungi sebagai pemula. Apa saja? Temukan jawabannya lewat beberapa poin di bawah!

  • Jalan Malioboro

Beneran deh, gak afdal rasanya kalau Plesirmania datang ke Jogja tapi nggak pergi ke Jalan Malioboro. Kenapa? Itu karena Jalan Malioboro merupakan salah satu ikon kota Yogyakarta yang selalu ramai akan pelancong dari pagi sampai malam. Jadi, jika Anda berencana untuk berlibur ke Jogja, jangan lupa taruh Jalan Malioboro di daftar tempat yang harus Anda kunjungi.

Bagaimanapun, Jalan Malioboro merupakan pusat keramaian kota Yogyakarta. Di tempat ini, Anda bisa menemukan berbagai macam toko yang menjual batik, oleh-oleh khas kota Yogyakarta, sampai kuliner-kuliner khas Jogja. Mau nyoba gudeg, nasi kucing, wedang jahe, atau mie godhok? Datang saja ke Jalan Malioboro!

  • Heha Sky View

Bagi Plesirmania yang ingin menikmati pemandangan terbaik Kota Yogyakarta dari atas bukit, maka Anda bisa mengunjungi Heha Sky View. Selain menyajikan pemandangan menakjubkan kota Yogyakarta, destinasi wisata ini juga menyediakan berbagai spot foto menarik yang instagramable. Datanglah bersama orang tersayang Anda, abadikan liburan Anda di Jogja, dan unggah ke media sosial!

Tidak hanya itu, namun Heha Sky View juga menyediakan berbagai tempat hiburan lainnya, seperti restoran berkonsep modern, area taman, live music, maupun spot foto dengan pemandangan balon udara dan langit biru Yogyakarta. Hayo, apakah Plesirmania tertarik mengunjungi Heha Sky View?

  • Hutan Pinus Mangunan

Selanjutnya adalah Hutan Pinus Mangunan, sebuah destinasi wisata yang cocok untuk Plesirmania yang ingin bersantai sekaligus menghilangkan rasa penat dari rutinitas sehari-hari. Di sini, Anda bisa menghirup udara sejuk sekaligus menikmati pemandangan pohon pinus, mahoni, akasia, merkusi, dan kayu putih yang menjulang tinggi.

Di samping itu, Hutan Pinus Mangunan juga menawarkan beberapa spot foto yang instagramable. Spot-spot foto ini meliputi kursi dan panggung kayu, sarang burung, spot segitiga akar, rumah pohon, tangan dewa, dan banyak lagi.

  • Pantai Wediombo

Plesirmania, perlu untuk Anda ketahui bahwa pantai di Jogja itu tidak hanya Pantai Parangtritis. Gunung Kidul, yang merupakan salah satu kabupaten di Yogyakarta, menyajikan deretan pantai indah dengan pemandangan laut yang luar biasa. Nah, Pantai Wediombo merupakan salah satu dari pantai Jogja yang wajib Anda kunjungi.

Liburan di pantai ini benar-benar akan memanjakan mata Anda. Tidak ada pemandangan macetnya jalanan, tingginya gedung, sampai kerumunan manusia. Apa yang bisa Anda saksikan di pantai ini hanyalah pemandangan jejeran batu karang yang indah, laut dengan air biru nan jernih, pasir putih yang membentang luas, ombak yang saling bertabrakan, serta sunset oranye yang menenangkan.

  • Taman Sari

Tertarik untuk mempelajari dan mengagumi sejarah-sejarah kota Jogja? Kalau begitu, cobalah untuk mengunjungi Taman Sari. Ini merupakan sebuah taman memesona yang memiliki lorong-lorong indah dengan gedung-gedung kuno dan arsitektur luar biasa. Di sini, Anda juga bisa mengunjungi beberapa toko dan galeri seni di sepanjang taman ini.

Lima destinasi wisata di atas, bagaimanapun, hanya sebagaian kecil tempat wisata yang ada di Jogja. Masih ada puluhan bahkan ratusan tempat wisata di Jogja yang bisa Anda kunjungi. Jadi, Plesirmania, cobalah telusuri dan ulik lagi kota Jogja di internet, lalu temukan tempat wisata yang benar-benar ingin Anda kunjungi saat berlibur di kota istimewa ini.

Apa Saja Makanan Kuliner Lezat Khas Jogja yang Bisa Anda Nikmati Selama Liburan?

Apa Saja Makanan Kuliner Lezat Khas Jogja yang Bisa Anda Nikmati Selama Liburan?
pexels.com/@niclawc

Selain tempat-tempat wisata, Jogja pun juga menghadirkan beragam kuliner lezat khas yang akan menggoyang lidah Anda. Menurut Minta Harsana dan Maria Triwidayati (2020), kuliner di Yogyakarta terus berkembang yang mana inilah bentuk komitmen dari pemerintah daerah agar Kota Pelajar bisa jadi destinasi wisata kuliner di Indonesia.

Oleh sebab itu, mendatangi kota ini tidak akan lengkap jika Anda tidak mencicipi makanan lokal yang khas. Weh, apa saja kuliner-kuliner ini? Tanpa basa-basi, silakan cek tabel di bawah!

21 Makanan Khas Jogja yang Wajib Dicoba

GudegSate KlathakBerongkosGatot dan TiwulWajikApemJenang Garut
GeplakYangkoWedang RondeWedang UwuhBakmi GodhogTengkleng GajahGudangan
Oseng MerconKue KipoJadah TempeBelalang GorengBakpia PathukMangut LeleNasi Merah Wonosari

Nanti, saat Plesirmania liburan ke Jogja, coba cari tempat kuliner yang menyajikan makanan-makanan khas Jogja di atas. Ada banyak kok. Apalagi, jika Anda mengunjungi Jalan Malioboro, wah semua makanan khas Jogja ada di sana.

Oh ya Plesirmania, saat Anda berlibur di Jogja, sungguh tidak afdal jika Anda tidak membeli oleh-oleh khas Kota Pelajar ini sebagai cenderamata. Kira-kira, oleh-oleh khas Jogja apa saja sih? Coba periksa tabel di bawah!

8 Oleh-Oleh Khas Jogja yang Terkenal. Gak Afdal Kalo Gak Beli!

Kain BatikBakpia KukusBlangkonCokelat Monggo
Gerabah KasonganKaus DagaduMamahke JogjaGantungan Kunci Jogja
A. Ulinnuha
Writer
Content Writer

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

7 Tips Liburan ke Jogja bagi Pemula - Terbaru 2024

Setelah Anda sudah mengetahui rekomendasi tempat wisata untuk dikunjungi serta makanan khas Jogja yang wajib dicoba, kini saat yang tepat bagi Anda untuk mulai mengetahui tips liburan ke Jogja bagi pemula. Bagaimana? Sudah siap? Kalau begitu, teruslah membaca!

1
Buat Rencana Perjalanan atau Itinerary

Gak Ada Rencana, Liburan Bakalan Berantakan

Buat Rencana Perjalanan atau Itinerary

2
Tentukan Budget Liburan ke Jogja

Biar Gak Kehabisan Duit Pas Liburan. Tentuin Budget!

Tentukan Budget Liburan ke Jogja

3
Pilih Destinasi Wisata yang Hendak Anda Kunjungi

Jogja Punya Banyak Destinasi Wisata. Pilih yang Sangat Ingin Anda Kunjungi

Pilih Destinasi Wisata yang Hendak Anda Kunjungi

4
Tentukan Transportasi yang Akan Digunakan

Mau Naik Kendaraan Pribadi atau Umum, yang Penting Sampai Jogja

Tentukan Transportasi yang Akan Digunakan

5
Pilih Penginapan yang Sesuai dengan Budget Liburan

Ada Rencana Liburan Selama 2 Hari? Cari Penginapan di Jogja!

Pilih Penginapan yang Sesuai dengan Budget Liburan

6
Persiapkan Segala Kebutuhan Pokok

Jangan ke Jogja dengan Badan Aja. Bawa Kebutuhan Penting Anda Selama Liburan

Persiapkan Segala Kebutuhan Pokok

7
Jangan Sungkan Menawar

UMR Jogja Itu Rendah. Tawarlah agar Dapat Barang dengan Harga Murah!

Jangan Sungkan Menawar

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Gak Ada Rencana, Liburan Bakalan Berantakan
© pexels.com/@thngocbich
1
Gak Ada Rencana, Liburan Bakalan Berantakan

Buat Rencana Perjalanan atau Itinerary

Tidak dapat dipungkiri bahwasanya membuat rencana perjalanan atau itinerary merupakan langkah awal yang harus Anda lakukan, terlebih jika Anda adalah traveler pemula yang berencana pergi ke Jogja. Membuat rencana perjalanan menjadi hal yang penting supaya Anda nantinya tidak membuang-buang waktu Anda saat liburan.

Rencana perjalanan atau itinerary sendiri merupakan sebuah upaya dengan mengelompokkan destinasi wisata yang ingin Anda kunjungi dengan memperhitungkan lokasinya, waktu estimasi, dan budget. Untuk memulainya, cobalah dengan ngelist tempat wisata beserta dengan lokasinya, berapa lama Anda ingin ngetrip di Jogja, serta budget yang harus Anda keluarkan selama liburan di Jogja,

Biar Gak Kehabisan Duit Pas Liburan. Tentuin Budget!
© pexels.com/@pixabay
2
Biar Gak Kehabisan Duit Pas Liburan. Tentuin Budget!

Tentukan Budget Liburan ke Jogja

Selain membuat rencana perjalanan, menentukan budget perjalanan juga menjadi hal penting yang harus Anda pertimbangkan. Mulailah dengan menghitung perkiraan biaya pengeluaran yang harus Anda keluarkan, seperti biaya penginapan (jika menginap), biaya transportasi dari berangkat sampai pulang, biaya makan selama di Jogja, serta biaya untuk membeli oleh-oleh (jika perlu).

Kenapa menentukan dan menghitung budget penting? Bagaimanapun, hal ini penting dilakukan untuk menghindari adanya pembengkakan pengeluaran selama liburan. Dengan dana yang sudah terhitung secara rinci, liburan Anda selama di Jogja akan lebih tenang dan aman. Setujukah Anda, Plesirmania?

Jogja Punya Banyak Destinasi Wisata. Pilih yang Sangat Ingin Anda Kunjungi
© unsplash.com/@agto
3
Jogja Punya Banyak Destinasi Wisata. Pilih yang Sangat Ingin Anda Kunjungi

Pilih Destinasi Wisata yang Hendak Anda Kunjungi

Rekomendasi kami

Seperti yang sudah Anda ketahui di awal artikel ini, Yogyakarta menawarkan puluhan bahkan ratusan destinasi wisata menakjubkan, baik itu wisata alam, tempat bersejarah, pusat perbelanjaan murah, sampai sentra kuliner khas. Pun, ada banyak sekali aktivitas menyenangkan yang bisa Anda lakukan saat liburan di Jogja.

Nah, dengan banyaknya destinasi wisata yang tersedia, Anda tentu tidak mungkin mengunjunginya satu-satu, kan? Oleh karena itu, silakan pilih beberapa destinasi wisata menarik perhatian Anda. Bagaimana dengan jumlah wisata yang harus dikunjungi? Itu bisa Anda tentukan dengan mempertimbangkan lokasi wisata serta durasi Anda saat berlibur di Jogja.

Bagaimanapun, pemilihan destinasi wisata ini ada hubungannya dengan pembuatan rencana perjalanan di awal. Jadi, saat membuat rencana perjalanan, Anda bisa sekalian memilih destinasi wisata yang ingin Anda kunjungi saat berada di Jogja untuk mendapatkan cerita berkesan selama liburan tersebut.  

Mau Naik Kendaraan Pribadi atau Umum, yang Penting Sampai Jogja
© unsplash.com/@an_ku_sh
4
Mau Naik Kendaraan Pribadi atau Umum, yang Penting Sampai Jogja

Tentukan Transportasi yang Akan Digunakan

Rekomendasi kami

Masih seputar pembuatan rencana perjalanan atau itinerary, Anda tidak boleh lupa untuk menentukan transportasi apa yang akan Anda gunakan untuk pergi berlibur ke Yogyakarta. Apakah Anda akan pergi ke Jogja menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan transportasi umum? Semua tergantung pada keputusan Anda.

Namun, jika nantinya Anda berencana untuk menggunakan kendaraan pribadi, baik itu motor atau mobil, jangan lupa untuk mengecek kondisi kendaraan Anda tersebut. Sebaliknya, jika Anda berencana untuk menggunakan transportasi umum, baik itu kereta atau pesawat, alangkah baiknya Anda membeli tiketnya dari jauh-jauh hari.

Ada Rencana Liburan Selama 2 Hari? Cari Penginapan di Jogja!
© unsplash.com/@fransaraco
5
Ada Rencana Liburan Selama 2 Hari? Cari Penginapan di Jogja!

Pilih Penginapan yang Sesuai dengan Budget Liburan

Rekomendasi kami

Tips selanjutnya untuk para pemula yang ingin pergi liburan ke Jogja adalah dengan menentukan penginapan (jika menginap). Saat memilih penginapan, Anda harus mempertimbangkan lokasi wisata yang ingin Anda kunjungi serta budget liburan Anda.

Bingung? Biar kami permudah dengan sebuah contoh. Katakanlah Anda berencana untuk pergi ke Jogja untuk berlibur di sekitar pantai Jogja, maka cobalah untuk memilih hotel di pinggir pantai Jogja. Atau misalkan Anda tertarik untuk menikmati keramaian Jalan Malioboro, maka menginap di hotel di Jalan Sosrowijayan bisa menjadi pilihan yang tepat.

Saat memilih hotel di Jogja, Anda juga harus mempertimbangkan bintang dari hotel yang ingin Anda inapi. Apakah Anda ingin menginap di hotel bintang 2, bintang 3, bintang 4, atau bintang 5? Selain hotel, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menginap di tempat penginapan seperti villa, resort, homestay, atau guesthouse

Bukan hanya itu, mempertimbangkan budget saat memilih tempat penginapan juga merupakan hal penting. Jadi, tentukan berapa uang yang ingin Anda keluarkan sebagai biaya akomodasi sebelum memesan kamar. 

Jangan ke Jogja dengan Badan Aja. Bawa Kebutuhan Penting Anda Selama Liburan
© pexels.com/@didsss
6
Jangan ke Jogja dengan Badan Aja. Bawa Kebutuhan Penting Anda Selama Liburan

Persiapkan Segala Kebutuhan Pokok

Rekomendasi kami

Anda tentu tidak mungkin pergi berlibur ke Jogja tanpa membawa apa-apa. Benar begitu, kan? Plesirmania, sebelum trip Anda ke Jogja, cobalah untuk mempersiapkan segala kebutuhan pokok Anda, mulai dari tas backpack, pakaian ganti, outfit spesial, jaket, powerbank, tas selempang, peralatan mandi, obat-obatan, dan sebagainya.

Bukankah di Jogja saya bisa membeli barang-barang ini? Itu benar Plesirmania. Anda memang bisa menemukan dan membeli barang-barang ini saat sudah tiba di Jogja. Namun, perlu untuk Anda ketahui bahwa harga dari barang-barang di atas mungkin akan jauh lebih mahal. Jadi, alangkah baiknya Anda mempersiapkan kebutuhan pokok ini sebelum keberangkatan.

Selain itu, saat Anda mempersiapkan barang yang perlu dibawa saat liburan ke Jogja, kami pun juga merekomendasikan untuk membawa barang secukupnya saja. Cukup tidaknya bisa Anda tentukan dengan menghitung durasi liburan Anda. Bagaimana? Sudah nentuin barang apa saja yang ingin dibawa?

UMR Jogja Itu Rendah. Tawarlah agar Dapat Barang dengan Harga Murah!
© pixabay.com/users/pexels
7
UMR Jogja Itu Rendah. Tawarlah agar Dapat Barang dengan Harga Murah!

Jangan Sungkan Menawar

Tips liburan ke Jogja bagi pemula yang terakhir adalah jangan sungkan untuk menawar. Tips ini berlaku untuk Anda yang ingin membeli oleh-oleh Jogja, baik itu batik, bakpia Jogja, kaos ikonik Yogyakarta, dan sebagainya. Dengan tidak sungkan menawar, Anda nantinya bisa mendapatkan harga barang yang lebih murah.

Jadi, Plesirmania, pandai-pandailah untuk mendapatkan hati dari para penjual supaya Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Terlebih, jika Anda membeli banyak barang atau oleh-oleh makanan di sebuah toko, mintalah potongan harga agar lebih hemat.

Tanya Jawab Seputar Tips Liburan ke Jogja bagi Pemula

Bagi seorang traveler pemula, Anda tentu memiliki banyak pertanyaan di kepala tentang tips-tips ketika liburan ke Jogja. Tak usah khawatir, tim Plesir kami telah merangkum beberapa pertanyaan seputar liburan di Jogja. Apa saja pertanyaan tersebut? Cek saja di bawah!

Apa yang harus di lakukan di Jogja?

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan selama liburan di Jogja, mulai dari mengunjungi tempat bersejarah, bersantai di pantai-pantai Jogja, bersenang-senang di tempat wisata, jalan-jalan di Jalan Malioboro, menyantap makanan-makanan khas Jogja, maupun berbelanja oleh-oleh khas Yogyakarta.

Mengapa Jogja menarik?

Jogja atau Yogyakarta merupakan kota istimewa dengan tradisi dan budaya Jawa yang masih kental. Bukan hanya itu, namun kota ini pun juga menyimpan sejuta keistimewaan lewat ratusan destinasi wisata dan kuliner khas. Fakta-fakta inilah yang membuat Jogja menjadi kota tujuan wisata banyak pelancong, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Kesimpulan: Tips Liburan ke Jogja bagi Pemula

Apakah Anda sudah paham mengenai tips liburan ke Jogja bagi pemula? Bagaimanapun, Jogja menyajikan banyak tempat wisata yang bisa Anda kunjungi serta beragam makanan khas yang bisa Anda nikmati. Dalam kata lain, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan selama berada di kota ini.

Lebih baiknya, dengan Anda memahami tips liburan ke Jogja, itu dapat semakin membuat liburan Anda jauh lebih menyenangkan dan mengesankan. Jadi, apakah Anda sudah siap untuk mendapatkan pengalaman menyenangkan dan mengesankan selama berlibur di Jogja?

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo