Hide Menu

Belum Bikin Rencana Perjalanan Wisata Itinerary Dieng 2 Hari 1 Malam? Ayo Tulis Begini!

Rincian Perencanaan Liburan Selama Dua Hari ke Berbagai Tempat Terkenal di Dataran Tinggi Wonosobo

Artikel Itinerary Dieng 2 Hari 1 Malam ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Itinerary Dieng 2 Hari 1 Malam 2024
© freepik.com

Kumpulan Destinasi Wisata Dieng 2 Hari 1 Malam

Kumpulan Destinasi Wisata Dieng 2 Hari 1 Malam
freepik.com

Selama di Dieng dalam waktu kurang lebih dua hari, sebaiknya menurut Plesirmania ke mana saja? Kalau menurut tim Plesir tentu saja ke Bukit Sikunir dan Telaga Warna. Melihat keindahan desa dari ketinggian tanpa mengunjungi Bukit Sikunir akan terasa sangat kurang lengkap. Apalagi tidak menyaksikan langsung indahnya warna hijau Telaga Warna. Sungguh merugi!

Selanjutnya destinasi wisata yang lain ada Kawah Sikidang, Kompleks Candi Arjuna, dan Kebun Teh Tambi. Rasanya kalau pergi ke desa dingin di Wonosobo selama dua hari, tempat wisata tadi sudah mencakup kumpulan destinasi yang harus Anda kunjungi.

Sementara itu, apabila Plesirmania mau mencari contoh itinerary Dieng 2 hari 1 malam, baiknya ikuti penjelasan lanjutannya sebentar lagi. Jangan ke mana-mana dan tetap pantau terus artikel berikut, ya!

Fakta Menarik Desa Dieng

Fakta Menarik Desa Dieng
freepik.com

Siapa sih yang tak pernah mendengar Desa Dieng? Bagi pecinta traveling sekaligus hiking pasti sudah sering mendengar nama daerah tersebut. Wilayah sekitarnya sangat dekat dengan Gunung Prau dan tempat terindah untuk melihat matahari terbit. Itu salah satu fakta menarik daerah dingin ini.

Mau tahu fakta lainnya? Simak bersama poin di bawah!

  • Tempat Para Dewa-dewi Bersemayam

Nama Dieng desa dingin yang terletak di Wonosobo ini berasal dari Bahasa Sansekerta “di hyang”. “Di” artinya tempat tinggi, dan “hyang” berarti kahyangan.

  • Dieng Terbagi dalam Dua Kabupaten

Benar bahwa Dieng terletak di Kabupaten Wonosobo, tapi pada faktanya desa dingin ini terletak di dua kabupaten secara bersamaan, yaitu Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara.

  • Empat Tipe Destinasi Wisata Terkenal

Bukan hanya kawahnya yang terkenal (Kawah Sikidang dan Kawah Candradimuka) di sini, melainkan telaga, gunung, dan candi juga terkenal. Termasuk Telaga Warna, Telaga Pengilon, Gunung Prau, Gunung Pakuwojo, Candi Arjuna, serta Candi Dwarawati.

  • Salju ala Dieng

Lebih tepatnya orang asli setempat menamainya sebagai bun upas atau embun beracun yang hanya ada di Bulan Juli-Agustus di mana suhu udara sekitar mencapai titik beku.

Naik Apa ke Dieng?

Naik Apa ke Dieng?
freepik.com

Ada beragam transportasi yang bisa Anda gunakan untuk mencapai dataran tinggi di Wonosobo ini, antara lain naik bus antar provinsi, kereta api, dan kendaraan pribadi baik motor atau mobil. Pesawat tidak termasuk karena belum ada bandara di Wonosobo maupun di Dieng.

Namun, Anda dapat menggunakan pesawat terbang ke Yogyakarta. Dari Jogja ke tempat tujuan naiklah kendaraan umum. Dari keempat jenis kendaraan yang bisa Anda gunakan, tim Plesir sangat merekomendasikan naik bus. Sebab, naik bus lebih singkat waktunya, banyak armadanya, harga pun murah meriah.

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

2 Itinerary Dieng 2 Hari 1 Malam - Terbaru 2024

Dieng Plateau memang memiliki beragam obyek wisata alam (Slamet R, 2006). Tak ayal banyak yang ingin ke daerah tersebut untuk berwisata. Kalau berencana ke sana, jangan lupa bikin rencana perjalanan private travel paket wisata Dieng untuk 2 orang seperti di bawah ini. Cek segera!

1
Hari ke-1

Kawah Sikidang, Candi Arjuna, Telaga Warna, Telaga Pengilon, Check In

Hari ke-1

2
Hari ke-2

Bukit Sikunir, Telaga Menjer, Kebun Teh Tambi, Check Out

Hari ke-2

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Kawah Sikidang, Candi Arjuna, Telaga Warna, Telaga Pengilon, Check In
© freepik.com
1
Kawah Sikidang, Candi Arjuna, Telaga Warna, Telaga Pengilon, Check In

Hari ke-1

Rekomendasi kami

Perjalanan wisata ke desa dingin di hari pertama akan Anda mulai dari titik tempat wisata Kawah Sikidang. Namun, sebelum itu Anda bisa check in homestay terlebih dulu dekat terminal atau jalan raya Tugu Selamat Datang. Tim Plesir memperkirakan waktu tiba Anda adalah siang hari dari perjalanan Yogayakarta- Wonosobo- Dieng, jadi tak mengapa langsung check in saja.

Perlu Plesirmania catat bahwa ke Kawah Sikidang dari penginapan memerlukan kendaraan seperti motor. Oleh karenanya, Anda harus menyewa terlebih dulu. Penyewaan ada di sekitar penginapan. Setelah itu barulah Anda bisa pergi ke Kawah Sikidang.

Perkawahan Sikidang menawarkan wisata menikmati pemandangan kawah yang terletak di tanah datar. Diketahui kawah tersebut masih aktif sampai sekarang. Bahkan, Anda bisa mencoba merebus telor di kawahnya.

Tempat wisata selanjutnya yaitu Candi Arjuna. Plesirmania dapat mempelajari situs sejarah candi di sini. Candi Arjuna juga merupakan candi tertua, kira-kira pernah dibangun di abad 8 Masehi. Sebelum benar-benar malam, lanjutkan perjalanan Anda ke Telaga Warna dan Telaga Pengilon yang bersebelahan.

Lama perjalanan dari Candi Arjuna ke Telaga Warna dan Telaga Pengilon adalah 5 menit menggunakan sepeda motor. Sebelum sore benar-benar habis, nikmatilah keindahan telaga hijau yang asri itu sepuasnya.

Kemudian, Plesirmania bisa kembali ke penginapan untuk bersih-bersih badan sekalian bersiap mencari makan malam. Tim Plesir sarankan mencari makan di sekitar penginapan. Kalau mau, coba nikmati mi ongklok asli daerah Wonosobo di Kedai Ongklok. Sekian perjalanan Anda di hari pertama.

Bukit Sikunir, Telaga Menjer, Kebun Teh Tambi, Check Out
© freepik.com
2
Bukit Sikunir, Telaga Menjer, Kebun Teh Tambi, Check Out

Hari ke-2

Rekomendasi kami

Perjalanan hari berikutnya akan Plesirmania mulai pukul 3 pagi. Tujuan wisata Anda adalah Bukit Sikunir. Mengapa Anda perlu berangkat jam tiga pagi? Alasannya ialah Plesirmania harus mendaki ke atas bukit yang mana memerlukan waktu hingga 2 jam.

Kira-kira pendakian Anda akan sampai di puncak jam setengah 5 atau jam 5 pagi. Sampai di atas bukit, Anda dapat menyaksikan matahari terbit yang fenomenal, tepatnya sunrise Sikunir. Plesirmania bisa juga membawa perbekalan minuman hangat dan menikmatinya saat sudah sampai di atas bukit sambil menikmati indahnya matahari terbit di pagi hari.

Selanjutnya Anda akan kembali turun bukit yang memakan waktu satu setengah jam perjalanan. Tak lupa sampai bawah Anda bisa mencari sarapan pagi, kemudian kembali ke penginapan untuk bebersih badan dan bersiap ke Telaga Menjer.

Telaga Menjer menawarkan kepada Plesirmania sekalian wisata berkeliling danau menggunakan perahu. Anda akan merasakan dinginnya suasana telaga yang begitu asri. Setelah itu, lanjutkanlah perjalanan ke Kebun Teh Tambi.

Kalau tadi menikmati pemandangan air telaga, saatnya Anda beralih menikmati pemandangan hijaunya kebun teh. Plesirmania dapat berkeliling kebun dan mengabadikan momen segarnya perkebunan tersebut.

Kegiatan selanjutnya sebelum pulang adalah mengembalikan sewaan sepeda motor. Lalu, packing barang-barang Anda di penginapan dan check out. Selesai sudah perjalanan open trip 2D1N Anda di Dieng. Apakah Anda menikmatinya? 

Tanya Jawab Seputar Itinerary Dieng 2 Hari 1 Malam

Untuk menyempurnakan artikel itinerary Dieng 2 hari 1 malam ini, ayo simak beberapa pertanyaan juga jawaban pada kolom berikut. Ini daftarnya:

Bulan apa yang pas ke Dieng?

Anda bisa ke desa tersebut pada bulan Juli, Agustus atau September. Di bulan-bulan tersebut belum ada musim hujan, sehingga pas sekali untuk melakukan kunjungan.

Apa yang bisa kita lakukan di Dieng?

Banyak hal yang bisa Plesirmania lakukan di desa tersebut, antara lain menyaksikan fenomena alam unik, menikmati indahnya panorama alam, belajar situs sejarah setempat, berendam air panas, mendaki gunung, dan camping.

Apa saja yang ada di Dieng?

Ada Kawah Sikidang, Kompleks Candi Arjuna, Telaga Merdada, Gunung Prau, Telaga Warna, dan lain-lain.

Berapa harga paket wisata dieng 2 hari 1 malam?

Di beberapa agen perjalanan, harga paket liburan desa tersebut selama 2 hari pada 2020, harganya 1 jutaan rupiah sudah termasuk penjemputan via Jogja.

Kesimpulan: Itinerary Dieng 2 Hari 1 Malam

Demikian perjalanan Anda di Dieng selama dua hari full ke berbagai destinasi wisata terkenal di desa tersebut. Walaupun tidak selengkap pergi selama lima hari, namun daftar tempat wisata tadi adalah yang paling utama Anda kunjungi bila stay semalam saja.

Tim Plesir harap informasi di atas membantu merealisasikan rencana perjalanan milik Anda. Jadi, bulan apa yang akan Plesirmania pilih untuk mengunjungi destinasi wisata di Jawa Tengah ini? 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo