Hide Menu

5 Cara Berangkat dari Terminal Jepara ke Pelabuhan Kartini Menuju Karimunjawa, Gampang!

Mau Jalan Kaki atau Naik Ojek Sekalipun Tetap Bisa Sampai ke Pelabuhan Kartini

Artikel Terminal Jepara ke Pelabuhan Kartini ini diposting diperbarui
5 Pembaca
Like
Terminal Jepara ke Pelabuhan Kartini 2024
© istockphoto.com/DekiPrayogaYuliandri

Bagaimana Bisa Sampai ke Terminal Jepara?

Bagaimana Bisa Sampai ke Terminal Jepara?
istockphoto.com/winhorse

Ada sejumlah cara supaya Anda bisa sampai ke Terminal Jepara, bisa dari Semarang, Jakarta, atau dari Solo sekalipun. Salah satu caranya adalah Plesirmania bisa naik bus lokal. Anda pun dapat menggunakan bus dari Terminal Terboyo kalau Anda sedang berada di Semarang.

Kemudian, apabila Anda dari Jakarta, naiklah bus travel Bejeu atau Kalingga Jaya di Terminal Grogol atau Pulogebang. Sementara itu, jikalau Anda dari Solo ingin ke Jepara, transitlah dahulu ke Terminal Terboyo di Semarang. Alasan transit adalah karena rute bus langsung ke Jepara dari Solo tidak tersedia. Begitulah cara sampai ke Terminal Jepara.

Sampai terminal saja masih kurang untuk pergi ke Karimunjawa. Maka, tahukah Anda bagaimana cara pergi dari Terminal Jepara ke Pelabuhan Kartini? Untuk siapapun yang ingin tahu, pastikan tidak melewatkan artikel ini. Yuk, gali lebih dalam caranya!

Dari Pelabuhan Kartini ke Pulau Karimunjawa Naik Apa?

Dari Pelabuhan Kartini ke Pulau Karimunjawa Naik Apa?
istockphoto.com/StratosGiannikos

Satu-satunya alat transportasi untuk menyebrangi lautan dari Pelabuhan Kartini ke Karimun Jawa island adalah dengan naik kapal. Dengan didukung oleh ASDP Jepara, wisatawan dapat menyebrang ke Pulau Karimunjawa dengan dua opsi kapal yang tersedia di pelabuhan tersebut.

Pilihan yang ada yaitu Kapal Motor Penumpang atau disingkat KMP biasa dan KMC cepat. Nama kapalnya ialah KMP Feri Siginjai dan KMC Express Bahari.

Lalu, mana diantara KMP Ferry Siginjai dan KMC Express Bahari yang merupakan kapal biasa dan kapal cepat? Jawabannya, KMP Feri Siginjai termasuk kapal biasa yang melaju dengan kecepatan normal dan KMC Express Bahari adalah kapal cepat yang melaju 2 kali lebih cepat dari Siginjai.

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Terminal Jepara ke Pelabuhan Kartini - Terbaru 2024

Sebelum ke pembahasan setiap cara untuk menuju ke Pelabuhan Kartini, mari menyimak uraian singkat berikut. Menurut Nur Fakhrun Nisa (2023), Terminal Jepara merupakan salah satu fasilitas transportasi yang terdapat di Kabupaten Jepara yang berfungsi untuk menaik-turunkan penumpang dari bus hingga angkotan kota.

Lalu, bagaimana bisa Plesirmania pergi dari terminal itu dan tiba di pelabuhan? Jawabannya ikuti saja cara-cara di bawah ini. Go!

1
Berjalan Kaki

Lebih Sehat di Badan dan Kaki

Berjalan Kaki

2
Naik Ojek

Gak Capek di Jalan, Langsung Sampai Pelabuhan

Naik Ojek

3
Naik Taksi

Membantu Menyimpan Banyak Barang Bawaan di Bagasi

Naik Taksi

4
Naik Angkutan Kota

Hemat Ongkos tapi Nunggu Penumpang Penuh

Naik Angkutan Kota

5
Naik Becak Motor

Seperti Naik Becak Tradisional dengan Kecepatan Tinggi

Naik Becak Motor

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Lebih Sehat di Badan dan Kaki
© istockphoto.com/Ljupco
1
Lebih Sehat di Badan dan Kaki

Berjalan Kaki

Rekomendasi kami

Karena jarak tempuh ke Pelabuhan Kartini cukup dekat yaitu hanya 2 kilometer, maka tim Plesir sarankan untuk berjalan kaki saja dari Terminal Jepara. Dengan berjalan kaki, Anda dapat menghemat biaya. Biaya ini nanti bisa Anda gunakan untuk yang lainnya, contohnya makan atau membayar wisata di Karimun Jawa.

Berjalan kaki juga tidak membutuhkan waktu lama dalam jarak 2 km, kira-kira membutuhkan waktu 20 menit sampai ke pelabuhan. Plesirmania pun bisa mengenal Kabupaten Jepara secara singkat sebelum ke Karimunjawa. Jangan lupa juga untuk mengenakan sepatu atau sandal yang nyaman jika memilih berjalan kaki ke pelabuhan, ya!

Gak Capek di Jalan, Langsung Sampai Pelabuhan
© istockphoto.com/RizkyAdeJonathan
2
Gak Capek di Jalan, Langsung Sampai Pelabuhan

Naik Ojek

Rekomendasi kami

Jalan kaki bukanlah satu-satunya cara untuk sampai ke pelabuhan. Naik ojek bisa jadi solusi untuk Anda yang malas jalan kaki. Berbeda dengan berjalan kaki yang mana Anda tidak perlu mengeluarkan ongkos, naik ojek sendiri memerlukan uang.

Harga ojek mulai dari Rp 15.000. Jadi, persiapkanlah uang sejumlah tersebut atau lebih. Ongkos ini bisa lebih murah, terutama kalau Anda pintar menawar ke driver ojek yang ingin Anda tumpangi. Di samping itu, jikalau Anda memilih naik ojek, jangan sampai lupa pakai jaket atau sunblock agar panasnya matahari tidak membuat kulit Anda terbakar.

Membantu Menyimpan Banyak Barang Bawaan di Bagasi
© istockphoto.com/joyt
3
Membantu Menyimpan Banyak Barang Bawaan di Bagasi

Naik Taksi

Rekomendasi kami

Adapun cara berikutnya untuk sampai ke pelabuhan adalah naik taksi. Menggunakan transportasi umum satu ini sedikit memerlukan biaya lebih mahal dari kedua jenis cara sebelumnya. Harganya bisa saja dua kali lipat dari naik ojek.

Walaupun demikian, naik taksi juga bermanfaat untuk membantu Anda membawakan barang-barang yang banyak, baik koper maupun backpack. Terlebih lagi, kalau jalan kaki ataupun naik motor biasanya memerlukan tenaga ekstra dan tempat lebih dalam membawa barang keperluan liburan.

Hemat Ongkos tapi Nunggu Penumpang Penuh
© istockphoto.com/deepblue4you
4
Hemat Ongkos tapi Nunggu Penumpang Penuh

Naik Angkutan Kota

Rekomendasi kami

Apakah Plesirmania menginginkan kendaraan yang lebih murah dari taksi tapi bisa bawa barang banyak sekaligus? Caranya yaitu naiklah angkot atau angkutan kota. Naik angkot jauh lebih menghemat uang Anda daripada taksi, harganya juga lebih murah. Pilihan ini juga ramah dengan para backpacker, lho. 

Namun, naik angkot juga membutuhkan kesabaran ekstra. Sebab, biasanya angkot akan menunggu penumpang penuh terlebih dahulu baru akan jalan. Hal ini dinamakan ngetem (angkot tidak jalan atau tengah menunggu lebih banyak penumpang).

Kemungkinan besar saat menunggu di dalam angkot, umumnya udara panas. Jadi, untuk persiapan Plesirmania boleh juga bawa kipas mini portable.

Ada satu hal yang harus diingat, Tim Plesir kurang menyarankan menggunakan kendaraan umum ini apabila jadwal jam penyeberangan kapal mepet dengan kedatangan Anda di terminal. Maka, pastikan masih ada sisa waktu sebelum Anda pergi ke tujuan. 

Seperti Naik Becak Tradisional dengan Kecepatan Tinggi
© istockphoto.com/benito_anu
5
Seperti Naik Becak Tradisional dengan Kecepatan Tinggi

Naik Becak Motor

Rekomendasi kami

Cara terakhir ke dermaga Jepara adalah menggunakan bentor atau becak motor. Seperti namanya, Plesirmania akan naik kendaraan berbentuk becak yang sudah dimodifikasi dengan rangka motor sebagai mesin untuk menjalankan kendaraan ini. Bentor sendiri sudah hadir lama di Indonesia, sejak sebelum 2017, dan kini ada di Jepara.

Untuk naik bentor, Anda perlu menyiapkan uang 10 ribu hingga 15 ribu rupiah. Anda pun dapat menawar biaya ke pengemudi bentor agar dapat harga lebih murah.

Namun, perlu digaris bawahi umumnya harga bentor sudah lumayan murah. Kemudian, tim Plesir anjurkan untuk membawa topi dan kacamata hitam agar jaga-jaga terhindar dari panas matahari di dalam bentor.

Tanya Jawab Seputar Terminal Jepara ke Pelabuhan Kartini

Artikel ini tidak akan lengkap tanpa bagian tanya-jawab. Oleh sebab itu, cek beberapa daftar yang lebih dari 3 pertanyaan dan jawaban tentang cara ke Pelabuhan Kartini Jepara di bawah ini!

Berapa lama dari Pelabuhan Kartini ke Karimunjawa?

Hal ini tergantung dari kapal yang Anda tumpangi. Jikalau Anda menaiki kapal KMP Ferry Siginjai, maka lama waktu tempuh untuk sampai ke Pulau Karimunjawa adalah 4,5 hingga 5 jam. Berbeda dengan KMC Express Bahari yang lebih cepat, waktu tempuhnya yaitu 2-2,5 jaman saja.

Berapa jam naik kapal dari Jepara ke Karimunjawa?

Tergantung dari kapal yang Anda naiki. Bisa jadi Plesirmania butuh 2,5-5 jam untuk sampai ke Karimunjawa. 

Apa nama pelabuhan di Jepara?

Nama pelabuhan di Jepara adalah Pelabuhan Kartini.

Ke Karimunjawa dari pelabuhan apa?

Dari Pelabuhan Kartini yang berada di Jepara.

Berapa jarak Jepara ke Karimunjawa?

Jaraknya adalah sekitar 88 kilometer.

Apakah bisa ke Jepara naik kereta?

Kalau ke Jepara dari Jakarta naik kereta, saat ini belum ada karena tidak ada stasiun yang mengarah langsung ke sana. Tapi, Anda bisa berhenti di Semarang lalu melanjutkan perjalanan dari daerah tersebut ke Jepara. 

Berapa harga tiket kapal penyebrangan ke Karimun Jawa?

Harga tiket kapal penyebrangan ke Karimunjawa bervariasi. KMP Feri Siginjai mematok harga Rp 130 ribu untuk penumpang dewasa sekali jalan. Sementara KMC Express Bahar mematok harga Rp 200 ribu untuk penumpang dewasa executive. Harga tersebut bukan harga tetap di 2020, namun setiap tahun naik.

Kesimpulan: Terminal Jepara ke Pelabuhan Kartini

Demikianlah info yang bisa tim Plesir bagikan kepada pembaca sekalian. Kesimpulannya, ada 5 cara secara keseluruhan. Plesirmania bisa memanfaatkan salah satu cara di atas sesuai dengan kemampuan Anda.

Entah Anda lebih nyaman berjalan kaki ataupun naik angkot tidak menjadi masalah. Pastikan cara yang Anda pilih tidak membebani diri sendiri, ya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Plesirmania tercinta untuk bisa mengunjungi Karimunjawa di masa liburan esok hari. Jadi, Anda mau berangkat di bulan Desember atau Januari? 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo