Hide Menu

Bisa Sampai Gili Super Cepat Kalau Pakai 2 Cara ke Gili Trawangan dari Bandara Lombok Ini!

Pembahasan Detail Cara ke Gili Trawangan dengan Dua Kendaraan Beserta Harganya, Lengkap!

Artikel Cara ke Gili Trawangan dari Bandara Lombok ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Cara ke Gili Trawangan dari Bandara Lombok 2024
© freepik.com

Sejarah Penamaan Gili Trawangan

Sejarah Penamaan Gili Trawangan
freepik.com

Terdapat dua versi cerita tentang sejarah nama Gili Trawangan yang beredar di kalangan masyarakat. Dari dua versi cerita tersebut belum ada penelitian yang autentik mengenai asal usul nama Gili ini. Namun apabila Anda ingin mendengar ceritanya, biarkan tim Plesir uraikan.

Menurut bahasa Sasak, Gili mempunyai arti pulau kecil. Sedangkan nama Trawangan berasal dari kata Terangang. Terangang sendiri memiliki arti bertelurnya penyu karena di Gili terdapat banyak penyu saat itu.

Seiring berjalannya waktu, suku Sasak kesulitan menyebutkan nama Terangang. Mereka lebih sering mengucapkan Trawangan, hingga akhirnya nama Trawangan sering dipakai dan populer sampai detik ini.

Cerita penamaan selanjutnya datang dari masa penjajahan Jepang. Dahulu kala, Gili Trawangan dimanfaatkan sebagai tempat untuk menerawang atau mengintai kapal-kapal musuh dari sekutu Belanda oleh pasukan tentara Jepang.

Pada masa itu, masyarakat suku Sasak Lombok belum pandai berbahasa Indonesia dalam menyebutkan kata menerawang. Jadi, mereka mengucapkan kata menerawang dengan kata Trawangan.

Akhirnya, orang-orang suku Sasak memberi nama pulau kecil itu dengan nama Gili Trawangan. Begitulah cerita yang beredar. Meskipun belum ada bukti kebenaran ceritanya, tetapi masyarakat meyakini cerita tersebut umum di kalangan mereka.

Mau lebih banyak tahu tentang destinasi wisata ini sekaligus cara ke Gili Trawangan dari Bandara Lombok? Jika iya, Anda sangat direkomendasikan membaca catatan berikut. Ayo baca dan jangan sampai ketinggalan!

Dimana Letak Gili Trawangan?

Dimana Letak Gili Trawangan?
freepik.com

Letak Gili Trawangan tepatnya berada di Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang (bukan Kecamatan Praya), Kabupaten Lombok Utara atau disingkat KLU di Nusa Tenggara Barat. Ya, Anda tak salah membaca bahwa Gili Trawangan berada di NTB.

Pulau cantik ini dekat dengan Pulau Dewata Bali. Walaupun secara langsung masih sangat jauh jarak tempuhnya, namun bila Anda melihat di peta, keberadaan Gili Trawangan tak begitu jauh.

Gili Trawangan juga berdekatan dengan dua gillian lain lho, seperti Gili Meno dan Gili Air. Dua pulau ini dan Gili Trawangan merupakan kelompok dari tiga buah pulau kecil di Lombok Barat bagian utara (Gatot Yulianto et al, 2007).

Keindahan Gili Trawangan yang Tak Kalah Memesona dari Pulau Bali

Keindahan Gili Trawangan yang Tak Kalah Memesona dari Pulau Bali
freepik.com

Apakah sebagai masyarakat Indonesia, Anda sering berpikir bahwa Eilanden Indonesie seperti Pulau Dewata Bali adalah satu-satunya tempat di mana Plesirmania bisa menemukan pulau untuk menyelam?

Anda harus menyingkirkan pemikiran itu sementara karena Gili Trawangan adalah tempat terbaik untuk melihat keindahan wisata alam bawah laut yang sangat memesona. Khususnya karang biru yang hanya ada di Gili Trawangan dan Lautan Karibia.

Gili Trawangan dikelilingi oleh air laut yang jernih, sampai-sampai Anda bisa melihat sekumpulan biota laut yang menakjubkan. Misal, lion fish, scorpion fish, sotong, gurita, ikan hiu karang, penyu, ikan pari besar, dan terumbu karang. Di lain sisi, pantai pasir putihnya sangat halus dan lembut, sehingga Anda dapat berkeliling pantai dengan sepeda, menunggang kuda atau naik cidomo.

Selain menyelam di permukaan atau snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut di Gili Trawangan, Plesirmania juga bisa melakukan berbagai kegiatan air lainnya. Contohnya, island hopping (menyeberang dari pulau satu ke pulau lain) atau scuba diving (menyelam dengan bantuan set skuba).

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

2 Cara ke Gili Trawangan dari Bandara Lombok - Terbaru 2024

Selanjutnya akan tim Plesir rangkum cara agar Anda bisa sampai dari Gili trawangan ke Bandara Lombok. Maka dari itu, tetaplah membaca!

1
Naik Travel Shuttle

Lebih Hemat dan Bayarnya Sesuai Jenis Kendaraan, Bukan Per Orang

Naik Travel Shuttle

2
Naik Bus Damri

Perlu Turun Beberapa Kali Serta Jalan Kaki untuk Sampai Pelabuhan

Naik Bus Damri

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Lebih Hemat dan Bayarnya Sesuai Jenis Kendaraan, Bukan Per Orang
© freepik.com
1
Lebih Hemat dan Bayarnya Sesuai Jenis Kendaraan, Bukan Per Orang

Naik Travel Shuttle

Rekomendasi kami

Cara dari bandara ke Gili Trawangan paling banyak direkomendasikan orang-orang, apalagi kebanyakan travel agent naik travel shuttle. Naik shuttle ini bisa dapat beberapa kendaraan, seperti van Toyota Hiace, bus 30 seat atau bus 48 seat.

Selain daripada itu, Anda dapat menggunakan Avanza atau kendaraan roda empat lainnya sesuai dengan yang disediakan oleh jasa perjalanan. Kalau mau pulang nanti dari Gili Trawangan ke Bandara Lombok bisa naik kendaraan yang sama saat pergi.

Untuk bil tarif menggunakan travel shuttle ini biayanya beragam sesuai dengan jenis kendaraannya. Sebagai contoh:

Kendaraan

Harga

AvanzaRp. 345.000
Toyota HiaceRp. 600.000
Bus 30 SeatRp. 1.000.000

Lalu, rute dari Lombok Airport ke Gili Trawangan dengan shuttle mula-mula berawal dari keluar bandara ke Bundaran BIL ke arah bypass. Kemudian, bus akan berbelok ke Jalan Raya Mandalika dan lurus terus ke arah Grand Royal BIL Lombok. Shuttle bus mengarah ke arah bypass sampai ke SPPBE Permata Indah Dewata.

Selanjutnya, kendaraan akan tetap lurus terus ke arah Kantor Desa Labulia dan masih lurus ke Bundaran Gerung. Anda akan sampai ke Monumen Mataram Metro dalam beberapa menit. Kemudian, Plesirmania sampai juga di Kota Mataram sekitar 20 menitan dari monumen tersebut.

Dari Kota Mataram ke Pelabuhan Bangsal bisa ditempuh kurang lebih 1 jam. Kendaraan akan melanjutkan perjalanan ke arah Jalan Dakota, Jalan Trunojoyo, Jalan Raya Mataram, dan Jalan H. Mansur yang berkelok-kelok. Mobil tersebut masih melanjutkan perjalanan hingga ke Kantor Desa Menggala.

Anda sedikit lagi akan sampai di tujuan sekitar 10 menit dan Plesirmania meneruskan perjalanan ke Pelabuhan Bangsal dari arah Jalan Bangsal Baru. Lalu, untuk bisa nyebrang dari pelabuhan ke Gili Trawangan, Plesirmania harus naik perahu. Ada 2 pilihan perahu, yakni perahu lambat kayu dan speed boat. Sayangnya, belum ada akses transport ferry atau kapal besar lain.

Untuk biaya naik perahu kayu sebesar Rp 15 ribu per orang, sedangkan harga naik perahu cepat yaitu Rp 85 ribu. Perkiraan sampai di pulau tujuan dengan perahu lambat sekitar 45 menit, sementara dengan perahu cepat adalah 10 menit.

Perlu Turun Beberapa Kali Serta Jalan Kaki untuk Sampai Pelabuhan
© freepik.com
2
Perlu Turun Beberapa Kali Serta Jalan Kaki untuk Sampai Pelabuhan

Naik Bus Damri

Rekomendasi kami

Saran lain untuk sampai ke Gili Trawangan dari bandara adalah naik bus Damri. Pertama-tama, Anda harus naik bus Damri ke Mataram. Lalu, Plesirmania turun di Pool Damri Mataram dan melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Bangsal dengan bus Damri lagi di tempat Anda turun. Lama perjalanan dari Pool Damri ke Terminal Bangsal menggunakan bus Damri ialah 50 menit.

Sementara itu, harga atau ongkos naik bus tersebut adalah sekitar Rp 25 ribu. Namun, jika turun di luar Pool Damri, Anda akan dikenakan biaya Rp 35 ribu. Plesirmania harus infokan terlebih dahulu kepada supir atau kernet jika ingin turun di Pool Damri.

Lebih lanjut, Anda tak perlu khawatir tak bisa naik bisnya karena ketersediaan bus Damri akan selalu ada setiap hari. Bahkan bus tersebut tersedia sampai jadwal penerbangan paling akhir. Plesirmania dapat membeli tiket bis Damri di loket dekat pintu Kedatangan Domestik.

Selain naik bus Damri, Plesirmania bisa sewa motor atau naik taksi Bluebird ke Pelabuhan Bangsal. Berikut harga sewa motor dan biaya argo naik taksi:

Kendaraan

Harga

MotorRp. 70.000
Taksi
  • Melalui jalur Pusuk: Rp. 150.000
  • Melalui jalur Senggigi: Rp. 200.000

Sementara itu, rute pergi ke Harbour Bangsal dari Pool Damri adalah memulai perjalanan di Jalan TGH. Lanjut lagi ke Jalan Ahmad Yani melewati Tugu Bundaran Sweta. Kemudian, Plesirmania akan berbelok ke arah kanan ke Jalan Diponegoro di Lampu Merah Pasar Sayang Sayang.

Perjalanan dari Jalan Diponegoro ini akan terus berlanjut lurus ke Jalan Raya Kekeri melalui Puskesmas Pembantu Kekeri. Apabila telah bertemu pertigaan di antara Jalan Raya Kekeri dan Jalan Raya Mambalan, bus yang Anda tumpangi akan berbelok ke Jalan Raya Mambalan.

Lebih lanjut, perjalanan ini akan menuju ke Jalan Raya Tanjung sampai melewati Masjid Syiarul Islam terus lurus ke Jalan H. Mansur. Dari Jalan H. Mansur, kelanjutan perjalanan menggunakan bis Damri tersebut sama seperti naik travel shuttle.

Bedanya, bis Damri tidak tiba dekat penyebrangan, melainkan di Terminal Bangsal. Dari terminal tersebut, Anda bisa lanjutkan perjalanan jalan kaki atau naik ojek Grab bila ada. Setelah dari Pelabuhan Bangsal ke Gili Trawangan, naiklah speed boat atau perahu lambat kayu. Harganya sama seperti yang tim Plesir katakan di bagian sebelumnya.

Tanya Jawab Seputar Cara ke Gili Trawangan dari Bandara Lombok

Tim Plesir telah menyiapkan daftar pertanyaan khusus tentang cara ke Gili Trawangan dari Lombok untuk Plesirmania yang akan sangat bermanfaat kalau dibaca. Segera cek!

Dari Bandara Lombok ke Gili Trawangan naik apa?

Naik kendaraan roda empat dari bandara, lalu sesampainya di Bangsal Port naik perahu cepat ke Gili Trawangan.

Berapa lama nyebrang dari Lombok ke Gili Trawangan?

Menyebrang ke Gili Trawangan dari Lombok membutuhkan waktu lebih kurang 30 menit saja.

Berapa harga speed boat ke Gili Trawangan?

Harga naik speed boat ke Gili Trawangan adalah sekitar Rp. 120.000.

Berapa jam dari Mataram ke Gili Trawangan?

Perjalanan dari Mataram ke Gili Trawangan adalah sekitar 3 jam dengan public boat dan kurang dari 1 jam dengan speed boat.

Dari Bandara Lombok ke Gili Trawangan berapa jam?

Rata-rata memakan waktu 4-5 jam tergantung kondisi lalu lintas air.

Jarak dari Kuta Denpasar ke Lombok?

Sekitar 155 kilo meter. Plesirmania perlu menempuh waktu kurang lebih 6 jaman untuk sampai ke Lombok.

Apakah ada bar dan ATM di Gili Trawangan?

Ya, ada banyak bar dan ATM di Gili Trawangan.

Kesimpulan: Cara ke Gili Trawangan dari Bandara Lombok

Sampai di sini dulu pembicaraan cara ke Gili Trawangan dari Bandara Lombok. Untuk sementara memang hanya ada dua cara agar bisa sampai ke Gili Trawangan, yaitu naik travel shuttle dan naik bis Damri.

Kedua cara tersebut bisa Plesirmania pilih sesuai dengan kebutuhan. Tim Plesir harap informasi di atas cukup membantu Anda sekalian. Jadi, selamat berlibur! 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo