Hide Menu

Cek Kursi Citilink, Lion, Batik? Pakai 2 Cara Melihat Nomor Kursi di Tiket Pesawat Ini!

Bisa Melalui Bandara Langsung atau Secara Online, Kapan dan di Mana Saja!

Artikel Cara Melihat Nomor Kursi di Tiket Pesawat ini diposting diperbarui
3 Pembaca
Like
Cara Melihat Nomor Kursi di Tiket Pesawat 2024
© freepik.com/rawpixel.com

Informasi Nomor Kursi di Tiket Pesawat untuk Apa?

Informasi Nomor Kursi di Tiket Pesawat untuk Apa?
freepik.com/EyeEm

Sudah jelas bahwa informasi nomor kursi adalah untuk mengetahui di mana tepatnya Anda akan duduk. Tanpa adanya nomor kursi, Anda tak akan punya kuasa untuk bisa duduk di dalam pesawat. Oleh karena itu, amat sangat urgent mengetahui seat Anda.

Bagaimana cara mengetahuinya? Sejatinya, Anda harus check-in terlebih dahulu, baik di bandara atau secara online. Dengan begitu, Plesirmania akan mendapatkan info terkait kursi yang nantinya Anda tempati.

Di artikel ini, tim Plesir juga akan menguraikan penjelasan bagaimana cara melihat nomor kursi di tiket pesawat beserta tips memilih kursi pesawat terbaik. Jadi, jangan lewatkan informasi detailnya, ya, Plesirmania!

Nomor Kursi di Pesawat Bisa Pilih Sendiri?

Nomor Kursi di Pesawat Bisa Pilih Sendiri?
freepik.com/DCStudio

Berkat kemajuan teknologi yang berkembang sangat pesat, penduduk Indonesia sekarang dimudahkan untuk membeli tiket pesawat. Sehingga, setiap masyarakat dapat memilih kursi sendiri secara daring melalui platform pembelian tiket pesawat online.

Arti lainnya, Anda dapat memilih kursi sendiri sesuka hati, entah di row depan, tengah, atau belakang. Yang pasti dengan ketentuan seat yang Anda ingin belum habis terjual.

Bahkan, apabila Anda pesan lewat web maskapai penerbangan pun, Plesirmania juga bisa memilih sendiri kursi yang diinginkan. Misalnya di board situs lionair dot co dot id (lionair.co.id). Super mudah!

Tips Cara Memilih Nomor Kursi di Pesawat

Tips Cara Memilih Nomor Kursi di Pesawat
freepik.com/itchaznong

Saat traveling menggunakan pesawat, ada beberapa kursi yang sebaiknya Anda hindari. Kata Ahmad K (2019), terdapat baris kursi yang terletak di samping emergency exit menghalangi penumpang saat terjadinya evakuasi emergency landing. Contoh kursi seperti itulah ada baiknya tidak Anda pilih.

Dengan demikian, Plesirmania bisa duduk tanpa hati gelisah jika berhasil menghindari kursi yang kurang aman. Lantas, bagaimana bisa mendapatkan kursi ternyaman di dalam pesawat? Ikuti tips memilih kursi berikut!

  • Ketahui Denah Pesawat

Mengetahui denah pesawat akan memudahkan Anda memilih kursi terbaik. Namun, Anda harus book terlebih dahulu tiket pesawatnya. Setelah itu, Plesirmania baru bisa cek denah kursi sambil memilih kursi yang diinginkan.

  • Pilih Kursi di Depan Bagian Sayap

Tips ini adalah tips favorit tim Plesir. Sebab, Anda dapat menghindari suara keras mesin pesawat yang berada di bagian sayap. Jadi, secara otomatis Plesirmania tidak akan terganggu suara tersebut bila ingin tidur selama perjalanan.

  • Pilih Tempat Duduk yang Jauh dari Pintu

Banyak penumpang mengira duduk di bagian dekat pintu adalah yang terbaik. Namun, duduk menjauh dari pintu pun juga menjadi pilihan bijak. Mengapa? Karena Plesirmania bisa mendapatkan space agak lebar untuk meluruskan kaki.

  • Cari Kursi Paling Kiri

Diketahui pintu boarding berada di sebelah kiri pesawat, sehingga memilih kursi deretan kiri akan memudahkan Anda saat keluar dari pesawat. Pergerakan penumpang untuk turun pun akan jauh lebih cepat.

  • Hindari Tempat Duduk Dekat Lorong

Apabila Anda tipe penumpang yang tak ingin privasinya terganggu, sebaiknya cari tempat duduk yang tidak dekat dengan lorong, apalagi yang mengarah ke toilet. Dengan begitu, Anda tidak akan terganggu oleh hilir mudik penumpang yang hendak pergi ke kamar mandi melalui lorong.

  • Lebih Cepat Pesan Lebih Baik

Tips paling mendasar untuk mengamankan kursi terbaik Anda adalah cepat-cepat memesan tiket pesawat. Jadi, peluang Anda mendapatkan kursi ternyaman akan lebih besar.

  • Daftarkan Lewat Program Miles

Umumnya, maskapai penerbangan mempunyai program miles untuk calon penumpangnya. Ini merupakan program di mana Anda bisa mendapatkan poin dalam setiap penerbangan. Apabila poin telah banyak terkumpul, Plesirmania bisa menukarkannya dengan benefit yang diberikan. Salah satunya menaikkan sub kelas tiket pesawat Anda dari ekonomi ke tingkat lebih baik di atasnya.

Nomor Kursi Terbaik di Beberapa Maskapai Penerbangan

Nomor Kursi Terbaik di Beberapa Maskapai Penerbangan
freepik.com

Mengutip dari situs traveloka.com, ada tiga maskapai besar di Indonesia membagikan nomor kursi terbaiknya kepada penumpang. Apa saja nama maskapai dan masing-masing nomor maskapai tersebut? Langsung cek di bawah, ya!

  • Kursi Terbaik di Lion Air

Berdasarkan testimoni banyak penumpang yang sudah naik pesawat LLC (Low Cost Carrier) ini, mereka mengatakan kursi terbaik di armada 737 Lion Air berada di nomor 17 dan 20. Sementara itu, kursi terbaik di armada Airbus 330 ada di dekat pintu keluar.

  • Kursi Terbaik di Citilink

Berbeda dengan armada pesawat yang digunakan Lion Air, Citilink menggunakan armada Airbus A320, sehingga banyak penumpang merasa kursi terbaik berada di nomor 14.

  • Kursi Terbaik di Batik Air

Sedangkan untuk Batik Air, kursi terbaik tak jauh berbeda dengan milik Lion Air dan Citilink. Ini karena Batik Air menggunakan armada Airbus A320 dan Boeing 737.

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

2 Cara Melihat Nomor Kursi di Tiket Pesawat - Terbaru 2024

Berikutnya adalah pembahasan mengenai cara melihat nomor kursi pesawat di tiket. Daripada berlama-lama, langsung saja simak caranya, yuk!

1
Lihat di Boarding Pass

Harap Check-in Terlebih Dahulu

Lihat di Boarding Pass

2
Melalui Aplikasi Pembelian Tiket Pesawat

Kunjungi Situs Web yang Tersedia

Melalui Aplikasi Pembelian Tiket Pesawat

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Harap Check-in Terlebih Dahulu
© freepik.com
1
Harap Check-in Terlebih Dahulu

Lihat di Boarding Pass

Rekomendasi kami

Cara mengetahui tempat duduk di pesawat pertama yaitu dengan melihatnya di boarding pass. Namun, Anda perlu check-in terlebih dahulu untuk mendapatkan boarding pass ini. Plesirmania bisa check-in di bandara langsung atau secara online.

Kalau Anda ingin check-in di bandara langsung, pergilah ke bandara tujuan Anda akan mulai pergi atau terbang. Sementara itu, jika ingin checkin secara daring, kunjungi website maskapai penerbangan atau di aplikasi pembelian tiket pesawat online.

Maka, nomor kursi Anda akan tertera di halaman muka boarding pass yang telah petugas bandara print out dan di elektronik boarding pass Anda. Biasanya, letak nomor kursi ada di sebelah nomor gate atau gerbang menuju pesawat.

Kunjungi Situs Web yang Tersedia
© freepik.com/rawpixel.com
2
Kunjungi Situs Web yang Tersedia

Melalui Aplikasi Pembelian Tiket Pesawat

Rekomendasi kami

Cara melihat kursi pesawat kedua yakni melalui aplikasi pembelian tiket pesawat online. Sebagai contoh di www traveloka dot com. Plesirmania dapat mengunjungi website tersebut dengan perangkat gadget kesayangan. Kemudian, lakukan pencarian riwayat pemesanan.

Di riwayat pemesanan terdapat e-ticket Anda di mana di dalamnya tercantum detail kode pesawat. Detail tersebut termasuk nama maskapai penerbangan, rute penerbangan (city atau negara), jam keberangkatan, harga tiket, rincian transit, info terminal, dan nomor kursi. Akhirnya, nomor kursi Anda berhasil ditemukan!

Tanya Jawab Seputar Cara Melihat Nomor Kursi di Tiket Pesawat

Apabila pernyataan tim Plesir di atas belum menjawab beberapa pertanyaan di benak Anda tentang cara melihat nomor kursi, langsung saja baca kolom pertanyaan berikut!

Bagaimana cara melihat tempat duduk di pesawat?

Ada dua cara, yaitu di boarding pass dan e-ticket pesanan yang mana pembeliannya melalui agent penyedia tiket pesawat online.

Dimana nomor kursi pada tiket pesawat?

Kalau Anda memesan tiket pesawat pesawat secara online, Plesirmania dapat melihat nomor kursi pada e-ticket yang berhasil dipesan.

Bagaimana kita bisa mengetahui nomor kursi kita dalam penerbangan?

Anda harus check-in di bandara terlebih dahulu, Kemudian, Anda akan mendapatkan boarding pass yang berisi informasi nomor kursi yang sudah dipesan.

Bagaimana cara memeriksa kursi tiket pesawat saya?

Melalui boarding pass dan platform pembelian tiket pesawat online, seperti Traveloka atau Tiket dot com.

Apa itu retrieve booking?

Yaitu melakukan permintaan rincian pemesanan kembali e-ticket yang belum diterima atau hilang.

Bisakah cetak tiket pesawat online di bandara?

Ya, bisa. Plesirmania dapat menuju ke area loket customer service maskapai penerbangan sesuai yang tertera di e-tiket Anda. Lalu, minta kepada petugas CS untuk cetak tiket pesawat online dengan menunjukkan kode booking Anda.

Apakah di web amadeus bisa memesan tiket pesawat?

Ya, Anda bisa memesan tiket pesawat di web amadeus, bahkan Anda juga bisa melakukan penetapan harga sekalipun.

Kesimpulan: Cara Melihat Nomor Kursi di Tiket Pesawat

Selesai sudah tim Plesir menjelaskan bagaimana caranya Anda bisa melihat nomor kursi di tiket pesawat. Ada dua cara simpel yang dapat Plesirmania gunakan, yaitu lihat melalui boarding pass dan melalui aplikasi pembelian tiket pesawat online.

Kedua cara ini termasuk cara yang orang-orang sering pakai. Jadi, temukan nomor kursi Anda sesegera mungkin agar tak salah menempati kursi orang lain!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo