Hide Menu

Tinggi Semampai Tak Sampai. Kenalan Yuk dengan Nama 5 Gunung Terpendek di Jawa Tengah Ini!

Letak Lokasi Berada Membentang di Seluruh Wilayah Jawa Tengah Termasuk Perbatasan Jawa Timur

Artikel Gunung Terpendek di Jawa Tengah ini diposting diperbarui
5 Pembaca
Like
Gunung Terpendek di Jawa Tengah 2024
© unsplash.com/Michael

Mengapa Gunung Bisa Pendek?

Mengapa Gunung Bisa Pendek?
unsplash.com/GalangDaengSena

Pernah mendengar kata kerak bumi sebelumnya, Plesirmania? Jika belum, pasti Anda sudah pernah tahu gunung, bukan? Apa hubungan keduanya? Ternyata, gunung merupakan kerak bumi. Dari cara pembentukannya, gunung bisa terbentuk dari pencairan kerak bumi menjadi magma dan pengangkatan lapisan batuan besar di permukaan bumi. Sebagai contoh, gunung api dan pegunungan.

Di Indonesia sendiri, gunung sangat banyak jumlahnya, ada yang tinggi dan ada pula yang pendek. Lalu, pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa gunung itu bisa pendek atau tinggi? Nyatanya, ada beberapa faktor yang menjadi penghalang gunung itu menjadi lebih tinggi. Kira-kira apa, ya?

1. Gravitasi

Faktor awal adalah gravitasi. Pergerakan lapisan permukaan bumi atau lempeng tektonik adalah suatu hal bagaimana sebenarnya kebanyakan gunung terbentuk. Ketika dua lempeng saling bertabrakan, material yang bersentuhan akan membuat gunung semakin naik. Sehingga dapat disimpulkan, arti tidak adanya tabrakan membuat gunung tidak menjulang tinggi atau pendek.

2. Sungai

Di area sekitar gunung terkadang banyak dilalui aliran sungai. Sungai ternyata dapat mengikis material gunung yang menciptakan celah dalam di dekat dasar gunung. Mulanya, sungai menyebabkan gunung tampak lebih tinggi, tetapi saat sungai terus mengikis material, celah tersebut menjadi sangat curam. Hal tersebut kemudian memicu adanya tanah longsor yang selanjutnya mencegah gunung bertambah tinggi.

Dapat tim Plesir katakan bahwa kedua faktor di atas merupakan penyebab terbesar mengapa gunung menjadi pendek atau tak bertambah tinggi. Membicarakan gunung pendek, tim Plesir juga mau mengaitkannya pada gunung terpendek di Jawa Tengah. Apakah Plesirmania penasaran? Mari bersama-sama membahasnya!

Jumlah Gunung yang Ada di Jawa Tengah

Jumlah Gunung yang Ada di Jawa Tengah
unsplash.com/FahrulRazi

Menurut Catur S (2014) gunung berapi itu terdapat di seluruh dunia. Diketahui sekitar 20 gunung berlokasi di Jawa Tengah, baik itu gunung api yang masih aktif maupun sudah tidak aktif lagi. Jumlah ini tentu saja cukup banyak bila berbicara dari sisi sebuah provinsi. Lain hal di provinsi Jawa Timur (Semeru dan Boklorobubuh) dan Jawa Barat. Lebih lanjut, inilah nama-nama gunung di pulau Jateng:

  • Alang-alang
  • Andong
  • Ayam-ayam
  • Beser
  • Bisma
  • Blego
  • Jokolangan
  • Lasem
  • Lawu
  • Merapi
  • Merbabu
  • Muria
  • Prau
  • Sindoro
  • Sumbing
  • Slamet
  • Subang
  • Telomoyo
  • Tidar
  • Ungaran
E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Gunung Terpendek di Jawa Tengah - Terbaru 2024

Setelah membahas catatan gunung yang ada di Jateng, mari beralih ke list 5 gunung terendah di Jawa Tengah. Apakah salah satunya ada di Jogja atau Yogyakarta? Daripada bermain TTS, cari tahu langsung yuk jawabannya di bawah ini. Let’s go!

1
Gunung Tidar

Paling Pendek di Antara Semua Gunung Pendek

Gunung Tidar

2
Gunung Cumbri

Jalanan Lereng Tak Berbatu, Sangat Gampang Dilalui

Gunung Cumbri

3
Gunung Butak

Gunung yang Tidak Banyak Orang Ketahui Keberadaannya

Gunung Butak

4
Gunung Wagir Jampang

Asyik Buat Jalan Santai, Bagus Juga untuk Pemula

Gunung Wagir Jampang

5
Gunung Lasem

Gunung Pendek yang Banyak Pendaki Minati

Gunung Lasem

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Paling Pendek di Antara Semua Gunung Pendek
© istockphoto.com/ChanwitOhm
1
Paling Pendek di Antara Semua Gunung Pendek

Gunung Tidar

Rekomendasi kami

Menjadi salah satu yang terpendek di antara gunung lainnya, Gunung Tidar tingginya hanya mencapai 503 mdpl (meter dari permukaan laut). Mendaki dengan anak ke gunung ini pasti menyenangkan. Selain itu, letak dari gunung ini ada di tengah-tengah Kota Magelang. Karena letaknya yang berada di kota, menjadikan Gunung Tidar sebagai tempat di mana para Akademi Militer atau Akmil sering berkegiatan.

Dalam legenda, gunung tersebut dikenal sebagai Pakunya Tanah Jawa karena ada sebuah tugu dengan simbol huruf Sa dalam huruf Jawa di ketiga sisinya, Sapa Salah Seleh. Maknanya adalah “Siapa yang salah ketahuan salahnya”. Di sana juga terdapat Makam Syaikh Subakir. Konon katanya, Sang Syaikh merupakan penakluk Gunung Tidar. Tak hanya itu, ada juga Makam Kyai Semar di atas gunung ini.

Jalanan Lereng Tak Berbatu, Sangat Gampang Dilalui
© istockphoto.com/bloodua
2
Jalanan Lereng Tak Berbatu, Sangat Gampang Dilalui

Gunung Cumbri

Yang kedua, ada Gunung Cumbri. Gunung yang tidak terlalu tinggi ini mempunyai ketinggian 638 mdpl dan termasuk ke dalam jajaran gunung terpendek yang ada di Jateng. Letak gunung tersebut berada di perbatasan Wonogiri, Jawa Tengah dan Ponorogo, Jawa Timur.

Untuk mencapai puncak gunung ini ada dua jalur pendakian yang bisa Plesirmania lewati, yaitu via Pager Ukir di Kabupaten Ponorogo dan via Sumber di Kabupaten Wonogiri. Masing-masing jalur memakan waktu hingga 30 menit untuk sampai puncak.

Waktu yang tak lama ini dikarenakan jalurnya sudah berbentuk setapak dan tak ada tanjakan ekstrem yang membahayakan. Bahkan, Anda bisa melihat gambar pemandangan Gunung Lawu yang indah di sisi barat laut dan Pegunungan Seribu yang memanjang di sisi barat ke timur.

Gunung yang Tidak Banyak Orang Ketahui Keberadaannya
© istockphoto.com/Pthiti
3
Gunung yang Tidak Banyak Orang Ketahui Keberadaannya

Gunung Butak

Rekomendasi kami

Banyak orang mengira Gunung Butak yang pendek berada di wilayah Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Padahal, Gunung Butak pendek ini berada di Cagar Alam Gunung Butak di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Cagar Alam tersebut juga termasuk bagian dari Pegunungan Kendeng Utara.

Gunung Butak sendiri memiliki ketinggian yang tak terlalu tinggi dari kebanyakan gunung api yang ada di Indonesia, yaitu 679 mdpl. Jumlah tinggi di bawah 1000 meter tersebut membuat pengunjung atau masyarakat dapat dengan mudah memanjat lereng bukit gunung ini.

Tak melulu soal pemandangan gunung yang indah, di Cagar Alam ini juga terdapat kekayaan flora dan fauna beserta ekosistem Hutan Monsoon dengan batuan kapur. Untuk contoh flora yang ada yaitu kemiri, serut, tlutup, panggang, dan lain-lain. Sementara untuk fauna, ada kijang, lutung, elang, burung rangkong, luwak, dan masih banyak lagi.

Asyik Buat Jalan Santai, Bagus Juga untuk Pemula
© istockphoto.com/SholikhulBakhmid
4
Asyik Buat Jalan Santai, Bagus Juga untuk Pemula

Gunung Wagir Jampang

Berikutnya yaitu Gunung Wagir Jampang atau banyak dikenal sebagai Gunung Jampang. Gunung tersebut mempunyai ketinggian sekitar 803 mdpl, sama seperti gunung sebelumnya yang tak sampai 1000 meter.

Bagi warga Jateng, khususnya di Kabupaten Banyumas mungkin sudah tidak asing dengan gunung tersebut. Sebab, lokasinya terletak di perbatasan tiga kabupaten, termasuk Kabupaten Banyumas, Kabupaten Banjarnegara, dan Kabupaten Kebumen. Kemudian, fakta lain mengatakan gunung ini juga merupakan salah satu titik tertinggi di jajaran Pegunungan Serayu Selatan.

Gunung Pendek yang Banyak Pendaki Minati
© istockphoto.com/TatianaNurieva
5
Gunung Pendek yang Banyak Pendaki Minati

Gunung Lasem

Rekomendasi kami

Jika Anda berpikir Gunung Lasem sedikit lebih tinggi dari Gunung Jampang, maka dugaan Anda benar. Sebab, jumlah ketinggian Gunung Lasem yaitu 806 mdpl, beda 3 meter dari Gunung Jampang.

Terkait letaknya, Gunung Lasem tidak sedekat dengan ukuran tinggi gunungnya. Gunung Lasem berada di bagian tengah Kabupaten Rembang, membujur mulai dari pegunungan Kapur Utara di bagian selatan hingga sampai ke pesisir pantai utara atau pantura.

Lalu, berdasarkan informasi yang beredar, Gunung Lasem mempunyai puncak tertinggi yang populer di kalangan pendaki, yaitu puncak Argopuro. Pendaki asal Rembang, Pati, Blora, serta Tuban tercatat sering mengunjungi gunung tersebut. Terutama, di akhir pekan serta masa liburan.

Untuk mencapai puncak Argopuro, Plesirmania kira-kira membutuhkan waktu 3 jam-an lebih ke pos terakhir dari desa Nyode dengan berjalan kaki. Jika terlalu lelah, Anda juga bisa naik kendaraan roda 4 menuju desa Nyode.

Tanya Jawab Seputar Gunung Terpendek di Jawa Tengah

Jangan buru-buru berlalu Plesirmania, berikut ada sejumlah daftar pertanyaan terkait gunung apa yang terpendek serta jawaban singkatnya. Mari ulas selengkapnya di bawah ini!

Gunung apa yang terendah?

Kalau Anda bertanya gunung terendah di Jawa Tengah, maka jawabannya adalah Gunung Tidar yang hanya memiliki ketinggian 503 mdpl.

Berapa jam naik gunung Andong?

Karena Gunung Andong ketinggiannya tak mencapai 3000 sekian mdpl, maka untuk menaiki gunung tersebut membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam saja, tak sampai 5 atau 10 jam.

Berapa tinggi Gunung Bismo?

Gunung Bismo yang letaknya di Wonosobo ini mempunyai tinggi gunung sekitar 2.365 mdpl.

Kesimpulan: Gunung Terpendek di Jawa Tengah

Waktu berlalu sangat cepat ya, Plesirmania, sehingga tak terasa sampai juga di penghujung blog gunung terendah di Jawa Tengah yang hanya ada lima secara keseluruhan. Total dari batasan tinggi dari kelima gunung adalah di 806 mdpl yang relatif bagus untuk pendakian atau hiking.

Pilihan di atas sangat cocok bagi Anda yang mencari destinasi wisata sekalian olahraga. Jalanan ke puncak tak terjal dan tak memakan waktu lama ke atas gunung. Ayo ajak teman Anda naik gunung terpendek dan rasakan pengalaman baru. Tetap kunjungi Plesir dan cari tahu destinasi wisata termasuk di Bogor dan yang lainnya, ya!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo