Hide Menu

Mau ke Bali? Simak 11 Tips Liburan ke Bali untuk Pengalaman Liburan yang Tak Terlupakan!

Tips Berlibur di Bali yang Murah, Aman, dan Mengesankan. Liburan Bakal Jauh Lebih Menyenangkan!

Artikel Tips Liburan ke Bali ini diposting diperbarui
41 Pembaca
Like
Tips Liburan ke Bali 2024
© pixabay.com/ippikiookami
Daftar Isi
  1. Bali, Destinasi Wisata Indonesia yang Sudah Mendunia! Surganya Pantai Indah dan Budaya Unik
  2. Alasan Kenapa Bali Menjadi Destinasi Wisata yang Mendunia
  3. Keunikan-Keunikan Bali yang Membuatnya Mendunia
  4. Rekomendasi Tempat Terbaik untuk Dikunjungi Saat Berlibur ke Bali
  5. 11 Tips Liburan ke Bali - 2024
    No 1. Siapkan Itinerary atau Rencana Perjalanan: Liburan Jauh Lebih Terjadwal Kalau Punya Itinerary
    No 2. Buat Rincian Budget: Biar Gak Kehabisan Duit Pas Liburan ke Bali. Bikin Rencana Budget!
    No 3. Pilih Waktu yang Tepat saat Berlibur di Bali: Untuk Pengalaman Liburan yang Lebih Menyenangkan. Tentuin Hari dan Bulan yang Tepat
    No 4. Tentukan Transportasi yang Ingin Digunakan: Pilihannya Ada Jalur Darat atau Jalur Udara. Mau yang Mana?
    No 5. Pilih Tempat Menginap: Ya Kali Gak Nginep Pas di Bali. Cari dan Book Kamar Hotel!
    No 6. Pesan Tiket Penginapan dan Transportasi dari Jauh Hari: Sebelum Nangis Karena Kehabisan. Pesan Tiket Transportasi dan Kamar Hotel Jauh-Jauh Hari
    No 7. Sewa Kendaraan, Baik Motor Maupun Mobil: Coba Sewa Kendaraan Biar Bisa Jelajah Bali Lebih Gampang
    No 8. Kemas dan Bawa Barang Bawaan yang Anda Butuhkan: Jangan Bawa Badan Doang Pas ke Bali. Siapin Semua Barang-Barang Juga!
    No 9. Coba Kuliner-Kuliner Khas Bali: Incipi Kuliner-Kuliner Lezat Khas Bali Biar Gak Nyesel!
    No 10. Belanja Oleh-Oleh Sebagai Cenderamata: Gak Afdal Kalo ke Bali Gak Beli Oleh-Oleh
    No 11. Patuhi dan Ikuti Adat Istiadat yang Berlaku: Biar Gak Terjadi Hal-Hal yang Tidak Diinginkan, Patuhi Aturan yang Ada.
    Total 11 lainnya
  6. Tanya Jawab Seputar Tips Liburan ke Bali
    1. Apakah kalo ke Bali harus pakai paspor?
    2. Jalan-jalan di Bali kemana saja?
    3. Kapan waktu terbaik mengunjungi Bali?
    4. Oleh-oleh dari Bali apa saja?
  7. Kesimpulan: Tips Liburan ke Bali

Bali, Destinasi Wisata Indonesia yang Sudah Mendunia! Surganya Pantai Indah dan Budaya Unik

Bali, Destinasi Wisata Indonesia yang Sudah Mendunia! Surganya Pantai Indah dan Budaya Unik
unsplash.com/harrykessell

Selain Yogyakarta, Bali merupakan salah satu kota wisata terkenal yang ada di Indonesia. Bahkan, nama Bali pun lebih terkenal ketimbang nama Indonesia sendiri. Bagaimana tidak, kota dengan julukan Pulau Dewata ini menyuguhkan ratusan wisata alam yang indah nan menakjubkan ditambah dengan tradisi kebudayaannya yang masih amat kental.

Dua hal inilah yang menjadikan Bali menjadi primadona terbaik dalam urusan destinasi wisata, baik oleh wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. Apakah Anda ada rencana untuk berlibur ke Bali di musim liburan yang akan datang? Sedang mencari tips berlibur di Bali demi mendapatkan pengalaman liburan yang mengesankan?

Jika jawaban Anda adalah iya, maka biarkan tim Plesir menjadi pemandu Anda. Lewat artikel yang akan Anda baca ini, tim Plesir kami telah merangkum 11 tips liburan ke Bali yang lengkap dan mudah dipahami. Pun, kami juga akan menampilkan keunikan Bali yang bisa Anda nikmati serta destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi. Tanpa membuang waktu lebih lama, mulailah membaca!

Alasan Kenapa Bali Menjadi Destinasi Wisata yang Mendunia

Alasan Kenapa Bali Menjadi Destinasi Wisata yang Mendunia
unsplash.com/mrqs_g

Setiap kota wisata di Indonesia tentunya menawarkan hal-hal menarik untuk para wisatawan agar datang berlibur ke kota tersebut. Lalu, apa daya tarik yang Bali miliki yang membuatnya mendunia sebagai destinasi wisata terbaik untuk berlibur?

Jawaban dari pertanyaan di atas akan dijawab lewat penelitian dari I Made Suradnya (2005) yang berjudul Analisis Faktor-faktor Daya Tarik Wisata Bali Dan Implikasinya Terhadap Perencanaan Pariwisata Daerah Bali.

Dalam penelitiannya, disebutkan bahwa ada 8 faktor daya tarik yang membuat banyak wisatawan domestik maupun mancanegara memilih Bali sebagai tujuan liburan maupun trip. Delapan faktor ini meliputi:

  1. Harga-harga barang di Bali yang masuk akal
  2. Budaya Bali yang masih kental
  3. Pantai-pantai Bali dengan segala keindahan pemandangannya
  4. Kenyamanan berwisata, karena banyak warga setempat yang pintar berbahasa Inggris
  5. Menawarkan banyak kesempatan untuk bersantai dan relaksasi
  6. Citra luar biasa kota Bali sebagai kota wisata
  7. Keindahan alamnya yang tiada habisnya 
  8. Keramahan dari penduduk-penduduk Bali

Keunikan-Keunikan Bali yang Membuatnya Mendunia

Keunikan-Keunikan Bali yang Membuatnya Mendunia
pixabay.com/innokurnia

Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap kota selalu memiliki daya tarik dan keunikannya masing-masing, begitupun juga dengan Bali. Lalu, apa aja sih keunikan-keunikan yang dimiliki kota Bali? Temukan jawabannya lewat beberapa poin di bawah!

  • Omed-Omedan atau Ciuman Masal di Sesetan

Ini merupakan sebuah tradisi khas yang diyakini oleh para penduduk Banjar Kaja Sesetan, Denpasar, Bali. Dalam ritual ini, nantinya akan ada sepasang pemuda dan pemudi yang belum menikah yang akan maju bergiliran untuk berciuman sambil disiram air oleh tetua desa.

Bagaimanapun, warga Desa Banjar Kaja Sesetan meyakini bahwa adanya tradisi ini dapat membawa keberuntungan serta menghalangi desa mereka dari adanya serangan wabah penyakit.

  • Makepung atau Balapan Kerbau

Kalau di Madura ada tradisi Karapan Sapi, maka di Bali ada Makepung alias balapan kerbau. Tradisi balap kerbau ini berasal dari kabupaten Jembrana di Bali Barat dimana akan ada ratusan pasang kerbau yang akan saling berkompetisi untuk mencapai garis finish. Setiap pasang kerbau ini akan dikendalikan oleh seorang joki.

  • Perang Pandan atau Geret Pandan di Desa Tenganan

Di Bali, tepatnya di desa Tenganan, daun Pandan yang biasanya digunakan sebagai pewangi makanan atau minuman justru digunakan untuk bertarung. Benar Plesirmania! Tradisi perang atau pertarungan pandan ini disebut Geret Pandan dimana dua pemuda nantinya akan bertarung di sebuah arena menggunakan seikat daun pandan berduri sebagai senjata dan sebuah perisai.

Menurut warga setempat, mereka meyakini bahwasanya tradisi Geret Pandan adalah tradisi yang dapat menjauhkan desa mereka dari hal-hal buruk. Tradisi ini juga diadakan sebagai bentuk penghormatan terhadap Dewa Indra yang merupakan Dewa Perang yang masyarakat Bali segani.

  • Pawai Ogoh-Ogoh

Sehari sebelum perayaan Hari Nyepi atau yang umumnya dikenal dengan Hari Pengrupukan, warga Bali biasanya akan mengarak sebuah patung raksasa berwajah seram mengelilingi desa dan jalanan kota Bali. Patung raksasa ini disebut dengan Ogoh-ogoh yang merupakan representasi dari karakter Bhuta Kala atau raksasa jahat.

Saat berlibur ke Bali sebelum Hari Nyepi, Plesirmania bisa mencoba untuk menikmati kemeriahan Pawai Ogoh-Ogoh. Bagaimana? Tertarik?

  • Perayaan Hari Nyepi

Jika Pawai Ogoh-Ogoh akan membawa Anda tenggelam untuk menikmati keramaian sekaligus kemeriahan, maka hal sebaliknya bisa Anda nikmati saat Hari Nyepi tiba. Yup, saat perayaan Nyepi tiba, seluruh aktivitas yang ada di Bali benar-benar akan berhenti total dalam satu hari ditambah seluruh warga Hindu di Bali tidak diperbolehkan untuk keluar berpergian maupun bersenang-senang.

Nah, Plesirmania, Anda bisa memanfaatkan satu hari tenang ini untuk menikmati ketenangan kota Bali, udara segar kota Bali tanpa ada polusi kendaraan, maupun langit malam kota Bali yang penuh dengan gemerlap bintang. Wah, kapan lagi nih bisa dapat kesempatan seperti ini? Gimana? Mau nyoba?

Pada dasarnya, masih ada banyak keunikan-keunikan yang dimiliki kota Bali yang bisa Anda nikmati saat berlibur ke sini, seperti Upacara Kremasi Ngaben, Ritual Kesurupan Massal di Pura Petilan Kesiman, Menyucikan Diri di Pura Tirta Empul, Festival Layangan Berukuran Raksasa, Melihat Tradisi Penjor, dan lainnya.

Rekomendasi Tempat Terbaik untuk Dikunjungi Saat Berlibur ke Bali

Rekomendasi Tempat Terbaik untuk Dikunjungi Saat Berlibur ke Bali
pexels.com/khairulleon

Baru pertama kali ke Bali? Bingung mau kemana? Gak perlu khawatir, tim Plesir telah merangkum beberapa tempat wisata Bali terkenal yang bisa Anda kunjungi saat berlibur ke sini. Inilah daftarnya:

  • Pantai Kuta

Siapa sih yang tidak tahu Pantai Kuta? Ini merupakan salah satu pantai ikonik yang ada di Bali. Jadi, akan terasa tidak afdal jika Anda berlibur ke Bali namun tidak berkunjung ke Pantai Kuta. Meski Pantai Kura kerap ramai akan pelancong, namun tidak ada salahnya untuk menyempatkan sedikit waktu untuk menikmati hingar bingar serta keindahan pantai ini.

Bagaimanapun, daya tarik utama dari Pantai Kuta terdapat pada pasirnya yang masih putih, pemandangan sunset yang cantik, beragam hiburan malam untuk bersenang-senang, wisata belanja yang murah meriah, sampai berbagai kuliner khas yang lezat.

  • Ubud

Selain Pantai Kuta, Ubud merupakan salah satu destinasi wisata terkenal yang ada di Bali. Banyak orang yang selalu menjadikan Ubud sebagai tujuan pertama saat berlibur di Bali. Ubud sendiri merupakan rumah dari segala wisata spiritual, budaya, maupun kesenian Bali.

Di samping itu, saat berada di Ubud, Anda bisa datang mengunjungi Monkey Forest Ubud untuk menyaksikan kawanan monyet ekor panjang yang ada di Bali. Pun, di daerah ini, terdapat banyak toko yang menjual beraneka ragam kaos, oleh-oleh, maupun souvenir.

  • Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot juga merupakan salah satu ikon wisata dari Kota Bali. Daya tarik yang dimiliki oleh pura ini adalah lokasinya. Pura Tanah Lot dibangun di atas deretan batu karang besar dengan pemandangan laut yang menakjubkan. Jika Anda berencana datang ke sini, kami menyarankan untuk datang saat sunset. Beh! Pemandangannya benar-benar akan membuat Anda terpukau.

  • Pura Luhur Uluwatu

Selain Pura Tanah Lot, Pura Luhur Uluwatu juga merupakan salah satu pura terkenal yang menawarkan pemandangan laut yang indah. Jika daya tarik dari Pura Tanah Lot ada pada lokasinya yang berada di atas jejeran karang besar, maka daya tarik dari Pura Luhur Uluwatu terletak pada lokasinya yang berada di ujung tebing.

Bukan hanya itu, namun pura ini juga menawarkan arsitektur bangunan yang unik, pemandangan berbagai kera ekor panjang yang bergelantungan, serta pemandangan laut Samudera Hindia yang menakjubkan. Untuk mendapatkan pengalaman yang mengesankan di sini, ada baiknya Anda mengunjunginya saat sore sebelum matahari terbenam.

  • Tanjung Benoa

Apakah Plesirmania ingin bersenang-senang di Bali dengan mencoba bermain berbagai olahraga air? Kalau begitu, Anda bisa memasukkan Tanjung Benoa ke daftar tujuan tempat wisata yang akan Anda datangi. Di sini, Anda bisa mencoba berbagai olahraga air yang seru, seperti banana boat, jet ski, snorkeling, water ski, scuba diving, flying fish, dan seawalker.

Selain lima tempat wisata di atas, masih ada banyak tempat-tempat terkenal lainnya yang bisa Anda datangi saat berlibur di Bali. Tempat-tempat ini contohnya adalah Pantai Pandawa, Pantai Nusa Dua, Candi Lempuyangan, Para Ulun Danu Beratan, Desa Penglipuran, dan masih banyak lagi. Gimana? Sudah siap untuk berlibur ke Bali dan mendatangi tempat-tempat wisatanya?

A. Ulinnuha
Writer
Content Writer

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

11 Tips Liburan ke Bali - Terbaru 2024

Apa saja yang harus Anda persiapkan untuk liburan ke Bali? Banyak, dan berikut adalah beberapa tips liburan ke Bali yang bisa Anda pelajari sebelum Anda melakukan trip ke Pulau Dewata ini. Selamat membaca!

1
Siapkan Itinerary atau Rencana Perjalanan

Liburan Jauh Lebih Terjadwal Kalau Punya Itinerary

Siapkan Itinerary atau Rencana Perjalanan

2
Buat Rincian Budget

Biar Gak Kehabisan Duit Pas Liburan ke Bali. Bikin Rencana Budget!

Buat Rincian Budget

3
Pilih Waktu yang Tepat saat Berlibur di Bali

Untuk Pengalaman Liburan yang Lebih Menyenangkan. Tentuin Hari dan Bulan yang Tepat

Pilih Waktu yang Tepat saat Berlibur di Bali

4
Tentukan Transportasi yang Ingin Digunakan

Pilihannya Ada Jalur Darat atau Jalur Udara. Mau yang Mana?

Tentukan Transportasi yang Ingin Digunakan

5
Pilih Tempat Menginap

Ya Kali Gak Nginep Pas di Bali. Cari dan Book Kamar Hotel!

Pilih Tempat Menginap

6
Pesan Tiket Penginapan dan Transportasi dari Jauh Hari

Sebelum Nangis Karena Kehabisan. Pesan Tiket Transportasi dan Kamar Hotel Jauh-Jauh Hari

Pesan Tiket Penginapan dan Transportasi dari Jauh Hari

7
Sewa Kendaraan, Baik Motor Maupun Mobil

Coba Sewa Kendaraan Biar Bisa Jelajah Bali Lebih Gampang

Sewa Kendaraan, Baik Motor Maupun Mobil

8
Kemas dan Bawa Barang Bawaan yang Anda Butuhkan

Jangan Bawa Badan Doang Pas ke Bali. Siapin Semua Barang-Barang Juga!

Kemas dan Bawa Barang Bawaan yang Anda Butuhkan

9
Coba Kuliner-Kuliner Khas Bali

Incipi Kuliner-Kuliner Lezat Khas Bali Biar Gak Nyesel!

Coba Kuliner-Kuliner Khas Bali

10
Belanja Oleh-Oleh Sebagai Cenderamata

Gak Afdal Kalo ke Bali Gak Beli Oleh-Oleh

Belanja Oleh-Oleh Sebagai Cenderamata

11
Patuhi dan Ikuti Adat Istiadat yang Berlaku

Biar Gak Terjadi Hal-Hal yang Tidak Diinginkan, Patuhi Aturan yang Ada.

Patuhi dan Ikuti Adat Istiadat yang Berlaku

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Liburan Jauh Lebih Terjadwal Kalau Punya Itinerary
© pixabay.com/marijana1
1
Liburan Jauh Lebih Terjadwal Kalau Punya Itinerary

Siapkan Itinerary atau Rencana Perjalanan

Pertama-tama, sebelum Anda memutuskan untuk berangkat liburan ke Bali, alangkah baiknya Anda menyusun itinerary atau rencana perjalanan. Dengan adanya rencana perjalanan, liburan Anda selama di Bali akan jauh lebih terstruktur dan terorganisir. Ini juga meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kehabisan uang, kelamaan liburan, dan sebagainya.

Lalu, apa saja sih yang harus ditulis di rencana perjalanan liburan ke Bali ini? Saat menyusunnya, mulailah dengan menentukan hari keberangkatan, transportasi apa yang akan digunakan, berapa lama waktu berlibur di Bali, tempat-tempat wisata Bali yang ingin dikunjungi, serta akomodasi untuk menginap selama liburan.

Biar Gak Kehabisan Duit Pas Liburan ke Bali. Bikin Rencana Budget!
© pexels.com/pixabay
2
Biar Gak Kehabisan Duit Pas Liburan ke Bali. Bikin Rencana Budget!

Buat Rincian Budget

Tidak kalah penting dengan rencana perjalanan, rincian budget adalah hal yang harus Plesirmania perhatikan juga. Membuat dan menyusun rincian budget merupakan hal penting karena ini akan membantu Anda mengontrol pengeluaran Anda selama liburan di Bali. Anda tentu tidak ingin ada kejadian kehabisan uang saat liburan, kan? Jadi, mulailah membuat rincian budget!

Untuk Anda yang masih bingung, biasanya rincian budget ini berisi daftar biaya untuk transportasi, uang untuk makan selama liburan, tarif tiket wisata yang ada di Bali, biaya untuk sewa kendaraan, uang untuk membeli oleh-oleh, serta uang untuk kebutuhan darurat.

Untuk Pengalaman Liburan yang Lebih Menyenangkan. Tentuin Hari dan Bulan yang Tepat
© unsplash.com/austindistel
3
Untuk Pengalaman Liburan yang Lebih Menyenangkan. Tentuin Hari dan Bulan yang Tepat

Pilih Waktu yang Tepat saat Berlibur di Bali

Tips liburan ke Bali selanjutnya adalah memilih waktu yang tepat, bisa berupa hari maupun bulan. Memilih waktu yang tepat adalah langkah yang tidak boleh Anda lewatkan karena ini dapat memengaruhi pengalaman liburan Anda selama di Bali.

Plesirmania, Anda tentunya ingin sepenuhnya menikmati pesona-pesona yang ada di Bali tanpa ada gangguan apapun, kan? Lalu, kapan waktu paling tepat untuk berlibur ke Bali? Jawaban dari pertanyaan ini telah kami rangkum lewat poin-poin di bawah!

  • Sebisa mungkin hindari berangkat saat musim libur atau akhir pekan karena Bali akan penuh dengan wisatawan lokal maupun asing. 
  • Jangan berlibur ke Bali di Bulan November sampai April. Pasalnya, November sampai April merupakan bulan dimana musim hujan tiba. Anda tentu tidak ingin pengalaman liburan Anda terganggu karena adanya hujan, kan?
  • Waktu terbaik untuk mengunjungi dan berlibur di Pulau Dewata ini ada pada Bulan Mei sampai Oktober. Pada bulan-bulan ini, hujan jarang turun ditambah cahaya matahari juga tidak terlalu panas. Dengan ini, Anda nantinya dapat sepenuhnya menikmati keindahan pantai-pantai di Bali.
Pilihannya Ada Jalur Darat atau Jalur Udara. Mau yang Mana?
© pexels.com/@pixabay
4
Pilihannya Ada Jalur Darat atau Jalur Udara. Mau yang Mana?

Tentukan Transportasi yang Ingin Digunakan

Rekomendasi kami

Setelah Anda sudah menemukan waktu paling tepat untuk liburan di Bali, kini Anda bisa beranjak ke langkah selanjutnya. Langkah selanjutnya dari tips berlibur di Bali adalah menentukan jenis transportasi yang akan Anda gunakan untuk mengantarkan Anda menuju ke Pulau Dewata.

Sejatinya, ada dua jenis transportasi yang bisa Anda gunakan, darat dan udara. Untuk transportasi darat, Anda bisa naik kereta, bus, maupun kendaraan travel. Sebaliknya, untuk transportasi udara, pilihannya adalah naik pesawat.

Mana yang lebih bagus? Itu tergantung kebutuhan Anda, Jika Anda ingin lebih hemat dan ngepress budget transportasi, maka pilihan paling tepat adalah jalur darat. Di sisi lain, jika Anda punya budget lebih untuk biaya transportasi, maka memilih jalur udara dengan naik pesawat bisa menjadi pilihan yang masuk akal.

Ya Kali Gak Nginep Pas di Bali. Cari dan Book Kamar Hotel!
© pixabay.com/peterweideman
5
Ya Kali Gak Nginep Pas di Bali. Cari dan Book Kamar Hotel!

Pilih Tempat Menginap

Rekomendasi kami

Tips liburan ke Bali berikutnya yaitu memilih tempat penginapan. Setelah Anda berhasil menentukan jenis transportasi yang akan Anda gunakan, maka kini saatnya bagi Anda untuk memilih tempat penginapan sebagai tempat Anda istirahat selama berlibur di Bali.

Pada dasarnya, ada banyak sekali pilihan tempat menginap di Bali, mulai hotel, villa, resort, sampai homestay. Dengan banyaknya pilihan ini, silakan pilih  yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, baik itu berdasarkan durasi Anda menginap, jumlah orang yang menginap, sampai budget menginap.

Sebelum Nangis Karena Kehabisan. Pesan Tiket Transportasi dan Kamar Hotel Jauh-Jauh Hari
© pexels.com/tdcat
6
Sebelum Nangis Karena Kehabisan. Pesan Tiket Transportasi dan Kamar Hotel Jauh-Jauh Hari

Pesan Tiket Penginapan dan Transportasi dari Jauh Hari

Nentuin jenis transportasi, sudah. Milih tempat penginapan juga sudah. Kalau begitu, langkah berikutnya dalam tips liburan ke Bali adalah memesan tiket transportasi serta book kamar hotel dari jauh-jauh hari. Hal ini perlu Anda lakukan untuk mengantisipasi masalah tiket yang ludes maupun kamar hotel yang sudah penuh.

Selain itu, melakukan pemesanan tiket transportasi maupun kamar hotel dari jauh-jauh hari juga dapat membuat perencanaan liburan Anda jauh lebih matang. Kok bisa? Itu karena Anda sudah tahu kapan keberangkatan liburan Anda, di mana tempat Anda akan menginap, maupun berapa budget yang sudah keluar untuk biaya tiket dan kamar hotel.

Coba Sewa Kendaraan Biar Bisa Jelajah Bali Lebih Gampang
© pixabay.com/tumisu
7
Coba Sewa Kendaraan Biar Bisa Jelajah Bali Lebih Gampang

Sewa Kendaraan, Baik Motor Maupun Mobil

Rekomendasi kami

Perlu Plesirmania ketahui bahwa sarana transportasi yang tersedia di Bali terbilang kurang memadai. Oleh karena itu, saat berlibur ke Bali, menyewa kendaraan bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan menyewa kendaraan, Anda memiliki kesempatan untuk menjelajahi Pulau Dewata ini dengan bebas.

Mau pergi ke tempat wisata, eksplorasi kuliner-kuliner khas Bali, ataupun membeli oleh-oleh, semua bisa Anda lakukan jika Anda menyewa kendaraan. Tim Plesir kami pun benar-benar merekomendasikan Anda untuk mengikuti tips liburan ke Bali ini untuk memudahkan Anda selama berlibur di Bali.

Jangan Bawa Badan Doang Pas ke Bali. Siapin Semua Barang-Barang Juga!
© unsplash.com/alicekat
8
Jangan Bawa Badan Doang Pas ke Bali. Siapin Semua Barang-Barang Juga!

Kemas dan Bawa Barang Bawaan yang Anda Butuhkan

Rekomendasi kami

Setelah semua perencanaan liburan di Bali sudah Anda buat dan tiket transportasi maupun kamar hotel sudah Anda pesan, maka langkah selanjutnya adalah berkemas. Yeay! Sekarang, Anda bisa mulai untuk mengemasi barang-barang yang ingin Anda bawa selama berlibur ke Bali.

Kira-kira, apa saja barang-barang yang perlu dibawa? Untuk barang yang wajib Anda bawa adalah tas ransel, pakaian ganti, tas selempang, peralatan mandi, obat-obatan, sepatu, sandal, dan sunblock. Untuk pakaian, Anda bisa membawa jumlah yang sesuai dengan tujuan wisata Anda.

Misalkan Anda berencana untuk pergi dan bersenang-senang di pantai Bali, maka bawalah kaos, pakaian berbahan katun, dan pakaian renang. Sebaliknya, jika Anda berniat untuk mendaki gunung atau trekking di sawah, maka bawalah baju hangat maupun jaket.

Incipi Kuliner-Kuliner Lezat Khas Bali Biar Gak Nyesel!
© unsplash.com/luisabrimble
9
Incipi Kuliner-Kuliner Lezat Khas Bali Biar Gak Nyesel!

Coba Kuliner-Kuliner Khas Bali

Akan terasa kurang kalau Plesirmania ke Bali cuma untuk liburan ke tempat-tempat wisatanya. Artinya, gak bakal lengkap kalo Anda tidak mencicipi makanan-makanan khasnya. Jadi, tips liburan ke Bali selanjutnya adalah mencicipi kuliner Bali!

Apa saja makanan khas dari Pulau Dewata ini? Tentu banyak, mulai dari ayam betutu, nasi campur Bali, nasi jinggo, sate lilit, bebek goreng, nasi tepeng, tum ayam, rujak kuah pindang, dan banyak lagi. Minuman khas Bali pun juga beragam, seperti es kuwut, es daluman, es loloh cemcem, es kolak ancruk, es tambring, dan es bir.

Jika Anda ada dalam budget yang terbatas, Anda bisa menikmati makanan-makanan khas Bali yang dijual di warung-warung kaki lima. Harganya lebih murah daripada yang ada di resto maupun kafe, namun rasanya masih tetap enak. 

Gak Afdal Kalo ke Bali Gak Beli Oleh-Oleh
© pexels.com/rickyrecap
10
Gak Afdal Kalo ke Bali Gak Beli Oleh-Oleh

Belanja Oleh-Oleh Sebagai Cenderamata

Selain mencicipi makanan-makanan khas Bali, membeli oleh-oleh juga menjadi hal penting yang harus Anda lakukan saat berlibur di sini. Pun, jenis oleh-oleh Bali yang bisa Anda beli juga beragam, mulai dari kaos, kemeja, tas, kain, makanan ringan, dan bahkan pernak-pernik yang indah.

Sebagai tips tambahan untuk Plesirmania yang ingin berbelanja oleh-oleh dengan harga murah. Kami menyarankan Anda datang dan hunting ke pasar-pasar tradisional Bali, seperti Pasar Seni Sukawati, Pasar Seni Tanah Lot, dan Pasar Kumbasari.

Biar Gak Terjadi Hal-Hal yang Tidak Diinginkan, Patuhi Aturan yang Ada.
© pexels.com/aditya-agarwal
11
Biar Gak Terjadi Hal-Hal yang Tidak Diinginkan, Patuhi Aturan yang Ada.

Patuhi dan Ikuti Adat Istiadat yang Berlaku

Tips liburan ke Bali yang terakhir adalah mengikuti aturan dan adat istiadat Bali yang berlaku. Sebagaimana Anda bertamu ke rumah orang, Anda tentu harus selalu menjaga sikap dan tingkah laku Anda, bukan? Bacalah banner atau poster yang ada, dan pahami ketentuan yang ada di Pulau Dewata ini. 

Di samping itu, Bali merupakan salah satu kota di Indonesia dengan budaya dan adat istiadat yang masih kental. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk selalu mematuhi peraturan maupun adat istiadat yang ada. Contohnya, saat Anda berkunjung ke Pura, usahakan untuk selalu mengenakan pakaian yang sopan, tidak menginjak sesajen, menjaga tutur kata, dan sebagainya.

Tanya Jawab Seputar Tips Liburan ke Bali

Sudah paham mengenai tips berlibur ke Bali? Sudah siap untuk melakukan trip menyenangkan ke Pulau Dewata ini? Eits, tunggu dulu! Coba cek beberapa pertanyaan di bawah sebelum liburan ke Bali. Pertanyaan-pertanyaan ini akan memastikan liburan Anda jauh menyenangkan. Jadi, silakan cek!

Apakah kalo ke Bali harus pakai paspor?

Jawabannya adalah iya. Tahun 2023 ini, pemerintah Indonesia menetapkan bahwa setiap wisatawan harus memiliki paspor jika ingin pergi berkunjung ke Bali menggunakan transportasi udara.

Jalan-jalan di Bali kemana saja?

Banyak tempat wisata yang bisa Anda jadikan tujuan jalan-jalan saat berlibur di Bali, seperti Pantai Tanah Lot, Pura Luhur Lempuyang, Banyumania Twin Waterfall, Campuhan Ridge Walk, dan banyak lagi.

Kapan waktu terbaik mengunjungi Bali?

Waktu terbaik untuk mengunjungi kota Bali ada pada bulan-bulan sekitar Maret sampai Oktober.

Oleh-oleh dari Bali apa saja?

Ada banyak macam oleh-oleh Bali yang bisa Anda beli, seperti:

  • Pie Susu
  • Pia Legong
  • Kacang Koro
  • Topeng Bali
  • Kain Bali
  • Kacang Disco
  • Kopi Kintamani
  • Udeng Bali

Kesimpulan: Tips Liburan ke Bali

Bali, bagaimanapun, merupakan salah satu primadona destinasi wisata dari Indonesia yang telah mendunia. Tempat berjuluk Pulau Dewata ini menyuguhkan banyak pemandangan alam yang menakjubkan ditambah dengan beragam tradisi dan budaya yang masih kental. Hal-halini lah yang menjadikan Bali sebagai kota favorit para pelancong untuk melakukan trip maupun berlibur.

Jadi, bagaimana Plesirmania? Apakah Anda sudah paham mengenai tips liburan ke Bali? Sudah siap untuk mendapatkan pengalaman liburan yang menyenangkan, mengesankan, dan luar biasa? Jika iya, maka selamat berlibur, Plesirmania!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo