Hide Menu

10 Destinasi Solo Traveling untuk Wanita, Ada di Indonesia dan Luar Negeri!

Daftar Rekomendasi Destinasi Solo Traveling untuk Backpacker Solo Wanita yang Aman dan Nyaman, Trip Jauh Lebih Menyenangkan!

Artikel Destinasi Solo Traveling untuk Wanita ini diposting diperbarui
10 Pembaca
Like
Destinasi Solo Traveling untuk Wanita 2024
© unsplash.com/ripeyyy_

Solo Traveling: Jenis Perjalanan yang Cocok untuk Mereka yang Suka Kebebasan

Solo Traveling: Jenis Perjalanan yang Cocok untuk Mereka yang Suka Kebebasan
unsplash.com/guilhermestecanella

Apakah Anda adalah seorang wanita yang suka dengan kebebasan? Suka ngetrip? Kalau iya, maka Anda mungkin bisa mencoba untuk melakukan solo traveling atau solo trip. Apa sih itu? Singkatnya, solo traveling adalah sebuah perjalanan yang dilakukan sendirian tanpa ditemani oleh orang lain maupun pemandu. Orang-orang yang melakukan jenis perjalanan ini disebut solo traveler.

Bagi sebagian orang, solo traveling merupakan jenis perjalanan yang menyenangkan. Biasanya, orang-orang memilih melakukan solo trip karena beberapa alasan, seperti ingin menikmati kebebasan, untuk mengasah kemandirian, ataupun demi mencari pengalaman baru.

Meski begitu, saat solo traveling, Anda perlu mempersiapkan segala hal dengan matang, terlebih lagi jika Anda adalah seorang perempuan. Persiapan ini perlu Anda lakukan agar seluruh perjalanan Anda berjalan lancar. Persiapan-persiapan ini biasanya meliputi destinasi yang ingin dikunjungi, transportasi, biaya makan, tempat menginap, tas backpack, dan sebagainya.

Ada rencana untuk melakukan solo traveling? Apakah Anda adalah seorang wanita dan butuh panduan mengenai destinasi solo traveling yang cocok untuk Anda? Kalau begitu, kami akan membantu Anda. Lewat artikel ini, kami telah merangkum 10 destinasi solo traveling untuk wanita. Tanpa basa-basi, mulailah membaca!

A. Ulinnuha
Writer
Content Writer

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

10 Destinasi Solo Traveling untuk Wanita - Terbaru 2024

Bepergian seperti ini telah dijelaskan oleh Sri. M, Lu’Luwatin. R. A, dan Amalia J. M. I. (2022) pada penelitian berjudul Tren Solo Traveler dalam Minat Berwisata di Era New Normal: Perspektif Generasi Milenial. Dalam penelitian tersebut, disebutkan bahwa solo traveler, baik pria maupun wanita, adalah pelancong yang melakukan perjalanan seorang diri dimana perjalanan ini akan menjalin hubungan baru dengan orang lain.

Namun, sebelum berangkat, kota mana saja yang cocok menjadi destinasi solo traveling untuk wanita? Penasaran? Kalau begitu, siapkan camilan dan mulailah membaca, Plesirmania!

1
Yogyakarta

Gak Hanya Cocok untuk Solo Traveler Wanita, Kota Ini Cocok untuk Semua Traveler

Yogyakarta

2
Solo

Kota Paling Aman dan Toleran dengan Ragam Kuliner Lezat yang Murah

Solo

3
Malang

Kota Sejuk dengan Berbagai Destinasi Wisata dan Sarana Transportasi yang Lengkap

Malang

4
Bali

Pulau Dewata, Kota dengan Segudang Keindahan Alam yang Tak Tertandingi

Bali

5
Semarang

Manjakan Mata dengan Bangunan Berarsitektur Eropa di Jawa Tengah

Semarang

6
Flores

Harus Dikunjungi Sekali Seumur Hidup, Alam yang Super Indah dan Ada Pulau Komodo

Flores

7
Bandung

Gak Cuma Fashion, Bandung Juga Menawarkan Ragam Kuliner Lezat

Bandung

8
Bangka Belitung

Kota Lahirnya Buku Laskar Pelangi. Datangi Museum Kata Andrea Hirata!

Bangka Belitung

9
Jepang

Tradisional dan Modern Jadi Satu. Kerlap Kerlip Kota Berpadu dengan Budaya yang Lestari

Jepang

10
Turki

Manjakan Mata dengan Bangunan Berarsitektur Timur Tengah yang Indah

Turki

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Gak Hanya Cocok untuk Solo Traveler Wanita, Kota Ini Cocok untuk Semua Traveler
© unsplash.com/fahrilabib
1
Gak Hanya Cocok untuk Solo Traveler Wanita, Kota Ini Cocok untuk Semua Traveler

Yogyakarta

Rekomendasi kami

Siapa sih yang gak tahu kota wisata ini? Kalau sudah bicara tentang destinasi wisata traveling yang cocok untuk solo traveler wanita, maka Jogja tidak pernah boleh dilewatkan. Kota ini menawarkan sederet destinasi wisata, mulai dari wisata alam, bangunan-bangunan bersejarah, sampai sentra kuliner khas yang lezat.

Bukan cuma itu, namun kota ini pun juga kental dengan tradisi budaya Jawa serta ramah tamah setiap penduduknya, membuatnya bisa menjadi kota yang cocok untuk wanita yang ingin melakukan solo trip. Saat trip ke Yogyakarta, Anda bisa mendatangi beberapa destinasi wisata terkenal Jogja, antara lain:

Keraton YogyakartaTaman SariJalan MalioboroHeHa Sky View
Pasar BeringharjoMuseum Benteng VredeburgTugu YogyakartaPantai Parangtritis
Kota Paling Aman dan Toleran dengan Ragam Kuliner Lezat yang Murah
© freepik.com/wirestock
2
Kota Paling Aman dan Toleran dengan Ragam Kuliner Lezat yang Murah

Solo

Rekomendasi kami

Pindah sedikit dari kota Yogyakarta, ada kota Solo yang bisa Anda jadikan sebagai destinasi trip saat solo traveling. Perlu untuk Plesirmania ketahui bahwa Solo masuk ke dalam daftar 10 kota teraman dan paling toleran di Indonesia. Mengacu pada fakta ini, tidak mengherankan jika Solo menjadi destinasi wisata solo traveling untuk wanita.

Lalu, apa yang menjadi daya tarik kota Solo? Kalau berkunjung ke sini, Anda bisa menjajal semua kuliner khas yang lezat tanpa memikirkan isi kantong Anda, lho. Daya tarik yang ditawarkan kota berjuluk Kota Batik ini adalah ragam jenis kuliner yang banyak dan harga barang yang terjangkau.

Selain itu, ada beberapa destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi sebagai backpacker solo wanita saat trip ke Solo. Berikut contohnya: 

Keraton Surakarta HadiningratPura MangkunegaranAlun-Alun KidulPasar Klewer
Pasar Malam NgarsopuroBenteng VastenburgHouse of Danar HadiGrojogan Sewu
Kota Sejuk dengan Berbagai Destinasi Wisata dan Sarana Transportasi yang Lengkap
© unsplash.com/shukaiz
3
Kota Sejuk dengan Berbagai Destinasi Wisata dan Sarana Transportasi yang Lengkap

Malang

Rekomendasi kami

Selanjutnya ada Malang, salah satu kota di Indonesia yang memiliki julukan Kota Sejuk atau Kota Dingin. Wajar aja sih kenapa kota ini mendapat julukan itu. Terletak di ketinggian 440 meter sampai 667 meter di atas permukaan laut, kota ini menawarkan iklim yang sejuk dan nyaman di sepanjang tahun. 

Bukan hanya iklim yang dingin, kota ini pun juga memiliki ragam destinasi wisata yang bisa Anda coba. Pun, sarana transportasi di kota ini sangat amat lengkap dan mudah diakses, memudahkan para traveler atau backpacker solo wanita untuk mengeksplor setiap inci kota Malang.

Oh iya, saat berkunjung ke Malang, jangan lupa juga untuk mendatangi kota Batu. Ada banyak tempat wisata alam dan aktivitas yang bisa Anda lakukan di sana. Jarak antara Malang ke Batu pun dekat dan bisa Anda tempuh menggunakan transportasi umum. Jika tertarik ke Malang, coba cek beberapa rekomendasi destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi di kota ini.

The Onsen Hot Spring ResortJatim ParkCandi SonggoritiCoban Talun
Taman Nasional Bromo Tengger SemeruPantai Goa CinaMuseum AngkutTaman Selecta
Pulau Dewata, Kota dengan Segudang Keindahan Alam yang Tak Tertandingi
© unsplash.com/kharlpaica
4
Pulau Dewata, Kota dengan Segudang Keindahan Alam yang Tak Tertandingi

Bali

Rekomendasi kami

Gak akan pernah afdal kalau bahas destinasi solo traveling untuk wanita tapi gak nyebutin Bali. Kota ini memang sudah sangat identik sebagai destinasi wisata terbaik untuk para solo maupun group traveler. Kalau Anda ingin memulai solo trip dengan mengeksplorasi keindahan-keindahan alam Indonesia yang spektakuler, Bali bisa menjadi kota pertama yang harus Anda jajal.

Beneran deh, kota berjuluk Pulau Dewata ini gak pernah kehabisan cara untuk menawarkan destinasi wisata alam yang menakjubkan pada Anda. Selain keindahan alam, Bali juga bisa memperkenalkan Anda pada tradisi budaya-budaya yang unik dan menarik. Belajar budaya sambil menikmati pemandangan alam pas solo trip, kenapa enggak?

Kalau Anda adalah backpacker solo wanita dan tertarik ngetrip ke Bali, cobalah untuk mengunjungi beberapa daerah di Bali yang sering menjadi tujuan populer banyak pelancong. Di bawah ini adalah daftarnya:

UbudCangguNusa PenidaKuta
Nusa LembonganDenpasarAmedLegian
Manjakan Mata dengan Bangunan Berarsitektur Eropa di Jawa Tengah
© unsplash.com/yoandhika
5
Manjakan Mata dengan Bangunan Berarsitektur Eropa di Jawa Tengah

Semarang

Rekomendasi kami

Selain Jogja dan Solo, masih ada satu destinasi solo traveling di Jawa Tengah yang cocok untuk solo backpacker wanita, yaitu Semarang. Ini adalah kota yang cocok untuk sobat Plesir yang ingin menjelajah serta menyaksikan keindahan bangunan arsitektur Eropa. Pun, ada banyak tempat-tempat bersejarah yang bisa Anda kunjungi di kota ini.

Di samping itu, Semarang juga terkenal karena ragam kulinernya yang beragam, mulai dari lumpia, tahu pong, tahu bakso Ungaran, sampai tahu petis. Jika Plesirmania tertarik menjadikan Semarang sebagai destinasi solo trip, Anda mungkin bisa mengunjungi beberapa obyek wisata terkenal di bawah ini.

Kota LamaKawasan PecinanLawang SewuKelenteng Sam Poo Kong
Tugu Muda SemarangPantai MarineBrown CanyonCimory On The Valley
Harus Dikunjungi Sekali Seumur Hidup, Alam yang Super Indah dan Ada Pulau Komodo
© unsplash.com/rizknas
6
Harus Dikunjungi Sekali Seumur Hidup, Alam yang Super Indah dan Ada Pulau Komodo

Flores

Rekomendasi kami

Kira-kira ada gak ya kota di Indonesia yang menawarkan keindahan alam seindah Bali? Ada dong, banyak malah! Salah satunya adalah Flores. Beneran deh, kalo sobat Plesir adalah wanita yang ingin melakukan solo trip, Flores wajib masuk ke daftar kota yang harus Anda kunjungi sekali seumur hidup.

Pemandangan alam di kota ini sungguh mengagumkan dan takkan bisa Anda rangkai dengan kata-kata. Bukan cuma itu, kota ini juga terkenal karena penduduknya ramah, membuatnya sangat cocok untuk para solo traveler. Bahkan, kalau Anda beruntung, warga-warga lokal Flores dengan senang hati akan memperbolehkan Anda menginap di rumah mereka.

Lalu, apa saja destinasi wisata alam yang bisa dikunjungi di kota di NTT ini? Berikut adalah sejumlah destinasi wisata yang wajib untuk Plesirmania kunjungi sekali seumur hidup saat berada di Flores.

Taman Nasional KomodoDesa Wae ReboPantai MerahTaman Nasional Kelimutu
Kampung Adat MeloGua Liang BuaCunca WulangPulau Kanawa
Danau Sano NggoangLabuan BajoPulau KelorPuncak Waringin
Gak Cuma Fashion, Bandung Juga Menawarkan Ragam Kuliner Lezat
© unsplash.com/hanifildfn
7
Gak Cuma Fashion, Bandung Juga Menawarkan Ragam Kuliner Lezat

Bandung

Rekomendasi kami

Pernah membayangkan untuk ngetrip sambil mencicipi kuliner lezat dan berbelanja produk-produk fashion berkualitas? Jika tertarik, cobalah untuk mengunjungi Bandung. Kota ini merupakan surganya kuliner yang bisa Anda eksplor, mulai dari makanan lezat, seperti batagor, cuanki, seblak, peuyeum, dan banyak lagi.

Lalu, bagaimana dengan destinasi wisatanya? Plesirmania tidak perlu khawatir, karena kota ini pun juga menawarkan destinasi wisata yang menakjubkan, baik indoor maupun outdoor. Berikut daftarnya:

Taman Hutan RayaThe Great Asia AfricaOrchid Forest CikolePasar Apung Lembang
Museum Geologi BandungKebun Binatang LembangJalan BragaTrans Studio Bandung
Kota Lahirnya Buku Laskar Pelangi. Datangi Museum Kata Andrea Hirata!
© unsplash.com/alfianostn
8
Kota Lahirnya Buku Laskar Pelangi. Datangi Museum Kata Andrea Hirata!

Bangka Belitung

Rekomendasi kami

Lanjut ke rekomendasi destinasi solo traveling untuk wanita yang kedelapan adalah Bangka Belitung. Kota berjuluk Negeri Laskar Pelangi ini menawarkan ragam destinasi wisata yang tak kalah indahnya dengan Bali maupun Flores. Pun, ada banyak juga kuliner khas lezat yang bisa Anda cicipi saat ngetrip ke kota ini.

Sama seperti yang sudah tim Plesir bilang di awal, kalau urusan destinasi wisata alam, Bangka Belitung tidak kalah jauh. Berikut kami tampilkan rekomendasi tempat yang bisa backpacker solo wanita datangi saat berada di Negeri Laskar Pelangi ini.

Pulau LeebongPulau LengkuasPantai Tanjung TinggiMuseum Kata Andrea Hirata
Rumah Pengasingan Soerkarno – HattaDanau KaolinPantai Parai TenggiriBangka Botanical Garden
Tradisional dan Modern Jadi Satu. Kerlap Kerlip Kota Berpadu dengan Budaya yang Lestari
© unsplash.com/blackodc
9
Tradisional dan Modern Jadi Satu. Kerlap Kerlip Kota Berpadu dengan Budaya yang Lestari

Jepang

Rekomendasi kami

Setelah rekomendasi delapan kota di Indonesia yang cocok dan aman untuk dikunjungi para solo traveler wanita, mari lanjut ke destinasi wisata di luar negeri. Bagaimanapun, jika sudah berbicara tentang negara yang aman untuk solo traveler wanita, maka Jepang harus masuk ke daftar teratas.

Saat Anda mengunjungi negara dengan julukan Negeri Matahari Terbit ini, Anda akan menyaksikan perpaduan antara budaya modernisasi dan tradisional yang kental. Datanglah ke kota, mata Anda akan dimanjakan dengan gemerlap kota yang megah, ramainya lalu lalang orang, serta tingginya gedung-gedung.

Sebaliknya, saat Anda mengunjungi kawasan pedesaan di Jepang, Anda justru bisa menyaksikan bagaimana budaya di Jepang masih benar-benar lestari. Pun, ada banyak juga tempat-tempat bersejarah yang masih terawat di Jepang yang bisa Anda datangi, seperti kastil dan kuil.

Penasaran dengan destinasi wisata terkenal yang bisa Anda kunjungi di Jepang? Kalau iya, coba perhatikan tabel di bawah.

Hitachi Seaside ParkShin-Yokohama Raumen MuesumKuil SensojiPatung Hachiko
Gunung FujiTokyo DisneylandKastil OsakaOkinawa Churaumi Aquarium
Imperial Palace & East GardenAkihabara dan HarajukuDotonboriUniversal Studio Japan

Selain 12 rekomendasi di atas, Jepang masih menyimpan puluhan destinasi wisata menakjubkan lainnya yang bisa Anda kunjungi. Tunggu apa lagi? Klik tanda tiket di atas, dan pesan kursi sekarang! 

Manjakan Mata dengan Bangunan Berarsitektur Timur Tengah yang Indah
© unsplash.com/berdnika
10
Manjakan Mata dengan Bangunan Berarsitektur Timur Tengah yang Indah

Turki

Rekomendasi kami

Turki menjadi destinasi solo traveling yang cocok untuk para backpacker solo wanita, terlebih untuk Anda yang menyukai bangunan-bangunan bergaya arsitektur Timur Tengah. Yup, di negara ini, Anda bisa menyaksikan sekaligus mengagumi berbagai macam bangunan otentik dan bersejarah Turki yang indah lengkap dengan asitektur Timur Tengahnya yang khas.

Selain itu, negara ini juga terkenal karena tingkat kriminalitasnya yang rendah, membuatnya aman untuk para wanita yang ingin menjelajahi setiap sudut negara ini. Jadi, jika Plesirmania tertarik untuk solo trip ke negara dengan bangunan bersejarah bergaya Timur Tengah, Turki menjadi pilihan paling tepat untuk Anda. Inilah daftar must-visit yang harus Anda tahu: 

Hagia SophiaBlue MosqueCappadociaEmirgan Tulip Garden
PamukkaleEphesusSilk Market dan Grand BazaarAtaturk Museum
Topkapi PalaceIstiklal StreetVirgin Mary HouseOludeniz (Blue Lagoon)

Tanya Jawab Seputar Destinasi Solo Traveling untuk Wanita

Sebelum Anda menuju ke bagian akhir dari artikel ini, silakan cek beberapa pertanyaan seputar destinasi solo traveling untuk wanita di bawah.

Apa itu solo backpacking?

Pada dasarnya, solo backpacking memiliki definisi yang sama dengan solo traveling dimana keduanya merupakan perjalanan menuju ke suatu daerah maupun negara tanpa panduan dari orang ataupun agen travel. Namun, solo backpacking biasanya didefinisikan sebagai seseorang yang melakukan perjalanan dengan membawa tas backpack.

Apa yang dimaksud dengan solo trip?

Solo trip merupakan sebuah istilah yang merujuk kepada sebuah perjalanan dengan tujuan untuk mengeksplor berbagai tempat-tempat baru seorang diri tanpa bantuan pemandu maupun agen travel.

Akomodasi seperti apa yang cocok untuk backpacker solo wanita?

Pada dasarnya, semua jenis akomodasi, baik itu hotel, resort, guest house, homestay, maupun hostel itu cocok untuk dijadikan sebagai tempat menginap. Untuk menyewa satu kamar dari semua jenis akomodasi ini, Anda hanya perlu mendatangi platform travel seperti Traveloka, Booking.com, Tiket.com, Agoda, maupun Airbnb.

Apakah Jakarta cocok sebagai destinasi solo traveling untuk wanita?

Kenapa tidak? Anda bisa melakukan solo trip ke Jakarta dan menjelajahi berbagai tempat menarik yang mungkin belum pernah Anda kunjungi sebelumnya. Destinasi-destinasi ini meliputi Taman Suropati, Taman Mini Indonesia Indah, Sea World Indonesia, maupun Monumen Nasional.

Apakah Paris aman untuk dijadikan destinasi solo traveler wanita di musim libur?

Jawabannya bisa iya, bisa tidak. Meski terkenal sebagai kota romantis dengan sejuta keindahannya, namun Paris memiliki statistik tingkat kejahatan yang relatif tinggi. Oleh karena itu, Paris mungkin tidak cocok untuk solo traveler wanita pemula. Namun, jika Anda sudah terbiasa melakukan solo traveling dan bisa berbahasa Prancis, Paris bisa jadi destinasi yang cocok untuk Anda.

Kesimpulan: Destinasi Solo Traveling untuk Wanita

Demikian sedikit penjelasan mengenai destinasi solo traveling untuk wanita. Sebagai penutup, solo traveling atau solo trip merupakan jenis perjalanan penuh dengan kebebasan yang dapat mengasah kemandirian Anda. Sebagai pemula, apalagi wanita, menentukan destinasi yang aman dan nyaman untuk solo traveling Anda adalah hal yang penting. Jadi, bagaimana? Sudah nentuin mau kemana?

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo