Hide Menu

Indonesia Punya Puncak yang Tinggi? Saksinya Ada di 6 Gunung Tertinggi di Papua, Lho!

List Puncak Terkenal Jaya Wijaya Menjadi Nomor 1 Tertinggi di Antara Ke Enam Gunung

Artikel Gunung Tertinggi di Papua ini diposting diperbarui
1 Pembaca
Like
Gunung Tertinggi di Papua 2024
© istockphoto.com/Noerhoeda

Papua Menjadi Salah Satu Tempat Gunung Tertinggi di Indonesia dan Dunia

Papua Menjadi Salah Satu Tempat Gunung Tertinggi di Indonesia dan Dunia
istockphoto.com/Gr8ph1cs

Apakah Plesirmania pernah mendengar nama Carstensz? Ya, tepat sekali! Gunung Carstensz yang disebut-sebut sebagai salah satu gunung tertinggi di dunia itu berada di Pulau Papua, Indonesia! Selain itu, gunung ini juga termasuk ke dalam benua Australia-Oceania.

Bila berbicara letaknya yang berada di Indonesia, maka Carstensz berhasil menduduki nomor 1 dari seluruh gunung tertinggi di Nusantara. Namun, apabila membicarakannya dari sudut pandang benua, maka Carstensz berada di posisi paling akhir, yaitu ke 7 dari 7 summit di dunia.

Menarik bukan membicarakan gunung di Indonesia khususnya di Papua? Sebentar lagi, tim Plesir akan menguraikan penjelasan beberapa gunung tertinggi di Papua. Tebaklah dari sekarang, ada berapa kira-kira gunung tertinggi di provinsi tersebut dan kalau sudah bisa menebaknya, scroll teks ini ke bawah ya!

7 Fakta Menarik Wilayah Papua

7 Fakta Menarik Wilayah Papua
istockphoto.com/LuffyKun

Menurut Sosilawati, ST., MT. et al (2017) Maluku dan Papua merupakan contoh wilayah yang identik dengan bagian Indonesia timur. Fakta wilayah inilah yang paling diingat oleh kebanyakan masyarakat. Namun, tak banyak juga yang tahu bahwa Papua menyimpan fakta-fakta menarik yang mungkin belum pernah Anda dengar. Langsung saja, cek faktanya berikut ini:

  • Lebih dari 250 kelompok etnis ada di Papua dan membawa masing-masing bahasa, tradisi, beserta adat istiadat mereka sendiri. Papua pun jadi provinsi yang kaya akan keberagaman budaya.
  • Tempat di mana hutan hujan tropis terbesar dan terakhir yang tersisa di dunia. Anda bisa melihat banyak flora dan fauna di sini, seperti Burung Cendrawasih hingga Kangguru Pohon. Jika penasaran, cari saja gambarnya di internet! 
  • Adanya lembah Baliem atau Baliem Valley membuat Papua menarik untuk dikunjungi. Letaknya di pegunungan tengah di mana budaya Dani (salah satu suku asli Papua) berada. Di sini, Plesirmania dapat menjumpai Festival Lembah Baliem yang diadakan setiap setahun sekali.
  • Salah satu tempat penyelaman terbaik di dunia, yaitu Kepulaun Raja Ampat yang terletak di pantai lepas Papua. Raja Ampat dipenuhi dengan bukit, terumbu karang yang berwarna-warni, keanekaragaman hayati laut, dan pantai-pantai yang indah.
  • Kota Jayapura terkenal dengan Danau Sentani, Museum Loka Budaya, dan Pantai Hamadi yang menakjubkan.
  • Suku Korawi masih menganut prinsip hidup dengan cara tradisional atau kuno. Kabarnya, mereka juga merupakan suku terpencil yang ada di Indonesia dan Papua. Suku ini terkenal dengan rumah panggung unik dan keterampilan merajutnya.
  • Papua merupakan lokasi atau tempat di mana pegunungan tertutup berada. Artinya, sebagian besar daerah tersebut masih belum terjamah oleh manusia.
E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

6 Gunung Tertinggi di Papua - Terbaru 2024

Tanpa menunggu lebih lama lagi, mari membaca semua deskripsi gunung-gunung tertinggi yang ada di Papua. Lalu, temukan juga apakah ada dari gunung tersebut yang tingginya melebihi Gunung Rinjani, Semeru, atau Slamet di Jawa Barat. Yuk, cari tahu!

1
Puncak Jayawijaya atau Piramida Carstensz

Letak Es Salju Abadi Berada

Puncak Jayawijaya atau Piramida Carstensz

2
Puncak Mandala

Kedua Tertinggi di Papua dan Nusantara

Puncak Mandala

3
Puncak Trikora

Si Wilhelmina Top yang Cantik

Puncak Trikora

4
Puncak Ngga Pilimsit

Putihnya Salju dan Hijaunya Danau Berpadu Jadi Satu

Puncak Ngga Pilimsit

5
Puncak Yamin

Gunung dengan Bentuk Kontur Batuan Gamping

Puncak Yamin

6
Gunung Bijih

Kekayaan Tembaga Asli Papua Ada di Sini

Gunung Bijih

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Letak Es Salju Abadi Berada
© istockphoto.com/Noerhoeda
1
Letak Es Salju Abadi Berada

Puncak Jayawijaya atau Piramida Carstensz

Rekomendasi kami

Daftar pertama dari 6 gunung tertinggi di Papua adalah Gunung Carstensz atau biasa disebut Piramida Carstensz. Banyak orang juga menyebutnya sebagai Puncak Jayawijaya. Semua itu benar! Penamaan Carstensz berawal dari seorang penjelajah asal Belanda yang menemukan gunung ini. Ia bernama Jan Castenzszoon pada tahun 1623. Ingat ya, Casrtensz, bukan Cartenz. 

Lalu, tercatat luas bahwa gunung tersebut memiliki ketinggian setinggi 4.884 meter di atas permukaan laut (mdpl). Letak gunung ini yaitu di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah. Gunung tersebut juga merupakan rangkaian dari Pegunungan Sudirman dan bagian dari Taman Nasional Lorentz, serta masuk ke dalam situs Warisan Dunia UNESCO.

Kedua Tertinggi di Papua dan Nusantara
© istockphoto.com/JavierMarcos
2
Kedua Tertinggi di Papua dan Nusantara

Puncak Mandala

Berikutnya adalah Puncak Mandala. Gunung tertinggi kedua di Papua dan Indonesia. Ukuran tinggi gunung ini mencapai 4.760 mdpl. Ada nama lain untuk menyebutkan Puncak Mandala, yaitu Juliana Top. Penyebutan ini terkenal saat zaman penjajahan Belanda dahulu.

Kemudian, lokasi yang tepat untuk puncak tersebut adalah di Kabupaten Pegunungan Bintang, dekat dengan Papua Nugini. Menurut kabarnya, orang pertama yang berhasil naik sampai Puncak Mandala ialah Herman Verstappen, Jan De Wijn, Piet Ter Laag, Max Tissing, dan Arthur Escher pada tahun 1959.

Si Wilhelmina Top yang Cantik
© istockphoto.com/benito_anu
3
Si Wilhelmina Top yang Cantik

Puncak Trikora

Nama gunung Papua tertinggi ketiga yaitu Puncak Trikora. Gunung ini mempunyai nama julukan lain, Ettiakup. Bukan hanya itu, pada zaman penjajahan dulu, gunung tersebut juga disebut sebagai Wilhelmina Top atau Puncak Wilhelmina. Ketinggian puncak ini sekitar 4.751 mdpl, lebih rendah 9 meter saja dari Puncak Mandala.

Untuk letak dari gunung tersebut berada di Kawasan Pegunungan Maoke, Provinsi Papua Pegunungan. Lalu, siapakah yang berhasil menaklukannya pertama kali? Mereka adalah Alphons F. Herdershee, August A. Pulle, Gerard M. Vestegg, Paul Francois, dan J.B. Sintala.

Putihnya Salju dan Hijaunya Danau Berpadu Jadi Satu
© mistymountainhoop.wixsite.com
4
Putihnya Salju dan Hijaunya Danau Berpadu Jadi Satu

Puncak Ngga Pilimsit

Rekomendasi kami

Gunung nomor 4 yang ada di daftar gunung di Papua jatuh pada Puncak Ngga Pilimsit. Kabarnya, puncak tersebut dinamai demikian karena berasal dari nama Gubernur Hindia Belanda, yaitu Alexander Willem Frederik Idenburg.

Menariknya lagi, puncak ini merupakan suatu fenomena alam dari Idenburg atau disebut Ngga Pilimsit (bahasa lokal), artinya turunnya salju dingin yang tidak biasa terjadi atau pada saat tertentu.

Puncak Ngga Pilimsit termasuk ke dalam pegunungan Maoke dan dekat dari Puncak Jaya Wijaya. Hanya berjarak 21 km saja jauhnya. Puncak ini juga terkenal dengan danau indah memanjang yang airnya berwarna hijau tua. Selain itu, pendaki pertama yang berhasil ke puncak ini adalah Heinrich Harrer dan Philip Temple.

Gunung dengan Bentuk Kontur Batuan Gamping
© istockphoto.com/lanabyko
5
Gunung dengan Bentuk Kontur Batuan Gamping

Puncak Yamin

Bertempat di Kawasan Pegunungan Bintang dan Yahukimo, Puncak Yamin berhasil menempati urutan ke-5 dari jajaran gunung tertinggi yang ada di Papua. Gunung Yamin sendiri mempunyai ketinggian hampir mencapai 4.600 meter, lebih tepatnya sekitar 4.535 mdpl.

Puncak ini pun mempunyai sebutan lain yang tak kalah menarik dari milik Puncak Trikora, yang bernama Prinks Hendrik Top. Masyarakat di area sini juga menjuluki Puncak Yamin sebagai Olso Vamin atau Gunung Lim yang memiliki kontur datar batuan gamping.

Kekayaan Tembaga Asli Papua Ada di Sini
© istockphoto.com/Gr8ph1cs
6
Kekayaan Tembaga Asli Papua Ada di Sini

Gunung Bijih

Belanda menjadi negara yang menjajah Indonesia begitu lama, sehingga sumbangsih penamaan pada gunung-gunung di Papua menjadi hal lumrah. Seperti Gunung Bijih ini yang memiliki nama dalam bahasa Belanda sebagai Ertsberg. Gunung ini sendiri ketinggiannya tidak sampai 4000 meter, melainkan hanya sekitar 3600 mdpl.

Lebih lanjut, karena kekayaan sumber daya alam yang begitu besar di gunung ini (tembaga), membuat sebuah perusahaan asal Amerika Serikat, Freeport-McMoRan, menggali kekayaan tersebut. Sampailah tembaga itu habis pada tahun 1988.

Sayang seribu sayang, diketahui gunung itu sudah hampir tidak memiliki kandungan tembaga lagi dan tak aktif sebagai gunung api. Kemudian, orang yang pertama kali berhasil menginjakkan kakinya di gunung ini adalah Jean J. Dozy, Anton Colijn, dan Frits J. Wissel.

Tanya Jawab Seputar Gunung Tertinggi di Papua

Sebelum ke bagian penutup dari tulisan gunung tertinggi di Papua ini, sempatkanlah membaca beberapa poin pertanyaan di bawah. Cek segera!

Berapa gunung tertinggi di Papua?

Ada banyak. Namun, di antaranya yang paling tinggi adalah enam gunung, tidak sampai 10 ataupun 100.

Apa gunung tertinggi nomor satu di Indonesia?

Carstensz Pyramid merupakan gunung tertinggi yang ada di Indonesia. Tercatat ketinggian gunung tersebut mencapai 4.884 meter di atas permukaan laut.

Apa nama gunung yang ada di Papua?

Ada banyak nama gunung di Papua, antara lain Carstensz Pyramid, Gunung Mandala, Gunung Trikora, Gunung Ngga Pilimsit, Gunung Yamin, dan Gunung Bijih.

Apa nama puncak gunung di Papua

Bila Anda bertanya puncak terkenal di Papua maka, jawabannya adalah Puncak Jayawijaya.

Kesimpulan: Gunung Tertinggi di Papua

Keindahan gunung Papua sudah diakui oleh dunia dengan hadirnya gunung tertinggi Piramida Carstensz. Lalu, dalam rincian tulisan ini menunjukkan bahwa bukan Carstensz saja yang indah, namun ada 5 gunung tinggi lainnya yang tak kalah memukau.

Bahkan, Plesirmania bisa melakukan pendakian di enam gunung tertinggi itu. Silakan pelajari lagi informasi di atas sebelum memutuskan mengunjungi salah satu gunungnya!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo