Hide Menu

Tercatat Rekor Tidak Tinggi, Inilah Nama 5 Gunung Terendah di Pulau Jawa untuk Anda Daki!

Daftar Gunung Terendah yang Tingginya Maksimal Hanya mencapai 800-an Meter di Atas Permukaan Laut

Artikel Gunung Terendah di Pulau Jawa ini diposting diperbarui
2 Pembaca
Like
Gunung Terendah di Pulau Jawa 2024
© istockphoto.com/AhmadChabib

Gunung Terendah Sebagai Tempat Mendaki Paling Pas untuk Pemula

Gunung Terendah Sebagai Tempat Mendaki Paling Pas untuk Pemula
istockphoto.com/mdzfahmi

Bagi sebagian pendaki, melakukan kegiatan pendakian harus dimulai dengan hiking atau mendaki gunung yang rendah terlebih dahulu. Sebab, hal itu dapat menjadi alat ukur seberapa besar kemampuan diri dalam mendaki gunung.

Lain daripada itu, mendaki gunung terendah dapat menjadi ajang latihan sebelum mencoba mendaki gunung yang lebih tinggi. Plesirmania pun akan memiliki fisik yang kuat bila mendaki mulai dari gunung-gunung yang rendah.

Maukah Anda melatih fisik di gunung terendah di Pulau Jawa? Tim Plesir punya daftar gunung yang paling rendah yang bisa Anda coba sebagai permulaan untuk naik gunung yang lebih tinggi nantinya di masa depan. Yuk, tilik daftarnya!

Apakah Gunung Terendah Hanya Ada di Pulau Jawa?

Apakah Gunung Terendah Hanya Ada di Pulau Jawa?
istockphoto.com/DadanBahtera

Tentu saja tidak, Pulau Jawa bukanlah satu-satunya pulau yang mempunyai gunung terendah. Banyak dari setiap pulau memiliki versi gunung terendahnya. Baik gunung terendah yang ada di Sumatera maupun gunung terendah di Papua. Pernyataan tim Plesir ini diaminkan oleh Laksmi P (2016) bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan gunung api. Jadi, tidak hanya di Pulau Jawa saja!

Sebagai contoh, di Sumatera ada Gunung Jantan dengan tinggi 700 mdpl beserta Gunung Ranai dengan tinggi 1.035 mdpl. Keduanya berada di Kepulauan Riau. Sementara itu, menurut catatan yang beredar, di Papua ada Gunung Dom dengan ketingian 1.332 mdpl dan Gunung Foja dengan ketinggian 1.800 mdpl.

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Gunung Terendah di Pulau Jawa - Terbaru 2024

Nah, apakah Anda sudah siap melihat daftar gunung terendah di Pulau Jawa? Jika iya, mari sama-sama baca artikel ini secara serempak!

1
Gunung Munara

Tidak Sampai 400 Meter, Bagus untuk Pendaki Pemula

Gunung Munara

2
Gunung Tidar

Dekat Kota, Akses ke Gunung Mudah

Gunung Tidar

3
Gunung Nglanggeran

Keindahan Alam Sejati Berupa Gunung Api Purba Kala

Gunung Nglanggeran

4
Gunung Lembu

Tempat Dekat untuk Melihat Keindahan Waduk Jatiluhur dari Ketinggian

Gunung Lembu

5
Gunung Wagir Jampang

Bagian dari Pegunungan Serayu Selatan yang Pesonanya Sangat Cantik

Gunung Wagir Jampang

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Tidak Sampai 400 Meter, Bagus untuk Pendaki Pemula
© istockphoto.com/RizkiRukyanti
1
Tidak Sampai 400 Meter, Bagus untuk Pendaki Pemula

Gunung Munara

Rekomendasi kami

Apakah anda mencari gunung dapat didaki oleh pendaki pemula? Jawaban konkretnya adalah Gunung Munara yang terletak di Jawa Barat. Gunung ini mempunyai ketinggian yang tak sampai 1000 mdpl. Tinggi gunung tersebut yaitu hanya 367 mdpl. Sangat pendek!

Lebih lanjut, Anda dapat melakukan kegiatan muncak di sini dengan waktu kurang lebih 1 hingga 1,5 jam. Meskipun jalanan lereng bukit di gunung tampak sedikit menanjak, Anda tetap bisa sampai di sana dengan waktu yang sudah tim Plesir sebutkan tadi. Jadi, pendakian Plesirmania selesai dalam satu hari saja! 

Dekat Kota, Akses ke Gunung Mudah
© istockphoto.com/prashantpandey
2
Dekat Kota, Akses ke Gunung Mudah

Gunung Tidar

Ketinggian Gunung Tidar hampir dua kali lipat dari Gunung Munara, yaitu sekitar 503 mdpl. Letaknya berada di Jawa Tengah, tepatnya di tengah-tengah Kota Magelang. Tempatnya yang dekat membuat gunung tersebut dijadikan lokasi latihan bagi Akademi Militer (akmil) sejak dahulu kala.

Kemudian, asal nama Gunung Tidar diketahui berasal dari kata Tidar yang berarti mukti (bahagia) dan kadadar (dididik). Namun, cerita asal nama ini bukan yang paling valid, sebab banyak versi yang beredar luas.

Keindahan Alam Sejati Berupa Gunung Api Purba Kala
© istockphoto.com/KijoAbugau
3
Keindahan Alam Sejati Berupa Gunung Api Purba Kala

Gunung Nglanggeran

Rekomendasi kami

Dengan ketinggian 700 meter di atas permukaan laut, Gunung Nglanggeran dijuluki sebagai gunung ketiga terpendek yang ada di Pulau Jawa. Asal usul nama gunung ini ialah dari kata nglanggar yang mempunyai arti melanggar. Letak dari gunung ini berada tepat di Daerah Istiwewa Yogyakarta, Indonesia. Lebih tepatnya lagi di Desa Nglanggeran Kecamatan Patuk, Gunung Kidul.

Banyak berita mengabarkan bahwa gunung tersebut merupakan gunung api aktif purba yang terbentuk lebih dari 60 juta tahun yang lalu. Tak sampai di situ saja, legenda mengatakan gunung tersebut konon tempat menghukum warga desa yang ceroboh karena merusak wayang.

Warga sekitar menyebutkan hal lain pula bahwa beberapa bebatuan besar digunakan untuk tempat pertapaan. Di sana juga terdapat orang yang dipercaya menjaga tempat tersebut, yaitu Kyai Ongko Wijoyo.

Tempat Dekat untuk Melihat Keindahan Waduk Jatiluhur dari Ketinggian
© traveloka.com
4
Tempat Dekat untuk Melihat Keindahan Waduk Jatiluhur dari Ketinggian

Gunung Lembu

Berikutnya, gunung di Pulau Jawa yang masuk ke dalam daftar terendah adalah Gunung Lembu di Desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Dengan perkiraan ketinggian mencapai 780 mdpl, gunung ini menjadi tempat menarik untuk pendakian santai.

Lebih lanjut, gunung tersebut juga dapat Anda manfaatkan untuk melihat gambar pemandangan indah Waduk Jatiluhur Purwakarta dari ketinggia. Melihat sunset dan sunrise pun bisa! Untuk mencapai puncaknya, Anda harus menghabiskan waktu 3 jam dengan rute pendek menanjak.

Bagian dari Pegunungan Serayu Selatan yang Pesonanya Sangat Cantik
© istockphoto.com/AdenRafliRahman
5
Bagian dari Pegunungan Serayu Selatan yang Pesonanya Sangat Cantik

Gunung Wagir Jampang

Rekomendasi kami

Melipir sedikit ke Provinsi Jawa Tengah bagian utara, terdapat gunung terpendek di daerah Banyumas, yaitu Gunung Wagir Jampang. Gunung ini menduduki nomor 5 terendah di antara yang lainnya. Secara administrasi, gunung ini berada di perbatasan tiga kabupaten, antara lain Kabupaten Banyumas, Kabupaten Banjarnegara, dan Kabupaten Kebumen.

Faktanya, ketinggian gunung tersebut tidak mencapai 1000 mdpl, melainkan hanya 803 mdpl. Selain itu, ternyata Gn. Wagir Jampang merupakan salah satu titik tertinggi yang ada di Pegunungan Serayu Selatan.

Tanya Jawab Seputar Gunung Terendah di Pulau Jawa

Berikut adalah beberapa list pertanyaan terkait gunung terpendek di Jawa. Simak dengan teliti pertanyaannya satu-persatu!

Gunung apa yang terendah?

Bila Anda bertanya gunung di dunia yang terendah, maka jawabannya datang dari gunung Wycheproof. Gunung ini mempunyai ketinggian sekitar 43 meter hingga 148 meter.

Gunung apa yang terpendek di Indonesia?

Jawabannya adalah Gunung Munara di sebelah barat Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 367 mdpl. Ingat ya, bukan Gunung Andong yang terpendek. 

Berapa gunung yang ada di Pulau Jawa?

Ada sekitar 154 gunung, termasuk gunung yang tercatat lokasi spesifiknya dan yang tidak.

Gunung apa yang tertinggi di Pulau Jawa?

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi yang ada di Pulau Jawa dan memiliki tinggi 3676 mdpl.

Apa 7 gunung tertinggi atau seven summit di Jawa Tengah?

7 summit di Jawa Tengah antara lain Gunung Slamet, Gunung Sumbing, Gunung Lawu, Gunung Sindoro, Gunung Merbabu dengan puncak Mahameru, Gunung Merapi, dan Gunung Prau.

Ada berapa gunung tertinggi di Jawa Timur dan Apa Saja?

Jumlahnya ada 7 gunung, termasuk Gunung Semeru, Gunung Arjuno, Gunung Raung, Gunung Lawu, Gunung Welirang, Gunung Argopuro, dan Gunung Butak.

Kesimpulan: Gunung Terendah di Pulau Jawa

Dapat tim Plesir simpulkan bahwa gunung terendah di Jawa itu kebanyakan menyebar di Provinsi Jawa Tengah. Tercatat tiga gunung yang berada di Jateng dan dua gunung lainnya di Jawa Barat.

Kemudian, rata-rata tinggi gunung yang telah tim Plesir bahas tadi berkisar antara 300 hingga 800-an yang mana kalkulasinya tidak sampai 1000 meter. Dengan jumlah rata-rata ketinggian gunung tersebut, buat pendaki pemula patut untuk mencoba. Ayo, jadwalkan pendakiannya!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo