Hide Menu

Gak Punya Rencana Wisata ke Jogja? Pakai Contoh Itinerary Jogja 4 Hari 3 Malam Ini Aja!

Jalan-Jalan dari Wilayah Jogja Utara sampai Selatan ke Magelang Pula, Lengkap Pokoknya!

Artikel Contoh Itinerary Jogja 4 Hari 3 Malam ini diposting diperbarui
5 Pembaca
Like
Contoh Itinerary Jogja 4 Hari 3 Malam 2024
© freepik.com

Jogja 4 Hari 3 Malam ke Mana Aja?

Jogja 4 Hari 3 Malam ke Mana Aja?
freepik.com

Banyak tempat yang bisa Anda tuju untuk liburan di Jogja. Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Wisata Kalibiru, Hutan Pinus Asri sampai Candi Borobudur. Walaupun Candi Borobudur bukan termasuk wilayah Jogja, tapi sayang kalau tidak ke sana karena tempatnya dekat dari Yogya.

Tempat-tempat wisata tadi juga merupakan tempat rekomendasi seperti yang ditawarkan banyak agen perjalanan di blog mereka, dari mulai paket 2D1N, 3D2N, hingga 5D4N. Kemungkinan besar liburan dengan agen tujuannya juga ke tempat tersebut.

Kalau hanya menyebutkan empat tempat tadi rasanya akan kurang lengkap ya, Plesirmania. Padahal masih banyak tempat lain yang harus Anda ketahui agar liburan empat hari penuh dengan kunjungan ke tempat-tempat apik. Oleh karena itu, ikuti terus pembahasan contoh itinerary Jogja 4 hari 3 malam di Plesir!

Barang Bawaan Liburan ke Jogja 4 Hari 3 Malam

Barang Bawaan Liburan ke Jogja 4 Hari 3 Malam
freepik.com

Untuk Anda yang masih bingung soal mempersiapkan barang bawaan apa saja ke Jogja selama 4 hari, catat benda-benda di bawah dengan teliti!

1. Pakaian yang Nyaman

Karena di Jogja terdapat dua musim, yakni musim kemarau dan hujan, maka bawalah pakaian sesuai musimnya. Plesirmania juga harus bawa 2 potong bawahan dan 4 potong baju atasan. Untuk pakaian dalam, bawa 8 potong celana dalam dan 4 potong bra untuk wanita atau singlet untuk laki-laki.

2. Perlengkapan Mandi

Jangan lupa membawa alat-alat mandi pribadi. Walaupun di penginapan disediakan, tak ada salahnya membawa punya sendiri. Bawa aja sikat gigi, sabun wajah, sampo, sabun cair, dan handuk bila perlu.

3. Uang Tunai Secukupnya

Sipakan pula uang cash agar tidak bolak-balik cari ATM untuk mengambil uang. Plesirmania bisa mempersiapkan setidaknya 500 ribu rupiah di dalam dompet.

4. Obat-obatan Pribadi

Persiapan obat juga penting. Siapkan obat untuk sakit ringan, seperti obat mual, pusing, maag, pegal-pegal, dan diare.

5. Tas Ukuran Besar

Kalau bisa, Plesirmania bawa satu tas besar. Entah itu tas jinjing atau tas ransel, bebas, yang penting muat barang banyak. Sehingga, Anda tak perlu bawa banyak tas saat liburan.

6. Alat Elektronik

Membawa alat elektronik sangat wajib. Contohnya, handphone, powerbank, camera digital, dan tablet sebagai penunjang liburan Anda.

7. Sepatu dan Sandal

Kalau Anda tak keberatan membawa sandal pengganti di tas, lebih baik bawa saja. Untuk berjaga-jaga bilamana sepatu yang Anda kenakan saat berangkat rusak di jalan.

8. Perlengkapan Ibadah

Yang satu ini mestinya termasuk barang preferensi, tergantung Anda sendiri. Kalau dirasa penting membawa perlengkapan ibadah, seperti mukena atau sarung, sebaiknya bawa saja daripada pinjam.

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Contoh Itinerary Jogja 4 Hari 3 Malam - Terbaru 2024

Saatnya telah tiba, yaitu membuat itinerary lengkap 4 hari 3 malam ke Jogja. Perlu diingat, menurut Ariq C dalam membuat itinerary harus realistis (2015). Artinya pertimbangkan waktu perjalanan dengan teliti dan jangan sampai terburu-buru untuk mengejar banyak tempat. Yuk, tanpa berlama-lama, rekam semua pembahasan rencana perjalanan di bawah sebagai referensi liburan Anda!

1
Hari ke-1

Keraton Yogyakarta, Taman Sari, Gumuk Pasir, dan Pantai Parangtritis

Hari ke-1

2
Hari ke-2

Studio Gamplong, Kalibiru, Pulepayung, Alun-Alun Selatan

Hari ke-2

3
Hari ke-3

Gardu Pandang Mangunan, Hutan Pinus Asri, Pantai Indrayanti, HeHa Sky View, Bukit Bintang

Hari ke-3

4
Hari ke-4

Candi Borobudur, Pasar Beringharjo, dan Malioboro

Hari ke-4

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Keraton Yogyakarta, Taman Sari, Gumuk Pasir, dan Pantai Parangtritis
© freepik.com
1
Keraton Yogyakarta, Taman Sari, Gumuk Pasir, dan Pantai Parangtritis

Hari ke-1

Rekomendasi kami

Hari pertama diperkirakan Anda sudah tiba di Stasiun Yogyakarta saat siang hari. Kemudian, Plesirmania bisa langsung sewa motor di daerah dekat stasiun. Perlu diingat untuk mencari persewaan motor yang terpercaya agar liburan Anda aman sejahtera. 

Lalu, apabila telah selesai dengan administrasi penyewaan, Anda dapat mencari penginapan murah dan nyaman. Misalnya, homestay harga 100 ribuan di daerah Malioboro. Kalau mau hotel, di daerah yang sama terdapat banyak hotel di range harga 200 ribuan. Pilihlah sesuai budget Anda!

Setelah itu, check in penginapan dan lanjut perjalanan ke Keraton Yogyakarta yang tidak jauh dari daerah Malioboro tempat Anda menginap. Lanjut lagi ke Taman Sari sekitar 1 km. Plesirmania dapat menempuhnya dengan perjalanan sekitar 3 menit.

Setelah dari Taman Sari, lanjutkan perjalanan ke Pantai Parangtritis untuk melihat sunset. Kalau sudah selesai berenang dan menikmati matahari terbenam di Pantai Parangtritis, Anda bisa mampir untuk makan malam di Obelix Hills sebelum kembali ke penginapan.

Obelix Hills adalah sebuah tempat wisata yang menyediakan banyak spot foto menarik di atas gamping. Tempat ini juga menyediakan tempat makan super nyaman. Itulah perjalanan pertama Anda di Jogja ke empat tempat yang menyenangkan. 

Studio Gamplong, Kalibiru, Pulepayung, Alun-Alun Selatan
© freepik.com
2
Studio Gamplong, Kalibiru, Pulepayung, Alun-Alun Selatan

Hari ke-2

Rekomendasi kami

Di hari kedua ini, jadwal jalan-jalan Anda akan lebih padat lagi. Ayo langsung saja mulai dengan menuju Studio Alam Gamplong di daerah Sumberrahayu. Studio Alam Gamplong merupakan setting film Sultan Agung yang telah lama beralih menjadi tempat swafoto. Anda dapat menempuh perjalanan ke tempat ini sekitar 30 menit dari penginapan.

Lalu, lanjutkan perjalanan menuju Wisata Alam Kalibiru sekitar 50 menit dari Studio Gamplong untuk menikmati suasana segar hijaunya pepohonan dan sejuknya area tersebut. Di tempat ini, Anda bisa mencoba beberapa permainan. Misalnya flying fox atau high rope. Plesirmania juga bisa makan siang di sini.

Kalau sudah, lanjutkan kegiatan wisata Plesirmania ke Pulepayung. Tempatnya tak jauh dari Wisata Alam Kalibiru. Di Pulepayung, Anda dapat berfoto di ketinggian dengan latar belakang danau yang dikelilingi hamparan hijau perbukitan.

Sebelum pulang, sempatkan mampir ke Waduk Sermo untuk sekadar melihat waduk terbesar di Jogja. Kemudian, carilah makan di perjalanan pulang atau di Alun-Alun Selatan Yogyakarta. Di sana ada banyak sekali makanan kali lima yang enak-enak. Mampir ke alun-alun merupakan penutup perjalanan Anda di hari ke-2.

Gardu Pandang Mangunan, Hutan Pinus Asri, Pantai Indrayanti, HeHa Sky View, Bukit Bintang
© freepik.com
3
Gardu Pandang Mangunan, Hutan Pinus Asri, Pantai Indrayanti, HeHa Sky View, Bukit Bintang

Hari ke-3

Rekomendasi kami

Tibalah tour hari ke-3. Setelah makan pagi di penginapan atau beli di sekitar Malioboro, mulailah pergi ke Gardu Pandang Mangunan. Ngapain ke Gardu Pandang Mangunan pagi-pagi? Sudah pasti untuk melihat pemandangan aliran sungai yang diapit oleh tebing yang ditumbuhi oleh banyak pepohonan hijau dari ketinggian.

Mumpung masih pagi, mampirlah juga ke Hutan Pinus Asri. Jarak dari Gardu Pandang ke Hutan Pinus tidak terlalu jauh, sekitar 4 km. Setelah selesai menikmati keindahan alam di Hutan Pinus, lanjutkan travel Anda ke Pantai Indrayanti. Setibanya di Pantai Indrayanti, Plesirmania bisa bermain air sepuasnya sekalian makan siang di sekitar pantai.

Di sore hari, Anda bisa melanjutkan jadwal wisata ke HeHa Sky View. Tempat ini agak mirip dengan Obelix Hills, yaitu sebuah tempat spot foto di ketinggian dan ada restoran untuk makan. Berkeliling di sekitaran HeHa Ocean View sampai matahari terbenam dapat menjadi pilihan kegiatan selanjutnya.

Dari HeHa, Plesirmania bisa mampir ke Bukit Bintang. Bukit Bintang merupakan restoran di ketinggian yang menawarkan pemandangan malam Kota Yogya. Anda bisa nongkrong sambil makan camilan di sini. Kemudian, Plesirmania dapat kembali ke penginapan. Itulah akhir perjalanan di hari ke-3.

Candi Borobudur, Pasar Beringharjo, dan Malioboro
© freepik.com
4
Candi Borobudur, Pasar Beringharjo, dan Malioboro

Hari ke-4

Rundown perjalanan Anda hampir selesai. Hari ke-4 saatnya bersiap ke tempat wisata terakhir. Seperti biasa, mulailah hari dengan sarapan pagi dan lanjut perjalanan ke Candi Borobudur. Kalau Anda pergi jam 7, perjalanan akan memakan waktu sekitar 1 setengah jam. Sehingga, Plesirmania akan sampai di tujuan sekitar pukul 8.30 pagi.

Sesampainya di sini, Anda dapat berkeliling di area bawah candi. Tidak perlu naik ke atas candi karena akan memakan banyak waktu. Jikalau Anda ingin naik, Anda harus pulang sekitar jam 12-an, sementara Anda belum sempat beli oleh-oleh di Pasar Beringharjo. Tim Plesir rasa kalau Anda tak ingin beli oleh-oleh, naik ke atas candi tak mengapa.

Kemudian, lanjutkan kegiatan wisata Anda ke Jalan Malioboro sambil mencari cendera mata untuk keluarga. Sehabis dari Jalan Malioboro, persiapan packing untuk pulang. Lanjut check out penginapan. Setelah itu, jangan lupa mengembalikan sepeda motor di tempat penyewaan dan menuju ke Stasiun Yogyakarta. Akhirnya, trip 4D3N Anda selesai! 

Tanya Jawab Seputar Contoh Itinerary Jogja 4 Hari 3 Malam

Sebelum mengakhiri sesi artikel itinerary ke Jogja 4 hari 3 malam ini, ada baiknya Anda baca dua pertanyaan di kolom bawah. Simak sekarang!

Apa yang seru di Jogja?

Yang seru di Jogja adalah wisata budayanya. Anda dapat melihat dan mengunjungi banyak objek wisata peninggalan Belanda dan Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat.

Apa yang harus dilakukan di Jogja?

Yang harus Anda lakukan di Jogja adalah jalan-jalan ke Malioboro, Kraton Yogyakarta, Alun-Alun Selatan, Taman Sari, Tugu Jogja, Candi Prambanan, Pantai Parangtritis, dan lain-lain.

Kesimpulan: Contoh Itinerary Jogja 4 Hari 3 Malam

Demikian akhir dari contoh itinerary Jogja 4 hari 3 malam milik Plesir. Anda dapat mencontohnya sama persis atau mengubah tujuan tempat wisata sesuka Anda. Akan tetapi, pastikan waktu antara jeda ke satu tempat ke tempat lain tidak mepet, ya.

Semoga liburan Anda ke Jogja minggu depan terlaksana dengan baik berkat adanya itinerary piknik tadi. Jikalau Anda butuh referensi tiket kereta dari Jakarta ke Yogya, tinggal klik tombol biru di setiap kolom penjelasan acara libur di atas. Happy holiday!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo