Hide Menu

Berikut Contoh Itinerary Jogja 3 Hari 2 Malam, Sontek Buat Liburan ke DIY Besok, Yuk!

Daftar Rincian Rencana Perjalanan dari Jakarta Selama Tiga Hari di Yogyakarta dari Candi Prambanan sampai Pasar Beringharjo, Lengkap!

Artikel Contoh Itinerary Jogja 3 Hari 2 Malam ini diposting diperbarui
1 Pembaca
Like
Contoh Itinerary Jogja 3 Hari 2 Malam 2024
© freepik.com

Hal Apa Saja yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Itinerary ke Jogja 3H2M?

Hal Apa Saja yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Itinerary ke Jogja 3H2M?
freepik.com

Sebenarnya hal pertama yang harus Anda perhatikan dalam membuat itinerary adalah menentukan tujuan. Karena Plesirmania sudah menentukan Jogja sebagai kota tujuan, maka hal selanjutnya ialah memerhatikan pencarian informasi seputar kota tujuan.

Mencari informasi kota tujuan dapat berupa info tentang destinasi wisata apa saja yang ada di kota tersebut. Carilah info tersebut di internet, blog, dan brosur. Buat daftar sebanyak-banyaknya!

Kemudian, yang harus Anda perhatikan berikutnya adalah mengenai transportasi dan akomodasi. Jangan sampai Anda belum memutuskan jauh-jauh hari soal mau pergi naik apa dan mau menginap di mana. Kalau tidak dipersiapkan jauh-jauh hari, Plesirmania akan memangkas waktu libur banyak hanya untuk memilih transportasi dan akomodasi.

Setelah itu, perhatikan langkah dalam membuat detail di itinerary. Walaupun liburan selama 3 hari 2 malam aja, Anda tetap harus memerhatikan detail sekecil mungkin. Ini akan sangat membantu Anda mencapai trip Jogja yang sukses. Salah satu contoh detail adalah alamat destinasi wisata.

Tim Plesir sarankan agar Plesirmania lihat contoh itinerary Jogja 3 hari 2 malam di bagian berikutnya supaya punya gambaran. Jika Anda belum punya ide mau pergi ke mana saja, ayo lanjutkan bacanya! Mari simak bersama-sama. 

Langkah-Langkah Menyusun Itinerary Jogja 3 Hari 2 Malam

Langkah-Langkah Menyusun Itinerary Jogja 3 Hari 2 Malam
freepik.com

Apabila sudah menentukan ke mana dan berapa lama durasi liburan Anda, maka langkah selanjutnya adalah membuat prioritas kegiatan yang ingin Anda lakukan selama di Jogja. Mulai dari makan pagi, berfoto di tempat wisata, sampai pulang lagi ke penginapan.

Lebih lanjut, Plesirmania bisa mencatat tempat makan enak dan murah di sekitar tempat wisata. Seperti yang Eka C (2022) katakan bahwa itinerary adalah susunan rencana perjalanan yang di dalamnya terdapat keterangan waktu dan penjelasan singkat lokasi yang akan dikunjungi. Maka dari itu, tulis jarak dan waktu tempuh dari satu tempat ke yang lain termasuk dari keluar penginapan. 

Tuliskan juga waktu fleksibilitas karena tidak mungkin Anda akan mengikuti 100% jadwal acara tersebut. Bila perlu, tuliskan rincian biaya secara lengkap termasuk tiket masuk wisata, sewa motor, makan, dan minum di langkah setelahnya. Terakhir ialah menuliskan kontak darurat seperti nomor telepon hotel sebagai pencegahan apabila sewaktu-waktu dibutuhkan.

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Contoh Itinerary Jogja 3 Hari 2 Malam - Terbaru 2024

Berikut adalah contoh rincian rundown paket 3D2N honeymoon Jogja bersama pasangan. Plesirmania juga bisa mencontoh rencana perjalanan ini untuk libur bersama teman-teman atau keluarga selama 3 hari 2 malam. Yuk, catat!

1
Hari ke-1

Tiba di Stasiun Yogyakarta, Check In Hotel, Agro Bhumi Merapi, dan Lava Tour Jeep

Hari ke-1

2
Hari ke-2

Candi Prambanan, Pantai Ngandong, dan HeHa Sky View

Hari ke-2

3
Hari ke-3

Gamplong Studio Alam, Situs Warungboto, dan Pasar Beringharjo

Hari ke-3

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Tiba di Stasiun Yogyakarta, Check In Hotel, Agro Bhumi Merapi, dan Lava Tour Jeep
© freepik.com
1
Tiba di Stasiun Yogyakarta, Check In Hotel, Agro Bhumi Merapi, dan Lava Tour Jeep

Hari ke-1

Rekomendasi kami

Itinerary Yogyakarta 3D2N hari pertama tampaknya akan menghabiskan waktu setengah hari saja karena estimasi datang di Jogja menggunakan kereta api adalah pukul 1 siang. Sehingga, travel awal Anda dimulai dengan check in hotel di sekitar Stasiun Yogyakarta atau Malioboro. Terdapat banyak hotel di daerah tersebut, bahkan hingga 100 hotel lebih. Pilih sesuai budget Anda, ya!

Kemudian, sewa motor dekat penginapan dan bergegas menuju ke Agro Bhumi Merapi sekitar 40 menitan dari Jalan Malioboro. Agro Bhumi Merapi sendiri merupakan sebuah tempat wisata edukasi yang punya banyak spot foto menarik, seperti area ternak dan hewan eksotis serta tempat foto bertema kastil, Santorini, dan Alpen House.

Kalau Anda belum sempat makan siang di kereta, di Agro Bhumi Merapi menyediakan tempat makan  yaitu Kamala Resto. Setelah menghabiskan waktu dengan berswafoto di Agro, Plesirmania bisa lanjut ke Lava Tour Merapi untuk menikmati keindahan Gunung Merapi menggunakan Jeep.

Harga sewa Jeep untuk tour Merapi ini mulai dari Rp 500 ribu-an dan cukup untuk 2 – 4 orang. Anda dan pasangan akan berkeliling ke beberapa tempat yang terkena dampak erupsi Merapi. Begitulah jalan-jalan Anda dan pasangan di hari pertama.

Candi Prambanan, Pantai Ngandong, dan HeHa Sky View
© freepik.com
2
Candi Prambanan, Pantai Ngandong, dan HeHa Sky View

Hari ke-2

Rekomendasi kami

Di hari ke-2 ini, tim Plesir akan menyarankan Anda mengunjungi Candi Prambanan. Anda dapat melakukan persiapan makan pagi sebelum benar-benar pergi ke candi tersebut. Jarak dari penginapan Anda di Malioboro ke Candi Pramabanan sekitar 16 km. Plesirmania dapat menempuhnya sekitar 30 menitan.

Menurut penuturan, candi tersebut adalah representasi cerita cinta klasik antara Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang. Sayang untuk Anda lewatkan bila tidak mengunjungi candi ini. Apalagi Anda dan pasangan sedang honeymoon.

Lalu, Plesrimania akan melanjutkan makan di restoran lokal dekat candi atau sekalian di Pantai Ngandong karena perjalanan berikutnya adalah Pantai Ngandong di daerah Gunung Kidul. Anda dapat bermain air atau berenang sepuasnya di pantai ini.

Kemudian, lanjutkan perjalanan ke resto dengan konsep alam di HeHa Sky View sekalian menikmati pemandangan Kota Jogjakarta di malam hari dari ketinggian. Anda pun bisa makan malam di sini kalau merasa terlalu jauh untuk menunggu kembali ke penginapan. Itulah akhir tour hari ke-2.

Gamplong Studio Alam, Situs Warungboto, dan Pasar Beringharjo
© freepik.com
3
Gamplong Studio Alam, Situs Warungboto, dan Pasar Beringharjo

Hari ke-3

Rekomendasi kami

Hari berikutnya sekaligus hari terakhir Anda di Jogja yaitu mengunjungi Studio Alam Gamplong di daerah Sleman. Tempat ini dulunya merupakan lokasi shooting film Sultan Agung dan Bumi Manusia. Banyak sekali spot foto menarik di studio tersebut. Plesirmania bisa mengabadikan momen kebersamaan dengan kekasih Anda sebanyak-banyaknya.

Destinasi terakhir adalah menuju Situs Warungboto. Tempat ini ialah situs peninggalan Sultan Jogjakarta yang mempunyai arsitektur bangunan unik dan sering dijadikan lokasi prewedding. Kalau Anda ingin mengulang lagi momen prewed, inilah waktu yang tepat!

Setelah itu, Anda dapat kembali ke penginapan untuk bersiap-siap check out dan menuju stasiun. Untuk oleh-oleh, Plesirmnia bisa membelinya di sekitar jalan menuju ke stasiun di Pasar Beringharjo. Sekian itinerary Jogja 3 hari bersama pasangan tercinta.

Tanya Jawab Seputar Contoh Itinerary Jogja 3 Hari 2 Malam

Bila Anda tak menemukan yang Anda cari dari artikel di atas, silakan cek pertanyaan di bawah!

Liburan ke Jogja kemana saja?

Anda bisa pergi ke tempat wisata penuh nilai sejarah atau ke wisata alam. Misalnya Taman Sari, Candi Prambanan, Candi Plaosan, Keraton Yogyakarta, Wisata Alam Kalibiru, Gua Pindul, Hutan Pinus Imogiri, dan lain sebagainya.

Apa yang seru di Jogja?

Ada banyak hal seru di Jogja. Anda bisa mengunjungi Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat untuk melihat istana peninggalan kesultanan Jogja. Kemudian, sempatkan melihat karya seniman lokal di Jogja National Museum dan masih banyak lagi.

Apa yang harus dilakukan di Jogja?

Jalan-jalan ke berbagai tempat wisata yang ada di Jogja adalah keharusan. Contohnya Plesirmania bisa pergi ke Candi Prambanan, Tebing Breksi, Taman Sari, dan lain-lain.

Kesimpulan: Contoh Itinerary Jogja 3 Hari 2 Malam

Selesai juga uraian itinerary Jogja 3D2N ini. Untuk Anda yang sudah punya rencana ke Jogja, Indonesia, tapi belum tahu ke mana dan ngapain aja, segera catat contoh piknik planner di atas.

Bawalah backpack atau koper agar liburan Plesirmania lebih mudah. Jangan lupa membawa kebutuhan penting agar saat luar kota merasa aman. Ayo pesan tiket kereta sekarang di tombol biru yang tersedia, dan selamat berlibur!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo