Hide Menu

Tertarik dengan Wisata Bali? Siapkan 7 Budget Liburan ke Bali 3 Hari 2 Malam Seperti Ini!

Daftar Lengkap Budget Liburan ke Pulau Dewata, Mulai Tiket Penerbangan Sampai Biaya Tak Terduga

Artikel Budget Liburan ke Bali 3 Hari 2 Malam ini diposting diperbarui
6 Pembaca
Like
Budget Liburan ke Bali 3 Hari 2 Malam 2024
© istockphoto.com/pawopa3336

Liburan ke Bali 3 Hari 2 Malam ke Mana Aja?

Liburan ke Bali 3 Hari 2 Malam ke Mana Aja?
istockphoto.com/ljubaphoto

Bali atau Pulau Dewata di Indonesia mempunyai banyak tempat wisata yang luar biasa indah. Sebagai contoh, ada Nusa Penida, Pantai Pandawa, Pura Besakih, Desa Penglipuran, dan lain-lain. Apabila Plesirmania ingin ke Bali selama 3 hari 2 malam akhir bulan ini, catat dahulu destinasi wisata yang patut dikunjungi selama 3 harian berikut:

  • Nusa Penida

Tempat pertama untuk Anda kunjungi setelah tiba di Bandara adalah Nusa Penida. Plesirmania bisa langsung menuju ke Pelabuhan Sanur untuk menyebrang ke Nusa Penida. Di sana, ada teluk dan pantai menarik, antara lain Kelingking Secret Point, Crystal Bay, Paluang Cliff, Broken Beach, dan Angel’s Billabong.

  • Kintamani

Keesokan harinya, Anda bisa lanjutkan perjalanan ke Kintamani. Di daerah ini, Plesirmania bisa menikmati wisata melihat sunrise (bahasa Inggris dari matahari terbit) dari kafe seberang Gunung Batur. Kemudian, rilekskan badan di pemandian air panas Batur Natural Hot Spring.

  • Sangeh Monkey Forest

Di hari terakhir, Anda bisa pergi ke Sangeh Monkey Forest pada pagi hari. Tempat ini menyediakan keindahan hutan yang masih asri, dan Anda akan menemukan monyet-monyet liar dilepas begitu saja.

  • Jimbaran Beach

Sebelum pulang pada malam hari, mampirlah untuk makan malam di Jimbaran Beach. Plesirmania akan dimanjakan oleh indahnya sunset di tepi pantai Jimbaran sambil makan malam.

Itulah objek wisata untuk Anda kunjungi selama di Bali 3 day 2 nights. Lalu, berapakah budget liburan ke Bali 3 hari 2 malam yang harus Anda siapkan? Tim Plesir akan kulik selengkapnya setelah bagian berikutnya. Tetap membaca, ya!

Apa Saja yang Harus Dibawa Saat Liburan ke Bali 3 Hari 2 Malam?

Apa Saja yang Harus Dibawa Saat Liburan ke Bali 3 Hari 2 Malam?
istockphoto.com/lechatnoir

Pastinya pakaian yang cukup ya, Plesirmania. Jangan bawa kebanyakan barang. Usahakan seminimalis mungkin. Baik laki-laki maupun perempuan, sebaiknya bawa barang yang sesuai. Apa saja kira-kira? Lihat daftarnya di bawah!

  • Tas Backpack

Bawalah tas gendong canvas travel yang tidak terlalu besar karena Anda akan menginap selama 2 malam saja.

  • 5 Setel Pakaian

Plesirmania boleh membawa 3 atasan dan 2 bawahan. Kalau pria bisa membawa 3 baju kasual (kaos atau kemeja) dan 2 bawahan (celana pendek chinos atau celana panjang jeans). Sementara untuk wanita, boleh banget bawa 3 atasan (dress, kaos, atasan tanpa lengan) dan 2 bawahan (celana pendek atau panjang).

  • Pakaian Dalam

Dalaman ini juga wajib ya, Plesirmania. Bawalah enam celana dalam untuk pria dan enam celana dalam plus 4 bra untuk wanita.

  • Baju Renang

Kalau rencana ke Bali Anda adalah mengunjungi pantai setiap hari, maka bawa baju renang itu wajib.

  • Sandal

Untuk berjaga-jaga jika sepatu yang Anda gunakan rusak di tengah perjalanan liburan, Anda tak perlu beli sandal lagi.

  • Topi dan Kacamata

Semisal Anda pergi mengunjungi Kuta Beach pada siang hari, pakailah topi dan kacamata yang Anda bawa dari rumah untuk melindungi kepala dan mata dari sinar matahari langsung.

  • Peralatan Mandi

Tidak mungkin ‘kan selama liburan Plesirmania tidak mandi? Maka, bawalah alat-alat mandi seperti sabun, sikat gigi, pasta gigi, dan sampo di dalam tas backpack Anda.

  • Skincare dan Alat Make Up

Walaupun sebentar di Bali, skincare dan make up wajib dibawa. Terutama untuk para wanita. Alat kecantikan ini biasanya berupa sunscreen, sunblock, pelembap, serum, maskara, lipstick, pensil alis, blush on, dan lain-lain.

  • Obat-obatan Pribadi

Pergi libur ke Bali dan daerah lainnya yang membutuhkan waktu cukup lama untuk berlibur terkadang membuat badan sakit. Untuk keamanan, bawalah obat-obatan sendiri. Contohnya, paracetamol, obat mual, obat maag, minyak angin, dan lain sebagainya.

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

7 Budget Liburan ke Bali 3 Hari 2 Malam - Terbaru 2024

Tanpa perlu basa-basi lagi, langsung saja simak penjelasan program budget ke Bali tiga hari 2 malam. Tim Plesir membahas tema ini khusus, jadi bukan tentang liburan 4 hari atau seminggu, ya. Tapi, jika mau, Plesirmania bisa menambah jumlah perhitungan sesuai waktu Anda berlibur. Perlu diingat harga yang tim Plesir sebut termasuk yang terbaru, bukan dari 2018 atau 2020. Maka, bacalah jika ingin tahu!

1
Budget Tiket Pesawat PP

Gak Mungkin Jalan Kaki, Pesan Tiket Itu Penting!

Budget Tiket Pesawat PP

2
Budget Penginapan

Jalan-Jalan ke Bali 2 Malam Butuh Tempat Istirahat, Lho!

Budget Penginapan

3
Budget Makan dan Minum

Liburan Pun Butuh Asupan Makanan dan Minuman biar Bertenaga

Budget Makan dan Minum

4
Budget Tiket Wisata

Masuk Tempat Wisata Butuh Ongkos Juga, Lho!

Budget Tiket Wisata

5
Budget Sewa Kendaran

Jalan Kaki Capek, Sisakan Uang untuk Sewa Motor atau Mobil

Budget Sewa Kendaran

6
Budget Oleh-oleh

Orang Rumah Pun Ingin Dapat Bagian Liburan Anda

Budget Oleh-oleh

7
Budget Darurat

Biaya Ini Jadi Penyelamat!

Budget Darurat

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Gak Mungkin Jalan Kaki, Pesan Tiket Itu Penting!
© istockphoto.com/Antonistock
1
Gak Mungkin Jalan Kaki, Pesan Tiket Itu Penting!

Budget Tiket Pesawat PP

Rekomendasi kami

Sebelum menentukan budget liburan ke Bali, pasti Plesirmania sudah lebih dahulu membuat itinerary selama di sana. Jika ikut open tour, maka sudah jelas Anda akan mendapatkan package per pax tanpa harus membuat jadwal perjalanan.

Namun karena artikel ini membahas perjalanan sendiri, maka Anda harus mandiri dalam persiapan liburan ini. Yang pertama sudah pasti budget tiket pesawat PP (pulang-pergi), contohnya dari Jakarta ke Bali dan sebaliknya.

Dari data pencarian tim Plesir, harga tiket pesawat dari Jakarta ke Pulau Bali adalah Rp 660 ribuan, begitupun sebaliknya. Jadi, kalau Anda seorang diri, kalkulasi harga tiket pesawat PP akan seperti:

Rp. 660.000 x 2 tiket (PP) = Rp. 1.320.000

Jalan-Jalan ke Bali 2 Malam Butuh Tempat Istirahat, Lho!
© istockphoto.com/Boyloso
2
Jalan-Jalan ke Bali 2 Malam Butuh Tempat Istirahat, Lho!

Budget Penginapan

Rekomendasi kami

Kalau Plesirmania punya rencana pergi 3 hari 2 malam, maka otomatis Anda akan bermalam di penginapan selama 2 malam. Betul, kan? Sekarang, mari tentukan terlebih dahulu Anda mau menginap di mana antara hotel, homestay, hostel, atau guesthouse. Sebab, masing-masing dari penginapan tersebut mempunyai harga yang berbeda. Lihatlah pada contoh berikut:

Jenis PenginapanHarga per 2 Malam
HotelRp. 254.000
Guest HouseRp. 134.000
HomestayRp. 250.000
HostelRp. 54.500

Jadi, kalau Anda berminat tinggal di salah satu penginapan di atas, katakanlah hostel, maka total harga hostel 2 malam adalah Rp. 54.500.

Liburan Pun Butuh Asupan Makanan dan Minuman biar Bertenaga
© istockphoto.comViewApart
3
Liburan Pun Butuh Asupan Makanan dan Minuman biar Bertenaga

Budget Makan dan Minum

Rekomendasi kami

Lain lagi perhitungan soal budget konsumsi yang mana Anda harus menyisihkan uang untuk makan dan minum selama 3 hari. 2 kali makan di hari pertama serta 3 kali makan di hari kedua dan ketiga.

Karena Bali merupakan tempat wisata, makanan di sana cukup mahal. Namun, kalau Anda pintar mencari warung nasi pinggir jalan, biaya makan dan minum mungkin tidak semahal itu. Mari estimasikan!

Perhitungan Makan

  • 1 kali makan = Rp. 15.000
  • 3 kali sehari x Rp. 15.0000 = Rp. 45.000
  • 3 hari x Rp. 45.000 = Rp. 135.000

Perhitungan Minum

  • Air mineral 600 ml = Rp. 3.500
  • 1 hari butuh 2 botol x Rp. 3.500 = Rp. 7.000
  • 3 hari x Rp. 7.000 = Rp. 21.000

Total biaya makan dan minum untuk tiga hari adalah Rp. 135.000 + Rp. 21.000, yaitu Rp. 156.000 per satu orang.

Masuk Tempat Wisata Butuh Ongkos Juga, Lho!
© istockphoto.com/Tanarch
4
Masuk Tempat Wisata Butuh Ongkos Juga, Lho!

Budget Tiket Wisata

Rekomendasi kami

Bali terdiri dari banyak objek wisata terkenal, seperti perkataan Yohanes S (2015). Ia mengatakan bahwa Provinsi Bali merupakan tempat tujuan wisata yang lengkap dan terpadu dengan destinasi rekreasi yang paling terkenal. Contohnya, Pantai Kuta, Tanah Lot, dan Garuda Wisnu Kencana (GWK).

Pada contoh tempat wisata tadi umumnya dikenakan biaya tiket masuk. Meskipun di beberapa pantai tidak mematok tarif masuk, tempat wisata lain mengharuskan Anda untuk membayar. Berikut contoh list harga dan tempat wisata yang memiliki tiket masuk yang bisa Anda kunjungi selama 3 hari di Bali:

 Objek WisataHarga Tiket per Orang
1Pura Ulun Danu BedugulRp. 50.000
2Monkey Forest UbudRp. 60.000
3GWKRp. 125.000
4Tanjung BenoaGratis
5Desa PenglipuranRp. 25.000
6Tanah LotRp. 30.000
7Pantai KutaGratis
8Pantai MelastiRp. 8.000

Jika Anda berencana untuk mengunjungi kedelapan tempat rekreasi di atas, maka total dari ongkos tiket tersebut adalah Rp. 298.000 per satu orang.

Jalan Kaki Capek, Sisakan Uang untuk Sewa Motor atau Mobil
© istockphoto.com/franz12
5
Jalan Kaki Capek, Sisakan Uang untuk Sewa Motor atau Mobil

Budget Sewa Kendaran

Rekomendasi kami

Karena di Bali tempat wisata lebih gampang dijangkau menggunakan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil, Plesirmania bisa sewa motor atau mobil untuk mobile dari satu tempat ke tempat lainnya. Harga sewa motor dan mobil bervariasi. Namun, Anda dapat estimasikan harga seperti tabel berikut:

KendaraanHargaTotal Sewa 2 Hari
MotorRp. 70.000/hariRp. 140.000
MobilRp. 150.000/hariRp. 300.000

Dapat disimpulkan total harga untuk sewa motor selama 2 hari adalah Rp. 140.000. Sementara untuk sewa mobil, total harganya yaitu Rp. 300.000. Tim plesir sarankan untuk sewa motor saja kalau pergi sendirian sebab budget yang harus Anda keluarkan lebih terjangkau. 

Orang Rumah Pun Ingin Dapat Bagian Liburan Anda
© istockphoto.com/DimaBerkut
6
Orang Rumah Pun Ingin Dapat Bagian Liburan Anda

Budget Oleh-oleh

Ongkos oleh-oleh ini sebenarnya tidak wajib karena Anda sendiri yang tahu mau membeli apa untuk dibawa pulang. Namun, kalau tim Plesir bisa kasih saran, beli oleh-olehnya tidak perlu terlalu banyak. Sebagai contoh:

ProdukJumlahHarga
Pie Susu Bali1 bungkusRp. 25.000
Kaos Joger1 buahRp. 100.000
Dodol Buleleng Bali1 kotakRp. 10.000
Kain Khas Bali1 buahRp. 250.000

Harga di atas adalah contoh estimasi harga satu buah oleh-oleh. Namun, biaya tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu. Untuk sementara, Anda bisa kalkulasikan total harganya seperti pada contoh yaitu sebesar Rp. 385.000.

Biaya Ini Jadi Penyelamat!
© istockphoto.com/GreenApple78
7
Biaya Ini Jadi Penyelamat!

Budget Darurat

Hal yang tidak diinginkan saat sedang liburan pun tampaknya tidak terelakkan. Oleh karenanya, Plesirmania bisa sisihkan uang liburan selama 3 hari 2 malamnya untuk dana darurat. Berapa kira-kira hitungan dana darurat?

Tim Plesir sarankan untuk menyiapkan minimal 10% dari keseluruhan budget awal sampai akhir. Misalnya:

BudgetBiaya
Tiket PesawatRp. 1.320.000
PenginapanRp. 54.500
KonsumsiRp. 156.000
HTM Objek WisataRp. 298.000
Sewa MotorRp. 140.000
TotalRp. 1.968.500

Sehingga, didapatkan 10% dari Rp. 1.968.500 adalah Rp. 196.850 untuk dana darurat. 

Tanya Jawab Seputar Budget Liburan ke Bali 3 Hari 2 Malam

Sebelum menutup artikel, mari membahas sedikit tentang pertanyaan terkait topik ini. Berikut daftarnya. 

Bulan apa yang cocok untuk ke Bali?

Bulan Januari, Februari, dan Oktober merupakan bulan terbaik untuk mengunjungi Bali. Sebab, kemungkin besar wisatawan tidak terlalu ramai. Namun, yang paling baik adalah bulan Mei sampai Agustus.

4 hari di Bali kemana aja?

Anda bisa pergi ke Kuta, Nusa Penida, Ubud, Kintamani, Pemandian Air Panas Batur, Pantai Pandawa, Pantai Sanur, dan masih banyak lagi.

Kapan sebaiknya ke Bali?

Sebaiknya Anda ke Bali sekitar bulan Mei-Agustus. Jika pergi di bulan tersebut, pantai-pantainya tidak sedang pasang airnya sehingga cocok untuk berbagai kegiatan air.

Kesimpulan: Budget Liburan ke Bali 3 Hari 2 Malam

Akhirnya, tim Plesir telah menjelaskan semua rincian budget liburan ke Bali 3 hari 2 malam. Total anggaran yang harus Anda keluarkan adalah Rp. 2.165.350 per satu orang. Harganya sudah termasuk berangkat sendiri dari Jakarta (JKT) naik pesawat hingga kebutuhan dana darurat. Kalau Anda dari Lombok akan lebih murah lagi karena dekat Bali.

Mari catat semua cara membagi biaya liburan ke Bali seperti di atas sebelum pergi supaya uang yang Plesirmania bawa tidak kurang. Ada kalanya Anda bingung untuk perincian pembayarannya, boleh saja ikut open trip Bali Tour Paket. Jika ikut tur, sudah disediakan guide juga dan jadwal pun teratur. Jadi, apa keputusan Anda untuk liburan ke Pulau Dewata esok? 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo