Hide Menu

Butuh Ide Itinerary Dieng 3 Hari 2 Malam? Sontek Rencana Wisata Ini, Destinasinya Lengkap!

Rangkuman Rencana Perjalanan Selama Tiga Hari Full ke Dataran Tinggi Wonosobo. Ada Bukit Sikunir, Lho!

Artikel Itinerary Dieng 3 Hari 2 Malam ini diposting diperbarui
1 Pembaca
Like
Itinerary Dieng 3 Hari 2 Malam 2024
© freepik.com

Itinerary Dieng 3 Hari 2 Malam ke Mana Saja?

Itinerary Dieng 3 Hari 2 Malam ke Mana Saja?
freepik.com

Tercatat ada sembilan destinasi wisata di Dieng yang dapat Anda kunjungi selama 3 hari. Ke mana tepatnya? Kawah Sikidang, berbagai macam telaga (Telaga Warna, Telaga Pengilon, Telaga Menjer), Gardu Pandang Batu, Kompleks Candi Arjuna, dan masih banyak lagi.

Sejauh mata memandang, mencapai satu objek wisata ke objek wisata lainnya tak membutuhkan waktu lama, sehingga mengunjungi sembilan tempat tersebut rasanya cukup. Namun, tim Plesir harus katakan masih kurang karena kesembilan wisata itu belum mencakup semua destinasi.

Plesirmania tampaknya harus menyisihkan waktu selama lima hari bila ingin mengelilingi destinasi di dataran tinggi ini secara keseluruhan. Tak mengapa, pikirkan hal itu nanti. Sekarang, simaklah contoh itinerary Dieng 3 hari 2 malam dulu. Temukan destinasi lengkap yang bisa Anda kunjungi selama tiga hari! Yuk, cari tahu!

Bawa Apa Aja ke Dieng Selama 3 Hari?

Bawa Apa Aja ke Dieng Selama 3 Hari?
freepik.com

Membawa perlengkapan berlibur ke Dieng Plateau nyatanya tidak sama dengan membawa perlengkapan berlibur ke Bali. Dapat dibuktikan dari sisi cuaca, rasanya tak perlu membawa jaket tebal untuk pergi ke Bali.

Sebaliknya, Plesirmania harus memakai pakaian hangat dan membawa jaket tebal di dalam backpack kalau mau main ke Dieng. Lantas, Anda harus bawa apa saja selama tiga hari ke daerah dingin ini? Berikut cuplikannya!

  • Sarung Tangan dan Tutup Kepala

Jaket tebal sudah masuk daftar barang bawaan, saatnya bawa sarung tangan dan tutup kepala. Walaupun Anda tahan dengan cuaca super dingin, sebaiknya tetap bawa sarung tangan dan tutup kepala yang menghangatkan.

  • Obat-obatan Pribadi

Barang keempat yaitu obat-obatan pribadi, seperti obat masuk angin. Membawa obat-obatan sendiri bermanfaat sebagai langkah preventif awal sakit ringan.

  • Alat Dokumentasi

Barang yang tak boleh terlupa adalah alat dokumentasi. Plesirmania dapat membawa kamera digital atau handphone saja tak mengapa.

  • Sepatu Tertutup

Hindari memakai sandal saat bepergian ke dataran tinggi Dieng. Dinginnya daerah ini dapat membuat kaki Anda beku. Jadi, sebaiknya pakai sepatu yang dapat menutup rapat kaki Anda.

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Itinerary Dieng 3 Hari 2 Malam - Terbaru 2024

Menurut Destha T (2012), Dataran Tinggi Dieng sebagai objek wisata mempunyai aneka macam atraksi. Anda dapat mengenali beragam atraksi tersebut pada rangkaian itinerary Dieng 3 hari 2 malam terbaru (bukan versi 2020) berikut!

1
Hari ke-1

Check In, Gardu Pandang Tieng, Batu Angkruk, dan Makan Malam

Hari ke-1

2
Hari ke-2

Kawah Sikidang, Candi Arjuna, Batu Pandang Ratapan Angin, dan Telaga Warna

Hari ke-2

3
Hari ke-3

Bukit Sikunir, Telaga Menjer, Kebun Teh Tambi, dan Check Out

Hari ke-3

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Check In, Gardu Pandang Tieng, Batu Angkruk, dan Makan Malam
© freepik.com
1
Check In, Gardu Pandang Tieng, Batu Angkruk, dan Makan Malam

Hari ke-1

Rekomendasi kami

Sesampainya Plesirmania di lokasi, hal pertama yang Anda akan lakukan sebelum memulai paket wisata Dieng Wonosobo adalah check in terlebih dahulu di penginapan sekitar Tugu Selamat Datang. Karena estimasi tiba Anda siang hari, maka langsung saja check in. Setelah meletakkan barang bawaan dan bersiap sebentar, lanjutkan perjalanan ke Gardu Pandang Tieng.

Lama perjalanan ke Gardu Pandang Tieng sekitar 30 menit dari penginapan di dekat Tugu Selamat Datang. Kalau Anda mampu jalan kaki, lebih baik berjalan kaki. Namun, bila Anda merasa perlu menyewa motor, sewalah motor terlebih dulu.

Sementara itu, apa yang bisa Anda lakukan di gardu tersebut? Nikmatilah pemandangan desa dan perbukitan penuh dengan kabut serta hijaunya pepohonan. Plesirmania bisa berswafoto dan berkeliling sepuasnya di sekitar gardu.

Lalu, menuju Batu Angkruk sekitar 20 menit dari Gardu Pandang Tieng. Batu Angkruk menawarkan pengalaman berjalan di atas teras kaca yang memacu adrenalin. Tempat ini cukup fenomenal dan viral di sosial media. Anda bisa menghabiskan waktu sore hari di sini sambil berfoto sepuasnya dari ketinggian.

Terakhir, kembali ke daerah penginapan untuk bersih-bersih badan sebelum melanjutkan kegiatan makan malam menu mi hangat harga murah di Kedai Ongklok. Inilah jadwal tour hari pertama Anda di Dieng.

Kawah Sikidang, Candi Arjuna, Batu Pandang Ratapan Angin, dan Telaga Warna
© freepik.com
2
Kawah Sikidang, Candi Arjuna, Batu Pandang Ratapan Angin, dan Telaga Warna

Hari ke-2

Apakah Anda siap melakukan perjalanan trip Dieng dari Jakarta di hari kedua ini? Mari memulainya bersama menuju Kompleks Candi Arjuna di Jalan Karangsari. Plesirmania dapat menempuhnya dengan berjalan kaki. Jarak dari Kedai Ongklok yang semalam Anda tuju untuk makan malam ke Candi Arjuna hanya berjarak 450 meter saja.

Candi Arjuna sendiri merupakan salah satu dari sekian banyak bangunan candi di sana yang paling tua. Destinasi wisata ini dibangun oleh Dinasti Sanjaya dari Mataram Kuno. Setelah dari kompleks candi, Plesirmania dapat melanjutkan kegiatan wisata ke Kawah Sikidang.

Lama perjalanan untuk sampai ke Kawah Sikidang dari kompleks candi adalah 30 menit dengan berjalan kaki. Sesampainya di lapangan perkawahan, Plesirmania bisa mencoba sensasi merebus telur langsung di kawahnya atau bermain sepeda, ATV, atau motorcross.

Kemudian, pergilah ke Batu Pandang Ratapan Angin dengan berjalan kaki juga. Anda hanya memerlukan waktu setengah jam berjalan ke tempat tujuan. Yang spesial di tempat tersebut adalah Anda dapat melihat Telaga Warna dan Telaga Pengilon dari ketinggian. Orang-orang sekitar juga biasanya menjadikan Batu Pandang sebagai tempat favorit melihat telaga dari atas bukit.

Setelah dari Batu Pandang Ratapan Angin, bergegaslah ke Telaga Warna. Tempat ini adalah salah satu icon Desa Dieng. Bagi explorer sejati, belum lengkap rasanya pergi ke dataran tinggi Dieng tanpa mengunjungi telaga.

Perjalanan ke Telaga Warna ini juga merupakan perjalanan terakhir di hari kedua. Plesirmania bisa kembali pulang ke penginapan dan mencari makan malam di sekitar penginapan.

Bukit Sikunir, Telaga Menjer, Kebun Teh Tambi, dan Check Out
© freepik.com
3
Bukit Sikunir, Telaga Menjer, Kebun Teh Tambi, dan Check Out

Hari ke-3

Rekomendasi kami

Hari kedua telah berlalu, tibalah hari ketiga yang menjadi hari terakhir private travel Desa Dieng. Saatnya tim Plesir menyarankan Anda pergi ke Bukit Sikunir di pagi buta sekitar jam 3 pagi. Mengapa berangkat pagi-pagi buta?

Sebab, Anda perlu mendaki di jalur pendakian setinggi 2300 mdpl yang mana memerlukan waktu 2-3 jam untuk sampai di atas bukit. Ini merupakan tempat terbaik melihat golden sunrise yang sedang hits. Kalau Anda ingin dapat spot terbaik untuk berfoto, mulai mendaki jam 1 atau 2 pagi juga tidak masalah.

Setelah dari tempat melihat matahari terbit, waktunya melanjutkan perjalanan ke Telaga Menjer. Kali ini, Anda sepertinya perlu kendaraan untuk sampai ke Telaga Menjer karena jaraknya terlalu jauh jika Anda tempuh dengan berjalan kaki. Yang bisa Anda lakukan di telaga tersebut adalah berkeliling telaga naik perahu sambil menikmati suasana dingin telaga.

Sebelum kembali ke penginapan dan check out, mampirlah ke objek wisata terakhir Kebun Teh Tambi. Plesirmania dapat berswafoto atau berkeliling kebun teh. Setelah itu, waktunya Anda kembali ke penginapan, bersih-bersih badan, check out, makan siang, dan selesailah trip 3H2M Anda!

Tanya Jawab Seputar Itinerary Dieng 3 Hari 2 Malam

Pastikan Anda juga membaca sejumlah pertanyaan di kolom bawah setelah membaca urutan rencana perjalanan di atas. Mari perhatikan bersama-sama!

Bulan apa yang pas ke Dieng?

Juli, Agustus, dan September merupakan bulan-bulan yang pas ke daerah dataran tinggi di Wonosobo ini.

Apa yang bisa kita lakukan di Dieng?

Plesirmania bisa melihat golden sunrise di Bukit Sikunir, melihat pemandangan Telaga Warna dari ketinggian, pergi menonton kawah yang masih aktif di Kawah Sikidang, dan lain-lain.

Apa saja yang ada di Dieng?

Komplek Candi Arjuna, Telaga Merdada, Gunung Prau, Telaga Warna, petirtaan era Mataram Kuno Tuk Bima Lukar, Kawah Sikidang, dan masih banyak lagi.

Kesimpulan: Itinerary Dieng 3 Hari 2 Malam

Usai sudah penjelasan contoh rencana perjalanan di atas. Ternyata banyak tempat yang bisa Anda kunjungi di sana. Bagi Plesirmania yang berencana open tour Dieng dari Jakarta, pastikan lewat tol dan bikin rundown perjalanan seperti di atas.

Kalau bisa tambahkan rincian biaya juga biar informasi di dalam itinerary semakin lengkap. Tunggu apa lagi? Ayo segera pesan tiket, dan mulai pergi liburan!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo