Hide Menu

Berhasil Cetak dengan 4 Cara Penukaran Tiket Pesawat Online di Bandara Ini, Mudah Banget!

Langsung Pergi ke Bandara, Menuju Loket Maskapai Penerbangan, Tunjukkan Kode Booking, dan Selesai!

Artikel Cara Penukaran Tiket Pesawat Online di Bandara ini diposting diperbarui
2 Pembaca
Like
Cara Penukaran Tiket Pesawat Online di Bandara 2024
© freepik.com/rawpixel.com

Tiket Pesawat Online dalam Praktik Penggunaannya

Tiket Pesawat Online dalam Praktik Penggunaannya
freepik.com

Apapun transportasi umum yang Anda naiki, pastilah Plesirmania butuhkan tiket untuk bisa berangkat menggunakan kendaraan tersebut tanpa terkecuali naik pesawat. Ada sesuatu dinamakan tiket pesawat berguna sebagai bukti dokumen yang dikeluarkan oleh maskapai penerbangan untuk mengkonfirmasi bahwa seseorang telah membeli kursi penerbangan di pesawat terbang.

Dengan adanya kemajuan teknologi, pemerolehan tiket pesawat bukan lagi di bandara langsung. Namun, calon penumpang dapat membeli tiket tersebut secara online atau daring. Sejak awal 2012, hampir seluruh maskapai di Indonesia termasuk Lion Air dan Sriwijaya Air telah menggunakan sistem tiket pesawat elektronik atau e ticket.

Sistem tersebut secara tidak langsung telah mempermudah masyarakat untuk membeli tiket pesawat dari mana saja dan kapan saja. Akan tetapi, ada sejumlah kendala yang ditemui pada cara membeli tiket pesawat daring. Sebagai contoh, tak banyak yang tahu cara penukaran tiket pesawat online di bandara. Karena hal ini, tim Plesir ingin membagikan caranya. Ayo Plesirmania simak bersama-sama!

Kelebihan Beli Tiket Pesawat Online

Kelebihan Beli Tiket Pesawat Online
freepik.com

Banyak masyarakat setuju bahwa membeli tiket pesawat secara daring itu mempermudah mereka agar tak usah jauh-jauh ke bandara. Begitupun dengan membeli tiket kereta, tak perlu pergi jauh lagi ke stasiun.

Menurut Ali Ibrahim (2011), pemesanan tiket pesawat menggunakan jasa layanan internet adalah hal yang perlu. Hal ini juga memiliki arti yang dalam sebab memberikan kemudahan dalam proses melihat informasi pemesanan tiket secara online. Berikut ada sejumlah kelebihan lainnya dari bayar tiket pesawat online, seperti:

1. Bisa Memilih Jadwal Keberangkatan Sesuai Kebutuhan

Plesirmania dapat memilih tanggal keberangkatan dan kepulangan jauh-jauh hari dan mencocokkannya dengan jadwal pribadi Anda.

2. Banyak Diskon Menarik

Platform penyedia tiket pesawat online sering kali menyediakan berbagai macam promo. Sehingga, Anda bisa mendapatkan tiket dengan biaya murah daripada beli langsung di loket bandara.

3. Reschedule dan Pembatalan Mudah

Apalagi yang dicari calon penumpang pesawat selain diskon? Yup! Mengganti dan membatalkan pesanan tiket pesawat. Karena satu dan lain hal, biasanya Plesirmania akan mencoba mengganti jadwal keberangkatan atau skenario terburuknya adalah membatalkan keberangkatan. Booking secara daring memudahkan Anda melakukan kedua hal tersebut tanpa perlu lagi ke bandara.

4. Mendapatkan Poin Loyalty

Penawaran menarik lainnya selain promo adalah poin loyalty. Anda akan mendapatkan poin untuk nantinya ditukarkan dengan potongan harga tiket pesawat. Poin loyalty bisa diperoleh dengan cara membeli tiket penerbangan dengan harga tertentu.

5. Tersedia Banyak Pilihan Maskapai

Membeli tiket penerbangan online berarti Anda bisa memilih dengan leluasa maskapai mana yang ingin Anda naiki. Anda pun dapat membandingkan harga dari banyaknya maskapai yang tersedia.

6. Bebas Memilih Tempat Duduk

Keuntungan terakhir ialah Anda bebas memilih nomor kursi yang ingin Anda duduki selama perjalanan. Tak ribet lagi untuk request kursi.

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Cara Penukaran Tiket Pesawat Online di Bandara - Terbaru 2024

Sebenarnya, menukar tiket online dengan tiket kertas tidak terlalu dibutuhkan karena Anda hanya perlu kode booking untuk check-in di bandara. Namun, tak dapat dipungkiri banyak orang ingin tetap memiliki versi print out e-tiket tersebut. Hal ini pun tak menjadi masalah. Jadi, persiapkan catatan Anda untuk menuliskan tata caranya!

1
Datang ke Bandara

Pergi ke Bandara 2 Jam Sebelum Keberangkatan

Datang ke Bandara

2
Datangi Loket Maskapai Penerbangan

Cari Loket Layanan Pelanggan di Terminal Bandara

Datangi Loket Maskapai Penerbangan

3
Tunjukkan Kode Booking

Nomor Kode Booking Diserahkan Kepada Petugas Loket

Tunjukkan Kode Booking

4
Berhasil Cetak Tiket

Selamat, Anda Berhasil Tukar Tiket Kertas!

Berhasil Cetak Tiket

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Pergi ke Bandara 2 Jam Sebelum Keberangkatan
© freepik.com/4045
1
Pergi ke Bandara 2 Jam Sebelum Keberangkatan

Datang ke Bandara

Rekomendasi kami

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah datang ke bandara karena sudah jelas bahwa Anda ingin menukarkan tiket pesawat online di bandara. Namun, perhatikan baik-baik bahwa menukarkan tiket pesawat ini dapat dilakukan ketika ingin check-in saja agar Anda tidak bolak-balik ke bandara.

Tim Plesir sarankan agar datang pada hari H keberangkatan, minimal 2 jam sebelumnya. Mengapa demikian? Supaya jika ternyata ada antrian panjang saat proses check-in, Anda tidak telat masuk ke dalam.

Jikalau Anda terbang melalui Bandara Soekarno Hatta, maka pergilah ke sana tepat waktu. Setidaknya pertimbangkan kemungkinan macet dan antri saat melakukan check-in. Jadi, tiket pesawat Anda bisa ditukar pada waktu yang tepat dan tidak terlambat. 

Cari Loket Layanan Pelanggan di Terminal Bandara
© freepik.com/wavebreakmedia-micro
2
Cari Loket Layanan Pelanggan di Terminal Bandara

Datangi Loket Maskapai Penerbangan

Rekomendasi kami

Jika sudah sampai di bandara, pergilah ke loket maskapai penerbangan yang Anda pesan sebelumnya secara online di platform pembelian tiket pesawat. Kalau Anda tadinya membeli e-tiket Citilink, maka segeralah menuju ke loket customer service Citilink, begitupun untuk Wings Air.

Kalau di Bandara Soekarno Hatta, operasional maskapai Citilink berada di Terminal 3 per Juli 2020. Hingga tidak ada pemberitahuan baru, layanan pelanggan Citilink masih berada di Terminal 3 dan beroperasi selama 24 jam. Kemudian, jika Anda tidak menemukan di mana letak loket CS maskapai Anda, jangan sungkan bertanya kepada petugas bandara.

Nomor Kode Booking Diserahkan Kepada Petugas Loket
© freepik.com/rawpixel.com
3
Nomor Kode Booking Diserahkan Kepada Petugas Loket

Tunjukkan Kode Booking

Rekomendasi kami

Apabila sudah ketemu loket maskapai penerbangan yang Anda cari, saatnya meminta bantuan kepada petugas layanan maskapai tujuan untuk menukarkan e-tiket Anda. Tujukkan kode booking atau booking code e-tiket Anda kepada petugas.

Jikalau Anda memesan e tiket lewat platform pembelian tiket pesawat Traveloka dot com, carilah kode booking di menu “My Booking”. Setelah itu, Anda akan melihat daftar e-tiket milik Anda. Biasanya, nomor kode booking terletak di bagian atas tiket Anda.

Selamat, Anda Berhasil Tukar Tiket Kertas!
© freepik.com
4
Selamat, Anda Berhasil Tukar Tiket Kertas!

Berhasil Cetak Tiket

Rekomendasi kami

Anda akan otomatis mendapatkan cetakan tiket pesawat online dari petugas customer service maskapai penerbangan Anda. Simpanlah bukti hasil cetakan tersebut untuk nantinya Anda serahkan ke petugas bandara di bagian check-in.

Masukkan ke dalam dompet atau di tempat yang aman supaya Anda tidak kehilangan kertas tiket tersebut. Pastikan tidak salah meletakkan dan ingatlah letak tiket tersebut. Demikian, Anda bebas bepergian menuju destinasi wisata yang sudah Plesirmania idam-idamkan! 

Tanya Jawab Seputar Cara Penukaran Tiket Pesawat Online di Bandara

Silakan baca beberapa pertanyaan berikut sebelum menyimak penutup tulisan cara menunjukkan tiket online di bandara ini. Cek segera!

Apa yang harus dilakukan setelah membeli tiket pesawat online?

Yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah mencetak e-tiket tersebut dan menyimpannya jika memang belum waktunya berangkat. Apabila waktu berangkat telah tiba, Anda bisa menggunakan print e-tiket sebagai bukti untuk cetak boarding pass di bandara.

Apakah e-tiket pesawat harus dicetak?

Plesirmania tidak harus mencetak e-tiket. Cukup tunjukkan tiket elektronik tersebut ke petugas bandara apabila ingin check in.

Apakah boarding pass pesawat online harus dicetak?

Ya, Anda harus mencetak boarding pass online yang mana gunanya agar proses perjalanan Anda menggunakan pesawat lancar.

Bagaimana cara mencetak boarding pass?

Anda bisa mencetaknya di bandara langsung saat check-in. Serahkan bukti book tiket pesawat ke tugas bandara. Petugas akan memberikan Anda cek kertas boarding pass.

Cara menukarkan e-tiket pesawat?

Jika Anda memesan tiket pesawat online di situs web Garuda Indonesia misalnya, Plesirmania harus siapkan kode booking dan nama belakang penumpang pesawat. Kemudian, kunjungi website Garuda Indonesia dan klik reservasi pada halaman website utama. Klik manage dan masukkan kode booking serta nama belakang penumpang. Lalu, klik check dan print tiket. Selesai!

Bagaimana cara retrieve tiket pesawat di Traveloka?

Buka aplikasi Traveloka, kemudian cari menu retrieve booking. Isi form yang tersedia terdiri dari booking ID, departure date, serta nomor ponsel Anda. Lalu, klik tombol retrieve booking. Setelah itu, resend e-ticket penerbangan Anda akan dikirim melalui email yang sama Anda gunakan sebelumnya. 

Kesimpulan: Cara Penukaran Tiket Pesawat Online di Bandara

Sesuai dengan penjelasan yang telah tim Plesir paparkan, terdapat 4 cara penukaran tiket online di bandara. Pertama, tentu saja menuju ke bandara. Kedua, pergi ke loket maskapai. Yang ketiga, tunjukkan kode booking, dan tiket pesawat online berhasil Anda tukar!

Cobalah keempat cara tersebut apabila ingin menukarnya dengan tiket pesawat kertas. Jadi, Anda sekarang sudah tahu metode yang benar. Jangan sampai salah dan ikuti metode mudah di atas dengan baik, ya! 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo