Hide Menu

Check Pengumuman Info Ini Karena Ada 4 Cara Cetak Tiket Pesawat Traveloka Online, Mudah!

Penumpang Tak Perlu ke Bandara, dari Rumah Saja Bisa Asalkan Punya Alat Ini. Baca Selengkapnya!

Artikel Cara Cetak Tiket Pesawat Traveloka ini diposting diperbarui
3 Pembaca
Like
Cara Cetak Tiket Pesawat Traveloka 2024
© freepik.com

Perlukah Mencetak Tiket Pesawat yang Sudah Dipesan di Traveloka?

Perlukah Mencetak Tiket Pesawat yang Sudah Dipesan di Traveloka?
freepik.com

Banyak orang mengira dengan memesan tiket melalui platform online travel agent (OTA) seperti Traveloka, maka calon penumpang masih harus mencetak tiketnya. Padahal Traveloka sudah tidak mengharuskan mencetak tiket elektronik (e-tiket) Anda.

Semakin maju sistem teknologi dan informasi, membuat Traveloka beralih menggunakan teknologi paperless (minim kertas). Dengan kata lain, calon penumpang yang sudah mempunyai e-tiket tak perlu lagi mencetak. Cukup tunjukkan bukti e-ticket tersebut ke petugas cekin di bandara. Mudah!

Begitupun dengan naik kereta api. Apabila Anda sudah membeli tiket kereta di Traveloka, Anda tak perlu susah-susah mencetak tiket. Sebaliknya, langsung tunjukkan contoh booking code ke petugas bila ingin check-in.

Namun, apabila Plesirmania keukeuh ingin mencetak tiket pesawat Anda, tim Plesir punya cara terbaik. Kalau Plesirmania penasaran, tetaplah membaca tulisan cara cetak tiket pesawat Traveloka ini. Ikuti terus kelanjutannya!

Keuntungan Membeli Tiket Pesawat di Traveloka

Keuntungan Membeli Tiket Pesawat di Traveloka
freepik.com

Selain mudah dan bisa dipesan dari mana saja, membeli tiket pesawat di Traveloka membawa keuntungan luar biasa, sama halnya dengan book hotel via aplikasi ini. Kira-kira, apa saja keuntungannya? Simak board list berikut agar tahu:

1. Fitur Canggih

Traveloka sebagai salah satu OTA terbesar di Asia sepertinya tak mau kalah dengan pesaing untuk menawarkan pengalaman membeli tiket menggunakan fitur canggihnya. Beberapa fitur tersebut ialah:

  • Kalender harga sebagai fitur yang berfungsi untuk menampilkan kisaran harga tiket termurah selama sebulan penuh.
  • Filter dan sortir untuk memudahkan pencarian tiket.
  • Notifikasi harga untuk membantu pengguna memantau harga tiket sesuai budget dan langsung mendapat notifikasi secara otomatis.
  • Passenger quick pick untuk pengisian data penumpang dalam sekali klik.

2. Metode Pembayaran Lengkap

Pengguna dapat memilih berbagai macam metode pembayaran yang tersedia dari mobile banking hingga Traveloka PayLater.

3. Promo Menarik

Keuntungan selanjutnya yaitu beragam promo menarik dari Traveloka. Anda berkesempatan untuk mendapatkan potongan harga hingga ratusan ribu. Lalu, Plesirmania juga bisa melakukan penukaran promo tersebut secara langsung via app.

4. Harga Terbaik

Seakan-akan tak mau kalah dari pesaing, Traveloka ingin memberikan harga terbaik untuk pelanggan setia mereka. Anda pun dapat melihat bermacam-macam harga yang ditawarkan. Sangat kompetitif! Jadi, bayar tiket pesawat di Traveloka memang menguntungkan, bukan?

5. Ratusan Ribu Pilihan Rute Penerbangan

Tak hanya sampai di harga terbaik saja keuntungannya, Traveloka juga memanjakan pembeli dengan ratusan ribu pilihan rute penerbangan ke seluruh dunia, baik domestik dan internasional. Mulai dari kelas ekonomi hingga yang teratas, first class.

6. Jaminan Bebas Penipuan

Daripada Anda membeli tiket pesawat lewat aplikasi yang belum tentu terverifikasi keamanannya, Anda bisa beralih dengan membeli tiket lewat Traveloka saja. Sebab, aplikasi ini menawarkan jaminan bebas penipuan dan setiap transaksi yang Plesirmania lakukan telah dilindungi teknologi terautentikasi RapidSSL.

Informasi yang Tertera pada Tiket Pesawat Traveloka

Informasi yang Tertera pada Tiket Pesawat Traveloka
freepik.com

Diketahui bahwa hanya ada sedikit informasi di dalam tiket pesawat elektronik yang Anda pesan melalui aplikasi Traveloka. Arti dari hal ini adalah tak banyak informasi selain nama penumpang, rute penerbangan (pergi-pulang), kode booking, bagasi, jam penerbangan, dan jumlah bagasi maksimal.

Untuk informasi nomor gate, nomor terminal, dan nomor kursi penumpang tidak tertulis di e-tiket karena penumpang harus check-in terlebih dahulu untuk bisa mengetahuinya. Sehingga, dapat disimpulkan detail informasi di tiket pesawat Traveloka Anda belum mencakup semuanya.

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Cara Cetak Tiket Pesawat Traveloka - Terbaru 2024

Sesaat lagi, Anda akan menilik tata cara print tiket pesawat di Traveloka. Perhatikan baik-baik keempat caranya, ya!

1
Kunjungi Situs Traveloka

Bisa Buka Lewat PC atau Laptop

Kunjungi Situs Traveloka

2
Cari Menu Pesanan Saya

Terletak di Halaman Awal Setelah Log In

Cari Menu Pesanan Saya

3
Cari Ikon Pesawat Kertas

Ada di Sudut Kanan Atas pada Halaman e-tiket

Cari Ikon Pesawat Kertas

4
Print Melalui Email

Tekan Ikon Bergambar Print

Print Melalui Email

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Bisa Buka Lewat PC atau Laptop
© freepik.com/rawpixel.com
1
Bisa Buka Lewat PC atau Laptop

Kunjungi Situs Traveloka

Rekomendasi kami

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunjungi halaman web resmi Traveloka di traveloka dot com. Jika Anda belum menyimpan data log in, maka Plesirmania perlu log in lagi. Kemudian, tunggu sampai proses masuk akun berhasil.

Selain mengunjungi situs Traveloka, Anda dapat mengunduh atau download aplikasi Traveloka melalui gadget kesayangan. Lalu, lanjutkan dengan buka app dan log in

Terletak di Halaman Awal Setelah Log In
© freepik.com/rawpixel.com
2
Terletak di Halaman Awal Setelah Log In

Cari Menu Pesanan Saya

Rekomendasi kami

Setelah Anda sukses melakukan log in ke akun Traveloka melalui web, berikutnya yaitu mencari menu “Pesanan Saya”. Jika sudah ketemu, klik nama menu tersebut. Di dalamnya, akan Anda melihat opsi Pesanan Saya, Daftar Pembelian, Notifikasi Harga Penerbangan, dan lainnya yang berada tepat di sebelah kiri layar.

Selanjutnya, klik opsi “Pesanan Saya” dan web akan memunculkan riwayat pesanan Anda yang berupa e-tiket. Tiket elektronik inilah yang nantinya Anda gunakan untuk memproses langkah selanjutnya dalam mencetak tiket pesawat dari Traveloka.

Perlu Plesirmania ketahui bahwa sebuah tiket pesawat penting sekali dimiliki oleh calon penumpang. Sebab, tiket pesawat memiliki kegunaan sebagai bukti tanda masuk penumpang pada saat memasuki pesawat (Dewi M, 2019). Maka dari itu, Plesirmania tidak boleh kehilangan syarat keberangkatan ini atau perjalanan Anda akan batal.

Ada di Sudut Kanan Atas pada Halaman e-tiket
© freepik.com
3
Ada di Sudut Kanan Atas pada Halaman e-tiket

Cari Ikon Pesawat Kertas

Rekomendasi kami

Apabila Plesirmania telah menemukan e-tiket di menu “Pesanan Saya”, klik tiket pesawat elektronik tersebut. Lalu, pilih ikon pesawat kertas di pojok kanan atas pada halaman e-tiket Anda. Secara otomatis akan muncul dua opsi kirim. Dua opsi tersebut adalah kirim sebagai screenshot dan kirim sebagai PDF yang mana dikirim ke email.

Selanjutnya, klik pilihan kirim sebagai PDF (email saja). Dokumen e-tiket akan dikirim melalui email terdaftar sesuai yang Anda masukkan saat log in pertama kali. Tunggu beberapa menit dan jangan lupa untuk mengecek email setelahnya.

Tekan Ikon Bergambar Print
© freepik.com
4
Tekan Ikon Bergambar Print
Rekomendasi kami

Karena Traveloka tidak lagi menyediakan opsi print tiket pesawat dari aplikasi maupun web, maka Anda harus mencetak e-tiket pesawat melalui email. Caranya, cek email Anda dan pastikan ada pesan dari Traveloka yang menyatakan dokumen e-tiket milik Anda.

Lebih lanjut, buka email tersebut dan carilah ikon gambar print di sebelah kanan surat. Klik ikon tersebut dan tekan tombol print. Selamat, tiket pesawat elektronik Plesirmania telah sukses dicetak!

Tanya Jawab Seputar Cara Cetak Tiket Pesawat Traveloka

Tak ketinggalan, tim Plesir hadirkan beberapa pertanyaan mengenai cara mencetak tiket pesawat dari Traveloka. Check it out!

Apakah e-tiket pesawat Taveloka harus dicetak?

Jawabannya tidak harus. Anda hanya perlu menyimpan e-tiket hasil dari unduhan melalui email.

Apakah boarding pass Traveloka harus dicetak?

Sebenarnya tidak harus Anda cetak. Namun, demi kenyamanan saat masuk ke dalam pesawat, Anda dapat mencetak boarding pass tersebut.

Bagaimana cara mencetak e-tiket pesawat?

Anda bisa mencetak e-tiket pesawat di apps Traveloka dengan menghubungkannya ke printer.

Setelah membeli tiket pesawat di Traveloka apa yang harus dilakukan?

Yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah melakukan check in online di aplikasi Traveloka atau situs web Traveloka.

Kesimpulan: Cara Cetak Tiket Pesawat Traveloka

Lengkap sudah pembahasan cara cetak tiket pesawat Traveloka ini. Tim Plesir telah menyampaikan secara runtut empat cara cetak tiket dari Traveloka.

Keempat cara tersebut yakni mengunjungi situs resminya, klik menu “My Booking”, klik tombol ikon bergambar pesawat kertas, dan print dokumennya melalui email. Gampang, kan? Karena mudah, ayo coba sekarang juga!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo