Hide Menu

Jangan Klik Batalkan Tanpa Baca 4 Cara Cancel Tiket Pesawat dan Refund Online Berikut!

Rincian Runtut Seputar Langkah-Langkah Membatalkan Tiket Pesawat Beserta Proses Mendapatkan Dana Kembali

Artikel Cara Cancel Tiket Pesawat ini diposting diperbarui
1 Pembaca
Like
Cara Cancel Tiket Pesawat 2024
© freepik.com

Apa yang Dimaksud Cancel Tiket Pesawat?

Apa yang Dimaksud Cancel Tiket Pesawat?
freepik.com

Cancel tiket pesawat atau pembatalan tiket merupakan hal umum yang terjadi dalam dunia penerbangan. Pembatalan tiket dapat dilakukan oleh penumpang maupun maskapai penerbangan karena berbagai macam alasan. Misalnya, penumpang tiba-tiba sakit, penumpang ingin mengubah jadwal keberangkatan, hingga pesawat tidak dapat terbang karena cuaca buruk.

Dalam melakukan cancellation (pembatalan) tiket pesawat, Anda akan selalu bertemu istilah refund atau pengembalian uang. Refund adalah salah satu bentuk tanggung jawab dari pihak maskapai kepada penumpang akibat dari pembatalan. Ada juga istilah kompensasi untuk penumpang dari maskapai akibat dari keterlambatan atau pembatalan sepihak dalam bentuk selain bayar uang, seperti penggantian jadwal di lain waktu.

Itulah sedikit uraian singkat tentang pengertian pembatalan tiket pesawat. Jangan beralih terlebih dulu, teruslah pelajari cara membatalkan pesanan tiket pesawat secara keseluruhan di artikel cara cancel tiket pesawat. Tim Plesir akan melanjutkannya sebentar lagi. Baca terus!

Yang Harus Anda Ketahui dari Cancel Tiket Pesawat Gratis

Yang Harus Anda Ketahui dari Cancel Tiket Pesawat Gratis
freepik.com

Menurut Rizky B, akibat melakukan cancel atau pembatalan tiket pesawat adalah uang jadi hangus atau uang kembali tetapi terpotong sebagian sesuai dengan ketentuan pihak maskapai (2019). Tim Plesir tidak ingin Anda mengalami hal tersebut. Oleh karena itu, Anda harus tahu cara cancel tiket pesawat gratis berikut ini.

Yang pertama, apabila waktu keberangkatan penerbangan terjadwal pada tiket pesawat Plesirmania tersisa 24 jam atau kurang, penerbitan ulang harus Anda lakukan. Dengan kata lain, klaim pengembalian uang harus Anda ajukan dalam waktu 30 menit sejak selesainya pembelian awal.

Kedua, jikalau masih tersisa 24 jam hingga 72 jam waktu keberangkatan penerbangan terjadwal pada tiket pesawat, penerbitan ulang harus Plesirmania lakukan. Singkatnya, klaim pengembalian dana harus Anda ajukan dalam waktu 60 menit setelah penyelesaian pembelian awal.

Ketiga, bila terdapat lebih dari 72 jam tersisa untuk waktu keberangkatan penerbangan terjadwal pada tiket Plesirmania, Anda harus melakukan penerbitan ulang atau klaim pengembalian dana harus Plesirmania ajukan dalam kurun waktu 24 jam setelah penyelesaian pembelian awal.

Kira-kira begitu tiga cara untuk proses pembatalan gratis. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa tanyakan lewat telpon (telp) call center atau di nomor customer service (CS) masing-masing maskapai penerbangan yang ingin Plesirmania naiki.

Ketentuan Refund Tiket Pesawat Terbaru

Ketentuan Refund Tiket Pesawat Terbaru
freepik.com

Sebelumnya Anda telah mempelajari cara membatalkan tiket pesawat gratis. Sekarang tim Plesir akan mengajak Anda menelaah arti refund (pengembalian uang) yang mana masih berhubungan dengan pembatalan tiket. Refund dapat dilakukan oleh setiap calon penumpang karena alasan pribadi.

Tentunya alasan tersebut dapat Anda pertanggung jawabkan asal sesuai ketentuan yang berlaku oleh maskapai penerbangan. Sebab, beda maskapai akan beda pula aturan proses refund. Tiap maskapai, baik Garuda Indonesia, Citilink, Batik Air, dan Lion Air memiliki ketentuan khusus.

Namun, ketentuan tiap maskapai tersebut dibuat berdasarkan peraturan pemerintah. Pemerintah telah menetapkan batas seberapa besar jumlah potongan uang kembali secara umum seperti yang tertuang pada Pasal 10 Permenhub. Lihat peraturannya pada poin penjelasan informatif berikut!

  • Pengembalian di atas 72 jam oleh penumpang sebelum jadwal keberangkatan, penumpang akan mendapatkan pengembalian dana sebesar 75% dari tarif dasar
  • Pengembalian di bawah 72 sampai dengan 48 jam oleh penumpang sebelum jadwal keberangkatan, ia akan mendapatkan refund uang paling sedikit sebesar 50% dari tarif dasar
  • Pengembalian di bawah 48 jam sampai dengan 24 jam oleh penumpang sebelum jadwal keberangkatan, penumpang berhak mendapatkan pengembalian uang paling sedikit sebesar 40% dari tarif dasar
  • Pengembalian di bawah 24 jam sampai dengan 12 jam oleh seorang penumpang sebelum jadwal keberangkatan, maka ia berhak mendapatkan pengembalian dana paling sedikit sebesar 30% dari tarif dasar
  • Pengembalian di bawah 12 jam sampai dengan 4 jam oleh penumpang sebelum jadwal keberangkatan, penumpang akan mendapatkan pengembalian uang paling sedikit sebesar 20% dari tarif dasar
  • Pengembalian di bawah 4 jam oleh penumpang sebelum jadwal keberangkatan, maka penumpang akan mendapatkan pengembalian dana paling sedikit sebesar 10% dari tarif dasar atau sesuai kebijakan maskapai berjadwal
E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Cara Cancel Tiket Pesawat - Terbaru 2024

Akhirnya, sampai juga pada bagian cara membatalkan tiket pesawat di beberapa online travel agent (OTA) ternama. Berikut daftarnya!

1
Cara Membatalkan Tiket Pesawat di Traveloka

Langsung Lewat Aplikasi Saja, Lebih Mudah!

Cara Membatalkan Tiket Pesawat di Traveloka

2
Cara Membatalkan Tiket Pesawat di Tiket.com

Masuk Dulu ke App Tiket, Kemudian Ajukan Refund!

Cara Membatalkan Tiket Pesawat di Tiket.com

3
Cara Membatalkan Tiket Pesawat di Shopee

Hanya dengan Sepuluh Langkah. Pengajuan Selesai!

Cara Membatalkan Tiket Pesawat di Shopee

4
Cara Membatalkan Tiket Pesawat di Tokopedia

Ada Sebelas Langkah Simpel untuk Mengembalikan Dana Anda

Cara Membatalkan Tiket Pesawat di Tokopedia

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Langsung Lewat Aplikasi Saja, Lebih Mudah!
© id.pinterest.com
1
Langsung Lewat Aplikasi Saja, Lebih Mudah!

Cara Membatalkan Tiket Pesawat di Traveloka

Rekomendasi kami

Cara pertama yang akan tim Plesir sampaikan untuk membatalkan pesanan tiket pesawat Anda adalah dari app Traveloka, bukan dari web traveloka dot com. Perhatikan step-step berikut dengan baik!

1. Masuk atau Daftar

Silakan masuk ke akun Traveloka yang digunakan saat memesan tiket. Apabila Anda tidak punya akun, daftar terlebih dahulu dengan email aktif yang digunakan saat melakukan pesanan.

2. Buka e-tiket Melalui Menu Pesanan

Selanjutnya, buka menu bertuliskan Pesanan di aplikasi dan pilih e-tiket yang ingin Anda refund. Klik “Refund” setelah itu.

3. Baca Kebijakan yang Tersedia

Proses setelah klik tombol refund, Plesirmania akan melihat penjelasan kebijakan dan estimasi jumlah refund untuk pesanan yang ingin Anda batalkan. Klik “Mulai Refund” jika sudah membaca.

4. Lengkapai Dokumen Refund

Pilih nama penerbangan dan data penumpang yang ingin Anda refund, dan pastikan Plesirmania memilih alasan refund yang tepat. Sertakan pula dokumen pendukung apabila diperlukan.

5. Kirim Permohonan Refund

Cek kembali detail refund milik Plesirmania, kemudian klik “Ajukan Refund”. Jika sudah, pihak Traveloka akan mengecek pengajuan tersebut sebelum menyampaikannya ke pihak maskapai. Kemudian, selama proses tersebut, Anda boleh sesekali cek status refund agar selalu up-to-date.

Masuk Dulu ke App Tiket, Kemudian Ajukan Refund!
© medium.com/@pakzam
2
Masuk Dulu ke App Tiket, Kemudian Ajukan Refund!

Cara Membatalkan Tiket Pesawat di Tiket.com

Rekomendasi kami

Untuk membatalkan pesanan tiket pesawat Anda di Tiket.com, Plesirmania dapat mengikuti cara seperti berikut ini:

1. Buka Aplikasi Tiket.com

Buka app Tiket melalui aplikasi langsung atau lewat Blibli. Kemudian, pilih menu “My Order” di halaman utama dan klik tab “Pesawat” untuk memilih tiket pesawat yang ingin dibatalkan. Klik tiga titik kanan atas untuk menemukan opsi “Refund.”

2. Pilih Penerbangan

Selanjutnya yaitu memilih penerbangan yang ingin Anda refund dan klik “Lanjutkan”. Perlu dicatat bahwa penerbangan dalam satu kode booking tidak dapat refund terpisah. Tombol akan muncul dalam keadaan non-aktif jika Anda tidak bisa refund.

3. Pilih Alasan Refund

Lanjutkan dengan memilih alasan untuk pengembalian dana. Contohnya, Plesirmania dapat memilih alasan Pandemi Virus Corona apabila Anda terkena dampak wabah atau pilih alasan lain yang sesuai. Lalu, klik “Lanjutkan”.

4. Pilih Data Penumpang

Setelah itu, Plesirmania harus memilih data penumpang mana yang ingin Anda refund tiketnya. Berikan pula alasan dari pengajuan pengembalian dana tersebut. Klik “Lanjutkan” apabila sudah.

5. Baca Detail Estimasi Refund

Silakan membaca rincian estimasi refund untuk penerbangan yang telah Anda pilih sebelumnya, termasuk detail harga dan metode pengembalian dana. Periksa kembali detail tersebut bila ingin melanjutkan.

6. Baca Syarat dan Ketentuan

Jangan lupa membaca semua syarat dan ketentuan dari pihak Tiket.com dan juga pihak maskapai. Klik tanda centang untuk menyetujui apabila telah membaca seluruh detailnya dan klik “Lanjutkan.”

7. Pengajuan Pengembalian Dana Selesai

Anda dapat melacak status refund melalui menu “Pesanan Saya” atau “Daftar Refund.” Plesirmania akan mendapatkan konfirmasi apabila permintaan refund tertolak atau disetujui. Lama waktu proses pengembalian dana adalah 14 hari untuk penerbangan domestik (kecuali Air Asia) dan 90 hari untuk penerbangan internasional.

Hanya dengan Sepuluh Langkah. Pengajuan Selesai!
© wikipedia.org
3
Hanya dengan Sepuluh Langkah. Pengajuan Selesai!

Cara Membatalkan Tiket Pesawat di Shopee

Rekomendasi kami

Secara garis besar, pembatalan tiket melalui Shopee terbilang cukup mudah. Plesirmania hanya perlu mengikuti cara di bawah sesuai panduan yang sudah ada:

  1. Masuk ke aplikasi Shopee.
  2. Pilih opsi “Pesanan” pada halaman “Pulsa, Tagihan, & Tiket”.
  3. Kemudian, pilih “Rincian”.
  4. Klik “Ajukan Pengembalian Dana”.
  5. Pilih penerbangan yang ingin Anda batalkan dan klik “Lanjutkan”.
  6. Pilih “Alasan” yang sesuai dan klik “Setuju”.
  7. Pilihlah nama penumpang yang ingin Anda batalkan.
  8. Pilih “Dokumen yang Dibutuhkan” dan lengkapi dokumen tersebut dengan mengunggahnya.
  9. Pilih “Lanjut” dan “Ajukan”.
  10. Pengajuan refund Anda selesai.

Sebagai tambahan info, Anda dapat mengajukan pengembalian dana untuk alasan pribadi seperti sakit, hamil, kematian penumpang, perubahan jadwal oleh maskapai, bencana alam, pemesanan ganda, dan lain sebagainya.

Pengajuan di atas akan dikirimkan kepada pihak Traveloka (selaku mitra) terlebih dahulu untuk proses pengecekan. Lalu, Anda bisa check status pengembalian dana di halaman “Rincian Pengembalian Dana”. 

Ada Sebelas Langkah Simpel untuk Mengembalikan Dana Anda
© freepik.com
4
Ada Sebelas Langkah Simpel untuk Mengembalikan Dana Anda

Cara Membatalkan Tiket Pesawat di Tokopedia

Rekomendasi kami

Selain ketiga platform tadi, tim Plesir juga ingin membagikan cara pembatalan pesanan tiket pesawat melalui aplikasi Tokopedia dengan fitur fast refund. Namun, perlu Anda catat bahwa cara ini hanya sesuai untuk pengguna gadget dengan sistem operasi Android. Mari mulai dengan tahapan pertama:

  1. Masuk ke aplikasi Tokopedia.
  2. Pilih menu “Akun” yang berada di sisi kanan bawah aplikasi.
  3. Pilih transaksi tiket pesawat yang ingin dibatalkan.
  4. Klik tiket pesawat dan klik “Batalkan” atau pilih “Order Detail” dan klik “Batalkan Tiket”.
  5. Pilih penumpang atau penerbangan yang ingin Plesirmania batalkan keberangkatannya.
  6. Input alasan pembatalan dan unggah bukti identitas penumpang yang ingin dibatalkan.
  7. Ketika Anda klik “Selanjutnya”, Plesirmania akan melihat informasi terkait estimasi total refund.
  8. Klik “Ajukan Pembatalan” dan tunggu sampai muncul halaman konfirmasi pembatalan.
  9. Tekan tombol “Ajukan Pembatalan”.
  10. Klik “Lanjut” dan “OK”.
  11. Pengajuan refund Anda selesai. Apabila pengajuan tersebut diterima, Plesirmania akan mendapatkan email konfirmasi.

Tanya Jawab Seputar Cara Cancel Tiket Pesawat

Bagi Plesirmania yang sudah tuntas membaca bagian cara cancel tiket pesawat, lanjutkan ke bagian tanya-jawab di bawah agar wawasam Anda bertambah. Ini daftarnya:

Berapa biaya pembatalan tiket pesawat?

Ada beragam biaya pembatalan tiket pesawat, mulai dari 75 persen hingga 10 persen sesuai ketentuan yang berlaku dari tiap maskapai penerbangan.

Apakah tiket pesawat bisa dibatalkan dan uang kembali?

Ya, Plesirmania bisa membatalkan pesanan tiket pesawat dengan melakukan prosedur yang berlaku dan uang Anda akan kembali.

Apakah bisa membatalkan tiket pesawat di Traveloka?

Ya, Anda bisa membatalkan pesanan tiket pesawat di Traveloka dengan klik opsi Refund & Reschedule di app tersebut.

Apakah tiket Lion Air bisa dicancel?

Ya, bisa. Plesirmania bisa cancel pemesanan dan meminta pengajuan pengembalian dana dengan mengisi data yang diperlukan.

Kesimpulan: Cara Cancel Tiket Pesawat

Demikianlah tim Plesir dapat uraikan cara cancel tiket pesawat di beberapa platform besar di Indonesia (ID), seperti Traveloka, Tiket.com, Shopee, dan Tokopedia. Ikuti cara-cara pengajuan dana di atas secara runtut dan tunggu konfirmasinya dari pihak terkait.

Apabila jawaban dari maskapai cukup lama, mohon bersabar karena penerbangan mereka cukup banyak. Jadi, ayo simpan segera catatan custom cara membatalkan tiket pesawat ini agar dana Anda kembali!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo