Hide Menu

Mau Cepat Sampai di Karimunjawa? Ikuti Saja 5 Cara ke Karimun Jawa dari Jakarta Berikut!

Pengunjung Dapat Memanfaatkan Transportasi Umum ataupun Kendaraan Pribadi, Bisa Sampai di Karimunjawa dengan Super Cepat!

Artikel Cara ke Karimun Jawa dari Jakarta ini diposting diperbarui
4 Pembaca
Like
Cara ke Karimun Jawa dari Jakarta 2024
© istockphoto.com/ndromorrow

Karimun Jawa, Surga Bawah Laut di Pulau Jawa

Karimun Jawa, Surga Bawah Laut di Pulau Jawa
istockphoto.com/RomanWeber

Plesirmania pernah melihat film animasi Finding Nemo? Ikan kecil bergaris-garis berwarna oranye, hitam dan putih yang lucu nan imut. Yup! Indonesia ternyata punya tempat untuk melihat ikan semacam ini secara langsung, lho! Salah satu lokasi di mana Anda bisa menemukan ikan Nemo itu adalah di Karimunjawa.

Pulau Karimun Jawa juga merupakan tempat konservasi terumbu karang yang luas, sebesar 110 ribu hektar lebih. Serta di dalamnya, terdapat beragam biota laut nan cantik, seperti ikan kerapu, ikan-ikan karang, penyu sisik, penyu hijau, penyu lekang, dan masih banyak lagi.

Hal inilah yang membuat Karimun Jawa disebut sebagai surga bawah laut di Pulau Jawa. Indahnya kehidupan di laut ini terasa seperti surga bagi manusia yang mengunjungi. Apakah Plesirmania tertarik mengunjungi pulau tersebut dari kampung halaman di Ibukota Indonesia? Jika demikian, tim Plesir akan memberikan jawaban cara ke Karimun Jawa dari Jakarta. Tetap membaca, ya!

Mengapa Karimunjawa Banyak Diminati?

Mengapa Karimunjawa Banyak Diminati?
istockphoto.com/raditya

Apalagi kalau bukan karena keindahan lautnya. Hal ini juga disampaikan oleh Akhsanul N dan Mussadun (2014). Peneliti ini mengatakan keindahan pantai di Pulau Karimunjawa mempunyai daya tarik bagi para wisatawan domestik dan mancanegara.

Untuk mempertegas lagi kalimat di atas, berikut adalah alasan lain mengapa Karimunjawa disegani banyak orang:

  • Letak pantai biru sebening kristal dengan pasir putih bersih
  • Sebanyak 27 pulau yang ada di Karimunjawa hanya 5 saja yang berpenghuni, sehingga menjelajahi 22 pulau kecil ini terasa seperti milik pribadi
  • Berinteraksi langsung dengan hiu yang cukup jinak di Menjangan Besar
  • Melakukan aktivitas wisata island hopping atau hop one island to another island yaitu mengunjungi pulau satu ke pulau lainnya yang tidak jauh jaraknya
  • Terdapat penangkaran penyu di dekat pantai
  • Memiliki tempat terbaik untuk watersport (snorkeling, diving, skydiving) di Pulau Jawa
  • Pengunjung bisa trekking di Hutan Mangrove di sekitar Taman Nasional
  • Murah untuk dikunjungi dan mudah untuk dijangkau
E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Cara ke Karimun Jawa dari Jakarta - Terbaru 2024

Ada berbagai macam cara ke Karimun Jawa dari Jakarta. Baik Anda ingin open solo trip ataupun ingin pergi beramai-ramai dengan teman. Dijamin cara di bawah akan membantu Anda. Bocorannya, cara ini sering dipakai untuk beberapa paket tour, lho. Simak penjelasannya, go!

1
Menggunakan Pesawat

Sedikit Mahal, Tapi Cepat Sampai

Menggunakan Pesawat

2
Menggunakan Bus

Perlu Oper Bus Lokal, Namun Harga Terjangkau

Menggunakan Bus

3
Menaiki Kereta

Jadwal Sudah Ditentukan, Biaya Juga Terjangkau

Menaiki Kereta

4
Menaiki Mobil Pribadi

Santai di Perjalanan Sambil Nikmati Pemandangan Jalan

Menaiki Mobil Pribadi

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Sedikit Mahal, Tapi Cepat Sampai
© istockphoto.com/spooh
1
Sedikit Mahal, Tapi Cepat Sampai

Menggunakan Pesawat

Rekomendasi kami

Cara pertama untuk pergi dari Jakarta ke Karimun Jawa adalah naik pesawat. Namun, cara ini kurangnya yaitu biaya yang mahal. Akan tetapi, sisi positifnya naik pesawat lebih cepat sampai. Kalau Anda termasuk orang yang suka menghemat waktu dan tak masalah dengan biaya mahal, maka cara ini merupakan yang paling tepat.

Hal yang harus Anda lakukan pertama-pertama adalah membeli tiket secara online dengan tujuan penerbangan Soekarno Hatta Airport di Tangerang ke Bandara Ahmad Yani di Semarang. Perlu diingat, bukan tujuan ke Bandar Udara Dewandaru Kabupaten Jepara di Jawa Tengah, ya.

Lalu, Plesirmania bisa melanjutkan perjalanan dari Bandara Ahmad Yani ke Pelabuhan Kartini di Jepara dengan menggunakan bus atau mini bus Jaya Travel. Sesampainya Anda di Pelabuhan Kartini, Plesirmania bisa membeli tiket kapal di loket dekat pelabuhan.

Perlu Oper Bus Lokal, Namun Harga Terjangkau
© istockphoto.com/OleksandrFilon
2
Perlu Oper Bus Lokal, Namun Harga Terjangkau

Menggunakan Bus

Rekomendasi kami

Berikutnya adalah naik bus. Dengan menggunakan transportasi satu ini, Anda bisa hemat biaya. Akan tetapi, tidak secepat naik pesawat. Anda membutuhkan waktu 5 jam di perjalanan lewat tol Trans Jawa. Perlu Anda ingat kalau ingin Karimunjawa, Plesirmania harus naik bus ke Semarang dahulu, bukan ke Jepara langsung.

Begini caranya. Yang harus Anda lakukan pertama kali adalah pesan tiket online dengan tujuan Terminal Terboyo di Semarang dari Terimal manapun di Jakarta. Kemudian, sesampainya di Terminal Terboyo, lanjutkan perjalanan Anda dengan naik bus lokal yang mengarah ke Terminal Jepara sekitar 2 jam.

Sesampainya Anda di Terminal Jepara, Plesirmania bisa lanjutkan perjalanan ke pelabuhan dengan jalan kaki atau naik ojek. Kalau Anda mau berhemat, lanjutkan dengan berjalan. Sebab, jarak yang Anda tempuh hanyalah 1,8 km saja ke pelabuhan. Setelah sampai di pelabuhan, belilah tiket kapal untuk menyebrang ke Pulau Karimunjawa.

Jadwal Sudah Ditentukan, Biaya Juga Terjangkau
© istockphoto.com/Laser1987
3
Jadwal Sudah Ditentukan, Biaya Juga Terjangkau

Menaiki Kereta

Rekomendasi kami

Cara ini mungkin terdengar impossible atau tidak mungkin karena memang tidak ada kereta dari Jakarta ke Jepara. Adanya, kereta dari Jakarta ke Semarang. Jadi, Plesirmania bisa menggunakan kereta dari Stasiun Pasar Senen di Jakarta ke Stasiun Poncol di Semarang.

Selanjutnya, Anda harus pesan ojek online atau naik BRT Trans Semarang menuju Terminal Terboyo di Semarang. Lalu, lanjutkan perjalanan Anda dengan menaiki bus lokal yang mengarah ke Terminal Jepara atau turun dekat di Pelabuhan Kartini langsung. Sesampainya di pelabuhan, Anda bisa membeli tiket kapal untuk menyebrang ke Karimunjawa.

Santai di Perjalanan Sambil Nikmati Pemandangan Jalan
© istockphoto.com/Vladimiroquai
4
Santai di Perjalanan Sambil Nikmati Pemandangan Jalan

Menaiki Mobil Pribadi

Cara terakhir untuk bisa sampai di Karimunjawa dari Jakarta yaitu naik mobil pribadi. Kalau Anda tipe orang yang santai dan tidak suka dikejar waktu, pilihan naik mobil akan sangat cocok. Anda pun tak perlu beli tiket online terlebih dahulu karena bisa berangkat kapan saja.

Caranya yaitu Plesirmania bisa lewat tol Trans Jawa dari Jakarta menuju ke exit tol Jepara. Kemudian, dari exit tol Jepara, langsung saja menuju ke Pelabuhan Kartini. Sesampainya di pelabuhan, belilah tiket kapal di loket terdekat. Tujuan Anda di depan mata! Mudah, bukan?

Tanya Jawab Seputar Cara ke Karimun Jawa dari Jakarta

Tim Plesir akan menutup bagian ini dengan mencantumkan beberapa pertanyaan yang biasanya orang-orang tanyakan tentang cara trip Karimunjawa dari Jakarta. Simak, ya!

Berapa lama perjalanan dari Jakarta ke Karimunjawa?

Lama waktu perjalanan dari Jakarta ke Jepara via tol Cikampek adalah sekitar 12 jam atau lebih.

Ke Karimunjawa naik kereta turun dimana?

Jikalau naik kereta dari Jakarta, Anda bisa turun di Semarang. Dari Semarang nanti naik bus ke Pelabuhan Kartini yang ada di Jepara.

Bagaimana cara pergi ke Karimunjawa?

Ada empat cara, antara lain naik pesawat, naik mobil, naik kereta, dan naik bus.

Ke Karimunjawa lewat pelabuhan apa?

Lewat Pelabuhan Kartini di Jepara. Selain itu, bisa lewat pelabuhan yang ada di Semarang.

Kesimpulan: Cara ke Karimun Jawa dari Jakarta

Jadi, manakah dari salah satu cara di atas yang lebih cocok untuk Anda terapkan menuju ke Karimunjawa? Usahakan tetap pilih yang tidak memberatkan Plesirmania sekalian, ya!

Cara libur atau trip ini berlaku juga untuk Anda yang tinggal dekat Semarang, contohnya Jogja. Persiapkan uangnya, ambil backpack Anda, dan selamat liburan!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo