Hide Menu

Ini 5 Rincian Biaya ke Labuan Bajo dari Jakarta, Bisa Liburan Hanya dengan 2 Jutaan Saja!

Rangkuman Lengkap Budget Liburan ke Bajo dari Tiket Keberangkatan sampai Biaya Sewa Kendaraan

Artikel Biaya ke Labuan Bajo dari Jakarta ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Biaya ke Labuan Bajo dari Jakarta 2024
© freepik.com

Apakah Benar Biaya Liburan ke Labuan Bajo dari Jakarta Murah?

Apakah Benar Biaya Liburan ke Labuan Bajo dari Jakarta Murah?
freepik.com

Mari melihat jarak kedua wilayah ini. Jarak keduanya kurang lebih terpaut begitu jauh, hingga ribuan kilometer. Bila Anda melihat dari sudut pandang jarak tersebut, Plesirmania dapat menafsirkan travel ke Labuhan Bajo dari Jakarta memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Itulah mengapa tim Plesir dapat mengatakan open tour Labuan Bajo tidak murah. Lihat saja contoh harga tiket pesawat Jakarta – Labuan Bajo, harganya mulai dari 1 juta 600 ribu rupiah. Harga ini bahkan setara dengan tiket pesawat Makassar – Kupang.

Biaya tiket tersebut mulanya hanya untuk tiket keberangkatan saja, belum termasuk tiket kepulangan. Bukankah cukup mahal, Plesirmania? Agar Anda mendapat gambaran jelas seberapa banyak biaya ke Labuan Bajo dari Jakarta, simak hitungan tim Plesir secara lengkap di artikel ini. Jangan sampai ketinggalan, ya!

Jalan-Jalan di Labuan Bajo Selama 4 Hari 3 Malam ke Mana?

Jalan-Jalan di Labuan Bajo Selama 4 Hari 3 Malam ke Mana?
freepik.com

Kodir et al dalam Igenasius O et al (2022) mengatakan Labuan Bajo merupakan salah satu pintu gerbang pariwisata di kawasan Timur Indonesia karena keberadaan Taman Nasional Komodo. Walaupun memang Pulau Komodo ini tidak berada di wilayah Labuan Bajo secara langsung, tetapi simbol pariwisata Bajo tampaknya sudah melekat bersama TN Komodo.

TN Komodo adalah satu dari sekian puluh destinasi menarik yang ada di Labuan Bajo. Berikut ialah rangkuman wisata menarik lain yang perlu Anda kunjungi ketika berlibur 4 hari di wilayah Bajo. Simak daftarnya!

  • Pulau Padar

Karena tadi tim Plesir sudah menyebutkan Pulau Komodo, maka tak asyik bila Anda tidak mampir ke seberang pulaunya, yaitu Pulau Padar. Anda akan menemukan pemandangan bukit cantik yang dikelilingi oleh pantai membentuk bulan setengah lingkaran.

  • Pulau Kelor

Sebuah pulau sepi yang memesona. Plesirmania dapat menikmati pemandangan bawah air yang menakjubkan. Anda bisa melihat terumbu karang sangat jelas di dalam airnya.

  • Pink Beach

Seperti namanya, pantai eksotis ini mempunyai pasir berwarna merah muda. Dari sekian banyak pantai, Pink Beach Labuan Bajo masuk ke dalam daftar 7 pantai berpasir merah muda yang ada di dunia.

  • Gua Batu Cermin

Layaknya namanya, gua ini dipenuhi oleh dinding yang memantul seperti cermin. Anda pun dapat melihat batu-batu kapur di dalam gua yang bisa menjadi transparan ketika sinar matahari mengenainya.

  • Puncak Waringin

Terakhir, tak lengkap rasanya jika Anda tak pergi ke tempat ini. Puncak Waringin adalah sebuah tempat di mana Anda bisa melihat sunset di ketinggian dengan latar belakang laut Labuan Bajo.

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Biaya ke Labuan Bajo dari Jakarta - Terbaru 2024

Karena tim Plesir belum tahu Plesirmania mau pergi berapa lama, artikel ini akan menampilkan rincian biaya travel Labuan Bajo dari Jakarta 4 hari 3 malam. Anda bisa memilah mana yang sesuai dan menghilangkan destinasi yang tidak dibutuhkan. Tanpa berlama-lama lagi, ayo catat semua estimasi pengeluaran di bawah!

1
Biaya Transportasi

Naik Kapal Laut Saja yang Lumayan Terjangkau dan Dapat Diandalkan

Biaya Transportasi

2
Budget Penginapan

Pilih Homestay yang Murah Meriah

Budget Penginapan

3
Biaya Makan dan Minum

Anggaran Konsumsi Dihitung 4 Hari

Biaya Makan dan Minum

4
Budget Sewa Motor

Sisihkan Dana Sebesar 90 Ribu Per Hari

Budget Sewa Motor

5
Biaya Tiket Masuk Wisata

Anggarkan Sekurang-kurangnya 300 Ribu Rupiah

Biaya Tiket Masuk Wisata

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Naik Kapal Laut Saja yang Lumayan Terjangkau dan Dapat Diandalkan
© freepik.com
1
Naik Kapal Laut Saja yang Lumayan Terjangkau dan Dapat Diandalkan

Biaya Transportasi

Rekomendasi kami

Biaya pertama dalam daftar biaya ke Labuan Bajo ialah budget transportasi. Sebelum menyiapkan biayanya, kenali dahulu transportasi macam apa yang ingin Anda gunakan. Terdapat empat jenis kendaraan, antara lain pesawat terbang, kereta api, bus, dan kapal laut.

Di antara keempat jenis kendaraan tersebut yang dapat mengantarkan Anda sampai dengan cepat ke tempat tujuan adalah flight dengan naik pesawat. Namun, Anda harus membayar mahal untuk naik kendaraan ini. Anda bisa naik Garuda Indonesia atau Batik Air penerbangan direct atau langsung dari bandara CGK. 

Sementara itu, menggunakan kendaraan jalur darat (kereta dan bus) atau jalur laut (kapal) tidak memerlukan biaya mahal alias terjangkau oleh semua kalangan wisatawan baik domestik atau mancanegara seperti Italia. Akan tetapi, kekurangannya ada pada lama waktu perjalanan.

Mari melihat pada perbandingan harga melalui tabel di bawah. Tim Plesir sudah mengambil perbandingan ongkosnya dari berbagai sumber. Cek segera!

Jenis TransportasiHarga Tiket PP
Pesawat terbangRp. 3.260.000
Kapal lautRp. 1.482.000
Kereta apiRp. 1.185.200
BusRp. 1.928.000

Estimasi harga di atas merupakan akumulasi dari macam-macam biaya. Contohnya saja tiket kapal. Ini terdiri dari 3 tiket kapal laut dari Jakarta ke Surabaya, Surabaya ke Lombok, dan Lombok ke Labuan Bajo.

Sementara untuk estimasi pengeluaran biaya transportasi menggunakan kereta api, biayanya termasuk tiket:

  • Kereta dari Jakarta – Jogja, Jogja – Banyuwangi,
  • Kapal Ketapang – Gilimanuk
  • Bus Gilimanuk – Boa Benoa
  • Kapal Boa Benoa – Lembar
  • Kapal Lembar – Labuan Bajo

Lebih lanjut untuk biaya bus meliputi biaya tiket bus Jakarta – Bali, Denpasar – Pelabuhan Boa Benoa, tiket kapal Boa Benoa – Lembar, dan kapal Lembar ke Labuan Bajo.

Karena dari harga salah satu transportasi di atas yang cukup terjangkau dan dapat diandalkan adalah kapal laut, maka tim Plesir mengambil contoh estimasi biaya transportasi dari tiket kapal laut PP. Sehingga, Anda bisa mengkalkulasikan hitungannya sebesar Rp. 1.482.000.

Pilih Homestay yang Murah Meriah
© freepik.com
2
Pilih Homestay yang Murah Meriah

Budget Penginapan

Rekomendasi kami

Ongkos Labuan Bajo berikutnya yaitu biaya penginapan. Khusus penginapan ini, Plesirmania bisa memilih tipe akomodasi yang murah saja. Homestay atau guest house misalnya. Harga sewa per malam sangat terjangkau, yaitu mulai 100 ribu rupiah.

Mengapa harus memilih penginapan tersebut? Selain karena harganya murah, homestay dan guest house di Labuan Bajo memiliki kasur tidur yang nyaman untuk ditempati. Jadi, jangan khawatir walaupun harga miring.

Kemudian, Plesirmania dapat menghitung biayanya dari hasil perhitungan estimasi biaya sewa kamar semalam Rp. 100.000 dan lama tinggal selama 3 malam. Jadi, jumlahnya adalah sebesar Rp. 300.000.

Anggaran Konsumsi Dihitung 4 Hari
© freepik.com
3
Anggaran Konsumsi Dihitung 4 Hari

Biaya Makan dan Minum

Rekomendasi kami

Beruntungnya, range makanan di Labuan Bajo masih terjangkau. Anda bisa makan menu makanan lokal enak di warung makan pinggir jalan dengan harga mulai dari 15 ribu rupiah.

Plesirmania bisa menghitung hitungan sekali makan sebesar Rp. 15.000 saja. Karena Anda akan liburan selama 4 hari 3 malam, maka estimasi berapa kali makan adalah 10 kali. Dengan demikian, hitungannya akan seperti:

Biaya Makan

  • 1 kali makan = Rp. 15.000
  • 10 kali makan x Rp. 15.000 = Rp. 150.000

Biaya Minum

  • 1 botol air mineral 600 ml = Rp. 3.500
  • 1 hari butuh 2 botol x Rp. 3.500 = Rp. 7.000
  • 4 hari butuh 8 botol x Rp. 7.000 = Rp. 56.000

Jadi, total budget ke Labuan Bajo untuk makan dan minum selama 4 hari dari penjumlahan Rp. 150.000 + Rp. 56.000 ialah Rp. 206.000.

Sisihkan Dana Sebesar 90 Ribu Per Hari
© freepik.com
4
Sisihkan Dana Sebesar 90 Ribu Per Hari

Budget Sewa Motor

Kemudian, biaya liburan ke Labuan Bajo yang sebaiknya Anda persiapkan juga ialah biaya sewa motor. Meskipun wilayah Labu Bajo itu tidak seberapa luas, namun akan lebih gampang mencapai satu destinasi ke destinasi lainnya menggunakan sepeda motor.

Pelsirmania jadi bisa hemat energi dan bisa save time banyak waktu. Diketahui biaya sewa motor mulai dari 90 ribu rupiah per hari. Sudah banyak tempat penyewaan motor di Bajo. Misalnya, Anda dapat menyewa kendaraan tersebut dekat pelabuhan.

Lalu, untuk perhitungannya, Plesirmania dapat mengkalkulasikan biaya sewa motor sebesar Rp. 90.000 x 3 hari (lama peminjaman). Total pengeluaran yang didapat adalah Rp. 270.000.

Anggarkan Sekurang-kurangnya 300 Ribu Rupiah
© freepik.com
5
Anggarkan Sekurang-kurangnya 300 Ribu Rupiah

Biaya Tiket Masuk Wisata

Sayang seribu sayang apabila libur ke Labuan Bajo tidak mampir-mampir ke objek wisata alamnya yang indah. Maka itu, persiapkan pula biaya tiket masuk wisata ke beberapa tempat. Tim Plesir mempunyai referensi tempat-tempat wisata menarik sekaligus harga tiket masuknya, seperti:

Destinasi WisataHarga Tiket Per Orang
Taman Nasional KomodoRp. 250.000
Gua Batu CerminRp. 20.000
Air Terjun Cunca WulungRp. 20.000
Gua RangkoRp. 20.000
Pantai WaecicuGratis

Dari contoh biaya masuk tersebut, total ongkos yang perlu Anda persiapkan untuk bisa masuk ke destinasi wisata di atas ialah Rp. 310.000.

Tanya Jawab Seputar Biaya ke Labuan Bajo dari Jakarta

Apakah dalam penjelasan sebelumnya tidak ditemukan hal yang menjawab pertanyaan di benak Anda? Jika demikian, silakan cek pertanyaan-pertanyaan berikut!

Mau ke Labuan Bajo turun di bandara apa?

Anda harus naik pesawat yang mana tujuannya menuju ke Bandar Udara Komodo.

Kapan waktu yang tepat ke Labuan Bajo?

Waktu yang tepat ke LBJ adalah saat bulan Oktober sampai November. Di bulan-bulan ini cuaca cukup cerah dan udara mulai terasa sejuk.

Apakah ada pesawat dari Bandung ke Labuan Bajo?

Ya, ada pesawat ke Labuan Bajo dari Bandung pakai AirAsia.

Labuan Bajo terletak di provinsi apa?

Labuan Bajo adalah daerah yang lokasinya berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur atau NTT.

Berapa jam Jakarta ke Labuan Bajo?

Kalau naik pesawat, lama perjalanannya adalah sekitar 2 jam.

Kesimpulan: Biaya ke Labuan Bajo dari Jakarta

Simpulan perhitungan tim Plesir terkait berapa biaya trip Labuan Bajo paket empat hari tiga malam dari Jakarta dalam penjumlahan Rp. 1.482.000 + Rp. 300.000 + Rp. 206.000 + Rp. 270.000 + Rp. 310.000 adalah Rp. 2.568.000.

Hitungan tersebut meliputi biaya transportasi tiket PP kapal laut, penginapan, konsumsi, sewa motor, dan tiket masuk wisata. Anda dapat menambahkan budget darurat sebesar 5 – 10% dari total pengeluaran tersebut dan biaya oleh-oleh sesuai dengan kebutuhan diri sendiri. Jadi, apakah Plesirmania sudah siap liburan backpacker ke NTT? 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo