Hide Menu

Twin or Double? Coba Pahami 5 Daftar Perbedaan Deluxe Twin dan Deluxe Double, Yuk!

Mari Memahami Macam-Macam Perbedaan Dua Tipe Kamar Deluxe dari Fasilitas hingga Luas Kamar

Artikel Perbedaan Deluxe Twin dan Deluxe Double ini diposting diperbarui
5 Pembaca
Like
Perbedaan Deluxe Twin dan Deluxe Double 2024
© freepik.com/dit26978

Beda Antara Deluxe Twin vs Deluxe Double

Beda Antara Deluxe Twin vs Deluxe Double
freepik.com/mrsiraphol

Sebelum menjelaskan perbedaan deluxe twin dan deluxe double, ada baiknya Plesirmania kenalan dulu dengan deluxe room. Apa sih yang dimaksud kamar deluxe? Deluxe room artinya kamar dengan luas ruangan lebih besar dan fasilitas lebih bagus atau not bad dari superior room di mana kamar superior berada di level bawah dari kamar deluxe.

Luas ruangan dan fasilitas pada kamar deluxe ini nyatanya berbeda-beda di setiap hotel, tergantung rating bintang hotel tersebut. Saat ini belum ada patokan mutlak bahwa kamar deluxe harus seperti apa. Bisa jadi luas kamar deluxe sejumlah 24 m2 di hotel bintang 2, dan 40 m2 di hotel bintang 5. Yang pasti, full denah luas ruang dan fasilitas lebih baik daripada kamar superior.

Lanjut, kamar deluxe sendiri terbagi menjadi dua, yakni tipe kamar deluxe dengan single bed yang disebut deluxe twin dan kamar deluxe dengan double bed diistilahkan sebagai deluxe double. Secara garis besar, keduanya memang berbeda dalam hal tempat tidur. Salah satunya menggunakan dua kasur single, dan satunya lagi menggunakan sebuah kasur double.

Namun, apakah perbedaan kedua kamar tipe deluxe hanya seputar tempat tidur saja? Inilah tugas Plesirmania untuk mencari jawabannya. Di mana Anda bisa mencarinya? Hanya di artikel ini. Ayo lanjutkan baca pembahasan di bawah!

Deluxe Twin Artinya?

Deluxe Twin Artinya?
freepik.com

Pada dasarnya, arti deluxe twin room adalah kamar deluxe yang mempunyai dua kasur berukuran single. Lalu, menurut eastparchotel.com, kamar deluxe twin menghadirkan dua buah tempat tidur single terpisah dan tidak dapat digabungkan atau share.

Sehingga, inti pengertian deluxe twin room adalah kamar dengan kualitas lebih baik dari superior room, tapi khusus kasur menggunakan single bed berjumlah 2 buah.

Apa Itu Kamar Deluxe Double?

Apa Itu Kamar Deluxe Double?
freepik.com

Dalam pengertiannya, nama deluxe double room merupakan kamar hotel tipe deluxe dengan 1 kasur jenis double di dalamnya. Jenis kasur tersebut dapat dipilih oleh pengunjung sesuai ketersediaan hotel.

Anda dapat memilih di antara kasur king atau queen size. Lalu, mengenai detail ukurannya nanti akan tim Plesir jelaskan di bagian kolom poin perbedaan terhadap deluxe twin dan deluxe double.

Jenis-Jenis Kamar Hotel Selain Deluxe Twin dan Deluxe Double

Jenis-Jenis Kamar Hotel Selain Deluxe Twin dan Deluxe Double
freepik.com

Faktanya, deluxe bukanlah satu-satunya type kamar hotel yang tersedia di sebuah hotel. Ada beberapa jumlah tipe kamar lain, seperti standard room, superior room, twin roon, single dan double room, family room, junior suite room, suite or suit room, dan presidential suite.

Lebih lanjut, ada kamar connecting room, disabled room, dan smoke room or non-smoking room juga ada. Tak lupa pula menyebutkan hollywood twin room dengan dua kasur yang bisa digabungkan, cabana room dengan private kolam renang, dan murphy room dengan keranjang large bentuk sofa bed.

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Perbedaan Deluxe Twin dan Deluxe Double - Terbaru 2024

Selanjutnya, tim Plesir akan menghadirkan sejumlah perbedaan kamar deluxe twin dan deluxe double di hotel Swiss-Belinn Tunjungan Surabaya, mulai dari fasilitas hingga jumlah orang per kamar. Stay tuned terus dan lihat setiap gambar di bawah ini, ya!

1
Fasilitas

Terdapat Satu Perbedaan Fasilitas

Fasilitas

2
Harga

Selisih Biaya Pesan Per Kamar Rp 200 Ribuan

Harga

3
Jumlah Tamu

Cukup untuk 2 Orang Saja

Jumlah Tamu

4
Bed

Ukuran Berbeda Antara Twin dan Double Hingga 20 cm

Bed

5
Luas Kamar

Selisih Satu Meter Saja Antara Deluxe Twin dan Double

Luas Kamar

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Terdapat Satu Perbedaan Fasilitas
© freepik.com
1
Terdapat Satu Perbedaan Fasilitas

Fasilitas

Rekomendasi kami

Secara umum, fasilitas yang didapatkan tamu hotel saat menginap di kamar deluxe twin maupun deluxe double hampir atau nyaris sama. Lantas, apakah tidak ada perbedaaanya? Mari tim Plesir tunjukkan. Lihat pada tabel di bawah!

Hotel BintangSwiss-Belinn Tunjungan Surabaya
Nama Hotel3
Fasilitas

Deluxe Twin Room

(Single Bed)

Grand Deluxe Room

(Queen Bed)

  • Shower, area tempat duduk, AC
  • Televisi, meja, toiletries, air minum kemasan
  • Pembuat kopi atau teh, kamar mandi pribadi, dan brankas
  • Shower, area tempat duduk, AC
  • Pembuat kopi atau teh, meja, televisi, mini bar, brankas
  • Air minum kemasan, toiletries, dan kamar mandi pribadi

Dari penjelasan di atas, Anda dapat menyimpulkan bahwa fasilitas deluxe twin dan deluxe double di hotel yang sama (Swiss-Belinn) mempunyai fasilitas hampir mirip, yaitu adanya televisi hingga meja kerja.

Begitupun kesamaan yang tertera pada penelitian Renaldy V dan Shofia I (2019). Mereka menyebut adanya fasilitas furnitur televisi dan meja kerja di dalam kamar deluxe room. Kendati demikian, deluxe twin tidak memiliki mini bar, seperti yang dimiliki deluxe double di atas.

Selisih Biaya Pesan Per Kamar Rp 200 Ribuan
© freepik.com
2
Selisih Biaya Pesan Per Kamar Rp 200 Ribuan

Harga

Rekomendasi kami

Berkaca pada poin perbedaan di awal yakni pada fasilitasnya, deluxe twin maupun deluxe double memiliki harga berbeda. Kamar deluxe twin mempunyai harga sebesar Rp 680 ribuan. Sedangkan deluxe double mematok harga Rp 800 ribuan.

Tim Plesir mengambil contoh minimal harga tersebut dari situs web Traveloka. Selisih harganya memang sedikit, yaitu Rp 200 ribuan. Adanya selisih harga ini disebabkan oleh perbedaan fasilitas tipe kamar deluxe tersebut.

Cukup untuk 2 Orang Saja
© freepik.com
3
Cukup untuk 2 Orang Saja

Jumlah Tamu

Sesuai dengan ukuran kasurnya yaitu single, maka maksimal pengunjung yang boleh menginap di kamar deluxe twin ialah dua orang. Tidak lebih dari jumlah tersebut. Kalau berdasarkan tipe kasurnya, maka kamar deluxe double juga hanya memperbolehkan maksimal 2 tamu hotel yang boleh menginap.

Akan tetapi, apabila ada pihak hotel yang memperbolehkan (dengan catatan by request), kemungkinan Anda bisa memesan lebih. Bahkan, ada beberapa pihak hotel yang mau menerima pesanan kamar deluxe twin dan deluxe double untuk anggota keluarga kecil berjumlah 3-4 orang. Namun, perlu digaris bawahi bahwa akan ada tambahan extra bed atau cot bed untuk si bayi.

Ukuran Berbeda Antara Twin dan Double Hingga 20 cm
© freepik.com
4
Ukuran Berbeda Antara Twin dan Double Hingga 20 cm

Bed

Rekomendasi kami

Di pembahasan awal tim Pelsir telah menekankan bahwa bedroom (kamar tidur) deluxe twin maupun double memakai kasur yang berbeda. Deluxe twin memakai kasur 2 single bed dan deluxe double memakai sebuah kasur double, king, atau queen size.

Ukuran single bed yang umumnya dijual di Indonesia adalah sekitar 90 cm x 200 cm, sama dengan kasur single di beberapa negara Eropa. Sementara ukuran kasur double yaitu 120 cm x 200 cm. Sebaliknya, deluxe double dengan kasur king size dan queen size ukurannya adalah sekitar 180 cm x 200 cm dan 160 cm x 200 cm.

Selisih Satu Meter Saja Antara Deluxe Twin dan Double
© freepik.com
5
Selisih Satu Meter Saja Antara Deluxe Twin dan Double

Luas Kamar

Diketahui luas kamar deluxe twin dari hasil pencarian di situs web Traveloka, tim Plesir menemukan jumlah luas ruangannya sekitar 23 – 24 meter persegi. Apakah besaran jumlah ini sama dengan deluxe double? Lagi-lagi hampir atau nyaris sama. Hanya selisih satu meter untuk ukuran luasnya, yakni 25 meter persegi.

Tanya Jawab Seputar Perbedaan Deluxe Twin dan Deluxe Double

Sebelum mengakhiri dasar penjelasan perbedaan antara deluxe twin dengan deluxe double, Plesirmania bisa membaca pertanyaan berikut terlebih dahulu:

Apa bedanya twin dan double?

Twin bed mengarah kepada dua kasur berukuran single. Sementara double bed merupakan ukuran satu buah kasur yang cukup untuk satu orang berukuran 120 cm x 200 cm.

1 ranjang twin itu seperti apa?

Satu ranjang twin berukuran 100 cm x 200 cm untuk masing-masing ranjangnya.

Apa yang dimaksud double double room?

Kamar double double room adalah kamar yang memiliki dua tempat tidur double atau dua tempat tidur ukuran queen yang dimaksudkan untuk menampung dua hingga empat orang dalam satu kamar.

Kesimpulan: Perbedaan Deluxe Twin dan Deluxe Double

Dengan senang hati tim Plesir akhiri pembahasan mengenai beda deluxe twin dengan deluxe double. Ada 5 poin perbedaan di antara keduanya, yaitu fasilitas, harga, jumlah tamu, tipe bed, dan luas kamar.

Plesirmania dapat mencatat masing-masing poin tersebut di kertas dan menghafalnya sebelum memesan kamar deluxe di hotel kesayangan. Jadi, Anda lebih suka beristirahat di tipe twin atau double, nih? 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo