Hide Menu

Apa Ukuran Kasur Poin Penting? Periksa Sendiri di 3 Beda Single Bed dan Double Bed Ini!

Walaupun Jumlah Kasur Single Bed dan Double Bed Adalah Satu Buah, Namun Ukurannya Beda. Kok Bisa? Lihat Saja di Bawah!

Artikel Beda Single Bed dan Double Bed ini diposting diperbarui
1 Pembaca
Like
Beda Single Bed dan Double Bed 2024
© freepik.com

Pakai Single Bed atau Double Bed?

Pakai Single Bed atau Double Bed?
freepik.com

Banyaknya ukuran kasur hotel tak jarang membuat tamu sering kebingungan. Pasalnya, pihak hotel secara terbuka menawarkan banyak type kasur, mulai dari single bed, queen bed, king size bed, twin bed, double bed, hingga hollywood bed.

Sebagai contoh, siapa yang menyangka bahwa tempat tidur single bed dan double bed sama-sama berjumlah satu walaupun kenyataannya double memiliki arti bahasa Indonesia dobel atau rangkap dua?

Plesirmania pasti sedang bertanya-tanya sekarang, kenapa harus pakai single bed saat memesan kamar di hotel dan kenapa tidak pakai saja double bed? Untuk memahami jawabannya dan agar tidak salah pilih kasur kamar hotel, tim Plesir telah membuat uraian singkat dari beda single bed dan double bed. Jika penasaran, ayo baca sampai habis!

Apa Itu Kasur Single Bed?

Apa Itu Kasur Single Bed?
freepik.com

Aloysius Y (2008) mengatakan single bed merupakan sebuah tempat tidur yang digunakan oleh satu orang di hotel. Kasur single adalah ukuran paling kecil dari semua ukuran jenis kasur.

Di Indonesia sendiri, ukuran kasur single itu di bawah 100 cm. Beberapa negara Scandinavia (Swedia, Denmark, dan Norwegia) misalnya, mereka menggunakan ukuran kasur single yang sama seperti di Indonesia.

Sesuai dengan nama kasur single, kasur ini digunakan hanya untuk satu orang. Bagi Plesirmania yang kebetulan tinggal sendiri full di dorm dan mencari kasur bersifat individual yang tak memakan tempat, single bed adalah pilihan tepat!

Apa yang Dimaksud Pengertian Kasur Double Bed?

Apa yang Dimaksud Pengertian Kasur Double Bed?
freepik.com

Berbeda dengan single bed, kasur double merupakan tipe kasur lebih besar secara ukuran daripada kasur single. Ukurannya tak lebih dari 120 cm untuk lebar. Meskipun bernama double, kasur ini tidak berjumlah dua buah.

Namun, kasur double adalah representasi dari kasur untuk satu orang dengan ukuran lebih besar atau luas dibandingkan single. Double bed juga dikenal dengan istilah twin bed. Bagi mereka yang prefer tidur di kasur luas (large) tapi bukan kasur khusus satu orang, double bed pilihannya!

Single Bed dan Double Bed, Mana yang Lebih Nyaman?

Single Bed dan Double Bed, Mana yang Lebih Nyaman?
freepik.com

Soal kenyamanan, kembali lagi kepada tamu yang menginap. Karena menurut tim Plesir, inti kenyamanan berbanding lurus dengan fungsinya. Sebagai contoh, single bed itu lebih cocok untuk satu orang. Jadi, kalau single bed ditempati lebih dari satu orang, otomatis akan mengganggu kenyamanan.

Begitupun untuk double bed. Kasur berukuran lebih besar dari single ini pas buat satu orang dewasa dan satu anak kecil. Jikalau ditempati oleh satu orang dewasa besar, maka lebih nyaman digunakan untuk satu orang saja. Kalau kelebihan pasti akan terasa bad atau tak nyaman. Sampai sini paham ya, Plesirmania?

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Beda Single Bed dan Double Bed - Terbaru 2024

Inilah sesi pembahasan yang Anda tunggu-tunggu. Tepat sekali! Sesi di bawah akan menjelaskan perbedaan kasur single dan kasur dobel. Temukan contoh foto atau gambar kasur di bawah dan juga cara membedakannya. Yuk, tunggu apa lagi?

1
Ukuran

Single Maupun Double Punya Ukuran Khusus

Ukuran

2
Kegunaan

Single Lebih Fleksibel dan Double Lebih Fungsional

Kegunaan

3
Harga

Mulai dari Rp 600 Ribu di Hotel Bintang 3

Harga

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Single Maupun Double Punya Ukuran Khusus
© freepik.com
1
Single Maupun Double Punya Ukuran Khusus

Ukuran

Rekomendasi kami

Mengutip halaman ikea.co.id, ukuran kasur single adalah sekitar 90 cm x 200 cm. Tidak terlalu lebar untuk digunakan dua orang sekaligus dan sangat pas untuk ukuran satu orang. Beredar pula informasi bahwa keranjang single bed juga ada yang berukuran di atas 90 cm.

Ukuran di atas 90 cm itu adalah 100 cm x 200 cm. Walaupun ada dua benda ukuran kasur single, bed tersebut tetaplah merujuk pada penggunaan tempat tidur untuk satu orang. Lanjut, berbeda dengan ukuran single bed yakni di kisaran 90 cm dan 100 cm, double bed mempunyai beberapa ukuran.

Ada yang mengatakan ukuran kasur double itu 120 cm x 200 cm, ada pula yang mengatakan 140 cm x 200 cm dan juga 160 x 200 cm. Kemungkinan besar kasur double memang ada ukurannya sendiri-sendiri. Hanya saja penamaannya sama, yaitu double.

Single Lebih Fleksibel dan Double Lebih Fungsional
© freepik.com
2
Single Lebih Fleksibel dan Double Lebih Fungsional

Kegunaan

Berbicara mengenai kegunaannya, tentu saja sebagai tempat tidur. Setuju, Plesirmania? Namun, bukan hal itu yang ingin tim Plesir highlight.

Single bed kegunaannya lebih fleksibel. Kasur single dapat digunakan pada berbagai jenis rangka tempat tidur. Misal, pada bagian tempat tidur tingkat, tempat tidur tumpuk ataupun dipan.

Kegunaan pada kasur single berbanding terbalik dengan kasur double yang lebih fungsional. Tempat tidur double dapat digunakan sebagai tempat tidur dua anak kembar atau tempat tidur tamu, lagi-lagi karena ukurannya yang lebih lebar dari single bed. Jadi, bisa saling share!

Mulai dari Rp 600 Ribu di Hotel Bintang 3
© freepik.com
3
Mulai dari Rp 600 Ribu di Hotel Bintang 3

Harga

Rekomendasi kami

Menilik dari website resmi Traveloka, tim Plesir mendapatkan perbedaan range harga dari kamar menggunakan single bed dan kamar memakai double bed. Mari ambil contoh kamar di Kampi Hotel Tunjungan Surabaya.

Hotel tersebut menawarkan kisaran harga mulai dari Rp 600 ribuan untuk kedua kasur di tipe kamar twin room, hollywood room hingga suit room. Untuk harga single bed, hotel tersebut mematok harga mulai dari Rp 621 ribu – Rp 700 ribuan.

Sedangkan harga double bed mulai dari Rp 621 ribu – Rp 1 jutaan. Kisaran harga tersebut merupakan angka biaya di hotel bintang 3 seperti Kampi. Namun, yang perlu diperhatikan adalah harga single bed dan double bed di hotel bintang 1, 2, 4, atau 5 sudah pasti berbeda-beda.

Tanya Jawab Seputar Beda Single Bed dan Double Bed

Simak pula urutan pertanyaan berikut sebelum menuju ke rangkuman penutup tulisan ini. Baca, yuk!

Apa itu double bed dan single bed?

Double bed adalah kasur yang mempunyai ukuran 120 cm x 200 cm. Sementara itu, single bed adalah kasur dengan panjang ukuran 90 cm x 200 cm.

Double bed size apa?

Ukuran kasur double bed yaitu sekitar 120 cm x 200 cm.

2 single bed ukuran berapa?

Ukuran kasur 2 single bed artinya sekitar 100 cm x 200 cm atau 90 cm x 200 cm.

Double bed hotel artinya?

Kasur hotel double bed artinya ranjang kamar hotel menggunakan kasur ukuran lebih besar dari twin bed (single bed).

Kamar hotel ada apa saja?

Ada banyak, contohnya standard room, family room, twin room, double room, deluxe room, superior room, dan lain-lain.

Macam-macam bed di hotel?

Bed di bedroom hotel ada beberapa macam, antara lain single bed, double bed, queen size bed, king size, cot bed, king size bed, hingga extra bed.

Kesimpulan: Beda Single Bed dan Double Bed

Dapat disimpulkan bahwa perbedaan antara single bed vs double bed yang paling kentara ialah pada ukuran. Lalu, dilanjut dengan kegunaannya dan harga tiap kasur.

Untuk Anda yang bingung cari kasur setara hotel atau ingin mencoba tidur di kasur single maupun double, segera check out di tombol rekomendasi tempat tidur di tiap kolom perbedaan. Jangan lupa klik tombol birunya ya, Plesirmania!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo