Hide Menu

Pelancong Wajib Tahu 4 Cara Pergi dari Stasiun Purwokerto ke Dieng Ini Biar Gak Bingung!

Daftar Transportasi yang Bisa Antar Sampai Tempat Tujuan. Ada yang Langsung Tanpa Oper-operan

Artikel Stasiun Purwokerto ke Dieng ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Stasiun Purwokerto ke Dieng 2024
© freepik.com

Stasiun Purwokerto Berada Dimana?

Stasiun Purwokerto Berada Dimana?
freepik.com

Purwokerto merupakan sebuah kota di Jawa Tengah yang mempunyai stasiun tipe A bernama Stasiun Purwokerto. Letaknya di pinggir kota, tepatnya berada di Jalan Pemuda, Kelurahan Kober, Kecamatan Purwokerto bagian Barat di Kabupaten Banyumas.

Dari ketinggiannya, stasiun tersebut berada pada titik +75 meter. Mengenai jarak, stasiun ini berjarak 345 kilometer sebelah tenggara dari Stasiun Gambir Jakarta dan 476 kilometer sebelah barat daya dari Stasiun Gubeng Surabaya.

Itulah letak persisnya Stasiun Purwokerto. Lalu, untuk mencapai desa wisata Dieng dari stasiun tersebut, bagaimana cara dari Stasiun Purwokerto ke Dieng yang tepat? Plesirmania dapat menemukan caranya dengan menelaah penjelasaan di section selanjutnya. Segera baca!

Sejarah Singkat Stasiun Purwokerto

Sejarah Singkat Stasiun Purwokerto
freepik.com

Oleh nama perusahaan kereta api Staatsspoorwegen (SS) tempo dulu, Stasiun Purwokerto pertama kali diresmikan. Tepatnya di tahun 1916. Menurut penuturan Galih I (2019) Stasiun Purwokerto Timur adalah stasiun pertama yang ada di Kota Purwokerto, termasuk ke dalam stasiun kecil yang dibangun pada tahun 1893 oleh perusahaan tram uap Serajoedal Stoomtram Maatschaphij (SDS).

Pada saat itu, jalur utamanya yaitu Cirebon – Kroya. Kemudian, pembangunan jalur Jakarta – Wonosobo atau Purbalingga dan sebaliknya dibuat hingga penutupan di tahun 1978. Nyatanya, terdapat enam jalur kereta api dengan jalur 2 yang merupakan sepur lurus, jalur 6 ialah tempat parkir lokomotif dan rangkaian KA, jalur 6 lama menjadi jalur 7, dan jalur 3 sebagai sepur lurus dari arah Prupuk.

Jarak Purwokerto Dieng Jauh atau Dekat?

Jarak Purwokerto Dieng Jauh atau Dekat?
freepik.com

Tim Plesir menemukan fakta bahwa jarak dari Purwokerto ke Dieng jumlahnya sekitar 104 kilometer yang mana dapat Plesirmania tempuh dalam waktu 3 jam lebih 10 menit. Mengenai jauh atau tidaknya, tim Plesir menilai terbilang tidak jauh.

Kenapa demikian? Menurut tim Plesir tidak banyak kota atau daerah yang Anda lewati dalam perjalanan. Sebagai contoh, Plesirmania hanya akan melewati Sokaraja, Purbalingga, Bukateja, Klampok, Banjarnegara, Selomerto, dan Wonosobo saja.

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Stasiun Purwokerto ke Dieng - Terbaru 2024

Berikutnya adalah section yang Anda tunggu-tunggu, silakan baca dengan teliti agar tak ada satupun yang tertinggal!

1
Naik Angkutan Terusan

Jam Keberangkatan Terintegrasi, Memudahkan Perjalanan

Naik Angkutan Terusan

2
Naik Bus

Banyak yang Memilih Karena Harga Super Terjangkau

Naik Bus

3
Naik Travel

Banyak Pilihan Mobil Sesuai Jumlah Penumpang

Naik Travel

4
Naik Sepeda Motor

Pilihan Ngirit Para Pelancong Hemat

Naik Sepeda Motor

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Jam Keberangkatan Terintegrasi, Memudahkan Perjalanan
© freepik.com
1
Jam Keberangkatan Terintegrasi, Memudahkan Perjalanan

Naik Angkutan Terusan

Rekomendasi kami

Sejak tahun 2018, PT KA Pariwisata telah menyiapkan angkutan terusan berupa mobil ELF dengan kapasitas tempat duduk 12 kursi dari Stasiun Purwokerto menuju ke Wonosobo. Dengan banyaknya wisatawan yang ingin berkunjung ke Banjarnegara, Purbalingga, Wonosobo, khususnya Dieng, anak perusahaan PT KAI itu menghendaki adanya angkutan terusan tersebut.

Plesirmania dapat mengakses kendaraan ini di pick up point dekat Stasiun Purwokerto dan membeli aksesnya di counter check in stasiun atau di agen pick up point. Sementara itu, tempat drop point yang berada di Wonosobo adalah dekat toko oleh-oleh Harmoni dan RM Mbak Har Taman Plaza. Anda pun dapat naik kendaraan ini dari lokasi tersebut untuk kembali ke stasiun.

Kemudian untuk jadwal keberangkatan dari Stasiun Purwokerto menuju titik pemberhentian di Wonosobo adalah sebagai berikut:

Jam KeberangkatanJam Kedatangan
  • 01.00
  • 03.00
  • 10.00
  • 13.30
  • 18.30
  • 04.31
  • 07.01
  • 13.31
  • 17.12
  • 22.01

Seperti yang Anda lihat pada tabel, ketersediaan angkutan terusan ini tersedia dari jam 1 pagi hingga setengah 10 malam saja setiap hari (sebelum ada pengumuman terbaru). Lalu, untuk harganya sekitar Rp. 40.000 sekali jalan. Kalau pulang-pergi biayanya mencapai Rp. 80.000 per orang.

Sesampainya di titik pemberhentian wilayah Wonosobo, Plesirmania bisa menuju ke Desa Dieng dengan mikro bus di terminal. Harga tiket mikro bus sekitar 15-20 ribu rupiah. Sementara itu, lama perjalanan memakan waktu 1 jam-an.

Banyak yang Memilih Karena Harga Super Terjangkau
© freepik.com
2
Banyak yang Memilih Karena Harga Super Terjangkau

Naik Bus

Rekomendasi kami

Cara kedua adalah menggunakan bus umum yang ada di Terminal Bulupitu Purwokerto. Namun, Anda harus naik angkutan umum atau naik ojek dari Stasiun Purwokerto untuk bisa ke Terminal Bulupitu. Kalau naik angkutan umum biayanya sekitar 5 ribu rupiah.

Sesampainya Anda di Terminal Bulupitu, carilah bus umum ekonomi jurusan Purwokerto – Wonosobo. Biaya yang harus Anda keluarkan naik bus ekonomi adalah sekitar Rp. 40.000 – Rp. 50.000. Lebih lanjut, Plesirmania akan menaiki angkutan umum lagi sesampainya di Terminal Mendolo Wonosobo menuju tempat tujuan, Dieng.

Setelah tiba di Terminal Dieng, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki ke penginapan atau naik ojek dekat terminal. FYI, letak terminal tidak jauh dari pusat penginapan. Tim Plesir sarankan sebaiknya jalan kaki saja jika Anda tidak keberatan.

Banyak Pilihan Mobil Sesuai Jumlah Penumpang
© freepik.com
3
Banyak Pilihan Mobil Sesuai Jumlah Penumpang

Naik Travel

Rekomendasi kami

Apabila Anda malas menggunakan angkutan terusan dan bus umum, tim Plesir punya solusi kendaraan lain. Jawabannya yaitu naik travel. Kendaraan travel dapat berupa mobil Avanza, Innova, Luxio tergantung ketersediaan kedaraan yang agen travel tawarkan.

Jenis kendaraan tersebut nantinya menyesuaikan juga dengan kondisi seberapa banyak penumpang yang akan pergi. Ada pula jenis Hiace atau ELF untuk jumlah penumpang 16 orang lebih. Enaknya naik travel adalah Anda tak perlu pergi ke terminal atau titik penjemputan yang jauh dari stasiun.

Plesirmania akan dijemput langsung di Stasiun Purwokerto. Anda juga tidak perlu lagi mengoper kendaraan lain seperti angkutan umum karena travel akan mengantar sampai tujuan yang Plesirmania inginkan. Mengenai harga paket dapat berbeda-beda tergantung agen travel yang Anda pesan.

Pilihan Ngirit Para Pelancong Hemat
© freepik.com
4
Pilihan Ngirit Para Pelancong Hemat

Naik Sepeda Motor

Salah satu cara yang paling tim Plesir rekomendasikan bagi para pelancong seperti backpacker dari daerah terdekat seperti Magelang, Ajibarang, dan Kebumen adalah pakai sepeda motor. Plesirmania bisa sewa sepeda dekat Stasiun Purwokerto. Beragam pilihan motor dapat Anda temukan dari matic hingga motor bebek.

Harga sewa motor rata-rata per 24 jam di daerah tersebut mulai Rp. 50.000 saja. Seperti halnya naik travel, Anda tak perlu mengoper angkutan umum setelah sampai di Wonosobo jika mengendarai sepeda motor hasil sewaan yang sekarang seperti milik pribadi. Plesirmania pun bisa turun di kabupaten mana saja untuk beristirahat.

Jalur yang bisa Anda tempuh nantinya untuk sampai ke Dieng adalah melewati Sokaraja, Banjarnegara, Wiragunan, dan Kandangan. Lama perjalanan menggunakan sepeda motor tentu berbeda dengan kendaraan-kendaraan lainnya. Kalau keadaan lalu lintas lancar, dalam waktu 3 jam saja Anda sudah sampai.

Tanya Jawab Seputar Stasiun Purwokerto ke Dieng

Setelah mengetahui apa saja kendaraannya, mari bersama-sama beralih mencari tahu pertanyaan seputar stasiun dekat Dieng. Cek segera!

Kereta apa saja yang melewati stasiun Purwokerto?

Ada KA Argo Dwipangga, Taksaka, kemudian ada KA Bima, Gajayana, Argo Lawu dan lain sebagainya.

Apakah bus bisa masuk ke Dieng?

Ya, bus bisa masuk. Namun, hanya jenis mikro bus saja yang bisa.

Purwokerto ke Dieng berapa jam?

Karena jarak cukup dekat, sehingga dapat Anda tempuh tiga jam-an saja.

Apa stasiun terdekat dari Wonosobo?

Stasiun Purwokerto dan Stasiun Ketoarjo merupakan stasiun yang paling dekat Kabupaten Wonosobo.

Kesimpulan: Stasiun Purwokerto ke Dieng

Berbagai macam cara mudah dari Stasiun Purwokerto ke Dieng yang dapat Anda coba, dari menggunakan angkutan terusan oleh PT KAI hingga menggunakan sepeda motor sewaan. Pilih saja salah satu dari cara tersebut yang paling membuat Anda nyaman.

Tim Plesir sudah menjabarkan bagaimana Anda bisa mengakses masing-masing kendaraan beserta harga tiket per orang. Jika Anda membutuhkan referensi tiket bus ataupun kereta, di setiap kolom kendaraan terdapat link persediaan tiketnya. Pesan sekarang juga!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo