Hide Menu

Mau ke Karimunjawa? Cek Dulu Jadwal Penyebrangan Karimun Jawa dari Jepara dalam 6 Hari!

Rincian Lengkap Jadwal Keberangkatan dan Kepulangan Kapal Penyebrangan ke Pulau Karimun Jawa dan Sebaliknya

Artikel Jadwal Penyebrangan Karimun Jawa ini diposting diperbarui
2 Pembaca
Like
Jadwal Penyebrangan Karimun Jawa 2024
© istockphoto.com/raditya

Apakah ke Karimun Jawa Hanya Bisa Diakses dengan Kapal Saja?

Apakah ke Karimun Jawa Hanya Bisa Diakses dengan Kapal Saja?
istockphoto.com/RendySulfindra

Jawaban singkatnya tidak hanya kapal. Namun, kapal merupakan salah satu moda transportasi yang dapat wisatawan akses untuk menyebrang ke pulau Karimunjawa. Salah duanya yaitu pesawat penumpang regional jarak pendek.

Untuk kapal laut ada KMP Ferry Siginjai dan KMC Express Bahari. Kemudian, untuk pesawat penumpang regional jarak pendek saat ini tersedia Nam-Air dari Semarang dan Airfast dari Surabaya yang sudah aktif satu tahun sebelum 2017. Kedua penerbangan tersebut langsung ke Bandar Udara Dewadaru di Kepulauan Karimun jawa.

Seperti yang banyak orang ketahui, Karimun Jawa berada di Kepulauan Karimunjawa. Letaknya berbeda pulau dari Kabupaten Jepara. Namun, tetap termasuk ke dalam Kabupaten Jepara. Lokasi inilah yang membuat Karimunjawa hanya bisa diakses dengan menggunakan kapal dan pesawat jenis tersebut.

Apabila Plesirmania kebetulan dari Sabang Banda Aceh, Bangka Belitung, Pangkalpinang, Kupang, Pulau Rote, Pulau Tidung, Tanjung Pinang dan ingin ke pulau cantik ini, pergilah lewat Jakarta, Semarang, dan Surabaya. Jangan lupa pula cek jadwal penyebrangan Karimun Jawa. Jika ingin tahu, Plesirmania bisa cari info selengkapnya dengan scroll artikel ini. Yuk, mulai!

Apa Alasan Pergi ke Karimun Jawa?

Apa Alasan Pergi ke Karimun Jawa?
freepik.com/LuqueStock

Sudah pasti karena laut dan pantainya yang indah. Anda pun dapat berjalan-jalan di sekitar pantai pasir putih yang indah. Terdapat banyak pantai menakjubkan di sini, misalnya saja Pantai Ujung Gelam, Pantai Batu Topeng, Pantai Batu Hitam, dan masih banyak lagi. Pantai-pantai tersebut sangat cocok untuk snorekling dan jogging track di tepi pantai.

Karimunjawa juga menyuguhkan keindahan surga terumbu karang di bawah lautnya. Tercatat ada kurang lebih 90 jenis terumbu karang. Menurut catatan, terumbu karang tersebut termasuk ke dalam gugusan karang tepi dengan 63 genera dari 15 keluarga karang keras bekapur. Lebih lanjut, ada pula fauna air lainnya, seperti akar bahar, kerang merah, spons, karang lunak, penyu hijau, penyu sisik, ikan mas, hingga ikan badut.

Bukan hanya itu saja, terdapat pula beberapa fauna yang hidup liar di pulau ini. Contohnya, rusa, trenggiling, landak, bangau tong-tong, elang dada putih, hingga wedi-wedi. Bahkan, Plesirmania bisa berenang bersama hiu secara aman, lho. Menariknya lagi, ada sedikit flora di Karimunjawa yang termasuk dalam pengawasan karena statusnya sedang dilindungi. Tiga flora itu adalah Pohon Dewandaru, Pohon Kalimasada, dan Pohon Stigi.

Kabarnya juga, pengunjung dapat menikmati aktivitas diving sambil melihat bangkai kapal karam dari Cina di Pulau Genting Karimunjawa. Di kapal karam tersebut ada sejumlah pecahan keramik kuno di sisi lambung kapalnya. Selain itu, ada bangkai kapal karam Panama Indonor milik Belanda yang dulunya adalah kapal pengangkut batu bara di Pulau Kemujan. Jadi, itulah segudang alasan kenapa Plesirmania harus ke Karimunjawa.

Kapal ke Karimunjawa Hari Apa?

Kapal ke Karimunjawa Hari Apa?
istockphoto.com/RendySulfindra

Mengutip dari laman dishub.jepara.go.id, per bulan Desember 2023, kapal KMP Feri Siginjai ke Karimunjawa beroperasi pada 4 hari saja. Sedangkan untuk kapal KMC Ekspres Bahar, tersedia setiap hari kecuali hari Minggu. Hari tersebut adalah jadwal keberangkatan dari Pelabuhan Kartini ke Pantai Karimun Jawa. Begini detailnya:

KMP Ferry SiginjaiKMC Express Bahari
  • Senin
  • Rabu
  • Jum’at
  • Sabtu
  • Senin – Sabtu

Lebih lanjut, jadwal kapal ke Karimunjawa di atas sewaktu-waktu dapat berubah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Ada baiknya, jika ingin ke sana, cek jadwal online secara berkala, ya.

Daftar Harga Tiket Kapal Penyeberangan ke Karimunjawa

Daftar Harga Tiket Kapal Penyeberangan ke Karimunjawa
istockphoto.com/ZuraishamSalleh

Untuk dapat menyebrang ke Karimunjawa melalui penyeberangan di Pelabuhan Kartini, wisatawan memerlukan tiket masuk kapal. Setiap kapal yang bertugas mengantarkan penumpang, baik kapal Feri Siginjai maupun Express Bahari, memiliki harga tersendiri.

Bisa jadi dulu harga termurahnya Rp 13000. Namun, ada perubahan harga sekarang. Di bawah ini adalah rincian biaya kedua kapal tersebut.

KMP Ferry SiginjaiKMC Express Bahari
Dewasa VIPRp. 150000
Dewasa EkonomiRp. 130000
BayiRp. 20000
Sepeda MotorRp. 125000
MobilRp. 1000000
Dewasa VIPRp. 250000
Dewasa ExecutiveRp. 220000
Dewasa BusinessRp. 130000
Penduduk KarimunjawaRp. 130000
BayiRp. 150000
E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

2 Jadwal Penyebrangan Karimun Jawa - Terbaru 2024

Kepulauan Karimun Jawa merupakan wilayah terdiri dari gugusan pulau-pulau di mana terdapat potensi kepariwisataan (Andy U, 2011). Dapat terlihat dari penjelasan tersebut, banyak yang ingin berkunjung ke Karimunjawa. Lantas, adakah jadwal kapal Karimun Jawa dari pelabuhan Jepara dan Kepulauan Karimunjawa? Simak pada kolom berikut:

1
Keberangkatan dari Pelabuhan Kartini di Jepara

Waktu Keberangkatan Pagi hingga Siang Hari

Keberangkatan dari Pelabuhan Kartini di Jepara

2
Keberangkatan dari Pelabuhan Karimunjawa di Kepulauan Karimunjawa

Ada Jam Siang Hari dan Pagi Hari

Keberangkatan dari Pelabuhan Karimunjawa di Kepulauan Karimunjawa

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Waktu Keberangkatan Pagi hingga Siang Hari
© istockphoto.com/dagasansener
1
Waktu Keberangkatan Pagi hingga Siang Hari

Keberangkatan dari Pelabuhan Kartini di Jepara

Rekomendasi kami

Berikut adalah keberangkatan jadwal kapal Karimunjawa dari Pelabuhan Kartini per Desember 2023 yang berbeda dari Desember 2018, plus detail jam berdasarkan Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB):

KMP Ferry SiginjaiKMC Express Bahari
Senin07.00
Rabu07.00
Jum’at06.30
Sabtu07.00
Senin-Jum’at09.00
Sabtu11.00
Ada Jam Siang Hari dan Pagi Hari
© istockphoto.com/dagasansener
2
Ada Jam Siang Hari dan Pagi Hari

Keberangkatan dari Pelabuhan Karimunjawa di Kepulauan Karimunjawa

Rekomendasi kami

Selanjutnya adalah jadwal keberangkatan kapal KMP Ferry Siginjai dan KMC Express Bahari dari Pelabuhan Karimunjawa ke Pelabuhan Kartini beserta dengan rincian jam berdasarkan WIB:

KMP Ferry SiginjaiKMC Express Bahari
Selasa07.00
Kamis07.00
Jum’at13.30
Minggu09.00
Senin12.00
Rabu11.00
Kamis12.00
Jum’at07.00
Sabtu07.00
Minggu11.00

Selain itu, jika di atas tidak tersedia hari yang Anda inginkan untuk jadwal kapal Jepara Karimunjawa, maka otomatis di hari tersebut kapal tidak menyediakan pengantaran. Hal ini berlaku baik untuk keberangkatan dari Pelabuhan Kartini maupun keberangkatan dari Pulau Karimunjawa.

Anda pun dapat memesan tiket kapal tersebut melalui situs resmi yang bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Jepara. Daftar situs tersebut antara lain trip.ferizy.com dan expressbahari.com.

Tanya Jawab Seputar Jadwal Penyebrangan Karimun Jawa

Contoh-contoh perangkat pertanyaan yang sedang hype ditanyakan orang-orang ada pada kolom bagian tanya-jawab berikut. Segera cek!

Berapa jam penyeberangan Jepara ke Karimunjawa?

Sekitar 2-2,5 jam menggunakan kapal cepat Express Bahari, dan 4,5-5 jam menggunakan Feri Siginjai.

Berapa jam perjalanan Semarang ke Karimunjawa?

Dengan kapal Pelni KM Kelimutu dari Semarang ke Karimun Jawa, perjalanan memakan waktu 7 jam.

Naik apa ke Jepara dari Palembang?

Anda bisa naik kapal Jetfoil dari Pelabuhan Boom Baru di Palembang untuk tujuan ke Pelabuhan Bangka atau Belitung. Lalu, lanjutkan perjalanan ke Jakarta dan lanjut lagi ke Semarang untuk sampai ke Jepara.

Kesimpulan: Jadwal Penyebrangan Karimun Jawa

Dapat disimpulkan bahwa ada dua jadwal penyebrangan Karimun Jawa dari Pelabuhan Kartini dan dari Pelabuhan Karimun Jawa. Semua memiliki jadwal dan biaya pengangkutan penumpang masing-masing. Rata-rata keberangkatan dimulai pukul 07.00 pagi. Oleh karena itu, sebaiknya Anda bersiap lebih awal esok agar tidak terlambat atau kehabisan tiket. Tanpa banyak pikir, yuk, pesan tiket sekarang! 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo